Keindahan Tersembunyi Pantai Dewa Ruci Jatimalang, Purworejo

Keindahan Tersembunyi Pantai Dewa Ruci Jatimalang, Purworejo

Pantai Dewa Ruci Jatimalang, terletak di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, merupakan salah satu destinasi wisata yang menawarkan kesempurnaan alam yang belum banyak terjamah. Dengan pasirnya yang hitam dan ombaknya yang tenang, pantai ini menyajikan panorama alam yang memukau, di mana pengunjung dapat menikmati matahari terbenam dengan latar belakang yang sempurna. Keunikan Pantai Dewa Ruci Jatimalang tak hanya terletak pada keindahan alamnya saja, tapi juga pada keberadaan formasi batuan karang yang menjulang di tepi pantai, menambah pesona eksotis pada pantai ini. Kombinasi pesona alami dan suasana yang masih asri menjadikan Pantai Dewa Ruci Jatimalang sebuah destinasi yang wajib dikunjungi bagi mereka yang mencari ketenangan serta keindahan alam khas pantai selatan Jawa.
Instagram by :@three_fr

Daya Tarik Pantai Dewa Ruci Jatimalang

Daya tarik Pantai Dewa Ruci Jatimalang di Purworejo mencakup beberapa aspek yang membuatnya menjadi destinasi menarik untuk dikunjungi, di antaranya:

  1. Patung Dewa Ruci: Ikon unik dan menarik bagi pengunjung, menambah nilai artistik pada pantai.
  2. Ombak Besar: Khas pantai selatan Pulau Jawa, memberikan pemandangan yang memukau meskipun berenang tidak dianjurkan.
  3. Fasilitas Berkualitas: Menyediakan gubuk untuk bersantai serta berbagai wahana wisata seperti kolam renang anak dan ATV.
  4. Keasrian Alam: Pantai yang masih alami dan belum terlalu komersial, menawarkan ketenangan serta suasana yang menyegarkan.
  5. Matahari Terbenam: Pemandangan matahari terbenam yang indah, menghadirkan momen yang tak terlupakan bagi pengunjung.
  6. Formasi Batuan Karang: Fitur alam unik yang menambah keeksotisan pantai.
  7. Akses yang Mudah: Meskipun terletak di pantai selatan, akses ke Pantai Dewa Ruci Jatimalang cukup mudah dari berbagai penjuru daerah sekitar.
Instagram by :@andrea_wha

Aktivitas

Aktivitas Wisata yang Bisa Dinikmati di Pantai Dewa Ruci Jatimalang:

  1. Menyaksikan Patung Dewa Ruci: Mengagumi ikon pantai ini yang menjadi spot foto favorit pengunjung.
  2. Berkendara ATV: Menikmati sensasi berkendara ATV di sepanjang bibir pantai dengan pemandangan menakjubkan.
  3. Bersantai di Gubuk: Menikmati kesempatan untuk bersantai dalam saung atau gubuk yang nyaman sambil memandangi laut.
  4. Bermain di Kolam Renang Anak: Tempat yang aman bagi anak-anak untuk bermain air dan menikmati suasana pantai.
  5. Menikmati Matahari Terbenam: Menyaksikan pemandangan matahari terbenam yang indah dan romantis di pantai ini.
  6. Fotografi: Mengabadikan moment indah dengan latar patung Dewa Ruci, pasir hitam, dan ombak pantai selatan yang eksotis.
  7. Berjalan-jalan di Tepi Pantai: Menikmati suara ombak dan angin laut sambil berjalan santai di tepi pantai.
  8. Berkemah: Bagi yang ingin menghabiskan malam, beberapa area di sekitar pantai memungkinkan untuk berkemah sambil menikmati suasana pantai di malam hari.

Harga Tiket, Jam Operasional dan Fasilitas

Harga tiket masuk Pantai Dewa Ruci Jatimalang April 2024 sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000 per orang. Untuk parkir, biaya yang dikenakan adalah Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk parkir mobil. sedangkan untuk menyewa ATV dikenakan tarif Rp 20.000

Pantai Dewa Ruci Jatimalang buka setiap hari, mulai dari pagi hingga malam hari. dari jam 06.00 WIB hingga 18.00 WIB

Fasilitas

Sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Tengah, menawarkan berbagai fasilitas untuk memenuhi kebutuhan pengunjungnya, menciptakan pengalaman yang menyenangkan dan nyaman. Berikut adalah beberapa fasilitas yang bisa ditemukan di Pantai Dewa Ruci Jatimalang:

  1. Area Parkir: Menyediakan tempat parkir yang luas untuk kendaraan pengunjung, baik motor maupun mobil.
  2. Kamar Mandi dan Toilet Umum: Fasilitas ini sangat penting untuk kenyamanan pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah bermain air atau dari perjalanan jauh.
  3. Warung Makan dan Minuman: Terdapat berbagai warung atau kios yang menjual makanan dan minuman, memudahkan pengunjung untuk mendapatkan konsumsi tanpa harus membawa dari rumah.
  4. Area Berkemah: Bagi pengunjung yang ingin menginap dan menikmati suasana pantai lebih lama, Pantai Dewa Ruci Jatimalang menyediakan area untuk berkemah.
  5. Gazebo dan Tempat Duduk: Fasilitas ini memungkinkan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati pemandangan pantai.
  6. Spot Foto: Pantai ini memiliki beberapa spot foto menarik, termasuk Patung Dewa Ruci yang menjadi ikon pantai itu sendiri.
  7. Penyewaan Perlengkapan Wisata: Seperti ATV, ban renang, dan peralatan bermain pasir bagi anak-anak, memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai aktivitas menarik di pantai.
  8. Pondok Penginapan: Untuk pengunjung yang ingin menginap dengan kenyamanan lebih, tersedia pondok atau penginapan di sekitar area pantai.
  9. Petugas Keamanan: Keberadaan petugas keamanan menjamin keamanan pengunjung selama berada di Pantai ini

Lokasi, Rute dan Transportasi Pantai Jatimalang

Terletak Kabupaten Purworejo, tepatnya di Kelurahan Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Jawa Tengah. Ini adalah rute umum yang bisa diikuti untuk mencapai Pantai Dewa Ruci Jatimalang dari beberapa kota besar di Jawa Tengah:

Dari Yogyakarta

  1. Melalui Jalan Nasional III (JL. Jogja-Wonosari): Ambil arah timur menuju Jalan Lingkar Selatan dan Jalan Nasional III menuju Jalan Raya Wates di Kulon Progo. Ikuti Jalan Raya Wates dan Jalan Nasional III ke arah barat hingga mencapai Kabupaten Purworejo. Temukan petunjuk arah menuju Pantai  Jatimalang. sekitar 1 jam 23 menit atau jarak sekitar 50,1 km, asalkan kondisi lalu lintas normal

Dari Semarang

  1. Melalui Jalan Lingkar Semarang: Ikuti Jalan Tol Semarang – Solo dan keluar dari Jalan Tol Semarang – Salatiga. Dari Salatiga, gunakan Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan Letjend Sukowati di Ambarawa, kemudian lanjut ke Magelang melalui Jalan Magelang – Semarang. Dari Magelang, ikuti Jalan Magelang – Purworejo hingga tiba di Kabupaten Purworejo. Cari petunjuk arah menuju Pantai  Jatimalang.

Dari Solo

  1. Melalui Jalan Solo – Wonogiri: Ambil rute menuju Jalan Nasional III di Wonogiri, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Tentara Pelajar di Kebumen. Dari Kebumen, ikuti Jalan Raya Kebumen – Purworejo. Setelah tiba di Purworejo, cari petunjuk arah menuju Pantai Jatimalang.

Petunjuk Umum

  • Pantai Jatimalang berada di sebelah barat Kabupaten Purworejo. Pengunjung dapat mengikuti petunjuk arah yang tersedia di jalan utama atau menggunakan aplikasi peta digital untuk navigasi lebih detail.
  • Posisi Pantai Jatimalang yang berada di garis pantai Selatan Jawa menjadikannya mudah diakses dari berbagai arah.
  • Dianjurkan untuk selalu memperhatikan kondisi jalan dan memperbarui rute melalui aplikasi peta atau GPS untuk opsi rute tercepat dan teraman berdasarkan kondisi lalu lintas terkini.

Jika Anda berangkat dari alun-alun Kota Purworejo, pantai ini berada sekitar 21 km dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Sementara itu, dari Bandara udara International Yogyakarta di Kulon Progo, pantai ini hanya berjarak 12 km dengan waktu tempuh sekitar 20 menit

Pantai Dewa Ruci Jatimalang menawarkan sebuah keindahan tersembunyi yang layak untuk dikunjungi. Berjarak relatif dekat dari Yogyakarta dan Purworejo, pantai ini menjadi destinasi sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan jauh dari keramaian kota. Dengan waktu tempuh yang singkat dan akses mudah, pengunjung bisa menikmati suasana pantai yang masih alami, pemandangan matahari terbenam yang memukau, serta beragam aktivitas menarik lainnya. Pantai Jatimalang menyediakan pengalaman liburan yang tak terlupakan, baik bagi pencinta alam, petualang, maupun keluarga yang ingin menghabiskan waktu berkualitas bersama. Jadikan Pantai  Jatimalang sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya dan persiapkan diri untuk menyaksikan keindahan alam yang mempesona.

Leave A Comment