Pulau Saronde Pantai Yang Eksotis Di Gorontalo

Pulau Saronde Pantai Yang Eksotis Di Gorontalo

Pulau Saronde adalah bagian dari Provinsi Gorontalo, sebuah pulau kecil tak berpenghuni yang mengandalkan potensi pesona alam dan budaya. Pulau Indah yang terletak di Teluk Kwandang utara, Kabupaten Gorontalo Utara mulai dikenal luas karena mampu memikat hati para wisatawan domestik dan mancanegara. Pantai pasir putih juga pantai berbatu yang eksotis. Memiliki pantai sepanjang 1 km. Utara hingga pantai barat terdiri dari pasir putih, selatan ke timur diisi dengan batu yang tersusun rapi dan dikelilingi oleh terumbu karang yang indah

Daya Tarik Pulau Saronde 

Daya Tarik mencakup:

  • Pantai Berpasir Putih: Pantainya terkenal dengan pasir putihnya yang lembut dan bersih, menyerupai pantai-pantai di Maldives.
  • Perairan Biru dan Tenang: Air laut berwarna biru jernih dan tenang, sangat cocok untuk berenang dan snorkeling.
  • Keanekaragaman Biota Laut: Air yang jernih memungkinkan wisatawan untuk menikmati keanekaragaman biota laut melalui aktivitas snorkeling atau diving.
  • Pohon Pinus: Pemandangan pantai diperindah dengan deretan pohon pinus yang menambah kesan teduh dan asri.
  • Fasilitas Wisata Air: Ada penyewaan peralatan snorkeling dan diving untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut.
  • Festival Pesona Saronde: Festival lokal yang menampilkan budaya dan keindahan, menambah pengalaman unik bagi pengunjung.
  • Kesunyian dan Keasrian: Suasana pulau yang masih alami dan tidak terlalu ramai memberikan kesan eksklusif dan privat bagi pengunjung.
  • Akses Mudah: Meskipun indah dan masih asri, mudah diakses dari daratan utama Gorontalo.
  • Glamping: Tersedia beberapa pilihan untuk glamping atau berkemah mewah yang menawarkan pengalaman menginap yang unik dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman.

Hujan intermiten terjadi selama musim hujan yang berlangsung dari November hingga Maret setiap tahun. Dari April hingga November adalah musim kemarau dengan air jernih dan tenang di Teluk Tomini. Oleh karena itu, periode ini adalah waktu terbaik untuk mengunjungi Gorontalo. Kekayaan ini menjadikannya sebagai salah satu destinasi pariwisata yang memikat bagi wisatawan lokal maupun internasional.

Pulau Saronde Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo

Pulau Saronde Kabupaten Gorontalo Utara, Gorontalo | Instagram @laila_kaluku

| Baca :Pantai Bolihutuo “Pantai Yang Indah Dan Alami Di Kabupaten Boalemo”

Aktivitas

Menawarkan berbagai aktivitas menarik yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas populer yang dapat Anda lakukan saat berkunjung:

  1. Bermain di Pantai Berpasir Putih: Pantai di Pulau ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan lembut, sangat cocok untuk berjalan-jalan santai atau bermain pasir.
  2. Berenang dan Snorkeling: Air laut yang biru dan tenang menjadi tempat yang sempurna untuk berenang dan snorkeling, memungkinkan Anda mengeksplorasi keindahan bawah laut dengan beragam biota lautnya.
  3. Mengikuti Festival Pesona Saronde: Jika Anda beruntung berkunjung pada waktu yang tepat, Anda dapat mengikuti Festival Pesona Saronde yang menampilkan budaya dan keindahan alam yang memikat. Salah satu acaranya adalah perlombaan ketinting (perahu kecil) di sekitar beberapa pulau di dekat Saronde. Acara lainnya adalah Tourism Miss Contest, Beach Boy Contest, Signal Hunting, dan olahraga pantai. Di acara ini ada banyak hiburan dan penjualan makanan tradisional Gorontalo.
  4. Menikmati Suasana Tenang: Menawarkan kesunyian yang sempurna bagi Anda yang menginginkan ketenangan dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.
  5. Glamping: Menawarkan pengalaman glamping, atau berkemah mewah, yang memungkinkan pengunjung menikmati keindahan alam dengan fasilitas dan kenyamanan yang lebih.

Dengan berbagai aktivitas dan pemandangan alam yang menawan, Pulau Saronde di Gorontalo terus menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para pencari ketenangan dan petualangan alam bawah laut.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Harga tiket masuk ke Pulau Saronde di Gorontalo adalah Rp 25.000 per orang

Fasilitas

berikut adalah fasilitas yang tersedia di Pulau Saronde di Gorontalo

  • Cottage/Penginapan: Di Pulau Saronde tersedia cottage dengan standar internasional untuk menginap yang menghadirkan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin bermalam.
  • Rumah Makan: Terdapat juga rumah makan yang menyediakan beraneka ragam menu, termasuk seafood dan masakan khas Gorontalo, untuk memenuhi kebutuhan kuliner pengunjung.

Akomodasi

Berikut Rekomendasi hotel dan resort di Di Pulau Saronde

  1. Saronde Island Resort
    • Alamat: Pulau Saronde, Gorontalo, Indonesia.
    • Fasilitas: Penginapan ini menawarkan fasilitas yang lengkap termasuk toilet, resto, musholla, dan pantai dengan pasir putih yang halus.
    • Review: Pengunjung memberi penilaian 4.5 dari 5, menyoroti kebersihan dan keindahan alam sekitarnya.
  2. Pondok Lestari
    • Alamat: Tepi pantai Pulau Saronde.
    • Fasilitas: Menghadirkan pemandangan laut yang luar biasa dengan fasilitas lengkap untuk kenyamanan menginap Anda.
    • Review: Belum tersedia detail review tetapi menawarkan harga yang berkisar Rp600.000 – Rp1.000.000 per malam tergantung jenis kamar yang dipilih.
  3. Saronde Island Resort
    • Alamat: Pulau Saronde, Gorontalo, Indonesia.
    • Fasilitas: Kamar tidur yang bagus dan toilet bersih, termasuk layanan makan siang, makan malam, dan sarapan cepat untuk 4 orang plus biaya kapal.
    • Review: Pengunjung mencatat kunjungan yang menyenangkan dan fasilitas yang memadai dengan penilaian 4.5 dari 5.
  4. Saronde Island Resort Blue Bay Divers
    • Alamat: Pulau Saronde Kecamatan Kwandang, Gorontalo, Indonesia.
    • Fasilitas: Resor ini menyediakan pemandangan menakjubkan, layanan penyelaman, dan akses langsung ke pantai.
    • Review: Menunjukkan penilaian sempurna 5 dari 5, dengan 34 ulasan pengunjung yang menggarisbawahi pengalaman menyelami yang luar biasa dan pelayanan yang ramah[^4^].
  5. Maqna Hotel by Prasanthi
    • Alamat: Jl. Sultan Botutihe No.88, Kota Gorontalo, Indonesia (walaupun tidak berada langsung di Pulau Saronde, Maqna Hotel merupakan pilihan yang baik bagi pengunjung yang mencari penginapan di kota sebelum atau setelah mengunjungi Pulau Saronde).
    • Fasilitas: Kolam renang, spa, restoran, dan layanan shuttle ke bandara.
    • Review: Secara keseluruhan mendapat ulasan positif dengan skor yang tinggi untuk lokasi, kebersihan, dan layanannya[^5^].

Silakan periksa dengan masing-masing penginapan untuk informasi terkini mengenai harga dan ketersediaan.

Transportasi dan Rute ke Pulau Saronde

Pulau Saronde terletak di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Sekitar 60 km dari kota Gorontalo. Pulau Saronde adalah gugusan pulau Ponelo (desa Ponelo), Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.

Untuk mencapai lokasi, Anda dapat menggunakan jalur udara dan jalur laut sebagai berikut:

  1. Jalur Udara: Anda dapat terbang menuju Bandara Djalaludin di Kota Gorontalo.
  2. Jalur Darat: Dari Bandara Djalaludin, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum menuju Kecamatan Kwandang, Ibukota Kabupaten Gorontalo Utara.
  3. Jalur Laut: Setelah sampai di Kwandang, Anda dapat menyeberang laut menuju Pulau Saronde dengan menggunakan katamaran atau perahu penduduk setempat yang memakan waktu sekitar 1 jam.

Jarak Pulau Saronde dengan Gorontalo kota sendiri kurang lebih 65 km dan bisa dijangkau dengan perjalanan 40 menit dari Bandara Gorontalo. Karena berjarak 1,5 km jalur darat dari Kota Gorontalo, transportasi dan akses ke pulau ini terbilang mudah.

Mengakhiri perjalanan ke Pulau Saronde bukan sekedar membawa pulang kesan indah dari keasrian pantai pasir putih yang berkilau di bawah sinar matahari, keanekaragaman hayati bawah laut yang memikat, ataupun suasana tenang yang menjadi penyembuh jiwa. Lebih dari itu, sebuah pesan kekaguman akan keindahan alam Indonesia yang masih terjaga, sebuah permata di Gorontalo yang siap memanjakan siapa saja dengan keindahannya. Pulau ini bukan hanya sebuah destinasi wisata, tapi juga saksi bisu atas harmoni alam dan manusia yang dapat tercipta dengan sempurna. Bagi pencinta alam, penikmat ketenangan, dan penyuka petualangan, Pulau Saronde menawarkan sebuah petualangan tak terlupakan yang akan terukir abadi dalam memori, mengingatkan kita akan pentingnya melestarikan keindahan alam untuk generasi mendatang.

Leave A Comment