Keunikan, Trekking, Rute dan Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung

Keunikan, Trekking, Rute dan Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung

Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung Terbaru 2024. Kota Bandung selalu saja membuat penasaran para traveler untuk mengunjungi kota yang terkenal dengan kawasan wisata dan surga belanjanya, selain itu ada juga wahana yang sedang menjadi hits di media sosial.

Stone Garden Bandung adalah objek wisata alam yang terletak di daerah karst Citatah, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini menawarkan daya tarik dan keunikan yang membuatnya menjadi destinasi populer bagi para pecinta alam. Salah satu daya tarik utama adalah formasi batu yang luar biasa. Formasi batu ini adalah sisa dari dasar laut purba yang muncul pada masa Mio-Pliosen, sekitar 20-30 juta tahun yang lalu. Formasi ini terdiri dari berbagai bentuk, warna, dan ukuran yang menciptakan pemandangan yang memikat

tempat wisata terkenal ini terletak di kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat. Puncak Batu berada di puncak bukit Pasir Pawon, dengan ketinggian 900 MDPL dan luas dua hektar.

Sedangkan jalan menuju Stone Garden Bandung tidaklah sulit, bila dari arah Kota Baru Parahyangan, setelah keluar tol Padalarang, cukup arahkan kendaraan anda menuju cianjur. Karena aktivitas bumi dan pergeseran lempeng, perbukitan ini konon pada awalnya berada di dasar laut. Kemudian, ia naik ke permukaan dan akhirnya menjadi tebing bukit kapur seperti sekarang.

 

Bentuknya yang menyerupai karang dan berongga membuat bukit ini tampak sangat cantik untuk di abadikan bersama dengan teman teman ataupun anda yang suka berselfie ria.

| Baca : Harga Tiket Masuk Gambung Vila Barusen Hills Bandung

Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung Maret 2024 :

  • Hari Biasa (Senin-Jumat):
    • Dewasa: Rp14.000
    • Anak-anak (3-10 tahun): Rp7.000
  • Akhir Pekan (Sabtu-Minggu) dan Hari Libur:
    • Dewasa: Rp27.000
    • Anak-anak (3-10 tahun): Rp14.000

Tiket masuk di Stone Garden Bandung dapat berbeda tergantung pada hari kunjungan Anda. Jadi, pastikan untuk memperhatikan harga tiket sesuai dengan kategori dan hari kunjungan Anda untuk mempersiapkan budget dengan tepat.

Daya Tarik dan Keunikan Stone Garden Bandung

  1. Lanskap Karst: Terletak di lanskap karst Citatah. Formasi batu yang unik di area ini terbentuk jutaan tahun yang lalu, menciptakan lanskap alam yang indah yang menarik pengunjung yang menghargai keindahan formasi geologi.
  2. Aktivitas Luar Ruangan Menantang: Menawarkan aktivitas luar ruangan yang populer di kalangan pecinta petualangan. Berpetualang melalui medan yang kasar memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi formasi batu unik di daerah ini dan menikmati pemandangan yang memukau sepanjang perjalanan.
  3. Spot Fotografi: Pemandangan indah Stone Garden Bandung membuatnya menjadi tempat yang ideal bagi para penggemar fotografi. Formasi batu yang menarik dan lingkungan alam yang alami memberikan latar belakang yang indah untuk mengabadikan foto yang menakjubkan.
  4. Signifikansi Geologis: Formasi batu di Stone Garden Bandung adalah sisa-sisa terumbu karang purba yang ada jutaan tahun yang lalu saat era Mio-Pliosen. Formasi batu yang langka dan beragam ini menampilkan berbagai bentuk, warna, dan ukuran, menjadikannya situs yang menarik untuk eksplorasi dan studi geologi.
  5. Nilai Sejarah: Memiliki nilai sejarah karena menyimpan sisa-sisa fosil laut, memberikan wawasan berharga tentang masa lalu dan menjadi destinasi edukatif bagi pengunjung yang tertarik dengan sejarah geologi daerah tersebut.

 

Pengunjung juga dapat menikmati kegiatan seperti mendaki dan trekking, karena Stone Garden Bandung menawarkan jalur-jalur indah di tengah formasi batu yang menakjubkan. Tempat ini juga dikenal dengan spot-spot foto yang indah, di mana pengunjung dapat mengambil foto dan video yang berkesan.

| Baca :Harga Tiket Masuk Jendela Alam Bandung

Jalur Trekking

Ada 2 alternatif Jalur Trekking di Stone Garden Bandung, yaitu :

  1. Jalur Gunung Masigit: Jalur ini memungkinkan pengunjung untuk menjelajahi Stone Garden dari sisi Gunung Masigit. Jalur ini akan membawa pengunjung melalui formasi batu yang indah dan menawarkan pemandangan spektakuler. Trekking di jalur Gunung Masigit memberikan pengalaman petualangan yang menarik bagi para pecinta alam.
  2. Jalur Gua Pawon: Jalur ini mengarah ke Gua Pawon, salah satu objek wisata menarik di sekitar Stone Garden Bandung. Jalur trekking ini akan membawa pengunjung melintasi berbagai formasi batu yang menjulang tinggi dan memberikan pemandangan yang menakjubkan. Selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati panorama alam sekitar sambil menjelajahi jalur ini.

Anda dapat mengeksplor setiap tempat dan menikmati taman batu di atas puncak Pasir Pawon, pemandangan batu yang berserakan hampir di setiap sisi taman, seakan membawa kita ke jaman batu dan sangat mirip dengan seting film yang akan membuat anda terpana dengan keindahan yang di tawarkan oleh Stone Garden Bandung.

Rute 

Berikut adalah rute yang dapat diikuti jika Anda ingin mencapai menggunakan mobil atau sepeda motor:

Rute dengan Mobil:

  1. Dari Bandung, ikuti jalan Tol Pasteur dan keluar di Gerbang Tol Padalarang.
  2. Setelah keluar dari tol, ikuti Jalan Raya Padalarang-Cianjur menuju arah Citatah.
  3. Setelah sekitar 15-20 menit perjalanan, Anda akan mencapainya yang terletak di sebelah kanan jalan.
  4. Parkir kendaraan Anda di area yang disediakan dan siap untuk menikmati Stone Garden Bandung.

Rute dengan Sepeda Motor:

  1. Dari Bandung, arahkan sepeda motor Anda ke arah Gerbang Tol Pasteur.
  2. Setelah melewati gerbang tol, ikuti Jalan Raya Soreang-Cileunyi.
  3. Terus mengikuti jalan ini ke arah Padalarang.
  4. Setelah melewati Padalarang, ikuti Jalan Raya Padalarang-Cianjur menuju arah Citatah.
  5. Setelah sekitar 15-20 menit perjalanan, Anda akan mencapainya yang terletak di sebelah kanan jalan.
  6. Parkir sepeda motor Anda di area yang disediakan dan siap untuk menikmati pengunungan karst, apalagi dilakukan sore hari bersama pasangan dengan sunset yang indah sekali.

Pastikan untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan menyimak petunjuk arah yang ada. Perjalanan bisa memakan waktu lebih lama tergantung pada lalu lintas dan kondisi jalan, jadi pastikan untuk mengatur waktu perjalanan Anda dengan baik.

| Baca :Harga Tiket Masuk Mata Air Cimincul

Demikian Harga Tiket Masuk Stone Garden Bandung Terbaru, anda pasti akan lebih terpana dengan kota Bandung ini, selain ke Stone Garden bandung anda juga dapat melihat wahan wisata kota Bandung lainnya yang sedang digemari di media sosial, yaitu Tebing Keraton yang juga sedang hits di media sosial.

Stone Garden Bandung terletak di Kampung Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat. Dengan fitur geologisnya yang unik dan pemandangan yang memukau, tempat ini menawarkan wawasan yang menarik tentang sejarah alam di area tersebut

Leave A Comment