Tomohon Kota Bunga Yang Begitu Indah

Tomohon Kota Bunga Yang Begitu Indah

Tomohon adalah sebuah resor bukit yang terletak sekitar 22 kilometer sebelah timur Manado, ibu kota provinsi Sulawesi Utara. Tomohon terdiri dari 35 desa di lima kecamatan, yaitu Tomohon Barat, Timur, Tengah, Selatan dan Utara.

Kontur tanah yang berbukit-bukit, iklim yang sejuk, dan kualitas tanah yang subur mendorong penduduk setempat untuk mengembangkan pertanian bunga dan sayuran yang beragam. Kota ini terkenal sebagai wilayah penghasil bunga yang cukup terkenal. Saat musimnya tiba, kebun bunga milik penduduk setempat menjadi pemandangan yang indah dan menawan.

Setiap tahun, Festival Bunga Tomohon diadakan di sini pada bulan Juni dan Juli. Selama acara ini, menyaksikan parade kendaraan hias bunga melalui kota. Sebuah turnamen bunga juga diadakan selama Festival ini di mana peserta dari 94 kota di Indonesia ambil bagian.

Suvenir Khas Tomohon

Jika Anda menyukai bunga, Anda dapat membeli berbagai jenis bunga dari Tomohon sebagai oleh-oleh. Selain itu, Anda juga dapat mengunjungi pasar di Tomohon yang buka setiap hari.

| Baca : Danau Linow : Sejarah, Daya Tarik, dan Keindahan Warna Air Danau

Lingkungan Sekitar

Tomohon memiliki topografi bergunung dan berbukit yang membentang dari Utara ke Selatan. Ada empat gunung berapi di Tomohon dan dua di antaranya masih aktif, ini adalah Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Gunung Lokon tinggi 1.580 meter dan merupakan gunung tertinggi di Tomohon.

Selama musim bunga, Anda dapat melihat bunga-bunga di sepanjang jalan banyak toko-toko dan taman di sepanjang sisi pegunungan menjual bunga.

Aktivitas

Ketika Anda mengunjungi kota ini selama musim bunga, Anda akan melihat pemandangan yang menakjubkan dari bunga berwarna-warni di kaki gunung yang indah. Panorama ini terlihat sempurna ketika matahari terbit dan kabut pagi baru saja menghilang.

Taman bunga atau masyarakat setempat yang terletak di kaki Gunung Lokon. Selama musim bunga, pada bulan Desember, Januari atau April, bunga-bunga ini terlihat sangat indah dengan Gunung Lokon sebagai latar belakang. Selain itu, Anda juga bisa berjalan di sepanjang jalan-jalan utama di kota yang penuh dengan toko-toko bunga di kedua sisi. Sejumlah memiliki taman bunga, yang memungkinkan Anda untuk memilih dan memilih bunga favorit Anda.

| Baca : Pulau Siladen Di Taman Nasional Bunaken Manado

Tomohon International Flower Festival 2024

Tomohon International Flower Festival (TIFF) adalah acara tahunan yang diadakan di kota Tomohon, Sulawesi Utara, Indonesia. Acara ini menjadi salah satu festival bunga terbesar di Indonesia dan menarik ribuan pengunjung dari dalam negeri maupun luar negeri setiap tahun.

TIFF pertama kali diadakan pada tahun 2008 dan sejak itu telah menjadi acara yang sangat populer di kalangan pecinta bunga dan wisatawan. Festival ini diadakan setiap bulan Agustus dan berlangsung selama beberapa hari. Tujuan dari acara ini adalah untuk mempromosikan keindahan dan kekayaan alam serta budaya lokal Tomohon.

Selama TIFF, kota Tomohon berubah menjadi taman bunga raksasa. Berbagai jenis bunga dan tanaman hias ditempatkan di berbagai lokasi di sekitar kota, seperti taman, trotoar, dan pusat perbelanjaan. Dengan nuansa kebun bunga yang indah, pengunjung dapat menikmati pemandangan yang memukau dan berfoto dengan latar belakang bunga-bunga yang berwarna-warni.

Selain pameran bunga, acara ini juga menampilkan berbagai kegiatan dan atraksi menarik. Pengunjung dapat menikmati pertunjukan tari tradisional, musik, dan parade bunga yang mengesankan. Ada juga lomba kebun bunga, lomba fotografi, dan lomba memasak menggunakan bahan-bahan alami yang melibatkan masyarakat setempat.

TIFF juga menjadi platform untuk mempromosikan produk-produk lokal dan pariwisata Tomohon. Selama festival, terdapat pasar bunga dan pasar kuliner yang menjual berbagai produk unik dan makanan tradisional khas Tomohon. Pengunjung dapat membeli tanaman hias, bunga potong, kerajinan tangan, dan makanan lezat sebagai oleh-oleh.

Selain itu, TIFF juga menjadi ajang bagi para petani dan pelaku industri hortikultura untuk memamerkan dan menjual produk-produk mereka kepada pengunjung. Hal ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk meningkatkan penjualan dan mendapatkan pengakuan atas karya mereka.

TIFF juga memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat. Acara ini menciptakan peluang kerja sementara bagi warga Tomohon, seperti menjadi pemandu wisata, penjual makanan, atau penyedia akomodasi. Selain itu, festival ini juga meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga lingkungan dan keindahan alam.

Tomohon International Flower Festival telah menjadi daya tarik wisata yang signifikan bagi kota Tomohon dan Sulawesi Utara secara keseluruhan. Acara ini tidak hanya menarik pengunjung dari dalam negeri, tetapi juga turis mancanegara yang tertarik dengan keindahan bunga dan budaya Indonesia. TIFF telah menjadi simbol dari kekayaan alam dan keindahan Sulawesi Utara, serta menjadi ajang untuk menghargai dan merayakan keindahan bunga-bunga.

Tips

Disarankan bahwa Anda mengambil mobil sewaan jika Anda ingin melihat taman bunga di lereng gunung karena banyak yang terletak jauh dari jalan utama, sedangkan jalan di sini adalah curam dan berkelok-kelok. Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah selama musim bunga.

Mencapai Lokasi

Tomohon mudah dicapai dari Manado dalam satu jam perjalanan.

Kuliner Khas Tomohon 

Jika Anda tertarik dengan makanan eksotis, datanglah ke pasar tradisional Tomohon sebelum Natal. Di sini Anda akan memiliki pengalaman unik mencoba berbagai jenis daging seperti daging babi, kelelawar (Paniki), anjing (RW), monyet (yaki), babi hutan, ular, tikus hutan dan banyak lainnya.

| Baca : Daya Tarik Danau Sentani : Resto, Hotel Serta Aktivitas Menarik Berakhir Pekan

Penginapan di Kota Tomohon

Jika Anda ingin tinggal lebih lama di kota dingin ini, Anda tidak perlu khawatir tentang akomodasi karena guest House tersedia di pusat kota. Guest House favorit adalah terletak di daerah perumahan di kebun bunga. Tarif untuk guest House bervariasi tergantung pada fasilitas mereka.

Ada beberapa hotel dan penginapan yang dapat Anda temukan di seluruh Kota Tomohon:

Tambulinas
Tinoor II
Phone : 0431 – 315300

Makatembo
Tinoor II
Phone : 0431 – 3309220

Indraloka
Kinilow
Phone : 0431 – 351505

Lokon Resting Resort
Kakaskasen
Phone : 0431 – 351203, 352533

Volcano Resort
Kakaskasen
Phone : 0431 – 352988

Tomohon Guest House
Tolete
Phone : 0431 – 353005

Onong Palace
Kinilow
Phone : 0431 – 3157090, 3159446

Puri Mandey
Kolongan
Phone : 0431 – 352858

Leave A Comment