Pantai Air Manis: Mengunjungi Pantai Indah dengan Legenda Malin Kundang di Kota Padang

Pantai Air Manis: Mengunjungi Pantai Indah dengan Legenda Malin Kundang di Kota Padang

Pantai Air Manis Padang di Provinsi Sumatera Barat sungguhlah istimewa karena terkait erat dengan legenda epik Malin Kundang. Jika Anda mengunjungi pantai ini, Anda akan menemukan sebuah batu yang begitu menakjubkan karena menyiratkan sosok seorang laki-laki (tidak lain adalah Malin Kundang sendiri) sedang bersujud dengan penuh makna.

Konon katanya seorang pria bernama Malin Kundang hidup dengan seorang Ibu yang sudah tua. Hari-harinya dihabiskan untuk membantu ibunya. Karena ingin membantu keadaan Ibunya, Malin meminta izin untuk merantau dan dengan berat hati juga ibunya mengabulkannya. Di perantauan, Malin bisa sukses dan menikah dengan putri seorang juragan kaya. Bertahun-tahun Malin tidak pernah pulang ke Kampung halamannya sementara Ibunya sangat menantikan kedatangannya. Suatu ketika, Malin Kundang beserta istrinya pulang ke kampung halamannya dengan kapal besar miliknya. Mendengar kepulangannya, Ibunya datang menghampiri Malin dengan menyapanya “anak”. Takut ketahuan istrinya bahwa dia berasal dari keluarga miskin, Malin menyangkal bahwa ibu tua renta tersebut adalah ibunya dan mengusirnya. Mendengar perkataan si Malin Kundang, Ibunya merasa sedih dan marah, lalu ia berdoa kepada tuhan agar anaknya si Malin Kundang dihukum dan dikutuk jadi batu. Pada saat itu juga, muncullah petir dan badai besar. Melihat keadaan di sekitarnya, Malin menyesal dan memohon kepada ibunya tapi semua itu sudah terlambat, kutukan itu berlanjut membuat dia menjadi batu beserta semua awaknya.

Pantai Air Manis menjadi magnet bagi para wisatawan, baik lokal maupun internasional, yang terpesona dengan kombinasi sempurna antara ombak lembut dan panorama Gunung Padang yang memesona. Namun, jangan puas hanya dengan bermain di air dan berenang. Ada petualangan menarik menanti Anda dengan menyewa perahu motor untuk menjelajahi Pulau Pisang Kecil dan Pisang Besar yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari pantai. Jadikan persiapan ekstra pakaian sebagai keharusan saat mengunjungi Pantai Air Manis, karena Anda tidak akan bisa menahan diri untuk berenang atau berjalan menuju Pulau Pisang Kecil yang menawan.

Harga Tiket masuk dan Fasilitasnya pada Mei 2024

harga tiket masuk ke Pantai Air Manis pada adalah sebagai berikut:

Dewasa: Rp 10.000
Anak-anak: Rp 5.000
Namun, perlu diingat bahwa harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, terdapat juga tarif khusus untuk wahana seperti ATV yang disewakan seharga Rp 100.000 per jam.

Berkunjung ke Pulau Pisang Kecil akan memberikan Anda kesempatan untuk menikmati pemandangan indah dari bawah gazebo yang nyaman, sambil menatap lautan yang mempesona. Jika Anda ingin memperpanjang petualangan, ada opsi untuk bermalam di rumah penduduk setempat atau menginap di dalam tenda yang Anda bawa sendiri di Pulau Pisang Besar. Sementara itu, jika Anda mencari sensasi olahraga air, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Sikuai yang terkenal dengan pasir putihnya yang menakjubkan. Nikmati pesona pantai dengan berselancar atau menyelam, dan jangan lupa menyeberangi ke Pulau Pisang Kecil menggunakan perahu motor yang dapat disewa. Jika petualangan Anda masih belum terpuaskan, Anda juga bisa menyewa perahu motor untuk mengunjungi Pulau Sikuai yang berlokasi di seberang Pulau Pisang.

| Baca :Kepulauan Mentawai: Di Mana Keajaiban Alam dan Budaya Suku Mentawai Bertemu Petualangan

Lingkungan Sekitar

Dengan berkeliling pantai yang mempesona di sekitar Pantai Air Manis, pengunjung dapat mengeksplorasi setiap sudut keindahan yang ditawarkan. Tidak hanya itu, mereka juga bisa melanjutkan petualangan dengan menyeberang ke Pulau Pisang Kecil yang terletak tidak jauh dari pantai utama. Di Pulau Pisang Kecil, pengunjung akan disajikan dengan pemandangan yang tak kalah menakjubkan.

Mencapai Lokasi Pantai Air Manis

Pantai Air Manis terletak 15 KM dari Padang. Dari bandara internasional Minangkabau, pengunjung bisa pergi ke Air Manis melewati Padang. Jika Anda ingin menggunakan transportasi umum, Anda harus terlebih dahulu pergi ke Plaza Sentral Pasar Raya dari gerbang keluar bandara di Simpang Ketaping. Dari pusat kota, Anda dapat mengambil transportasi umum rute Padang-Bungus.

| Baca : Pulau Sikuai Wisata Resort Nan Indah Dari Sumatera Barat

Penginapan di Sekitar Pantai Air Manis

Karena letaknya masih dalam sekitar Kota Padang, jadi Anda tidak perlu khawatir atas penginapan. Di kota Padang itu sendiri banyak tersedia penginapan mulai dari kelas melati hingga bintang lima. Adapun hotel bintang yang terkenal diantaranya: Mercure, Pangeran Beach, Basko, Grand Zuri. Sedangkan untuk kelas melati: Hotel Jakarta, Sriwijaya, Diana, dll.

Dengan segala daya tarik alamnya yang menakjubkan, Pantai Air Manis, Pulau Pisang Kecil, Pisang Besar, dan Pulau Sikuai menawarkan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung yang berani menjelajahinya.

Leave A Comment