Kebun Binatang Gembira Loka Objek Wisata di Yogyakarta

Kebun Binatang Gembira Loka

Selain manusia binatang merupakan mahluk hidup yang menempati bumi ini. Banyak sekali jenis binatang mulai dari yang besar hingga binatang yang kecil. Kebanyakan anak-anak menyukai binatang, selain itu pemahaman akan binatang juga sangat baik untuk anak-anak. Dengan memahami binatang maka wawasan anak-anak akan bertambah selain itu dengan memahami binatang maka bisa menimbulkan rasa kepedulian lingkungan.

Wisata Terindah di Yogyakarta

Gembira Loka Zoo Yogyakarta.

Gembira Loka Zoo Foto FB/@Gita Leader Msi Editor Broer Khan

Salah satu tempat wisata yang menyajikan bebagai macam binatang adalah Gembira Loka Zoo tempat ini adalah kebun binatang yang merupakan Objek wisata di Yogyakarta, disini anda dapat berwisata sekaligus belajar, berwisata bertujuan untuk menghibur hati dan pikiran sehingga pikiran anda akan senang dan hidup akan kembali semangat, sementara belajar merupakan upaya untuk mendapatkan wawasan, dengan berkunjung di kebun binatang ini maka anda bisa mendapatkan keduanya, apalagi bagi anak-anak anda berwisata ke kebun binatang merupakan hal yang sangat menyenangkan, karena mereka akan langsung dapat melihat berbagai macam binatang secara langsung, yang selama ini hanya dapat mereka lihat di gambar dan televisi saja.

Kebun binatang Gembira Loka ini, merupakan tempat wisata keluarga yang sangat menarik untuk dikunjungi, dibangun sekitar lima puluh tahun yang lalu, ide pembangunan ini merupakan gagasan dari Sri Sultan Hamegku Buwono VIII, tetapi untuk pembangunan kebun binatang Gembira Loka ini baru bisa dimulai oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX dengan bantuan dari seorang aritek berasal dari Belanda bernama Ir Karsten.

Gembira Loka Zoo sangat mudah untuk dijangkau karena letaknya terdapat di pusat kota Yogyakarta tepatnya berada diantara jalan Kebun Raya dan Jalan Veteran. Kebun binatang ini juga merupakan kebun binatang yang unik dari pada kebun binatang pada umumnya. Kerena di Gembira Loka Zoo terdapat berbagi macam hiburan dan Musium. Sehingga bagi anda yang baru pertama kali berkunjung anda akan merasa sangat terkesan, karena pada awal anda masuk lokasi ini maka pemandangan yang akan anda lihat bukan kandang dan bebera hewan melainkan musium yang ditata sedemikian rupa sehingga mirip dengan laboratorium pendidikan alam, di musium ini terdapat beberapa tubuhan dan binatang yang dikelola dengan baik sehingga diharapkan suatu saat nanti dari kebun dan ternak ini dapat untuk mencukupi segala kebutuhan kebun binatang Gembira Loka.

Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun Binatang Gembira Loka – Foto FB/@Aiu YUi Ardhani Editor Broer Khan

Setelah puas dengan pemandangan musium, maka anda dapat melanjutkan untuk memasuki wilayah B, diwilayah ini anda akan melihat replika perahu di danau buatan, replika ini dibuat sama seperti ukuran kapal pesiar. Sedangkan fungsi daripada replika kapal ini adalah untuk tempat makan bagi pengelola.

Baca Juga :  Malioboro, Tempat Wisata di Jogja Buka 24 Jam Dengan Aneka Ragam Kuliner

Dikebun bunatang Gembira Loka ini yang merupakan Objek Wisata di Yogyakarta selain untuk melihat berbagai macam binatang pengunjung juga dapat menikmati berbagai macam wahana air, seperti Perahu Banana, Perahu Kayu, Perahu Karet dll. Setelah melewati danau Mayang Tirta ini barulah pengunjung dapat menemukan berbagai macam koleksi binatang dan lokasi ini merupakan wilayah C hingga G yang terdapat di Gembira Loka Zoo.

Selain melihat berbagai macam koleksi binatang pengunjung juga dapat melihat kolam tangkap, kolam sentuh, terapi ikan dan kolam araphaima. Kolam araphaima merupakan kolam yang didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung dapat melihat panorama laut lengkap dengan terumbu karang, sedangkan kolam Tangkap sering digunakan untuk bermain anak-anak.

Selain itu pada wilayah E Kebun Binatang Gembira Loka ini pengunjung dapat menikmati hewan pintar, hewan yang telah dilatih secara rofesional akan mampu untuk menghibur anda. Semua ini merupakan keseriusan dari pihak pengelola kebun untuk dapat menghibur anda.

Wahana Di Kebun Binatang Gembira Loka

  • Onta Tunggang

Menaiki unta berkeliling melintasi kandang unta yang didesain khas timur tengah.

  • Petting Zoo

Berinteraksi dengan hewan  jinak seperti, , kura-kura, domba, kelinci, dan lainnya.

  • Zoo Express

Berkeliling menggunakan kereta mini melalui tempat yang desain tematik old west town di amerika

  • Ninebot

Bermain ketangkasan di atas smart wheels, di tempat seluas 1.792 meter persegi

  • Kolam Sentuh

Berinteraksi dengan berbagai macam ikan.

  • Gajah Tunggang

Berkeliling menunggangi gajah di area kebun binantang gembira loka.

  • Kolam Tangkap

Wahana bagi balita hingga  anak 10 tahun bisa bermain dan menangkap ikan.

  • ATV

Menggunakan kendaraan ATV di sirkuit tanah yang berbelok belok seperti . lintasan off road

  • Terapi Ikan

Micromassage (terapi ikan) ikan-ikan kecil yang berjumlah ratusan, dapat menghilangkan stress, santai serta menghilangkan kotoran di kulit traveler

  • Perahu Kayuh
Baca Juga :  Parangtritis Jogja, Pantai Eksotis Kental Akan Mitos Nyi Roro Kidul

Mengayuh perahu berbentuk angsa untuk berkeliling sungai di area Gembira loka Zoo.

  • Sekuter Air

Bisa dilakukan oleh anak-anak karena berkecepatan rendah sehingga aman buat anak-anak.

  • Transportasi Keliling (Taring)

Berkeliling mengitari kebun binatang gembiraloka menggunakan kereta terbuka

  • Bumper Boat

Wahana  seperti dengan perahu ban ini akan membuat Traveler merasakan sensasi berputar-putar. Perahu ban ini bisa ditumpangi 2 orang.

  • Waktu Atraksi Satwa Terlatih

Di anjurkan datang dari pagi agar bisa melihat atraksi binatang terlatih Di Gembira Loka pengunjung akan dihibur dengan berbagai atraksi dari beberapa satwa yang mempunyai jadwal atraksi tertentu, yaitu:

  • Bird Show :

Atraksi berbagai jenis burung yang jinak dan terlatih.

  • Interaksi Reptile

Travel bisa berfoto selfi dengan binatang melata seperti ular, iguana dan lainnya.

  • Presentasi dan Edukasi Satwa

Atraksi dan  ketangkasan koleksi satwa Gembira loka antara lain beruang, orang utan, dan lainnya.

  • Pemberian makan dan Atraksi Satwa

Menyaksikan berbagai  macam satwa makan dan aksi ketangkasannya ketika diberi makan.

  • Perahu Katamaran

Berkeliling dengan menggunakan perahu katamaran mengitari sekitar danau dan juga menyaksikan Mayang Tirta yang terletak di tengah-tangah danau. Perahu Katamaran  menjadi wahana yang favorit bagi traveler.

Jam Buka Kebun Binatang Gembira Loka

Gembira Loka Zoo  buka setiap hari dari jam 09.00 – 15.00 WIB.

Jam Buka

Senin-Kamis 09.00-15.00 WIB
Sabtu, Minggu dan Libur Nasional 08.30-16.00 WIB
Jumat TUTUP

Harga Tiket Gembira Loka Zoo

Pembelian tiket Kebun Binatang Gembira Loka dapat di beli lewat situs resmi gembiralokazoo.com. harga tiket berdasarkan ketentuan  dan syarat yang berlaku. Pembelian tiket rombongan akan mendapat harga diskon.

Harga Tiket Gembira Loka Zoo
Tiket Masuk Senin-Kamis Rp60.000
Tiket Masuk Sabtu, Minggu & Libur Nasional Rp75.000
Baca Juga :  Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

 

Berikut rute menuju ke Kebun Binatang Gembira Loka

Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55171

Share with friends
Tags: , ,