Suasana Alam Menakjubkan dan Festival Budaya di Dieng

tempat wisata dieng

Bagi orang-orang yang selalu menghabiskan waktu di kota besar atau yang menetap di sana. Sesekali Anda bisa menikmati wisata alam yang bisa membuat pikiran Anda lebih tenang. Berwisata di daerah pegunungan atau dataran tinggi memang merupakan salah satu alternatif liburan bagi Anda. Dengan berwisata di alam bebas, Traveler bisa memahami indahnya kekayaan alam Indonesia. Salah satu destinasi wisata keindahan alam yang sangat luar biasa di pulau jawa yakni Dieng. Dataran tinggi Dieng ialah kawasan dataran tinggi di antara wilayah Kabupaten Banjarnegara serta Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Posisinya berbatasan dengan Gunung Sindoro di sebelah barat serta Gunung Sumbing. Dieng merupakan bekas letusan gunung berapi kuno yang memiliki kawah besar dengan temperatur dingin di kawasan wisata dieng. Di sana bukan hanya terdapat kawah yang besar tersebut, tetapi juga banyak sekali wisata terindah di Dieng yang wajib Anda kunjungi untuk melengkapi wisata Anda.

Dataran tinggi Dieng merupakan komplek wisata yang mempunyai beberapa wisata indah, sehingga Anda juga bisa menikmati banyak wisata di sana yang berkaitan dengan alam pegunungan. Karena banyaknya tempat wisata di Dieng membuat lokasi ini disebut sebagai komplek wisata Dieng. Di Dieng ada sekitar 20 tempat wisata, candi, dan kawah. Jumlah ini bisa dibilang cukup besar, karena lokasi yang tidak besar dan berada di dataran tinggi dapat mencakup sekitar 20 tempat wisata. Memang dari banyaknya tempat wisata tersebut yang paling terkenal yaitu dari kawahnya. Kawahnya juga berjumlah lebih dari satu. Untuk telaganya sendiri yang menjadi daya tarik yaitu telaga warna. Telaga ini dinamakan telaga warna karena telaga tersebut bisa berganti warna.

tempat wisata dieng

Dataran tinggi dieng – 📸 FB/@Ummu Maryam Collection

Fenomena telaga yang bisa berubah warna merupakan fenomena alam yang menjadi daya tarik para turis untuk lebih dalam mengetahui fenomena tersebut. Telaga ini menjadi salah satu wisata terindah di Dieng. Warnanya yang bukan hanya satu warna, tetapi seperti warna pelangi membuat mata langsung tertuju di telaga warna ini. Selain telaga warna, Anda juga bisa menikmati Kawah Sikidang. Kawah ini merupakan kawah yang memiliki semburan kawah yang berpindah-pindah. Semburan kawah ini merupakan belerang, sehingga ketika Anda berada di kawah tersebut, sebaiknya memakai masker, karena aroma belerang sangat kuat. Di Kawah Sikidang juga terdapat patung kuda yang bisa Anda ajak berfoto.

Baca Juga :  8 Tempat Wisata di Dekat LokaWisata Baturraden

Selain kawah-kawah yang bisa Anda nikmati di sana, Anda juga bisa menikmati Bukit Sikunir. Dari namanya saja mungkin masih jarang terdengar, tetapi bukit ini bisa membuat Anda terkagum-kagum karena bisa melihat lima gunung sekaligus. Tempat wisata terindah Dieng ini memang letaknya agak jauh dari lokasi utama Dieng. Namun, keindahannya juga jangan diragukan. Dengan pengunjungan Anda di pagi hari Anda juga akan melihat sunset golden yang sangat istmewa. Selain wisata alam yang bisa Anda nikmati. Anda juga bisa mengetahui bagaimana cerita Jawa Kuno yang akan ditampilkan dalam film dokumenter di Museum Kaliasa.

Dieng Culture Festival

festival budaya dieng

📸 FB/@Ganjar Pranowo

Dieng Culture Festival adalah festival budaya dengan konsep mensinergikan unsur Budaya Masyarakat sekitar dieng, Tempat Wisata Dieng disertai masyarakat lokal yang diberdayakan dengan Budaya Masyarakat dataran tinggi dieng yang setiap Tahun diselenggarakan di Kawasan Wisata Dieng.
Salah satu acara puncak budaya di dataran tinggi dienga adalah Ruwatan Bocah Rambut Gimbal yaitu proses ritual yang mempmunyai tujuan untuk menghilangkan keburukan dan juga kesialan pada si bocah berambut gimbal dan juga masyarakat dataran tinggi Dieng secara umum.
Festival budaya dieng biasanya di selenggarakan pada bulan agustus, persiapkan dari 3 bulan sebelumnya untuk memesan hotel Biasanya hotel di dekat Dieng Culture Festival akan full booking. Datanglah lebih awal, akan terjadi kemacetan parah saat masuk kawasan wisata dieng di sore hari saat puncak acara Dieng Culture Festival

Berikut acara Dieng Culture Festival :

  • Ruwatan anak rambut gimbal
    Acara init dari festival budaya dieng
  • Musik Jazz Atas Awan
    Menampilkan pagelaran musik jazz dari artis-artis top Indonesia
  • Festival Lampion
    Pelepasan ratusan Lampion di malam hari
  • Festival Budaya
    Atraksi Budaya dan seni dari masyarakat Dieng
  • Mayahan
    Pengajian akbar dan terbuka
  • Aksi Bersih Dieng
    Melakukan kegiatan bersih-bersih di sekitar tempat wisata dieng
jazz diatas awan

FB/@Ganjar Pranowo

Rute Menuju festival budaya dieng

Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah

Baca Juga :  Daya Tarik Wisata Borobudur Terbaru

Share with friends
Tags: , ,