Pulau Rubiah Di Sabang Salah Satu Tempat Menyelam Terbaik Di Dunia

Pulau Rubiah Di Sabang Salah Satu Tempat Menyelam Terbaik Di Dunia

Pulau Rubiah terletak di Sabang, tepatnya di barat laut pulau Weh. Nama Rubiah diambil dari nama yang tertulis di batu nisan di pulau ini. Tempat wisata ini terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya. Setidaknya ada 14 dari 15 biota laut yang dilindungi di Indonesia ada disini. Siapkan peralatan menyelam dan snorkeling Anda, dan mintalah diri Anda untuk berenang dengan jutaan ikan tropis dan terumbu karang dengan warna-warni. Jika Anda lupa membawa peralatan snorkeling, Anda bisa menyewa seharga Rp. 40.000 / hari.

Baca : Pantai di Iboih (Sabang): Surga yang Tersembunyi di Pulau Weh

Pulau yang terletak di 26 hektar ini menawarkan keindahan surga bawah laut dan wisata bahari. Orang mengatakan bahwa ini adalah surga taman laut. Pulau ini seperti akuarium yang berisi berbagai macam ornamen di dalamnya. Pulau Rubiah sangat cocok untuk wisatawan yang suka snorkeling, menyelam atau touring dengan menggunakan perahu glass bottom, karena di pulau ini terdapat berbagai jenis terumbu karang dalam bentuk warna dan beragam.

Pengunjung yang datang ke Pulau Rubiah akan dapat menyaksikan sekelompok ikan yang yang berwarna-warni berenang di sela-sela terumbu karang. Jenis ikan yang umunya dijumpai adalah Ikan Botana Biru, Ikan Kerapu, Ikan Kepe-kepe, Ikan Mayor, Ikan Sersan, dan berbagi jenis ikan lainnya. Selain itu, terdapat juga berbagai terumbu karang. Terumbu karang yang ada di sini adalah karang dari yang keras sampai lunak dengan berbagi warna dan bentuk seperti karang meja dan karang tanduk.

Selain sebagai tempat tujuan wisata yang populer, Pulau Rubiah juga digunakan sebagai tempat penelitian biota laut. Para peneliti dari berbagai lembaga melakukan pembibitan batu karang di pulau ini.

Pulau Rubiah iboih Sabang Aceh

Pulau Rubiah iboih Sabang Aceh | Instagram ???? @taufik_hidayat_mvs

Baca :  Pantai Sumur Tiga Pulau Weh Sabang Aceh

Aktifitas

Pulau Rubiah sangat terkenal dengan aktifitas diving atau snorkeling karena keindahan biota laut yang masih alami dan terjaga. Disebut bahwa Pulau Rubiah masuk ke dalam salah satu titk menyelam terbaik di dunia. Selain itu, banyak juga wisatawan datang ke Pulau Rubiah hanya sekedar untuk berenang atau bermain dengan ikan hias.

Fasilitas

Pulau Rubiah merupakan pulau yang tidak berpenghuni. Hanya tersedia beberapa warung yang menjual beberapa makanan dan minuman. Selain itu, di sini juga tersedia penyewaan perau dan peralatan snorkeling.

Penginapan

Penginapan banyak tersedia di Sabang dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp 200.000 – 400.000 per malam.

Baca : Cafe dan Harga Tiket Wisata Pantai Lampu’uk, Banda Aceh

Mencapai Lokasi Pulau Rubiah

Pengunjung yang ingin ke Pulau Rubiah bisa menggunakan rute dari Banda Aceh ke Sabang dengan menggunakan kapal feri atau speedboat atau dapat juga melalui penerbangan dari Medan ke Sabang. Waktu tempuh dari Banda Aceh ke Sabang dengan menggunakan ferry akan memakan waktu sekitar 90 menit dengan harga tiket mulai dari Rp. 30.000 per orang. Saat menggunakan speedboat akan lebih cepat, yaitu sekitar 45 menit dengan biaya mulai dari Rp. 50.000 per orang. Setelah sampai di Sabang, kita bisa terus ke Rubiah dengan menggunakan perahu yang memakan waktu sekitar 30 menit.

Leave A Comment