Ikutilah Beberapa Tips Wisata Murah Ini Untuk Anda yang Berbudget Rendah

Kura-kura-Ocean-Park

Kura-kura-Ocean-Park

Berwisata tidak harus mahal. Setuju? Wisata merupakan sebuah kegiatan yang dirancang agar Anda dapat bersantai dan bersenang-senang. Tentunya efek bersenang-senang tersebut seharusnya bertahan hingga setelah Anda berwisata, bukannya malah stress memikirkan biaya besar yang Anda habiskan untuk wisata. Nah, agar tidak berakhir depresi karena kekurangan uang bahkan banyak hutang karena wisata, Anda harus rela untuk menekan budget pada rencana wisata Anda. Eh, tapi jangan salah. Wisata murah tidak selamanya wisata susah. Anda tetap dapat bersenang-senang selama berwisata, justru efeknya dapat bertahan lebih lama jika berbudget kecil. Ini dia beberapa tips wisata murah yang dapat Anda ikuti.

Riset Kecil

Dengan bantuan teknologi yang sudah maju saat ini, salah rasanya jika Anda tidak mengetahui informasi-informasi terkait destinasi wisata Anda. Lakukan riset kecil-kecilan dari berbagai sumber, salah satunya internet. Dari internet, Anda dapat memperoleh informasi tentang obyek wisata, lokasi, harga tiket masuk, transportasi untuk sampai di sana, biaya penginapan, aktivitas-aktivitas yang direkomendasikan di sana, hingga informasi spesifik lainnya. Carilah berbagai opsi tempat wisata yang murah dan aktivitasnya tidak memakan biaya yang besar, sehingga dapat sesuai dengan visi Anda berwisata.

Perhatikan Waktu Keberangkatan

Selain melakukan riset kecil, Anda juga harus mempertimbangkan waktu keberangkatan Anda. Beberapa tempat wisata akan memasang harga tiket masuk yang lebih mahal saat musim liburan seperti bulan Juni hingga Agustus, Idul Fitri, Natal, Tahun Baru, dan hari libur nasional lainnya. Umumnya mereka juga akan memasang tarif lebih mahal saat weekend atau akhir pekan. Selain tempat wisatanya, harga penginapan di sekitarnya pun dapat menaikkan tarif per malamnya saat musim liburan. Jadi, peraturan pertama dalam wisata murah adalah hindari musim liburan atau peak season. Lagipula, Anda bisa merasa tidak nyaman karena kondisi tempat wisata yang ramai dipadati pengunjung saat peak season.

Baca Juga :  Tips Mendapatkan Tiket Murah

Transportasi Murah

Terutama jika Anda harus menempuh perjalanan jauh untuk sampai ke tempat wisata, Anda juga perlu memperhatikan alat transportasi ke sana. Kini sudah banyak maskapai penerbangan yang menawarkan promo harga miring jika Anda memesan tiket terbang minimal 3 bulan sebelum keberangkatan. Gunakan kesempatan ini untuk berburu tiket pesawat murah atau mengikuti promosi dengan ketentuan tertentu. Ikuti juga perkembangan harga tiket pesawat. Jika suatu saat harga tiket turun setelah Anda melakukan booking tiket, batalkan saja dan booking ulang untuk mendapat harga yang lebih murah.

Membawa Uang Cash

Sebenarnya tips wisata murah ini bisa berlaku untuk hal lain seperti berbelanja. Dibandingkan bergantung pada mesin ATM, sebaiknya bawa saja uang cash atau tunai. Membawa uang cash dapat menunjukkan Anda secara eksplisit tentang kondisi finansial Anda saat ini, sehingga Anda dapat merencakan pembelian dengan lebih matang. Anda bisa mengambil uang cash sesuai batasan Anda, dengan aturan tidak boleh mengambil uang lagi dari ATM. Selain itu, Anda juga bisa dihindarkan dari situasi gawat jika tempat wisata yang Anda tuju tidak menyediakan fasilitas mesin ATM di saat Anda benar-benar membutuhkan uang.

Datangi Tempat Pembuatan Cinderamata

Jika Anda mengetahui tempat pembuatan cinderamata di sekitar tempat wisata, datangi saja tempat tersebut dibanding membeli di toko-toko cinderamata. Harga yang Anda peroleh bisa lebih murah sekaligus Anda bisa memperoleh pengalaman baru dengan melihat proses pembuatan cinderamata tersebut.

Ikuti Kompetisi

Nah, tips terakhir ini mungkin sedikit lebih ekstrim dibanding yang lain, namun akan lebih murah untuk Anda. Jika Anda aktif di beberapa media sosial, cermatilah akun-akun produk tertentu yang sedang mengadakan kompetisi dengan hadiah berlibur atau berwisata gratis. Ikuti kompetisi tersebut dan berdoalah supaya menang. Jika Anda beruntung, Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk oleh-oleh pada wisata Anda nantinya.

Baca Juga :  Cara Praktis Travelling

Nah, itulah beberapa tips wisata murah untuk Anda ikuti agar tidak stress sehabis wisata. Jangan lupa untuk tetap bersenang-senang dan menikmati obyek wisatanya!

Share with friends
Tags: , ,