Danau Sano Nggoang Danau Terluas Dan Terdalam Yang Membara Di Nusa Tenggara Timur

Danau Sano Nggoang Danau Terluas Dan Terdalam Yang Membara Di Nusa Tenggara Timur

Dengan luas sekitar 5.500 hektar, danau Sano Nggoang, danau vulkanik terluas di Nusa Tenggara Timur, dianggap sebagai salah satu danau terdalam di dunia dengan kedalaman sekitar 600 meter. Ada beberapa desa di mana orang-orang lokal tinggal di sepanjang pantai Danau Kawah Sano Nggoang. Desa-desa pertanian kecil ini menampung hanya 250 orang. Mereka tinggal di rumah bambu anyaman tradisional atau rumah kayu atau bata yang lebih modern, dengan kebun masing-masing. Danau, perkebunan, dan bukit memisahkan desa ini. Desa-desa kecil dan terpencil ini menghindari hiruk pikuk dan keramaian Labuan Bajo.

Danau Sano Nggoang adalah tempat penting bagi masyarakat Manggarai pada masa lalu. Danau ini memiliki nilai religius dan penduduk setempat menghormatinya sebagai tempat suci. Orang Manggarai percaya bahwa danau ini dihuni oleh kekuatan magis.

Sano Nggoang berasal dari kata-kata Kempo “Sano” yang berarti danau dan “Nggoang” yang berarti membara. Dengan demikian, Sano Nggoang berarti danau vulkanik atau danau yang membara. Jarak Danau Sano Nggoang dari labuan Bajo adalah 63 kilometer atau sekitar 3 jam menggunakan mobil. Labuan Bajo merupakan kota pelabuhan kecil yang merupakan ibu kota Manggarai Barat di ujung barat Pulau Flores. Pesawat dapat tiba di Labuan Bajo dari Bali dan Kupang. Dari Labuan Bajo, jalur Transflores digunakan untuk menuju desa Nunang, yang merupakan pintu masuk ke Danau Sano Nggoang.

Keunikan Danau Sano Nggoang
Danau Sano Nggoang memiliki kedalaman sekitar 500 meter dan terbentuk akibat aktivitas vulkanik1. Danau ini kaya akan belerang, dan sering kali Anda akan melihat asap belerang yang mengepul dari airnya yang tenang, menciptakan pemandangan yang memikat sekaligus misterius.

| Baca : Gunung Inerie Bajawa Piramida Alam Yang Menakjubkan Di Flores

Danau Sano Nggoang tingginya 750 meter di atas permukaan laut. Danau ini menarik karena kandungan sulfurnya yang tinggi. Bau belerang menyengat di sekitar danau. Akibatnya, salah satu tujuan utama mengunjungi danau ini adalah untuk mandi untuk kesehatan kulit. Ada air panas di ujung danau ini untuk mandi. Ada banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di lokasi ini selain bak mandi. Beberapa di antaranya adalah menunggang kuda mengelilingi danau, mengamati burung, trekking, dan mengambil foto. Dari banyak hal yang bisa kita lakukan, salah satu hal yang menarik untuk dilakukan adalah menikmati pemandangan, terutama hutan dan alam di sekitar danau, yang masih terbilang alami dan indah. Anda dapat menikmati pemandangan danau dari atas dengan menunggang kuda atau bersepeda.

Aktivitas Wisata di Danau Sano Nggoang

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi Danau Sano Nggoang:

Trekking

Untuk mencapai danau, Anda perlu melakukan sedikit trekking melalui jalur yang melewati hutan dan pemukiman penduduk setempat.

Berendam di Air Panas

Terdapat sumber air panas alami di dekat danau yang dipercaya oleh masyarakat setempat memiliki khasiat untuk kesehatan.
Piknik: Tempat yang sejuk dan pemandangan yang menakjubkan menyediakan lokasi yang sempurna untuk piknik.

Fotografi

Pemandangan danau yang unik serta kehidupan burung dan flora di sekitarnya menjadikan tempat ini seperti surga bagi para fotografer.

Mengenal Kehidupan Lokal

Kunjungi desa-desa sekitar danau untuk mengenal lebih dekat budaya dan kehidupan masyarakat adat Manggarai.
Cara untuk Menuju Danau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang yang berlokasi sekitar 35 kilometer dari kota Labuan Bajo, bisa dicapai dengan kendaraan darat baik mobil atau motor2. Jalan menuju danau cukup menantang karena Anda akan melewati jalan berkelok dan menanjak di beberapa titik.

Tips Sebelum Berkunjung ke Danau Sano Nggoang

Jaga Lingkungan

Pastikan untuk membawa kembali sampah yang Anda bawa untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam.

Pakaian

Gunakan pakaian yang nyaman untuk trekking dan bawa pula baju ganti jika Anda berencana untuk berendam di sumber air panas.

Perbekalan

Bawa makanan serta air minum yang cukup karena di sekitar danau tidak banyak tersedia sarana penjualan makanan dan minuman.

Kesehatan dan Keselamatan

Jika Anda memiliki kondisi medis tertentu, berkonsultasilah dengan dokter Anda sebelum pergi karena danau ini berada di dataran tinggi.

Mengapa Harus Mengunjungi Danau Sano Nggoang?

Danau Sano Nggoang menawarkan pengalaman yang berbeda dengan objek wisata lain di Flores. Jika Anda seorang pecinta alam yang mencari kedamaian dan ingin terlepas dari keramaian, danau ini adalah jawabannya. Dengan pemandangan yang masih alami serta kedekatan dengan kehidupan masyarakat setempat, kunjungan ke danau ini akan menjadi pengalaman yang kaya akan wawasan dan keindahan.

Golo Dewa Peak, juga disebut sebagai Puncak Savana, adalah rute trekking yang populer dan pendek. Trekking ini berlangsung selama empat jam pulang pergi. Dari puncak ini, Anda dapat melihat Danau Sano Nggoang, Hutan Mbeliling, dan pulau-pulau kecil yang terletak di sekitarnya. Anda juga dapat menikmati makanan lokal dan kopi lokal di tempat ini. Puncak Poco Dedeng adalah rute tambahan yang tersedia. Karena melewati hutan lebat dan bukit-bukit terjal, jalur ini lebih sulit.

Danau Sano Nggoang memiliki pemandangan yang indah yang terdiri dari danau, hutan, bukit, dan flora dan fauna yang ada di sekitarnya. Semua ini menjadi foto yang menarik untuk disimpan. Sangat menarik untuk mengambil kamera Anda saat matahari terbenam terlihat cantik di daerah ini. Danau Sano Nggoang adalah tempat yang indah dan tenang untuk beberapa jenis burung, termasuk burung endemik Flores, gagak flores (Corvus florensis). Beberapa jenis burung yang ada di sekitarnya termasuk kipasan flores,  itik benjut (Anas gibberifrons), itik gunung (Anaas superciliosa), cekakak tunggir-putih (Caridonax fulgidus), tesia timor (Tesia everetti) dan lainnya.

| Baca : Labuan Bajo Terkenal dengan Keindahan dan Keunikan Untuk Berpetualang Ke Pulau Komodo

      Danau Sentani Wajah Spektakuler Papua

Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengunjungi tempat wisata ini. Sangat dilarang mengunjungi danau selama musim hujan karena tingkat sulfur yang tinggi. Jika Anda tidak tahan dengan bau belerang yang menyengat, gunakan masker untuk menutupi hidung Anda. Ada beberapa rumah penduduk yang dapat Anda sewa jika Anda ingin tinggal di dekat danau. Semua homestay memiliki kasur, linen bersih, kelambu, air minum bersih, dan fasilitas lainnya yang berbeda, tergantung pada homestay.

Datang dan saksikan sendiri keajaiban Danau Sano Nggoang, dan saksikan harmoni alam yang masih sangat alami dan terawat di Nusa Tenggara Timur.

Leave A Comment