Pantai Labu Deli Serdang Tempat Wisata Alternatif Di Sekitar Medan

Pantai Labu Deli Serdang Tempat Wisata Alternatif Di Sekitar Medan

Saat ini masih banyak  wisatawan yang belum pernah mendengar tentang Kabupaten Deli Serdang yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Terlepas dari kenyataan, kemungkinan akan semakin banyak orang tertarik untuk mengunjungi wilayah tersebut suatu hari nanti. Salah satu alasannya adalah Deli Serdang menawarkan berbagai jenis tempat liburan termasuk pantai yang menakjubkan. Berbicara tentang pantai, tujuan terbaik pastinya adalah Pantai Labu, Deli Serdang. Di daerah itu, wisatawan dapat menemukan banyak pantai unik untuk dijelajahi termasuk Muara Indah, Bali Lestari, dan Putra Deli. Belum lagi pengunjung memiliki kesempatan untuk bertemu penduduk setempat, yang sebagian besar adalah nelayan. Apa yang lebih? Pantai Labu juga dikenal karena ikan asinnya yang sangat berharga!

Faktanya adalah Pantai Labu terletak di bagian utara Kabupaten Deli Serdang dan berada di wilayah pesisir. Tidak heran, pengunjung dapat menemukan beberapa pantai yang bagus untuk dijelajahi dan bertemu penduduk desa yang sebagian besar bekerja sebagai nelayan. Dalam hal nuansa, ini terlihat seperti pemukiman tradisional tetapi dilengkapi dengan pemandangan yang indah. Juga, wisatawan mungkin melihat banyak tempat yang menjual ikan asin! Plus, beberapa tempat digunakan untuk memproduksi dan membudidayakan ikan-ikan itu. Dengan demikian, pengunjung memiliki kesempatan untuk mempelajari cara kerja penduduk setempat setiap hari.

Pantai Labu di Deli Serdang menawarkan berbagai daya tarik yang membuatnya menjadi pilihan wisata menarik, khususnya bagi mereka yang berada di Sumatera Utara. Beberapa daya tarik utamanya meliputi:

  1. Pesona Alam yang Mempesona: Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan hamparan pasir dan laut yang luas, cocok untuk mereka yang mencari ketenangan atau ingin menikmati keindahan alam.
  2. Hutan Mangrove: Salah satu daya tarik alam di sekitar Pantai Labu adalah hutan mangrove yang bisa dijelajahi. Berjalan di atas jembatan kayu yang disediakan, pengunjung dapat menikmati keindahan hutan mangrove, melihat pohon bakau yang ikonik, serta berbagai jenis burung dan hewan lainnya yang hidup di ekosistem tersebut.
Wisata Paloh Naga Di Pantai Labu, Deli Serdang - Sumatera Utara

Wisata Paloh Naga Di Pantai Labu, Deli Serdang – Sumatera Utara | Instagram : @sitimariyati

| Baca :  Pantai Lumban Silintong Balige Tempat Berenang Terbaik Di Danau Toba

Harga Tiket Masuk dan Aktivitas

Harga tiket masuk ke Pantai Labu Maret 2024 adalah Rp35.000 untuk wisatawan yang membawa mobil dan Rp10.000 untuk wisatawan yang naik sepeda motor.

Alasan paling umum mengapa Pantai Labu memiliki banyak pengunjung adalah keberadaan pantai yang eksotis. Wilayah ini terkenal dengan pantainya, dibandingkan dengan yang lain. Tidak heran, wisatawan tidak pernah melewatkan kesempatan untuk mampir ketika mereka mengunjungi Kabupaten Deli Serdang. Baiklah, apakah hanya itu saja? Alasan berikutnya adalah wisatawan dapat bertemu dengan nelayan setempat dan menyaksikan proses penangkapan ikan secara langsung. Jika mereka cukup beruntung, sebenarnya, mereka bisa naik perahu dan bergabung dengan para nelayan yang bekerja di laut!

Apa selanjutnya? Pantai Labu juga dikenal karena ikan asinnya yang lezat. Ini menjelaskan mengapa wisatawan tidak akan lupa untuk membeli beberapa sebelum kembali ke hotel atau rumah mereka. Hal yang baik adalah daerah memiliki banyak vendor lokal yang menjual produk-produk tersebut. Lokasi terbaik untuk membeli ikan asin adalah di Pantai Putra Deli, sebenarnya. Penduduk setempat dapat mengeringkan ikan di bawah sinar matahari, sehingga wisatawan dapat menyaksikan prosesnya secara langsung juga.

Begitu tiba di rumah produksi, pengunjung dapat melihat lapangan terbuka yang berukuran sekitar 7×8 meter. Bahkan fitur beberapa papan dan jaring di mana ikan-ikan dijemur. Inilah kabar baiknya. Pengunjung mendapat kesempatan untuk belajar bagaimana menghasilkan ikan asin selama kunjungan. Mereka hanya perlu berbicara dengan pemilik atau karyawan di sana. Pengalaman yang menyenangkan!

| Baca : 

Rute ke Pantai Labu

Bagi Anda yang datang dari Kota Medan, Anda perlu menghabiskan sekitar 59 menit untuk sampai ke Kabupaten Deli Serdang. Itu karena jaraknya 25,3 km. Jika Anda mengambil Jalan Pertahanan Patumbak, Anda dapat mencapai tujuan lebih cepat. Dari Deli Serdang, tujuan selanjutnya adalah Pantai Labu. Perjalanan ini mungkin memakan waktu sekitar 1 jam 15 menit, karena jaraknya 49,1 km. Anda harus mengambil jalan Sultan Serdang untuk perjalanan yang lebih cepat, sebenarnya.

Leave A Comment