Air Terjun Dolo Taklukkan Anak Tangga Sejauh 1 Kilometer

Air Terjun Dolo Taklukkan Anak Tangga Sejauh 1 Kilometer

Air terjun Dolo merupakan salah satu wisata andalan di Kabupaten Kediri. Air terjun ini memiliki debit air yang jatuh tidaklah terlalu besar, namun cukup menarik untuk dinikmati. Air terjun ini terletak sekitar 4 Km dari Air Terjun Ironggolo dengan melewati jalan yang cukup menantang. Salah satu yang unik dari Air terjun ini lokasi air terjun yang masih jauh dari tempat parkir kendaraan. Terus apanya yang menantang gan?? emmm jangan salah, dari lokasi parkir kendaraan ke lokasi air terjun, kalian harus menuruni anak tangga sejauh kurang lebih 1 kilometer loo gaes, serius ini gak bohong.

Waktu pertama kali saya dan rombongan kesini, saya dah antusias penasaran seperti apa sih Air Terjun Dolo itu. Saya melihat ke tangga menurun yang menunjukkan lokasi air terjun Dolo, tapi kok tidak ada suara gemuruh air sama sekali, saya pun penasaran tanya salah satu penjual makanan di dekat tangga, “Pak air terjunnya masih jauh ta??” si bapak menjawab “masih le, sekitaran 1 kilometer turunnya”. WHAAAATTTTT!! seriusan bapak ini ngomongnya, saya sih belum percaya masa jauh banget harus turun gunung sejauh sekitar 1 kilometer dulu buat melihat air terjun ini yang  jumlah anak tangga adalah 1.000 anak tangga . Saya pun berdiskusi dengan teman-teman apakah mau melanjutkan atau tidak, karena sudah nanggung maka kami sepakat melanjutkan sekalian membuktikan omongan bapak penjual tadi.

| Baca : Air Terjun Irenggolo Aura Eksotis Mirip Anak Tangga

Menuruni tangga pun dimulai, sudah seperempat jam kami turun belum juga sampai, nafas pun mulai tersengal karena capek, setiap saya berpapasan orang yang naik saya tanya jawabnya “kurang dikit mas, ayo semangat” sambil tertawa mereka. Tapi anehnya kok belum sampai juga, sekitar 20 menit akhirnya keliatan juga tuh air terjun dolo. Lututpun terasa gemeteran, hal ini juga dialami semua teman-temanku karena menuruni tangga lama ditambah jarak antar anak tangga lumayan tinggi. Akhirnya sampai juga di bawah tempat wisata air terjun tersebut, rupaya air terjun ini sangat tinggi sekitar 100 meter lebih, walaupun debit airnya sedikit namun cukup indah untuk dinikmati.

Fasilitas di Air Terjun Dolo

Perjuangan yang tidak sia-sia menempuh perjalanan yang sangat menantang, rasa capek kalian akan hilang dengan bersantai di warung yang berlokasi dekat air terjun Dolo. Menikmati bakso atau mie rebus sungguh nikmat sekali karena udara di kawasan air terjun Dolo cukup dingin. Setelah puas kamipun naik keatas tapi dengan persiapan ekstra karena akan lebih capek naik karena melawan gravitasi. Gantian kami yang menyemangatin pengunjung yang seolah-olah mau menyerah di tengah perjalanan “ayoo semangat kurang dikit lagi kok” dalam hati saya ketawa ngakak padahal masih jauh hahaha (evil mode on).

Setelah di parkiran saya pun sholat dulu sebelum perjalanan selanjutnya, cukup puas saya kesini dengan tantangan fisik menaklukkan anak tangga juga fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. terdapat penginapan atau villa di sekitaran Air Terjun Irenggolo yang tidak jauh dari Air Terjun Dolo. Tempat ini recommended buat rombongan karena parkir disini cukup luas buat bis sekalipun. Selain itu, ada taman bermain (play ground) dan tempat perkemahan (camping ground) di lokasi ini untuk pengunjung yang ingin menginap dengan tenda.

| Baca : Air Terjun Jumog Keindahan Alam Kaki Gunung Lawu

Rute Menuju Air Terjun Dolo

Air Terjun ini terletak lebih dari 28 km ke arah barat daya dari Kediri, dan memakan waktu sekitar 30 menit berkendara. Kondisi jalan 85% hotmix membuat akses ke air terjun cukup mudah, dan berbagai kendaraan dapat mencapai kawasan wisata air terjun. Anda dapat memulai perjalanan Anda ke air terjun ini dari kota Kediri. Anda akan menyeberang ke bagian barat sungai Brantas yang membelah kota Kediri. Anda kemudian pergi ke daerah Poh Sarang di Kecamatan Semen, yang menuju Besuki. Anda kemudian melewati Desa Selopanggung yang merupakan tempat pemakaman Tan Malaka, salah satu tokoh perjuangan awal kemerdekaan Indonesia, dan pada akhirnya sampai di pintu masuk Kawasan Wisata Besuki.

Koordinat GPS -7.869281, 111.835232

| Baca : Nikmati Pemandangan Dari Gunung Galunggung

Harga tiket masuk Air Terjun Dolo adalah Rp 5.000 per orang (hari biasa), Rp 7.000 per orang (akhir pekan), Parkir Motor yaitu Rp 2.000,-  sedangkan Parkir Mobil adalah Rp 5.000,-

Silahkan menuju kawasan wisata irenggolo atau kawasan wisata pohsarang

Leave A Comment