Asyiknya Wisata Malam dan Kuliner di Simpang Lima Semarang

Asyiknya Wisata Malam dan Kuliner di Simpang Lima Semarang

Asyiknya Wisata Malam dan Kuliner di Simpang Lima Semarang di Kawasan Simpang Lima tumbuh menjadi pusat keramaian yang tidak hanya memikat warga Semarang, tapi juga mereka yang berkunjung di Kota Lumpia ini. Berbagai tempat belanja yang berada di kawasan ini menjadikan Simpang Lima sebagai pusat perbelanjaan terbesar yang tidak pernah sepi dari aktivitas.

Di kawasan ini setidaknya ada tiga tempat perbelanjaan besar yang memulai aktivitas dari pagi hingga malam hari. Di sini juga ada salah satu toko, pusat oleh-oleh dan jajanan khas Semarang. Selain itu tentunya juga berbagai toko seperti toko batik, maupun lapak-lapak UKM yang berjejer rapi di beberapa sudut jalan.

Kawasan Simpang Lima memiliki sebuah pusat berupa lapangan yang sangat besar, dinamakan Lapangan Pancasila. Disebut Simpang Lima karena tempat ini merupakan pertemuan dari lima jalan besar di Semarang, yaitu Jl. Pahlawan, Jl. Pandanaran, Jl. Gajah Mada, Jl. A Dahlan, dan Jl. A Yani. Sebenarnya ada satu jalan lagi, namun jalan ini menuju pemukiman, yaitu Jl. Erlangga.

Yang membuat Simpang Lima menarik tentu tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, tapi juga berbagai fasilitas lain yang ada di kawasan ini. Di sini berdiri hotel-hotel berbintang, pusat hiburan, pusat kuliner ketika malam hari, pusat olah raga ketika pagi terutama di hari Minggu, dan juga ada masjid yang cukup besar, sebagai tempat ibadah bagi yang sedang berkunjung di kawasan ini.

Simpang Lima dahulu berupa rawa-rawa, karena akan digunakan untuk berorasi Presiden RI, dijadikanlah rawa-rawa itu menjadi lapangan yang sangat luas. Oleh Ir. Soekarno yang saat itu menjabat sebagai presiden, alun-alun Semarang yang dahulunya berada di Kawasan Kauman dipindah ke daerah tersebut. Alasannya karena Kawasan Kauman telah beralih fungsi menjadi pasar.

Lapangan Pancasila yang dibangun pada tahun 1969 ini, kini menjadi landmark kota Semarang. Inilah ruang buka terbesar yang ada di tengah kota Semarang. Jika menjelang pergantian tahun, kawasan ini akan sangat ramai, karena di sinilah pusat perayaan pergantian tahun baru. Selain pidato walikota, saat tahun baru biasannya digelar pesta Kembang Api dan konser musik. Tentu, tak lengkap rasanya jika Anda berkunjung ke Semarang tanpa ke Simpang Lima.

| Baca : Semarang Indahnya Perpaduan Budaya

Wisata Malam Simpang Lima Semarang

Nasi Liwet Kuliner Malam Di Simpanglima Semarang

Nasi Liwet Kuliner Malam Di Simpanglima Semarang | Instagram @Dianayupuspitasari

Simpang Lima merupakan salah satu ikon wisata kota Semarang yang terletak di pusat kota. Pada malam hari, Simpang Lima menjadi lebih hidup dengan banyaknya wisatawan yang datang untuk menikmati suasana malam.

Di Simpang Lima, terdapat berbagai macam hiburan dan kuliner yang bisa dinikmati. Terdapat banyak penjual makanan dan minuman di sepanjang trotoar Simpang Lima, seperti sate kambing, nasi goreng, bakso, martabak, hingga makanan khas Semarang seperti lumpia dan wingko babat. Selain itu, terdapat juga beberapa tempat hiburan malam di sekitar Simpang Lima. Salah satunya adalah Mal Ciputra Semarang yang merupakan pusat perbelanjaan dan hiburan terbesar di area Simpang Lima. Di Mal Ciputra, terdapat bioskop, pusat kebugaran, restoran, dan berbagai toko fashion.

Selain Mal Ciputra, terdapat juga beberapa tempat karaoke, klub malam, dan bar di sekitar daerah Simpang Lima. Anda dapat menghabiskan malam dengan bergoyang di klub malam atau menikmati live music di beberapa kafe yang ada di sekitar Simpang Lima. Bagi yang ingin berwisata sejarah, Anda juga dapat mengunjungi Tugu Muda yang berada tidak jauh dari Simpang Lima. Tugu Muda merupakan monumen perjuangan kemerdekaan Indonesia dan menjadi salah satu tempat wisata yang populer di Semarang.

| Baca : Pandanaran Pusat Oleh Oleh Semarang

Untuk mencapai Simpang Lima, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau angkutan umum seperti becak atau ojek online. Simpang Lima juga dapat dicapai dengan mudah karena lokasinya yang strategis di pusat kota Semarang.

Jika Anda belum tiba di sini, perjalanan Anda ke Semarang belum lengkap. Menikmati menaiki becak lampunya, yang dihiasi dengan lampu yang membentuk berbagai animasi dan hewan. Kuliner malamnya juga luar biasa. Banyak warung di sekitar simpang lima yang menawarkan berbagai macam makanan. Satu makanan tengah malam, nasi liwet, buka dari pukul 11 malam hingga pukul 23.00 di dekat flyover dekat Ciputra atau di samping E Plaza. Selain itu, Minggu pagi adalah hari bebas kendaraan, dengan permainan untuk anak-anak dan makanan untuk orang dewasa.

Semakin teratur, pengunjung merasa lebih aman untuk berjalan-jalan di sana meskipun banyak kendaraan. Olahraga pagi sekitar pukul enam pagi juga menyenangkan, dengan udara segar di pusat kota dengan pemandangan gedung-gedung ikonik Semarang. Jika Anda ingin sholat, ada masjid Baitullah di seberangnya. Dia mengadakan hari kendaraan gratis setiap minggu. Bermain sepeda tandem di sekitar alun-alun Simpang Lima sangat bagus di malam hari karena cuacanya sejuk. Di Simpang Lima pagi hari Minggu diadakan acara hari kendaraan gratis. Semua orang yang hadir dapat berpartisipasi dalam aktivitas olahraga, makanan, dan bahkan berfoto bersama dengan teman dan keluarga. Memakai pakaian yang nyaman dan sepatu olahraga agar kaki tidak pegal saat berjalan jauh.

| Baca : Simpang Lima Gumul Monumen Ala Prancis Khas Kabupaten Kediri

Car Free Day Simpang Lima Semarang

Beberapa atraksi di Simpang Lima termasuk Flash Mob, senam bersama, naik sepeda tandem, dan tandak manis. Hari kendaraan gratis berlangsung sampai pukul 9:00 pagi. Banyak makanan yang dapat dinikmati di sana, seperti soto, tahu bakso, gorengan, bubur, misua ayam, dan serabi, antara lain.

Jadi, jika Anda berkunjung ke Semarang, jangan lewatkan untuk mengunjungi Simpang Lima pada malam hari. Anda dapat menikmati suasana malam yang hidup, mencoba berbagai makanan khas Semarang, dan menikmati hiburan dan kuliner di sekitar Simpang Lima.

Leave A Comment