Hutan Pinus Imogiri Pesona Lain Dari Wisata Jogja

Hutan Pinus Imogiri Pesona Lain Dari Wisata Jogja

Apa sih yang menarik dari wisata Hutan Pinus Imogiri yang lokasinya dekat dengan arah menuju Kebun Buah Mangunan? yups Jogja memang penuh dengan wisata yang unik, seakan tiada habisnya mengeksplore alam yang begitu indah yang ada di Jogja ini. Salah satunya Hutan Pinus Imogiri yang sering menjadi tujuan wisata para wisatawan lokal terutama para mahasiswa yang sedang study di kota Yogyakarta. Tempat ini berlokasi di  Desa Muntuk Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul Yogyakarta. Karena jika kita akan kesana harus melewati daerah Imogiri makanya sering disebut Hutan Pinus Imogiri.

Tidak ada retribusi untuk masuk ke Hutan Pinus Imogiri, cukup membayar biaya parkir kendaraan saja. Tarif parkir sepeda motor Rp 2.000,- dan tarif parkir mobil Rp 10.000,-. Hutan Pinus ini tidak begitu luas namun sangat layak dijadikan tempat tujuan wisata. Bahkan tempat ini sering dijadikan sebagai lokasi foto pre-wedding lo0 gais. Sulit menjelaskan apa yang menarik dari tempat ini, kalian bisa melihat gambarnya saja biar gambarnya nanti yang bercerita ke kalian hehehe…. Suasana menjadi berbeda saat kita memasuki hutan pinus ini, dengan pohon-pohon pinus yang menjulang tinggi, sangat rimbun dan sejuk udara disini. Saat angin bertiup terdengar suara ranting-ranting pohon pinus yang saling bergesekan. Terkadang suara yang dihasilkan agak mengerikan juga seperti gemuruh yang tak henti.

Beberapa hal yang harus kalian perhatikan jika berkunjung ke Hutan Pinus Wonogiri, Kita sebagai pengunjung harus menjaga kelestarian hutan serta kebersihannya. Sampah yang kita bawa harus dibawa pulang kembali. Syukur-syukur jika mau memunguti sampah yang ada disana juga. Dengan begitu hutan pinus tersebut senantiasa terjaga keindahannya dan kelestariannya. Serta dilarang keras membuat api disekitar tempat ini karena kayu pinus sangat mudah terbakar sehingga sangat membahayakan menyalakan api di tempat ini.

Fasilitas

Tempat ini belum dikelola untuk menjadi tempat wisata, fasilitasnya sangat minim sekali, cuman ada tempat berteduh yang digunakan untuk parkir sepeda motor. Jika kalian lapar juga tidak ada warung di sekitar Hutan Pinus Imogiri, cuma ada penjual makanan seperti pentol yang kadang mampir menjajakan makanannya di sekitar parkiran. Kawasan ini milik Dinas Kehutanan dan Perkebunan Daerah Istimewa Yogyakarta sehingga tidak dikembangkan menjadi tempat wisata.

| Baca : Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger Jogja

Rute Menuju Hutan Pinus Imogiri

Rute menuju Hutan Pinus Imogiri mirip dengan rute menuju Kebun Buah Mangunan. Dari arah kota Jogja silahkan kalian menuju Terminal Giwangan, dari terminal giwangan kalian akan menemukan perempatan besar, lanjut lurus saja ke selatan menuju ke arah Imogiri. dari sini sekitar 20 KM sampai kalian menemukan pertigaan imogiri yang jalannya bercabang jadi dua, silahkan pilih saja yang ke kiri yang menuju makam raja Imogiri. perhatikan terus penunjuk jalan nanti kalian akan menemukan pertigaan dan papan penunjuk jalan yang bertuliskan ke Taman Buah Mangunan dan kalian diharuskan ambil jalan yang ke kanan. Ikuti terus jalur itu sampai di sisi kiri jalan kamu akan menemukan bukit kecil yang banyak orang foto2 di sana. bukit itu pernah dijadikan lokasi pengambilan salah satu film FTV, oke lanjut saja ke atas sampai kalian menemukan percabangan jalan, ambil ke kiri atau jalan yang naik, tidak jauh dari situ kalian akan sampai di Hutan Pinus Imogiri.

| Baca : Harga Tiket Dan Lokasi Seribu Batu Songgo Langit Jogja Terbaru

Harga Tiket Masuk  Hutan Pinus Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta adalah : Rp 5.000, adapun tarif parkir :

parkir mobil Rp 3000
parkir motor Rp 10.000
parkir bus Rp 20.000
Tarif pre wedding Rp 50.000

Kalian bisa menuju Bantul untuk mencari Hotel atau ke Jogja Kota

Leave A Comment