Pantai Selong Belanak Pesona Pantai Yang Indah Serasa Di Hawaii

Pantai Selong Belanak Pesona Pantai Yang Indah Serasa Di Hawaii

Sudah tidak asing lagi di kalangan wisatawan bahwa Pulau Lombok terkenal dengan keindahan pantainya yang memiliki pesona yang khas, salah satunya adalah Pantai Selong Belanak. Pantai Selong Belanak memiliki pasir putih yang bersih dan lembut dengan garis pantai yang cukup panjang yaitu sekitar 1 km.

Pantai Selong Belanak cukup popular di Lombok karena keindahan dan keasrian yang ditawarkan. Pantai ini memiliki garis pantai yang cukup unik, membentuk seperti bulan sabit. Di ujung garis pantai terdapat beberapa bukit yang mempesona. Di bagian selatan pantai terdapat pemukiman penduduk yang bekerja sehari-hari sebagai nelayan. Oleh karena itu di selatan pantai ini akan banyak ditemukan perahu-perahu nelayan sehingga kurang cocok untuk aktivitas air.Sementara di bagian utara pantai cukup sepi , memiliki pasir putih yang halus, airnya tenang dan jernih sehingga sangat cocok untuk melakukan aktifitas air.

Pantai Selong Belanak akan ramai dikunjungi pada saat liburan terutama pada bulan Juni-Agustus, namun pada hari biasa pantai ini akan kelihatan sepi dan hanya terlihat beberapa pengunjung saja. Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang mencari suasana yang tenang, damai dan menjauhkan diri dari keramaian.

Beberapa wisatawan asing menyebutkan bahwa Pantai Selong Belanak mirip dengan Hawai karena tekstur alamnya dan gaya warung-warung yang ada di sekitarnya memiliki kemiripan.  Di sepanjang pantai tersedia kursi-kursi dan payung-payung untuk bersantai, Anda dapat bersantai sambil menikmati kelapa muda yang segar .

Akvitas surfing di Pantai Selong Belanak Lombok Nusa Tenggara barat

Akvitas surfing di Pantai Selong Belanak Lombok Nusa Tenggara barat | Instagram @Saribio

Daya tarik Pantai Selong Belanak

Berikut Daya Tarik mencakup:

  • Kecantikan Alam: Memiliki pasir putih yang halus dan bersih, serta air laut yang biru dan jernih, menawarkan pemandangan yang sempurna untuk dinikmati.
  • Surfing: Ombak di pantai ini ideal untuk pemula yang ingin belajar surfing, dengan instruktur yang siap membantu.
  • Snorkeling: Air yang jernih dan kehidupan laut yang beragam menjadikan Pantai Selong tempat yang sempurna untuk menyelam snorkeling.
  • Aktivitas Lokal: Pengunjung dapat menyaksikan nelayan lokal menjalankan aktivitas penangkapan ikan, menambah pengalaman yang otentik.
  • Suasana yang Tenang: Pantai yang tidak terlalu ramai memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai dan menikmati suasana yang tenang.

Aktivitas Wisata

Ombak yang cukup tenang dan laut yang dangkal membuat pengunjung banyak memanfaatkan untuk belajar surfing, berenang dan bermain pasir mulai dari anak-anak hingga dewasa

Aktivitas wisata di Pantai Selong Belanak menawarkan beragam pengalaman yang menarik untuk para pengunjung. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di sana:

  1. Surfing: Pantai Selong Belanak terkenal dengan gelombangnya yang cocok bagi pemula yang ingin belajar surfing.
  2. Berenang dan Bermain pasir : tempat yang cocok untuk berenang dan bermain pasir mulai dari anak-anak hingga dewasa
  3. Snorkeling: Menyelam di perairan jernih dan melihat kehidupan bawah laut yang berwarna-warni merupakan kegiatan yang memikat di pantai ini.
  4. Yoga: Beberapa villa di sekitar pantai menawarkan kelas yoga yang menghadap langsung ke pantai, memberikan pengalaman relaksasi dengan pemandangan yang memukau.
  5. Memasak: Kelas masak tradisional yang disediakan di dekat pantai memberikan pengalaman unik untuk belajar memasak hidangan lokal.
  6. Menikmati Kuliner Lokal: Restoran dan kafe di sekitar pantai menyajikan makanan lokal yang lezat, seperti ikan bakar yang baru ditangkap.
  7. Berjemur atau Bersantai di Pantai: Ruang terbuka yang luas dengan pasir pantainya yang lembut menjadi tempat yang sempurna untuk bersantai atau berjemur  di kursi-kursi yang disediakan sambil membaca buku

Pantai Selong Belanak memberikan kombinasi yang sempurna antara kegiatan alam, budaya, dan relaksasi. Setiap kegiatan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Lombok dan berinteraksi dengan kebudayaan setempat.

 

Akvitas Yoga Pantai Selong Belanak Lombok Nusa Tenggara barat

Akvitas Yoga Pantai Selong Belanak Lombok Nusa Tenggara barat | Instagram @Dunia.lombok

| Baca : Pantai Pink Lombok “Pantai Yang Direkomendasikan Bagi Backpacker”

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk Pantai Selong Belanak Juni 2024 adalah Rp 5.000 per orang

Fasilitas

Pantai Selong Belanak menawarkan berbagai fasilitas yang memastikan kenyamanan dan kepuasan pengunjung. Fasilitas-fasilitas tersebut antara lain:

  1. Area Parkir: Menyediakan banyak ruang untuk parkir kendaraan pengunjung, baik motor maupun mobil.
  2. Toilet Umum: Kebersihan yang terjaga membuat pengunjung merasa nyaman.
  3. Tempat Bilas: Fasilitas ini sangat membantu bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah bermain di pantai.
  4. Kafe dan Warung Makan: Berbagai pilihan makanan dan minuman tersedia di sepanjang pantai, menyajikan hidangan lokal yang lezat.
  5. Penginapan dan Vila: Bagi yang ingin menginap, terdapat banyak pilihan penginapan dan vila di sekitar pantai.
  6. Penyewaan Perlengkapan Surfing: Bagi pengunjung yang ingin belajar atau menikmati surfing, tersedia layanan penyewaan papan selancar.
  7. Area Bersantai: Pantai ini juga dilengkapi dengan tempat-tempat untuk bersantai menikmati pemandangan pantai, seperti kursi pantai dan payung.

Fasilitas di Pantai Selong Belanak terus berkembang untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung, menjadikannya salah satu destinasi wisata pantai yang paling populer di Lombok.

Rute dan Transportasi ke Pantai Selong Belanak

Untuk menuju lokasi, terdapat beberapa rute dan pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan:

Dari Kota Mataram

  • Rute: Pantai ini terletak sekitar 50 km dari Kota Mataram. Anda bisa mengambil waktu tempuh kurang lebih 1 jam perjalanan.
  • Transportasi: Opsi terbaik adalah menyewa mobil atau motor untuk perjalanan lebih fleksibel. Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi online yang tersedia di Kota Mataram

Dari Bandara Internasional Lombok

  • Rute: Jarak dari Bandara Internasional Lombok ke Pantai Selong Belanak bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit.
  • Transportasi: Sama seperti dari Kota Mataram, menyewa kendaraan pribadi atau transportasi online menjadi pilihan yang praktis untuk menuju pantai tersebut.

Selain menggunakan kendaraan sewaan atau pribadi, Anda juga bisa mempertimbangkan menggunakan jasa tour lokal yang sering menyediakan paket wisata ke Pantai Selong Belanak, termasuk transportasi dari lokasi Anda berada.

Leave A Comment