Pantai Kondang Merak Pantai Alami Malang Dengan Legenda Burung Merak

Pantai Kondang Merak Pantai Alami Malang Dengan Legenda Burung Merak

Informasi Wisata Pantai Kondang Merak

Lokasi Kecamatan Donomulyo, Malang, Jawa Timur.
Harga Tiket Masuk Rp.10.000,-
Waktu Buka 08.00 – 18.00
Fasilitas Obyek Wisata Wisata pantai dan legenda burung merak

Pantai Kondang Merak merupakan sebuah pantai di pesisir selatan Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur yang terletak tepatnya di Kecamatan Donomulyo. Pantai ini terletak sekitar 2 km di sebelah Pantai Balekambang (kalo lewat jalur laut hehehe), kalo lewat jalur darat anda membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menerobos hutan belantara yang masih alami dengan jalannya yang masih makadam alias tidak beraspal. Suasana Pantai Kondang Merak lebih sepi dan lebih alami daripada Balekambang, para pengunjung belum begitu mengetahui keberadaan pantai ini karena tertutupi oleh nama besar Pantai Balekambang yang sudah lama dikenal oleh masyarakat. Karena suasan yang masih alami, pantai ini dapat menjadi alternatif wisata jika bosan dengan ramainya Balekambang.

Pantai Kondang Merak sungguh indah dan memiliki panorama yang cantik. Saat laut menjadi surut, Keindahan karang di Pantai Kondang Merak semakin kelihatan karena karang yang selama ini tertutup air laut akan muncul ke permukaan. Keunikan lain dari adalah karangnya yang besar dan hamparan pasir putihnya yang terasa lembut di kaki. Suasana Pantai Kondang Merak terlihat lebih eksotis, ditambah dengan adanya hutan dengan beerbagai macan pohon yang rindang membuat suasana hati menjadi damai, rileks dan nyaman saat berada di pantai ini.

| Baca : Harga Tiket Masuk Wisata Kebun Teh Wonosari Malang Terbaru

Daya Tarik

Ombak pantai yang lebih tenang membuat kami betah berlama-lama bermain kecipak air di bibir pantai. Airnya pun tak terlalu lengket dan terasa sejuk, hampir mirip dengan air tawar biasa. Terdapat pula sebuah batu karang di sekitar pantai berdiri kokoh dengan gagahnya seakan sedang berpose siap untuk anda abadikan dengan kamera. waktu yang sangat tepat untuk menikmati pantai ini adalah saat sore dimana kita memburu keindahan Sunset Pantai Kondang Merak.

Memiliki beberapa daya tarik yang bisa dinikmati para pengunjung, di antaranya:

  1. Pemandangan indah: Pantai Kondang Merak merupakan pantai yang eksotis dan masih alami, sehingga pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang jernih dan tenang. Di sini juga tersedia perahu yang dapat disewa untuk menjelajahi pantai.
  2. Spot foto yang Instagramable: Pantai Kondang Merak memiliki beberapa spot foto bagus yang cocok untuk diunggah ke media sosial, seperti mercusuar yang menjadi ikonik di pantai ini.
  3. Wisata kuliner: Pantai Kondang Merak dikenal sebagai tempat kuliner seafood yang enak dan terjangkau, sehingga pengunjung dapat mencoba aneka makanan laut yang segar dan lezat.
  4. Aktivitas kegiatan: Pantai Kondang Merak terkenal dengan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan oleh pengunjung, di antaranya berkemah, main motor trail, memancing, dan lain-lain.

Dengan keempat kelebihan di atas, Pantai Kondang Merak berpotensi menjadi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Tebing dan Karang menjulang yang berada di sekeliling Pantai semakin memperindah keelokan pantai ini. Dekat bibir Pantai akan keliatan berlumut saat surut dan memiliki banyak tumpukan terumbu karang, spons, dan kerang di penghujung pantainya. keunikan pasir dari pantai ini adalah pasirnya yang sebesar biji merica, seperti pasir Pantai Kuta di Lombok.

| Baca : Harga Tiket Masuk Petirtaan Jolotundo

Sejarah Pantai 

Menurut penuturan warga sekitar, dari penuturan penduduk setempat secara turun temurun nama Kondang Merak berasal dari burung Merak meminum air tawar yang berada di pantai tersebut, Pantai itu pun menjadi terkenal karena burung Meraknya, hingga munculah sebutan nama “Pantai Kondang Merak” secara harfiah kondang [jawa] adalah terkenal . namun kini, keberadaan burung merak sudah tidak bisa kita saksikan karena populasinya yang semakin sedikit, atau mungkin memang sudah tidak ada disana lagi.

Fasilitas dan Akomodasi

Walaupun pantai ini jarang dikunjungi wisatawan, Namun untuk fasilitas terbilang cukup memadai. Beberapa fasilitas yang sudah tersedia di Pantai Kondang Merak diantaranya:

  • Mushola buat tempat ibadah.
  • Beberapa Toilet.
  • Pusat Kesehatan.
  • Area parkir kendaraan.
  • Beberapa penjual ikan laut.

Untuk masalah akomodasi penginapan belum tersedia di pantai ini. Jika anda telah kemalaman dan ingin menginap di sekitar lokasi wisata Pantai Kondang Merak, anda bisa menuju ke arah lokasi wisata Pantai Balekambang, karena disana tersedia beberapa penginapan dengan tarif sekitar 100 ribu rupiah per malam.

| Baca : Eksplorasi 5 Tempat Wisata Populer dan 7 Wisata Alternatif Danau Toba

Rute dan Akses 

Untuk mencapai pantai ini anda bisa melewati 2 jalur yang bisa anda pilih, jarak pantai dengan pusat kota Malang sekitar 70Km.

  • Jalur 1 : Dari Kota Malang  – Kepanjen – Pagak di lanjutkan ke arah Bantur – Kondang Merak
  • Jalur 2 : Terminal Arjosari – Turen – Gondang legi – Bantur – Kondang merak

Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam lebih perjalanan, silahkan buka Peta Pantai Kondang Merak untuk melihat rute lokasi lebih jelas.

Leave A Comment