Destinasi Wisata Kepulauan Mandeh “Raja Ampat Dari Sumatera Barat”

Destinasi Wisata Kepulauan Mandeh “Raja Ampat Dari Sumatera Barat”

Kepulauan Mandeh yang terletak di Sumatera Barat merupakan salah satu destinasi wisata tersembunyi yang menawarkan pesona alam yang begitu mempesona. Dikenal juga sebagai “Raja Ampat” dari Sumatera Barat, keindahan alam kepulauan ini mulai dikenal luas dan menjadi pusat perhatian para wisatawan baik lokal maupun internasional. Kepulauan ini berada di dalam kawasan Wisata Bahari Teluk Mandeh, yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan.

Sejarah Singkat Kepulauan Mandeh

Meski tidak banyak diketahui tentang sejarah khusus kepulauan ini, area sekitar Teluk Mandeh memiliki cerita yang kaya dan beragam. Pada masa lalu, Teluk Mandeh merupakan tempat persinggahan penting para pelaut dan pedagang, yang mencari perlindungan dari badai dan cuaca buruk. Karena keindahan alam dan potensi baharinya yang luar biasa, kawasan ini kemudian dikembangkan menjadi destinasi wisata, yang kini dikenal sebagai Kepulauan Mandeh.

Keindahan Alam Kepulauan Mandeh

Kepulauan Mandeh memukau siapapun dengan pemandangan alamnya yang spektakuler. Dengan air lautnya yang jernih, kawasan ini menawarkan pemandangan bawah laut yang kaya dengan terumbu karang yang warna-warni serta kehidupan laut yang beragam. Terlebih lagi, kehadiran gunung dan bukit yang mengelilingi kawasan ini menambah keelokan panorama yang tersaji. Puncak-puncak gunung dan bukit ini menjadi tempat ideal untuk menikmati pemandangan matahari terbit atau terbenam, dengan latar belakang laut luas yang menawan.

Perkembangan Wisata

Saat ini, Kepulauan Mandeh sedang dikembangkan menjadi destinasi wisata unggulan di Sumatera Barat, dengan pemerintah dan investor swasta berkolaborasi untuk memperbaiki fasilitas dan infrastruktur, termasuk pembangunan penginapan yang nyaman dan penyediaan beragam jasa wisata, guna menarik wisatawan lebih banyak lagi. Kepulauan ini, dengan petualangan alamnya, ketenangan, dan keindahan tropis yang eksotis, memiliki potensi besar untuk menjadi tujuan wisata favorit di masa depan, menjanjikan pengalaman yang tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Mengapa Kepulauan Mandeh Disebut Raja Ampatnya Sumatera Barat

Kepulauan Mandeh sering kali disebut “Raja Ampatnya Sumatera Barat.” Ada dua alasan utama untuk hal ini, yaitu keindahan alam yang luar biasa dan keanekaragaman hayati yang kaya.

Keindahan Alam

Perbandingan dengan Raja Ampat, sebuah surga maritim di Papua Barat yang terkenal di seluruh dunia, bukanlah hal yang berlebihan. Kecantikan alam Kepulauan Mandeh memang aduhai, memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan.

Perairan laut yang jernih mengizinkan mata untuk menikmati tarian eksotis berbagai jenis ikan dan terumbu karang yang menari-nari di bawah permukaan. Selain itu, ragam pulau di kepulauan ini, yang terjal dan dihiasi hutan lebat, menciptakan panorama tropis yang menakjubkan, lengkap dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang dramatis dan penuh pesona.

Keanekaragaman Hayati

Kepulauan Mandeh tidak hanya berisi keindahan alam semata, namun juga menjadi rumah bagi beragam spesies flora dan fauna, baik di darat maupun di laut. Di balik keasrian perairannya, terdapat kehidupan yang berlimpah.

Keanekaragaman hayati di bawah lautnya menyaingi kekayaan yang dimiliki Raja Ampat. Berbagai jenis terumbu karang dengan corak dan warna yang menawan, berpadu dengan ikan-ikan hias yang berkolaborasi menciptakan hamparan taman laut yang memanjakan mata. Varietas biota laut ini menjadikan Mandeh sebagai destinasi favorit bagi para penyelam dan pecinta snorkeling.

Pada akhirnya, dengan segala keindahan alam dan keanekaragaman hayati yang dimilikinya, tidak heran jika Kepulauan Mandeh mendapatkan julukan “Raja Ampatnya Sumatera Barat.”

Pulau-pulau Sekitar Mandeh

Kepulauan Mandeh tidak hanya mempesona pengunjung dengan kemolekannya sendiri, tetapi juga dengan jajaran pulau-pulau kecil di sekitarnya yang begitu eksotis. Pulau Setan, misalnya, menawarkan kisah dan legenda lokal yang menarik untuk dijelajahi, sementara Pulau Cubadak menyuguhkan resort yang eksklusif dan pantai pasir putih yang mengundang kedamaian. Pulau Pagang, dikenal dengan spot snorkeling dan diving yang memukau, merupakan sumber daya alam yang tidak ternilai dengan terumbu karang yang berwarna-warni dan kehidupan laut yang beragam, memberikan Anda kesempatan untuk menyatu dengan alam bawah lautnya yang menawan. Tak ketinggalan, Pulau Sironjong dengan tebing-tebingnya yang menjulang tinggi dan air laut yang jernih menyediakan spot lompat indah bagi mereka yang mencari adrenalin. Keberadaan pulau-pulau ini menambah variasi aktivitas wisata dan perjalanan Anda di Mandeh, memastikan setiap eksplorasi membawa kenangan baru dan pengalaman yang tak terlupakan.

Pulau Mandeh Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Pulau Mandeh Pesisir Selatan, Sumatera Barat | Instagram  : @Mc Glow

| Baca : Pulau Sikuai Wisata Resort Nan Indah Dari Sumatera Barat

Aktivitas Wisata Menarik di Kepulauan Mandeh

Kepulauan Mandeh, sering disebut sebagai “Raja Ampatnya Sumatera Barat,” menawarkan beragam aktivitas wisata yang menarik dan mengesankan. Berikut adalah tiga aktivitas wisata utama yang dapat dinikmati di sana:

Snorkeling dan Diving

Dengan kejernihan perairannya yang luar biasa, Kepulauan Mandeh adalah surga bagi penggemar snorkeling dan diving. Keindahan bawah lautnya yang menakjubkan, dihuni oleh terumbu karang berwarna-warni dan beragam jenis ikan hias, memastikan sebuah pengalaman menyelam yang tak terlupakan. Snorkeling dan diving di sini memungkinkan Anda untuk menyaksikan kekayaan dan keanekaragaman biota laut, membuatnya menjadi kegiatan wajib bagi siapa saja yang berkunjung ke Mandeh.

Wisata Pulau (Island Hopping)

Aktivitas lain yang tidak kalah menariknya adalah island hopping, atau wisata keliling pulau. Kepulauan Mandeh terdiri dari beberapa pulau indah yang dapat dijelajahi satu per satu. Setiap pulau menawarkan keunikan tersendiri, mulai dari pantai berpasir putih yang lembut hingga bukit-bukit hijau yang menawan. Island hopping memberikan kesempatan kepada wisatawan untuk menikmati berbagai aspek dari keindahan alam Mandeh, meliputi berjemur di pantai, berenang di perairan yang jernih, atau sekadar menikmati panorama pantai dari kapal.

Memanjat Puncak Gunung

Bagi para penggemar petualangan dan tantangan, memanjat puncak gunung di Kepulauan Mandeh menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Pendakian menuju puncak gunung membutuhkan stamina dan ketekunan, namun semua usaha tersebut akan terbayar dengan pemandangan spektakuler dari atas: hamparan lautan biru, pulau-pulau kecil yang menyebar, dan panorama matahari terbit atau terbenam yang dapat mengambil napas Anda. Pendakian ini tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kesempatan untuk melihat keanekaragaman hayati di daratan Kepulauan Mandeh.

Kesimpulannya, Kepulauan Mandeh menawarkan rangkaian aktivitas wisata yang tak hanya indah untuk dilihat, tapi juga penuh dengan petualangan dan penemuan. Setiap aktivitas menjanjikan pengalaman yang kaya dan mengesankan, membuat kunjungan ke Kepulauan Mandeh menjadi salah satu perjalanan yang tidak akan pernah terlupakan.

Spot Diving dan Snorkeling Kepulauan Mandeh

Pulau Mandeh dan sekitarnya menawarkan berbagai spot snorkeling dan diving yang disukai oleh para pengunjung. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Pulau Sironjong Besar dan Sironjong Kecil

  • Deskripsi: Kedua pulau ini dikenal dengan keindahan terumbu karangnya yang masih alami, serta keanekaragaman spesies ikan yang tinggi. Spot ini cocok untuk snorkeling dan diving karena memiliki kedalaman yang bervariasi, dari yang dangkal hingga yang cukup dalam.
  • Review Pengunjung: Para pengunjung sering memberikan ulasan positif tentang kejernihan air dan keindahan alam bawah air yang dapat dengan mudah ditemukan di perairan sekitar pulau-pulau ini.

2. Pasir Timbul

  • Deskripsi: Merupakan sandbar alam yang terletak di tengah laut yang menampakkan diri saat air surut, dikelilingi oleh terumbu karang yang indah di mana Anda bisa snorkeling di sekitarnya.
  • Review Pengunjung: Pengunjung biasanya terkesan dengan kontras antara pasir putih yang halus dengan birunya air laut, dan peluang untuk melihat beragam ikan dan biota laut di perairan yang dangkal.

3. Pulau Tarusan

  • Deskripsi: Pulau ini menyajikan spot diving yang menarik dengan struktur terumbu karang yang rumit serta kehidupan bawah air yang luas, termasuk berbagai macam terumbu karang keras dan lembut.
  • Review Pengunjung: Pecinta diving sering mengapresiasi keanekaragaman hayati dan kondisi terumbu karang yang baik, serta seringkali menyatakan ingin kembali lagi.

4. Pulau Setan

  • Deskripsi: Pulau ini memiliki keunikannya tersendiri dengan cerita rakyat setempat yang menambah nuansa mistis. Terumbu karang di sini sangat menarik, dengan banyak celah dan lubang yang menjadi rumah bagi spesies laut.
  • Review Pengunjung: Pengunjung yang telah snorkeling atau diving di sini menikmati suasana alami, kejelian pandangan, dan interaksi dengan ikan-ikan yang ramah.

5. Cubadak Paradiso Village

  • Deskripsi: Terkenal dengan resortnya, Cubadak juga menawarkan lokasi menyelam kelas dunia. Pelaku diving bisa menemukan spot-spot yang menantang dengan bentangan terumbu karang yang berwarna-warni dan ikan langka.
  • Review Pengunjung: Resort ini biasanya mendapat nilai tinggi dari pengunjung karena kombinasi antara akomodasi yang nyaman, layanan yang ramah, dan akses langsung ke spot snorkeling dan diving yang luar biasa.

Perlu diperhatikan bahwa kondisi spesifik dan review terhadap spot-spot snorkeling dan diving ini bisa berubah dari waktu ke waktu dan sangat bergantung pada pengalaman individu. Ulasan aktual serta kondisi terkini dapat ditemukan di platform review wisata seperti TripAdvisor atau Google Reviews, yang kerap diupdate oleh para pengunjung yang baru saja mengalami petualangan di pulau tersebut.

Spot Foto Terbaik

Kepulauan Mandeh menawarkan sejumlah spot foto yang memukau, menggabungkan keindahan alam dengan suasana eksotis yang tak terlupakan. Berikut ini beberapa spot berfoto terbaik di Kepulauan Mandeh:

1. Puncak Mandeh

Puncak Mandeh menawarkan panorama Teluk Mandeh dari ketinggian, dengan pemandangan laut yang biru dan pulau-pulau kecil yang tersebar. Di sini juga terdapat rumah kayu tradisional Minangkabau dan sejumlah gazebo yang menjadi spot foto yang menarik. Anda akan merasa terkesima dengan keindahan tempat ini sambil menikmati beragam aktivitas seperti berenang, menyelam, hingga memancing.

2. Puncak Jokowi

Dikenal juga dengan nama Puncak Paku sebelum kunjungan Presiden Jokowi, Puncak Jokowi menawarkan beberapa spot foto yang menawan dengan latar pesona alam sekitar. Keunikan nama dan keindahan panoramanya menjadikan tempat ini spot foto yang populer di kalangan pengunjung.

3. Pantai Pasir Timbul

Pasir Timbul adalah fenomena alam dimana pasir muncul di tengah laut saat air surut. Kejadian ini menciptakan latar yang sempurna untuk berfoto, dengan latar belakang laut biru dan langit cerah. Ini adalah momen yang tepat untuk mengabadikan foto-foto yang mengesankan.

4. Pulau Sironjong Besar dan Kecil

Pulau Sironjong dengan tebing-tebing batu yang menjulang tinggi dan air laut yang biru jernih menawarkan latar foto yang dramatis serta eksotis. Ideal untuk mereka yang mencari foto dengan suasana laut terbuka dan keindahan alam yang masih sangat alami.

5. Cubadak Paradiso Village

Cubadak Paradiso Village bukan hanya menyediakan pengalaman menginap yang mewah dan tenang, tapi juga menawarkan keindahan alam yang bisa dijadikan latar foto yang mempesona. Pantai dengan pasir putih, air laut yang jernih, dan vegetasi tropis yang rimbun membuat setiap foto tampak seperti lukisan.

Kepulauan Mandeh merupakan destinasi yang menawarkan keindahan alam yang luar biasa, sangat cocok untuk mereka yang mencari spot foto dengan latar alam yang indah dan unik.

Cara Menuju Lokasi Kepulauan Mandeh

Untuk mencapai Kepulauan Mandeh, yang dikenal sebagai “Raja Ampatnya Sumatera Barat,” terdapat beberapa pilihan rute dan transportasi yang bisa digunakan. Lokasi ini berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, dan menawarkan berbagai keindahan alam marin serta aktivitas wisata menarik.

Dari Padang, ibu kota Sumatera Barat, perjalanan menuju Kepulauan Mandeh bisa ditempuh melalui jalur darat. Jaraknya sekitar 70 kilometer, dan waktu tempuh berkisar antara 1 hingga 1,5 jam perjalanan menggunakan mobil atau bus. Awalnya, akses ke wilayah ini lebih banyak dilakukan melalui jalur laut, namun kini jalur darat telah menjadi pilihan utama karena infrastrukturnya yang semakin baik.

Jika Anda berangkat dari luar kota atau luar pulau, langkah pertama adalah terbang ke Bandara Internasional Minangkabau, Padang. Dari bandara, Anda bisa menyewa mobil atau menggunakan jasa travel untuk menuju Kepulauan Mandeh. Pilihan lain, bagi yang ingin menikmati perjalanan laut, bisa menyewa perahu dari Pelabuhan Bungus, yang terletak tidak jauh dari Kota Padang, untuk langsung menuju ke kepulauan itu.

Biaya wisata ke Mandeh mulai dari Rp 25.000, dan wisata buka 24 jam. Alamatnya berada di Pulau Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Pesisir Selatan

| Baca :Pantai Carocok Painan “Pantai Terbaik Untuk Menikmati Sunset Dan Snorkeling”

Rekomendasi Resort dan Hotel

Resort

Berikut beberapa rekomendasi akomodasi yang dapat dipilih saat berkunjung ke Kepulauan Mandeh, lengkap dengan ulasan dan penilaian:

  1. Mandeh Ocean Park

    Resort ini menawarkan jenis akomodasi yang variatif, termasuk villa dan bungalow. Setiap penginapannya menawarkan pemandangan langsung ke laut dan dilengkapi dengan fasilitas modern seperti AC, TV, dan kamar mandi pribadi. Mandeh Ocean Park juga memiliki fasilitas tambahan seperti restoran dan penyewaan peralatan snorkeling. Sejauh ini, Mandeh Ocean Park mendapat rating 4/5 di beberapa situs review travel.

  2. Mandeh Resort

    Sebuah resort yang menghadap langsung ke laut dengan harga yang cukup terjangkau. Mandeh Resort menawarkan akomodasi dengan fasilitas modern dan layanan yang ramah dari penduduk lokal. Rating pengunjung untuk Mandeh Resort sekitar 3.7/5.

  3. Mandeh Tourist Home

    Homestay ini menawarkan pengalaman yang lebih autentik dengan interaksi langsung dengan penduduk lokal dan merasakan hidup sehari-hari masyarakat di Mandeh. Dengan peningkatan pariwisata, Mandeh Tourist Home telah memperbarui fasilitasnya dan mendapat rating pengunjung yang baik, sekitar 4.2/5.

  4. Kubu Beach Resort

    Berlokasi di Pasumpahan Island, salah satu pulau di Kepulauan Mandeh, resort ini menawarkan akomodasi dengan pemandangan indah dan fasilitas modern. Kubu Beach Resort mendapat rating 4/5 dari berbagai sumber ulasan.

Hotel

1. Sunset Beach Hotel Mandeh

Deskripsi: Terletak strategis dengan pemandangan langsung ke arah laut, Sunset Beach Hotel menawarkan akomodasi yang nyaman dan tenang yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan. Kamar-kamarnya dilengkapi dengan fasilitas modern dan beberapa di antaranya menawarkan balkon pribadi dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Fasilitas: AC, restoran, akses WiFi di area umum, dan layanan kamar.

Ulasan: Tamu sering memuji kebersihan kamar, keramahan staf, dan pemandangan dari hotel ini. Beberapa ulasan menyarankan untuk memilih kamar yang menghadap laut untuk pengalaman terbaik.

Rating: 4.5/5

2. Mercusuar Hotel Mandeh

Deskripsi: Hotel ini menawarkan lokasi yang unik dengan akses mudah ke berbagai atraksi lokal. Kamar-kamarnya nyaman dan cocok untuk liburan keluarga atau pasangan yang ingin menyelam dan menikmati alam.

Fasilitas: Kamar dengan AC, layanan penyewaan peralatan snorkeling dan diving, serta restoran yang menyajikan masakan lokal dan internasional.

Ulasan: Pengunjung mengapresiasi layanan yang ramah dan lokasi yang strategis. Tak ketinggalan, makanannya juga mendapatkan pujian karena rasanya yang lezat.

Rating: 4.3/5

3. Mandeh Paradise Resort

Deskripsi: Sebagai salah satu resort terbaik di wilayah tersebut, Mandeh Paradise Resort menawarkan pengalaman menginap yang mewah dengan fasilitas lengkap. Disebut-sebut sebagai ‘surga tersembunyi’, resort ini menawarkan panorama laut yang eksotis yang dapat dinikmati langsung dari kamar.

Fasilitas: Kolam renang, spa, pusat kebugaran, dan aktivitas air seperti snorkeling serta diving.

Ulasan: Kebanyakan tamu sangat puas dengan kamar yang luas dan bersih, pelayanan yang luar biasa, serta keindahan alam sekitar yang membuat pengalaman menginap mereka tak terlupakan.

Rating: 4.7/5

Perlu diingat bahwa rating dan ulasan dapat berubah seiring waktu, sehingga pengunjung disarankan untuk mengecek ulasan terkini dan ketersediaan sebelum melakukan reservasi.

Kepulauan Mandeh menawarkan keindahan alam yang memukau, menjadikannya destinasi yang sempurna bagi para pencinta alam dan petualang. Dengan pemandangan laut yang kristal, kaya akan keanekaragaman hayati bawah air, dan panorama matahari terbenam yang spektakuler, Mandeh menyediakan latar belakang idilis untuk berbagai aktivitas, dari snorkeling hingga menyelam, atau sekadar bersantai di tepi pantai. Pengalaman menginap di hotel dan resort yang nyaman, bersama dengan keramahan penduduk lokal, menjadikan Mandeh tak hanya sebagai tempat liburan, melainkan sebuah pengalaman yang mengesankan dan menyegarkan. Memilih Mandeh sebagai destinasi liburan berikutnya berarti memberi diri Anda kesempatan untuk terhubung kembali dengan keindahan alam, mengeksplorasi keajaiban laut, dan menciptakan memori yang tak terlupakan.

Leave A Comment