Pantai Wonokerto Pantai Pasir Hitam Dari Pekalongan

Pantai Wonokerto Pantai Pasir Hitam Dari Pekalongan

Informasi Wisata Pantai Wonokerto
Lokasi kecamatan Wonokerto, kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.
Harga Tiket Masuk Gratis
Waktu Buka  24 Jam
Fasilitas Obyek Wisata Wisata pantai dengan pasir hitam, tempat pelelangan ikan

Pantai Wonokerto merupakan sebuah pantai yang berada di kawasan desa nelayan. Pantai ini berlokasi di kecamatan Wonokerto, kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Di pantai ini terdapat area yang digunakan oleh para nelayan sebagai dermaga untuk menambatkan kapal – kapal mereka. Pantai yang ramai dikunjungi tiap akhir pekan ini juga terkenal karena adanya upacara Nyadran atau upacara sedekah laut. Keistimewaan lain yang bisa anda lihat dari Pantai Wonokerto adalah Upacara Nyadran atau Upacara Nyadranan. Acara ini merupakan adat budaya dan tradisi daerah yang perlu di lestarikan dan merupakan peninggalan nenek moyang kita

Upacara Nyadran atau sedekah laut ini rutin diadakan oleh para nelayan di Pantai Wonokerto tiap tanggal 1 Suro. Tujuannya adalah sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil tangkapan ikan. Selain itu juga sebagai permohonan agar di tahun selanjutnya, ikan – ikan makin melimpah dan para nelayan diberi keselamatan saat melaut. Dulunya upacara ini hanya diikuti oleh para nelayan yang ada di sekitar pantai Wonokerto, namun sekarang tradisi ini telah menjadi suatu festival budaya yang diikuti oleh para wisatawan yang berasal dari daerah sekitar Pekalongan. Tentunya dengan adanya festival Nyadran ini, mampu menambah pendapatan daerah dari sektor pariwisata.

Begitu para wisatawan memasuki area wisata, pengunjung akan langsung disambut oleh lembutnya angin laut yang sepoi-sepoi dan semilir menenangkan hati. Pasir Pantai Wonokerto berwarna hitam yang merupakan ciri khas warna psir pantai laut utara. Berbeda dengan pantai laut selatan jawa yang rata-rata berpasir putih. Pantai ini cukup asyik untuk tempat menikmati sunset pantai wonokerto atau sunrise pantai wonokerto yang begitu indah. Namun, bau khas ikan laut akan sedikit mengganggu penciuman kita, karena memang tempat daerah pelelangan ikan atau pasar ikan.

Kegiatan atau Obyek Wisata Pantai Wonokerto

Daya tarik lain dari pantai Wonokerto adalah adanya keberadaan pelelangan ikan. Di tempat ini, anda dapat membeli ikan – ikan segar hasil tangkapan nelayan dengan harga yang tentunya berbeda dengan harga – harga di pasar maupun supermarket. Jika anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini, bagi anda suka memancing, ada beberapa spot mancing yang bagus seperti di muara area TPI (Tempat Pelelangan Ikan) Wonokerto. Anda juga bisa menyewa perahu nelayan setempat untuk menuju ke tengah laut.

Akses Menuju Pantai Wonokerto

Anda dapat menempuh perjalanan dari selama kurang – lebih 45 menit dari kota Pekalongan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.Jalan menuju pantai Wonokerto sudah cukup baik karena sebagian besar beraspal, tetapi beberapa bagian terendam air rob. Silahkan anda datang ke Pantai Wonokerto pada hari Jum’at sore dan Minggu pagi, karena biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal, sapa tahu anda bisa dapat kenalan di sini.

Leave A Comment