Pulau Pasoso Pulau Penyu Dengan Panorama Yang Indah Di Sulawesi Tengah

Pulau Pasoso Pulau Penyu Dengan Panorama Yang Indah Di Sulawesi Tengah

Bagi Anda yang suka diving dan snorkeling, akan sangat mengenal penyu hijau atau Chelonia mydas dalam bahasa latin. Pulau Pasoso adalah rumah bagi hewan ini. Pulau Pasoso juga dikenal oleh penduduk setempat sebagai pulau penyu hijau, karena keberadaan habitat hewan unik ini. Terletak di kabupaten balaesang, Donggala dan kebanyakan dikunjungi pada bulan September dan November setiap tahun oleh mereka yang ingin melihat kura-kura bertelur.

Pulau Pasoso berada sekitar 100 Km dari Palu, dan bisa dijangkau dengan perjalanan darat dan terus dilanjutkan dengan menggunakan perahu selama hampir 3 jam. Pulau ini menawarkan pemandangan laut yang indah, pantai yang indah, atmosfir tropis dan habitat penyu eksotis yang menaiki pantai untuk bertelur. Karena itu, Pulau Pasoso juga dikenal sebagai Pulau Penyu. Matahari yang bersinar di pulau sepanjang hari dijamin akan memuaskan Anda, jadi jangan heran jika ada banyak orang asing yang suka berjemur di sini.

Daya Tarik

Berikut merupakan daftar daya tarik Pulau Pasoso di Palu yang membuat pulau ini layak untuk dikunjungi:

  1. Konservasi Penyu Hijau: Merupakan habitat alami bagi penyu hijau, yang menjadikannya lokasi konservasi penyu dimana pengunjung bisa menyaksikan penyu datang bertelur.
  2. Pantai Berpasir Putih: Hamparan pantai dengan pasir putih yang lembut menyambut setiap pengunjung, ideal untuk berjemur atau sekadar bersantai.
  3. Perairan Jernih: Lautan biru jernih di sekeliling pulau = menawarkan keindahan bawah air yang mempesona.
  4. Snorkeling dan Diving: Kondisi bawah laut yang masih alami dan terjaga menarik para penyelam untuk menjelajahi kekayaan hayati dan terumbu karang.
  5. Fotografi: merupakan lokasi sempurna bagi mereka yang memiliki hobi fotografi, dengan pemandangan yang sangat fotogenik.
  6. Piknik dan Camping: Kesunyian dan keasrian alam di Pulau ini menjadikan tempat ini ideal untuk kegiatan piknik atau berkemah bersama keluarga atau teman.
  7. Pengamatan Satwa: Selain penyu, juga menjadi rumah bagi beragam satwa lain yang bisa diamati.
  8. Sunrise dan Sunset: Keindahan matahari terbit dan tenggelam adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan oleh pengunjung.

Sebelum merencanakan perjalanan Anda, selalu periksa informasi terkini tentang Pulau Pasoso dan pastikan bahwa Anda mematuhi semua peraturan konservasi yang ada untuk membantu melindungi kehidupan liar dan habitatnya.

Pulau Pasoso Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tenga

Pulau Pasoso Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah | Instagram : @Ilyas 793

| Baca :Pantai Talise : Simfoni Alam dan Kebangkitan di Hati Kota Palu

Kegiatan

Pulau Pasoso, terletak di Donggala, Sulawesi Tengah, menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi para wisatawan. Aktivitas yang dapat dinikmati antara lain:

  1. Snorkeling dan Menyelam: Air laut yang jernih menawarkan pengalaman snorkeling dan menyelam yang menakjubkan. Wisatawan dapat menjelajahi keindahan dunia bawah laut dan menikmati pemandangan terumbu karang serta beragam spesies laut.
  2. Pengamatan Penyu: Sebagai kawasan konservasi penyu, menawarkan pengalaman unik untuk mengamati penyu hijau, terutama saat mereka datang bertelur di pantai. Pengunjung bisa menyaksikan moment berharga tersebut langsung dari pantai.
  3. Berkemah dan Piknik: Terkenal pantai pasir putihnya yang indah dan hamparan pohon kelapa merupakan tempat yang sempurna untuk berkemah atau piknik bersama keluarga dan teman-teman.
  4. Fotografi: Bagi para pecinta fotografi, menawarkan pemandangan yang spektakuler. Mulai dari matahari terbit dan tenggelam yang indah, hingga kehidupan laut yang mempesona, semua dapat menjadi subjek foto yang mengagumkan.
  5. Menikmati Ketenangan: menawarkan suasana tenang dan damai, jauh dari kebisingan kota, membuatnya merupakan tempat yang ideal untuk ‘me time’ atau meditasi.

Meskipun menyuguhkan berbagai aktivitas yang menarik, perlu diingat bahwa fasilitas di Pulau ini masih terbatas. Sehingga, pengunjung disarankan untuk membawa keperluan mereka sendiri, termasuk peralatan snorkeling atau menyelam jika berniat untuk menjelajahi keindahan bawah lautnya

Rute dan Transportasi ke Pulau Pasoso

Untuk mencapai tujuan dari Palu, perjalanan biasanya dimulai dari Kota Palu, yang merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah. Berikut adalah rute dan transportasi ke Pulau Pasoso berdasarkan informasi yang tersedia:

  1. Jalur utamanya adalah dari dusun Mapaga di desa Labean, 108 KM utara Palu atau
  2. Dari Palu ke Pantai Tanjung Karang: Perjalanan dimulai dengan menuju ke Pantai Tanjung Karang yang berada di Donggala. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau sewa dari Palu dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam tergantung kondisi jalan dan lalu lintas. Jalur ini merupakan rute yang paling populer karena beberapa pengusaha pariwisata di Tanjung Karang menyiapkan paket perjalanan ke Pulau Pasoso dengan menggunakan perahu yang bawahnya tembus pandang sehingga kita bisa melihat panorama bawah laut yang indah darinya
  3. Dari Pantai Tanjung Karang ke Pulau Pasoso: Dari Pantai Tanjung Karang, Anda harus melanjutkan perjalanan menggunakan kapal atau perahu nelayan untuk mencapai Pulau Pasoso. Waktu tempuh dengan kapal biasanya memakan waktu sekitar 2 jam, tergantung pada kondisi cuaca dan jenis kapal yang digunakan.

Pastikan untuk mengecek secara detail jadwal keberangkatan kapal atau perahu nelayan dan melakukan pemesanan tempat jika diperlukan, karena jadwal dan ketersediaan dapat berubah tergantung pada musim dan kondisi cuaca.

Sebagai kawasan konservasi penyu yang memiliki panorama yang indah. Mereka yang suka snorkeling akan menemukan keindahan bawah air yang memikat penglihatan. Kita juga bisa menikmati berbagai budaya lokal disekitar tempat itu. Persiapkan dengan matang dan detail sebelum berkunjung ke Pulau Pasoso, nikmati Liburan tak terlupakan di Pulau yang tenang dan saksikan konservasi penyu hijau yang menawan.

Leave A Comment