Desa Bakkara Tempat Bersejarah Yang Penuh Pesona Di Sekitar Danau Toba

Desa Bakkara Tempat Bersejarah Yang Penuh Pesona Di Sekitar Danau Toba

Provinsi Sumatera Utara, khususnya wilayah Tapanuli dan sekitarnya, merupakan daerah yang terkenal akan pariwisata alamnya yang mempesona serta budayanya yang kaya. Banyak penyanyi dan musisi berbakat berasal dari daerah ini. Selain memiliki keindahan alam yang memukau, daerah ini juga memiliki sejarah yang menarik. Bakkara, yang disebut oleh penduduk setempat sebagai pusat Kerajaan Batak, adalah salah satu tempat bersejarah yang cukup terkenal, terutama pada masa Sisingamangaraja ketika ada 12 raja yang memerintah di sana. Wilayah Bakkara menjadi saksi bisu kehidupan bangsawan Sisingamangaraja. Kini daerah ini menjadi tujuan wisata karena nilai sejarahnya yang begitu kuat, terlebih lagi lokasinya yang berdekatan dengan Danau Toba dan dikelilingi oleh bukit-bukit megah dan hutan rimbun.

Tempat wisata terbaik di Bakkara adalah air terjun, sungai, dan tempat-tempat alam lainnya. Sebagian besar wisatawan datang ke sini untuk meringankan beban mereka. Alam yang khidmat membuatnya cukup nyaman dan santai. Ada sebuah sungai besar di dekat desa yang bernama Aek Silang. Ini juga menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi. Airnya tidak begitu bersih karena mengandung tanah liat dan lumut. Jika Anda ingin melihat sungai yang lebih jernih, Anda perlu mengunjungi Sungai Aek Simangira. Itu karena dasar sungai ditutupi oleh batu sungai.

Sungai-sungai itu cukup penting bagi penduduk desa. Anda juga bisa menikmati spot alam lainnya di Bakkara. Selain sungai, Anda bisa menyaksikan pemandangan Danau Toba dan perbukitan yang indah. Suhu di sini sedikit dingin, terutama di pagi hari. Anda harus memakai pakaian yang tebal di sini. Selanjutnya, ada air mancur terkenal bernama Aek Situo-tio. Terletak di sebelah sungai. Saat ini, Aek Situo-tio  menjadi pemandian umum. Anda bisa menikmati air tawar di tengah pepohonan, airnya cukup jernih.

Bakkara juga memiliki beberapa air terjun yang menakjubkan. Ada air terjun kecil dan besar. Masing-masing menawarkan keindahan yang unik. Untuk pengalaman terbaik, Anda harus menuju ke air terjun Aek Sipangolu yang merupakan air terjun paling terkenal di Bakkara. Masyarakat setempat menganggapnya sebagai pancuran yang sakral. Mereka bahkan menggunakan air untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Bagi wisatawan, air terjun ini menawarkan air yang segar dan jernih. Anda bahkan bisa minum airnya.

| Baca :Danau Toba Pesona Kecantikan Alam Danau Terbesar Di Indonesia

Budaya lokal juga menjadi daya tarik utama di Bakkara. Masyarakat setempat memiliki kekayaan tanaman dan sebagian besar penduduk desa adalah petani. Mereka juga memiliki budaya yang unik dan menarik. Salah satu tempat yang wajib dikunjungi adalah Lumbanraja, tempat terdapat Istana Sisingamangaraja yang megah. Selain itu, di depan Istana, terdapat juga makam kuno yang dihiasi dengan ukiran Batak. Dekat dengan lokasi ini, Anda akan menemukan batu Siungkap-ungkapon. Menurut rumor yang beredar, batu ini digunakan untuk meramal masa depan, terutama dalam meramalkan hasil panen. Selain itu, daerah ini juga dikenal dengan kuliner khasnya, seperti masakan tradisional Batak yang lezat dan kue-kue tradisional yang menggugah selera.

Istana Raja Sisingamangaraja Desa Bakkara Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara

Istana Raja Sisingamangaraja Desa Bakkara Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara | Instagram ???? @irwan_perkasa

| Baca : Waduk Delingan Tempat Santai Sambil Memancing

Menuju Lokasi

Sangat mudah untuk mencapai Bakkara. Terdapat beberapa pilihan transportasi. Apabila menggunakan transportasi udara, dari Medan atau Jakarta Anda dapat naik pesawat langsung menuju Bandara Silangit di Siborong-borong, Kabupaten Tapanuli Utara. Dari Bandara dilanjutkan naik taxi menuju Bakkara.

Apabila menggunakan transportasi darat, dari Medan, Anda harus melewati Siborong-borong. Tujuan Anda adalah Muara di Kecamatan Baktiraja. Jika Anda datang dari Sidikalang, Anda harus melewati Doloksanggul. Pilihan kedua dinilai lebih menantang. Rute ini melewati bukit-bukit dan tebing yang curam, pemandangannya tak ada bandingannya.

Leave A Comment