Goa Surowono Asyiknya Menjelajahi Sungai Bawah Tanah

Goa Surowono Asyiknya Menjelajahi Sungai Bawah Tanah

Goa Surowono merupakan sebuah lorong sungai bawah tanah yang mirip seperti saluran irigasi peninggalan jaman dahulu.  Di dalam Goa Surowono ini mengalir sebuah sungai dari sumber mata air yang airnya sangat jernih. Goa Surowono ini berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur yang konon merupakan sistem kanal bagian dari Candi Surowono yang telah ada sejak jaman Kerajaan Kediri. Tempat ini berjarak sekitar 750 Meter dari Candi Surowono sehingga orang-orang banyak yang menyebutnya Goa Surowono.

Beberapa tahun yang lalu ketika saya pertama kali mengunjungi tempat ini, belum ada fasilitas apapun di sekitar tempat wisata ini, bahkan untuk tiket masuknya belum ada. Namun belakangan ini sudah ada beberapa fasilitas tambahan seperti toilet dan tempat ganti baju jika basah dan juga jasa pengantar serta sewa senter karena tempat ini sangat gelap ditakutkan ada pengunjung yang tersesat di dalam Goa. Sebuah papan yang berisikan “Tata Tertib’ dengan tulisan tangan bagi para pengunjung Gua Surowono dengan isi yang cukup menggelitik, namun patut dibaca, terutama informasi yang berhubungan dengan keselamatan para pengunjung.

Untuk Harga tiket masuk Goa Surowono dikenakan 5.000 rupiah per orang serta jasa pengantar 5.000 rupiah per orang, minimal rombongan harus 5 orang, jadi jika misal kalian datang berdua, maka kalian akan dibarengkan dengan rombongan lain biar bisa diantar bersama-sama sekalian. Lubang masuk ke Gua Surowono ini berada di sebuah sumur yang berada sekitar 5 meter di bawah permukaan tanah dengan genangan air jernih setinggi perut. Di atasnya terdapat gerumbul pohon bambu yang menaungi jalan masuk ke Gua Surowono itu.

| Baca : Harga Tiket Masuk Goa Maharani Zoo

Dahulu Goa surowono belum ada pagar besi yang digunakan untuk menutup pintu goa, sehingga pengunjung bebas masuk goa tanpa seorang pengantar. Namun, karena beberapa kali kejadian tempat ini dijadikan lokasi buat mesum oleh pengunjung maka kita diwajibkan memakai jasa pemandu sekalian kita bisa sedikit membantu ekonomi lokal tempat ini. Jalan setapak di dalam goa ini seperti ada levelnya lo gais, kalian bisa merasakan sensasi yang berbeda tiap kalian telah sampai di sumur pintu masuk gua, jadi pintu masuk gua ini terdapat sumur-sumur yang berbeda-beda lokasinya.

Lokasi sumur pertama yaitu lokasi utama buat masuk, disini kalian bisa melihat air jernih yang muncul dari pintu bagian selatan, pintu ini tidak bisa kalian masuki karena menurut mitos ujungnya belum diketahui ditakutkan kalian akan kehabisan nafas. Kalian akan dipandu masuk ke pintu bagian utara, dari sini air masih sebatas lutut kalian, dan kalian bisa berjalan tegak disini. Setelah berjalan sekitar 75an meter kalian akan keluar di sumur kedua, dari sini kalian akan masuk lagi ke dalam goa yang nantinya kalian akan berjalan sedikit menunduk karena tinggi goa sudah makin rendah. Jarak sumur kedua menuju sumur ketiga sekitar 60-70 meter.

| Baca : Air Terjun Irenggolo Aura Eksotis Mirip Anak Tangga

Setelah kalian muncul di lokasi sumur ketiga, dari sumur ketiga menuju sumur keempat, pengunjung harus berjalan merangkak karena mulut gua yang semakin rendah, otomatis bagi kalian yang tidak ingin bajunya basah silahkan akhiri petualangan kalian di sumur ketiga karena dipastikan baju kalian akan basah kuyup. Namun sungguh sayang jika kalian berhenti begitu saja karena sensasi memasuki goa surowono ini sangat asyik apalagi rame-rame bersama teman-teman kalian ????

Fasilitas Goa Surowono

Fasilitas di tempat ini belum begitu lengkap karena belum ada tempat beribadahnya seperti musholla, namun untuk toilet serta warung makanan sudah tersedia di tempat ini. Setelah capek berpetualangan dalam Goa Surowono, kalian bisa menikmati bakso yang warungnya dekat dengan parkiran. Jika kalian belum puas bermain air, kalian bisa ke pemandian kolam renang yang lokasinya cukup dekat dengan lokasi ini.

Rute Menuju Goa Surowono

Dari kota Pare kalian bisa ambil jalan raya ke utara yang mengarah ke kota Jombang, sampai anda menemukan perempatan kedua sebelum keluar dari kota Pare. Setelah sampai perempatan ambil jalan ke kanan atau arah ke timur terus tanya warga sekitar arah menuju Candi Surowono karena papan petunjuk jalan ini belum lengkap. Tidak ada angkutan umum menuju tempat ini karena merupakan jalur perkampungan sehingga anda hanya bisa memakai kendaraan pribadi jika mau ke tempat Goa Surowono.

 

Harga tiket masuk Goa Surowono Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri adalah Rp 4000,-  per orang, parkir Rp 2000 rupiah

| Baca : Taman Wisata Sumber Ubalan Kediri

HOTEL SEKITAR PARE, Kabupaten Kediri
1. HOTEL AMANDA Jl Raya Kandangan Pare Kediri 0354-391373
2. HOTEL KADIRI I Jl. Panglima Sudirman 27-29 Pare – Kediri 0354-392349
3. HOTEL KADIRI II Jl. Raya Malang No. 86 Kandangan – Kediri 0354-397071
4. HOTEL SEDERHANA Jl. Panglima Sudirman 28 Pare Kediri 0354-391594
5. HOTEL SLAMET Jl. Letjen Sutoyo I/1 Pare-Kediri 0354-391772
6. HOTEL SURYA Jl. PK. Bangsa No. 37 Pare – Kediri 0354-391130

Leave A Comment