Danau Beratan Bedugul: Kombinasi Keunikan Budaya dan Pesona Alam Bali

Danau Beratan Bedugul: Kombinasi Keunikan Budaya dan Pesona Alam Bali

Terletak di jantung dataran tinggi Bali, Danau Beratan merupakan sebuah permata alam yang mewakili pesona magis Pulau Dewata. Dikelilingi oleh pemandangan perbukitan hijau dan hawa sejuk khas pegunungan, danau ini tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau tetapi juga kekayaan budaya yang mendalam. Beratan, sering disebut sebagai “Danau Suci”, menjadi rumah bagi Pura Ulun Danu Beratan – sebuah kompleks pura yang berada di tepi air dan seolah-olah mengapung saat danau naik. Keunikan dan kekhususan tempat ini membuatnya tak hanya menjadi tempat wisata yang populer, tetapi juga lokasi yang sakral bagi umat Hindu di Bali. Pesona Danau Beratan yang eksotis dan menyegarkan menjadikannya destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin menyatu dengan alam sekaligus menikmati kekayaan tradisi lokal Bali.

Daya Tarik Danau Beratan

Danau Beratan, yang berada di kawasan Bedugul, Tabanan, Bali, menawarkan beragam daya tarik yang membuatnya menjadi salah satu destinasi favorit baik bagi wisatawan domestik maupun internasional. Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang memikat hati para pengunjung:

  1. Keindahan Alam yang Memukau: Terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan suasana yang tenang. Dikelilingi oleh pegunungan yang hijau dan udara yang sejuk, danau ini menyajikan pemandangan alam yang sempurna untuk berfoto atau sekedar menikmati keindahan alam.
  2. Pura Ulun Danu Beratan: Pura ini berdiri megah di tepi danau, menjadi ikon Danau Beratan yang paling terkenal. Pura Ulun Danu adalah tempat ibadah yang dikhususkan untuk Dewi Danu, dewi air dan kesuburan, dan memiliki arsitektur yang sangat unik dan fotogenik.
  3. Aktivitas Rekreasi Air: Tidak hanya indah dipandang, tetapi juga menawarkan berbagai aktivitas air seperti berperahu, fishing tours, dan bermain canoe. Aktivitas-aktivitas ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk lebih dekat dengan alam dan menikmati suasana danau dari sudut yang berbeda.
  4. Kebun Raya Eka Karya: Berdekatan dengan Danau Beratan, Kebun Raya Eka Karya adalah salah satu kebun raya terluas di Indonesia. Kebun raya ini memiliki koleksi tanaman yang sangat beragam, termasuk beberapa jenis anggrek langka dan tumbuhan khas pegunungan.
  5. Wisata Kuliner dan Pasar Buah: Area sekitar wisata Danau juga terkenal dengan kuliner khas Bali dan pasar buah yang menawarkan berbagai buah-buahan segar lokal. Ini menjadi kesempatan untuk mencicipi makanan lokal dan membawa pulang oleh-oleh berupa buah-buahan segar dan unik dari Bali.
  6. Foto Pre-Wedding dan Fotografi: Keindahan Danau Beratan yang natural dan melankolis menjadikannya lokasi yang populer untuk sesi foto pre-wedding atau fotografi lainnya. Pemandangan pura di tepi danau, terutama saat matahari terbit atau tenggelam, menambah nuansa romantis yang dicari banyak pasangan.
  7. Kegiatan Kerohanian: Bagi mereka yang mencari kegiatan spiritual atau kerohanian, Danau Beratan menawarkan kesempatan untuk meditasi dan refleksi diri di tengah alam yang tenang dan suci.

Dengan semua daya tariknya menjadi sebuah destinasi yang menyediakan keindahan alam, kekayaan budaya, aktivitas rekreasi, hingga pengalaman spiritual, menjadikannya destinasi yang lengkap untuk berbagai jenis pengunjung.

Tiket masuk dan Jam Operasional

Detail Harga tiket masuk danau beratan Juni 2024 adalah sebagai berikut:

  • Untuk wisatawan domestik dewasa, harga tiket naik dari Rp 30.000 menjadi Rp 40.000 pada hari biasa, dan menjadi Rp 50.000 saat akhir pekan.
  • Wisatawan lokal asal Bali masih bisa menikmati harga tiket masuk sebesar Rp 30.000.
  • Tiket untuk anak-anak domestik ditetapkan seharga Rp 20.000 per orang.

Sementara itu, tarif tiket untuk wisatawan mancanegara (wisman) tetap sebesar Rp 75.000 untuk dewasa dan Rp 50.000 untuk anak-anak.

Jam buka Danau Beratan Bedugul adalah dari pukul 07.00 sampai 19.00

Aksi dan Atraksi

Pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang menarik dan beragam. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi danau ini:

  1. Mengunjungi Pura Ulun Danu Beratan: Pura ini adalah daya tarik utama Danau Beratan. Dengan arsitektur yang khas dan lokasi yang strategis di tepi danau, Pura Ulun Danu Beratan adalah tempat yang ideal untuk belajar tentang budaya Bali dan mengambil foto yang indah.
  2. Berperahu di Danau: Menyewa perahu untuk berkeliling danau adalah cara yang sempurna untuk melihat keindahan alam sekitar dari sudut pandang yang berbeda. Pengunjung bisa menyewa perahu dayung atau perahu bermotor.
  3. Fishing Tour atau Memancing: Teikenal dengan ikan air tawarnya, sehingga banyak pengunjung yang tertarik untuk memancing di sini. Aktivitas ini cocok untuk mereka yang mencari ketenangan sambil menikmati alam.
  4. Piknik di Tepi Danau: Dengan pemandangan yang indah dan udara yang sejuk, merupakan lokasi yang ideal untuk piknik keluarga. Pengunjung bisa membawa makanan dan duduk bersantai menikmati suasana.
  5. Bersepeda di Sekitar Danau dan Pemandangan: Bagi yang suka bersepeda, area di sekitar Danau Beratan menawarkan jalur sepeda yang menantang dengan pemandangan alam yang memukau.
  6. Fotografi: Baik pemula maupun fotografer profesional akan menemukan Danau Beratan dan sekitarnya sebagai lokasi yang sempurna untuk mengambil gambar, terutama di waktu fajar atau senja ketika cahaya matahari memberikan nuansa yang sangat dramatis.
  7. Kunjungan ke Kebun Raya Eka Karya: Terletak tidak jauh dari wisata Danau in, Kebun Raya Eka Karya adalah tempat yang bagus untuk belajar tentang flora tropis dan subtropis. Ideal untuk agenda edukasi atau sekedar berjalan santai.
  8. Mencicipi Kuliner Lokal: Area sekitar Danau terkenal dengan beberapa rumah makan yang menawarkan masakan Bali yang autentik. Jangan lupa untuk mencoba makanan lokal seperti sate lilit atau nasi campur Bali.

Kegiatan-kegiatan ini terbuka untuk semua pengunjung dan dapat menambah pengalaman yang tak terlupakan selama berada di Danau Beratan, menawarkan kombinasi sempurna antara petualangan, relaksasi, dan kekayaan budaya.

Danau Beratan Bedugul Bali

Danau Beratan Bedugul Bali | Google Map/Kontributor Sutadi Purbosuman

Fasilitas Pendukung

Di kawasan wisata danau ini, terdapat beberapa fasilitas yang mendukung kenyamanan dan kegiatan wisata pengunjung, antara lain:

  1. Tempat Parkir: Fasilitas parkir yang cukup luas tersedia untuk mengakomodasi kendaraan pribadi pengunjung, baik motor maupun mobil.
  2. Toilet/WC Umum: Tersedia toilet umum yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk menjaga kebersihan dan kenyamanan selama berada di area danau.
  3. Area Piknik: Ada area yang ditentukan untuk pengunjung yang ingin melakukan piknik sambil menikmati pemandangan danau dan sejuknya udara pegunungan.
  4. Warung Makan dan Restoran: Terdapat beberapa warung makan dan restoran di sekitar Danau Beratan yang menawarkan beragam pilihan makanan, mulai dari cemilan hingga makanan berat khas Bali.
  5. Rent Boat atau Sewa Perahu: Traveler dapat memilih perahu dengan biaya sewa terjangkau untuk mengelilingi danau serta menikmati indahnya pemandangan dari atas air.
  6. Tempat Ibadah: Disediakan tempat ibadah atau mushola bagi pengunjung yang ingin melaksanakan kewajiban religinya.
  7. Toko Suvenir: Ada toko-toko suvenir yang menjual berbagai barang khas Bali untuk dijadikan oleh-oleh.
  8. Pusat Informasi Wisata: Untuk membantu pengunjung dengan informasi yang dibutuhkan mengenai tempat-tempat wisata di daerah sekitar, termasuk Danau Beratan dan Pura Ulun Danu Beratan.
  9. Area Bermain: Beberapa bagian dari area wisata menyediakan fasilitas untuk bermain bagi anak-anak.
  10. Posisi Keamanan atau Penjagaan: Adanya penjagaan untuk memastikan keamanan pengunjung selama di area danau.

Fasilitas-fasilitas ini dirancang untuk memastikan pengalaman yang nyaman dan menyenangkan bagi semua pengunjung yang datang ke Danau Beratan.

Review Pengujung 

Berikut adalah ulasan pengunjung yang telah berkunjung ke Danau Beratan Bedugul, Bali, diambil dari beberapa sumber :

  1. Ulasan oleh Sigit K
    Rating: ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
    “Danau Beratan sangat bagus dikunjungi oleh wisatawan yang bosan melihat pantai atau sekedar refreshing bisa sewa boat mengelilingi danau.”
  2. Ulasan oleh alisya putri
    Rating: ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
    “Danau yg begitu indah. Lokasinya sangat strategis dekat dengan botanical garden. Di tempat ini juga banyak di temukan pedagang jadi cocok bangat buat tempat persinggahan terutama yang melakukan perjalan Singaraja Denpasar.”
  3. Ulasan oleh I Putu Gede Ari Suardana
    Rating: ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
    “Tempat yang cocok untuk sejenak beristirahat saat melakukan perjalanan jauh dari Denpasar ke Singaraja atau sebaliknya. Sekedar untuk menikmati kopi atau menikmati makanan pinggir jalan.”
  4. Ulasan oleh Backpacker Ngirit
    Rating: ⭐️⭐️⭐️⭐️⭐️
    “Piknik asik dipinggir danau, byr parkir aja sisanya jln kaki bentar trus ketemu dah view keren gini pemandangan danau dgn bukit2nya, piknik juga asik dsni.”
  5. Ulasan oleh FMTriasyah
    Rating: ⭐️⭐️⭐️⭐️
    “Danaunya keren dengan gunung2 di sekitarnya membuat makin asoy, datang pagi atau sore keren lah untuk santai2.”

Rute dan Transportasi ke Danau Beratan Bedugul

Terdapat beberapa rute dan pilihan transportasi yang bisa Anda gunakan, tergantung dari lokasi awal keberangkatan Anda.

  • Jika Anda berangkat dari Bandara Ngurah Rai, jarak tempuh ke Danau Beratan Bedugul sekitar 2 jam 16 menit. Kontur jalan menanjak dan berkelok-kelok mengitari area perbukitan, sehingga disarankan untuk berhati-hati selama perjalanan. Salah satu rute yang bisa diambil adalah menuju Jl. Raya Sempidi – I. Gusti Ngurah Rai – Mengwi. Setelah itu, belok ke kanan menuju Jalan I Gusti Ketut Jelantik sejauh 35 km dengan kondisi jalanan yang khas pegunungan.
  • Untuk transportasi, pilihan yang paling fleksibel adalah menyewa mobil atau sepeda motor, yang memberikan kebebasan untuk berhenti di tempat-tempat menarik sepanjang perjalanan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jasa transportasi umum seperti bus atau taksi, namun perlu memperhatikan jadwalnya yang mungkin tidak sefleksibel transportasi pribadi.

Danau Beratan Bedugul merupakan salah satu permata tersembunyi di pulau Bali yang menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam dan kekayaan budaya. Suguhannya berupa pemandangan danau yang menenangkan, udara sejuk pegunungan, serta kemudahan akses dan fasilitas lengkap menjadikan tempat ini destinasi wajib bagi setiap pelancong. Tak hanya menikmati keelokan alam, Anda juga dapat mengeksplorasi keindahan Pura Ulun Danu Beratan yang legendaris, berpetualang dengan berbagai kegiatan air, atau sekadar bersantai menikmati hidangan lokal di tepi danau. Mari berangkat ke Danau Beratan Bedugul, temukan ketenangan dan keindahan yang tak terlupakan, serta buat kenangan yang akan bertahan selamanya di salah satu surga terindah Bali. Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi dan mengalami sendiri keajaiban alam dan budaya Bali

Leave A Comment