Harga Tiket Masuk dan Aktivitas Seru di Pantai Balekambang Malang

Harga Tiket Masuk dan Aktivitas Seru di Pantai Balekambang Malang

Terletak di bagian selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur, Pantai Balekambang adalah permata tersembunyi yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Dikenal sebagai “Tanah Lot”-nya Jawa Timur karena memiliki pura di tengah laut yang mirip dengan Tanah Lot di Bali, Pantai Balekambang memikat hati setiap pengunjung dengan pasirnya yang halus, ombaknya yang tenang, dan panorama laut yang luas. Pantai ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang indah, tetapi juga pengalaman budaya yang kaya, mencerminkan perpaduan harmonis antara alam dan spiritualitas. Setiap tahun, Pantai Balekambang menjadi tuan rumah berbagai upacara keagamaan yang menarik banyak pengunjung, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan kekaguman alam sekaligus pengalaman budaya yang mendalam.

Daya Tarik

Pantai Balekambang di Malang menawarkan berbagai daya tarik yang menjadikannya salah satu destinasi wisata favorit, di antaranya:

  • Pura Luhur Amet Sari: Sebuah pura yang letaknya unik, yakni berdiri di sebuah batu karang di tepi pantai, mirip dengan Pura Tanah Lot di Bali, yang sering menjadi latar bagi fotografi yang menakjubkan.
  • Pemandangan alam: Pantai ini menampilkan garis pantai yang panjang dengan pasir putih dan ombak yang relatif tenang, cocok untuk berjemur, bermain pasir, atau sekadar menikmati keindahan alam sekitar.
  • Sunrise dan Sunset: Menawarkan kesempatan untuk menyaksikan momen matahari terbit dan terbenam yang memukau, yang menjadi daya tarik bagi fotografer dan para penikmat pemandangan langit.
  • Upacara keagamaan: Tempat ini sering menjadi lokasi upacara keagamaan Hindu, seperti upacara Melasti dan hari raya Nyepi, yang memberikan pengalaman kultural yang unik bagi wisatawan.
  • Fasilitas dan akomodasi: Tersedia berbagai fasilitas untuk mendukung kenyamanan pengunjung, termasuk area parkir, warung makan, area istirahat, dan penginapan yang beragam.
  • Kegiatan olahraga air: Anda dapat menikmati berbagai kegiatan seperti berenang, snorkeling, atau memancing di sekitar pantai yang berpasir landai dan bersih ini.
  • Aksesibilitas: Lokasinya yang mudah dijangkau dari Kota Malang maupun kota-kota lain di Jawa Timur membuat pantai ini menjadi destinasi yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pantai Balekambang secara keseluruhan menyuguhkan kombinasi sempurna antara keindahan alam, nilai kultural, serta fasilitas yang memadai, menjadikannya destinasi wisata yang tak hanya menyenangkan untuk dikunjungi, tapi juga mengesankan dan berkesan dalam hati setiap pengunjung.

Aktivitas

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Pantai Balekambang adalah:

  • Menikmati pemandangan alam yang indah berupa garis pantai dengan pasir putih dan ombak yang tenang.
  • Mengunjungi Pura Luhur Amet Sari yang berada di atas batu karang, mirip dengan Pura Tanah Lot di Bali.
  • Berenang dan beraktivitas air lainnya di pantai dengan perairan yang relatif aman.
  • Melakukan aktivitas fotografi, baik panorama pantai maupun saat matahari terbit dan terbenam.
  • Berpartisipasi atau menyaksikan upacara keagamaan Hindu yang sering dilaksanakan di tempat ini.
  • Menjelajahi toko oleh-oleh di sekitar pantai yang menawarkan berbagai suvenir menarik.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Balekambang April 2024 adalah Rp 20.000. Selain itu, ada beberapa biaya tambahan lainnya seperti biaya PMI Rp 2.000, tarif parkir untuk motor Rp 5.000, mobil Rp 10.000.

Fasilitas

Pantai Balekambang memiliki fasilitas yang lengkap untuk kebutuhan pengunjung:

  1. Area parkir luas
  2. Toilet umum
  3. Warung makan
  4. Area bermain anak
  5. Tempat penyewaan perahu untuk menjelajahi pulau-pulau di sekitar pantai

Rute dan Transportasi Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berlokasi di selatan Kabupaten Malang, Jawa Timur. Pantai ini dapat ditemukan di Jalan Raya Balekambang, Desa Srigonco, Dusun Sumber Jambe, Kecamatan Bantur. Pantai Balekambang berlokasi sekitar 60 km arah selatan dari Kota Malang, dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam. Untuk mencapainya, ada beberapa rute dan metode transportasi yang bisa digunakan:

  1. Menggunakan kendaraan pribadi: Anda dapat menggunakan dua rute alternatif, yaitu melalui Jalan Raya Kepanjen – Pakisaji atau Jalan Raya Gondangleg.
  2. Menggunakan transportasi umum: Anda dapat naik bus jurusan Malang-Bantur dari Terminal Arjosari.

Pantai Balekambang di Malang ini benar-benar menyajikan pengalaman yang unik dengan keindahan alam dan kekayaan budayanya. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan pesonanya langsung. Yuk, rencanakan kunjunganmu ke Pantai Balekambang dan temukan keindahan yang tak terlupakan!

Leave A Comment