Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi Perkebunan Terbesar Kedua Di Dunia

Perkebunan Teh Kayu Aro Jambi Perkebunan Terbesar Kedua Di Dunia

Di seluruh dunia, teh adalah minuman yang paling banyak dikonsumsi dan dapat ditemukan di hampir setiap negara. Selama bertahun-tahun, teh telah dikaitkan dengan manfaat kesehatan, dan beberapa jenisnya bahkan dianggap sebagai obat. Selama bertahun-tahun, teh telah menjadi komponen penting dalam sejumlah budaya, dengan acara seperti pesta teh, teh sore, dan upacara teh. Dari Eropa ke Timur dan kembali ke Indonesia, minum teh adalah kebiasaan sehari-hari, bukan tradisi.

Terdapat ribuan perkebunan teh dan bahkan lebih merek teh yang berbeda, dan meskipun teh Kayu Aro mungkin yang terbaik, tidak ada keraguan bahwa itu adalah teh terbaik di dunia dalam hal kualitas dan rasa. Teh Kayu Aro tumbuh di dataran tinggi di kaki Gunung Kerinci, tepatnya di kecamatan Kayu Aro, Kerinci, provinsi Jambi. Itu dikemas dan dijual ke seluruh dunia, dan pernah menjadi favorit bangsawan Belanda dan Ingris. Perkebunan ini berada di Pegunungan Kerinci, Sungai Penuh, Jambi, Sumatera.

Perkebunan Teh Kayu Aro adalah yang pertama di Indonesia. Ini dimulai sebagai perusahaan kolonial Hindia Belanda pada tahun 1925. Pada tahun 1959, pemerintah Indonesia mengambil alihnya. Perkebunan Teh Darjeeling di India adalah perkebunan teh terbesar kedua di dunia setelah Kayu Aro. Sekitar 2.500 hektar lahan terletak di Kayu Aro, yang terletak di ketinggian 1.600 meter di atas permukaan laut. Teh yang ditanam di sana adalah teh ortodoks, atau teh hitam, seperti yang lebih dikenal.

Di Kayu Aro, proses pembuatan teh masih sangat tradisional. Saat memproses teh, pekerja tidak boleh menggunakan kosmetik.

Perkebunan teh Kayu Aro menghasilkan 5.500 ton teh hitam setiap tahun. Kelas tertinggi diekspor ke Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Amerika Serikat, sementara kelas yang lebih rendah dibeli oleh orang-orang di daerah tersebut.

Aktivitas

Kebun Teh Kayu Aro Kerinci Jambi

Kebun Teh Kayu Aro Kerinci Jambi | Instagram ???? @herlina_agstna

Apakah Anda sedang mencari tempat yang tenang di tengah-tengah pegunungan dengan udara segar, angin sejuk, dan alam sekitarnya untuk menenangkan pikiran dan tubuh Anda? Kayau Aro mungkin lokasi yang sempurna. Berjalan melalui hamparan teh yang luas atau bahkan membantu para pekerja memilih tunas yang siap untuk diolah

Sejak tahun 1925, pabrik-pabrik yang dibangun selama pembuatan perkebunan tidak banyak berubah, dan proses manajemennya juga tidak banyak berubah. Anda dapat melihat setiap langkah proses pembuatan teh di sini.

Pertama, tentu saja, adalah menjaga tanaman. Kemudian, dengan hati-hati, petik daun teh. Proses pelayuan, yang merupakan salah satu langkah yang paling penting dalam produksi teh, memanfaatkan aliran udara, suhu, dan kelembaban untuk mengurangi kelembaban daun ke tingkat yang diinginkan. Pelayuan dilakukan untuk memungkinkan pertumbuhan senyawa rasa teh sambil mengurangi bau berumput. Ini adalah proses manufaktur terpanjang di Kayu Aro, yang membutuhkan waktu antara 18 dan 22 jam. Teh diangkut ke truk untuk dibawa ke pabrik setelah layu agar kering. Proses fermentasi adalah langkah berikutnya. Kualitas teh kemudian dinilai dan dipisahkan ke dalam berbagai batch.

Daya Tarik Perkebunan Teh Kayu Aro

Keindahan Alam

Perkebunan teh Kayu Aro menawarkan pemandangan alam yang memukau dengan perbukitan hijau yang tertutup oleh tanaman teh yang rapi. Wisatawan dapat menikmati keindahan panoramanya yang menyejukkan mata dan menawarkan kesempatan untuk berfoto yang sempurna.

Pengalaman Pemetikan Teh

Pengunjung dapat mengalami langsung proses pemetikan teh di perkebunan ini. Mereka dapat belajar tentang teknik pemetikan yang benar, mencoba langsung memetik teh, dan bahkan melihat bagaimana daun teh diolah menjadi produk akhir yang siap diminum.

Tur Pabrik Teh

Perkebunan ini juga menawarkan tur pabrik teh yang memungkinkan pengunjung untuk melihat secara langsung proses pengolahan teh dari mulai pengeringan hingga pengemasan. Wisatawan akan mendapatkan wawasan yang berharga tentang bagaimana teh diproduksi secara massal.

Aktivitas Rekreasi

Selain menikmati keindahan alam, perkebunan teh Kayu Aro juga menawarkan berbagai aktivitas rekreasi. Pengunjung dapat melakukan trekking di sekitar perkebunan, bersepeda di jalur yang ditentukan, atau bahkan berpartisipasi dalam kegiatan kebun teh seperti memetik daun teh.

Wisata Kuliner

Wisatawan juga dapat menikmati makanan dan minuman yang terkait dengan teh di perkebunan ini. travelers dapat minum teh hangat yang baru dipetik dari kebun teh, mencoba hidangan tradisional yang menggunakan teh sebagai bahan utama, atau bahkan belajar membuat teh yang lezat melalui kelas memasak.
Penginapan yang Nyaman: Perkebunan teh Kayu Aro juga menyediakan penginapan yang nyaman bagi wisatawan yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sana. Pengunjung dapat menikmati suasana pedesaan yang tenang, menginap di vila yang nyaman, atau bahkan berkemah di area yang telah disediakan.

Wisata Edukasi

Perkebunan ini juga menawarkan program wisata edukasi bagi pengunjung

Bagi mereka yang menyukai petualangan di alam, Danau Kerinci, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Gunung Kerinci berada di dekatnya.

Mengunjungi Lokasi

Dua bandara terdekat Sungai Penuh, yang juga merupakan ibu kota Kabupaten Kerinci, adalah Jambi dan Padang, dan rute yang sama digunakan untuk mencapai Perkebunan Teh Kayu Aro menuju Gunung Kerinci.

Mengendarai mobil dari kota Jambi ke Sungai Penuh membutuhkan waktu sekitar sepuluh jam, dengan jarak sekitar 500 km. Anda juga dapat menggunakan transportasi umum atau menyewa mobil. Bandara Jambi hanya dapat diakses melalui Jakarta dan Batam.

Dengan jarak kurang dari 300 kilometer, rute alternatif melalui Padang jauh lebih cepat. Sungai Penuh dapat ditempuh dengan transportasi umum, sewa mobil, atau dengan mobil pribadi, dan akan memakan waktu antara lima hingga enam jam.

Sungai Penuh adalah sekitar satu jam perjalanan dari Kayu Aro.

Akomodasi

Berikut Daftar 6 Home Stay di Kayu Aro

Home Stay Kayu Aro Indah

Terletak di tengah daerah perkebunan teh, home stay ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan udara segar yang menyegarkan. Pengunjung dapat menikmati fasilitas lengkap seperti kolam renang, taman, dan restoran yang menyajikan makanan lokal.

Rumah Pohon Kayu Aro

Pengalaman unik menanti di rumah pohon ini yang terletak di tengah hutan pinus. Pengunjung dapat menikmati suasana tenang dan pemandangan spektakuler dari ketinggian. Rumah pohon ini dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti tempat tidur yang nyaman, kamar mandi, dan teras pribadi.

Villa Kayu Aro Green

Terletak di kaki Gunung Kerinci, villa ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan udara pegunungan yang segar. Pengunjung dapat menikmati suasana yang tenang dan damai di lingkungan yang alami. Villa ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap seperti dapur, ruang tamu, dan taman pribadi.

Homestay Kayu Aro Heritage

Terletak di pusat kota Kayu Aro, homestay ini memberikan akses mudah ke berbagai tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Pengunjung dapat merasakan keramahan tuan rumah dan suasana yang nyaman di lingkungan yang tradisional. Homestay ini menawarkan fasilitas seperti kamar tidur yang nyaman, ruang keluarga, dan akses Wi-Fi gratis.

Cottage Kayu Aro Serenity

Terletak di tepi danau yang indah, cottage ini menawarkan pemandangan yang menenangkan dan suasana yang damai. Pengunjung dapat menikmati aktivitas seperti memancing, berjalan-jalan di sekitar danau, atau sekadar bersantai di teras cottage. Cottage ini dilengkapi dengan fasilitas dasar seperti kamar tidur, kamar mandi, dan ruang makan.

Homestay Pak Subandi

Homestay Pak Subandi kayu aro Jambi adalah pilihan akomodasi yang nyaman dan menarik bagi wisatawan yang ingin mengunjungi Kayu Aro, Jambi. Homestay ini dimiliki dan dijalankan oleh Pak Subandi, seorang tuan rumah yang ramah dan perhatian. Homestay ini terletak di tengah-tengah kebun teh yang indah, memberikan pengalaman menginap yang damai dan alami. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang menakjubkan dari balkon kamar mereka, sambil menikmati segelas teh hangat yang segar. Homestay Pak Subandi juga menyediakan berbagai fasilitas yang memadai, termasuk kamar yang nyaman dan bersih, kamar mandi dalam, dan akses Wi-Fi. Selain itu, Pak Subandi juga menawarkan berbagai aktivitas menarik, seperti berjalan-jalan di kebun teh, memetik teh, atau mengunjungi objek wisata terdekat. Dengan lokasinya yang strategis dan pelayanan yang ramah, Homestay Pak Subandi kayu aro Jambi adalah pilihan yang sempurna untuk memulai petualangan Anda di Kayu Aro, Jambi.

Menyediakan makanan, pemandu dan transportasi untuk berkeliling perkebunan
Telp: +62 748 357009 / + 62 812 74114273
Email: [email protected]

 

Berikut adalah beberapa hotel di Sungai Penuh.

Hotel Jaya

Jl. Re. Martadinata no. 22 Sungai Penuh.Telp. 0748-21221

Hotel Busana

Jl. Depati Parbo no. 65 Sungai Penuh. Telp. 0748-21122

Hotel Yani

Jl. Muradi no. 1 Sungai Penuh. Telp. 0748-21409

Hotel Aroma

JL. RA. Kartini no. 48 sungai penuh. Telp. 0748-21142

Hotel Masgo

Jl. Yos Sudarso Sungai Penuh. Telp. 0748-22690

Hotel Matahari

Jl. Basuki Rahmat Sungai Penuh.Telp. 0748-21061

Hotel Kayu Manis

Jl. Re. Martadinata Sungai Penuh. Telp. 0748-21226

Hotel Mahkota

Jl. Depati Parbo Sungai Penuh. Telp. 0748-323984

Hotel Puri Asri

Jl. Kamaruddin Sungai Penuh. Telp. 0748-324604

Mess Puti Masurai

Jl. Jend. Sudirman Sungai Penuh. Telp. 0748-21050

Leave A Comment

Artikel Terkait