Gili Meno Paling Tenang Dan Romantis Di Antara 3 Gili Populer Di Lombok

Gili Meno Paling Tenang Dan Romantis Di Antara 3 Gili Populer Di Lombok

Jika Anda bermimpi untuk benar-benar jauh dari keramaian, atau berbulan madu di pulau terpencil, tapi Anda tetap ingin berada di dekat denganperadaban, maka Gili Meno adalah jawaban Anda. Terletak hanya sekitar 20 menit  dari Pantai Senggigi dengan speedboat di pantai barat pulau Lombok, Gili Meno adalah satu dari tiga pulau yang sekarang mendapatkan popularitas di seluruh dunia. Pulau-pulau tersebut adalah Gili Terawangan, Gili Air dan Gili Meno. Dalam bahasa Sasak setempat, “gili” berarti pulau. Jadi perhatikan bahwa ada banyak “gili” di sekitar yang berdiri sendiri atau berada di gugusan.

Diantara tiga pulau di gugusan ini, Gili Meno adalah yang paling tenang, dan Gili Terawangan yang paling populer. Jika Gili Trawangan terlihat lebih seperti desa wisata, Gili Meno menawarkan lebih banyak alam yang tenang, disamping kesempatan menyelam yang luar biasa. Meno adalah pulau terkecil dengan jumlah penduduk paling sedikit, berada di tengah gugusan. Di Gili Meno ini terdapat pantai putih, dan pohon palem yang rindang diselingi padang rumput, tempat ternak merumput.

Selain pantainya yang tenang, Gili Meno juga terkenal dengan kekayaan biota laut dan terumbu karangnya. Penggemar snorkeling dan diving bisa menjelajahi dunia bawah laut yang dipenuhi formasi karang warna-warni, ikan tropis, bahkan penyu. Pulau ini relatif belum berkembang dibandingkan dengan Kepulauan Gili di dekatnya, menjadikannya tujuan sempurna bagi mereka yang mencari pengalaman lebih santai dan terpencil.

Selain keindahan alamnya, Gili Meno menawarkan berbagai pilihan tempat makan mulai dari warung lokal (restoran kecil) yang menyajikan makanan laut segar hingga masakan internasional di restoran tepi pantai. Pengunjung dapat menikmati makanan lezat sambil menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Gili Meno adalah tempat peristirahatan yang paling indah dan romantis untuk berbulan madu, namun memiliki daya tarik dan aktivitas yang cukup banyak. Di sekitar pulau terdapat tiga tempat menyelam yang disukai para snorkeling dan diving, yaitu Sea Point Turtle, Meno Wall, dan Point Coral Blue. Selain itu, traveller dapat juga mengunjungi Taman Burung dan danau air laut yang terdapat homestay untuk tinggal di giili ini.

Di tengah pemandangan pantai berpasir putih yang menakjubkan, pohon palem yang bergoyang, lautan yang jernih dan ombak lembut, Anda akan mendengar kicauan banyak burung. Taman Burung Gili Meno dibangun oleh orang Australia dalam arsitektur seperti kubah dan yang merupakan habit bagi 200 spesies burung Australia dan Asia, termasuk cuckatoos, flamingo, elang dan pelikan, selain teman berbulu lainnya. Uniknya, pengunjung harus melewati labirin sebelum sampai di kubah.

Gili Meno Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Gili Meno Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat | Instagram @anywhere_viaggi

| Baca : Harga Tiket Masuk Gili Trawangan Lombok

Apa saja yang bisa dilakukan di Gili Meno

Snorkeling dan menyelam

Gili Meno terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling atau bergabung dengan tur menyelam untuk mengeksplorasi terumbu karang yang indah dan melihat berbagai jenis ikan tropis, penyu, dan terumbu karang lainnya.

Berjemur di pantai

Gili Meno memiliki pantai pasir putih yang menakjubkan dengan air laut yang jernih. Pengunjung dapat berjemur di pantai, bersantai di bawah sinar matahari, dan menikmati pemandangan laut yang menakjubkan.

Menyaksikan penyu bertelur

Gili Meno adalah pusat konservasi penyu hijau yang dilindungi. Pengunjung dapat menyaksikan penyu bertelur di pantai dan menyaksikan saat mereka berkembang menjadi bayi penyu sebelum dilepaskan ke laut. jika anda berkunjung waktu yang tepat, anda bisa bersama pengujung lain melepas tukik ke laut, sebuah pengalaman wisata yang seru

Bersepeda mengelilingi pulau

Gili Meno adalah pulau kecil yang dapat dielilingi dengan bersepeda. Pengunjung dapat menyewa sepeda dan menjelajahi pulau, menikmati pemandangan alam yang indah dan mengunjungi desa-desa lokal.

Mencoba kuliner Lombok

Gili Meno memiliki berbagai restoran dan warung yang menyajikan kuliner lokal. Pengunjung dapat mencoba makanan khas Lombok, seperti ayam Taliwang, plecing kangkung, dan sate rembiga.

Menyaksikan matahari terbenam

Gili Meno menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Pengunjung dapat menikmati minuman di tepi pantai sambil menyaksikan matahari terbenam di atas laut.

Mengunjungi Taman Burung Gili Meno

Taman Burung Gili Meno adalah tempat perlindungan untuk berbagai jenis burung yang langka dan dilindungi. Pengunjung dapat mengunjungi taman burung ini dan melihat berbagai jenis burung yang indah.

Mengunjungi Gili Meno Salt Lake

Gili Meno memiliki danau garam alami yang indah. Pengunjung dapat mengunjungi danau garam ini dan berkeliling dengan sepeda

Spot Diving

Gili Meno menawarkan beberapa titik menyelam yang diperuntukkan bagi penyelam pemula dan berpengalaman. Beberapa lokasi menyelam yang populer di sekitar Gili Meno antara lain:

  • Shark Point

Seperti namanya, Shark Point terkenal dengan pertemuannya dengan hiu karang blacktip. Penyelam juga dapat melihat berbagai spesies ikan, penyu, dan formasi karang yang hidup di kawasan ini.

  • Meno Wall

Lokasi penyelaman ini memiliki dinding indah yang ditutupi karang lunak dan keras, memberikan latar belakang warna-warni bagi para penyelam. Ini adalah tempat yang bagus untuk mengamati belut moray, nudibranch, dan kehidupan laut lainnya.

  • Bounty Wreck

Terumbu karang buatan yang tercipta dengan menenggelamkan kapal kargo kecil ini adalah rumah bagi berbagai spesies laut. Penyelam dapat menjelajahi bangkai kapal dan menemukan makhluk kecil, seperti ikan, penyu hijau dan kuda laut.

  • Turtle Heaven

Sesuai dengan namanya, Turtle Heaven merupakan tempat yang populer untuk bertemu dengan penyu hijau. Penyelam sering kali dapat melihat makhluk anggun ini berenang bersama biota laut lainnya seperti ikan pari dan gerombolan ikan.

  • Coral Gardens

Terletak di sisi timur Gili Meno, Coral Gardens menawarkan penyelaman dangkal dengan taman karang yang semarak dan penuh dengan kehidupan laut. Ini adalah tempat yang sangat bagus untuk fotografi bawah air dan juga snorkeling.

  • Patung Bawah Laut Gili Meno (Bask Nest)

Patung bawah laut - Gili Meno Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat

Patung bawah laut – Gili Meno Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat | Instagram @nikosauer

| Baca : Gili Sudak Serangkaian Keindahan Pulau Kecil Di Lombok

Patung bawah laut Gili Meno adalah salah satu daya tarik yang menarik perhatian para penyelam dan pecinta alam bawah laut. Terletak di perairan pulau Gili Meno di Indonesia, patung-patung ini memberikan pengalaman unik bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi keindahan bawah laut. Dibuat oleh seniman Jason deCaires Taylor, patung-patung ini terbuat dari bahan ramah lingkungan yang dirancang untuk menyatu dengan lingkungan laut. Setiap patung memiliki keunikan dan makna sendiri, seperti patung-patung yang menggambarkan kehidupan bawah laut dan gaya hidup manusia yang berdampak negatif pada ekosistem laut. Para penyelam dapat menikmati keindahan alam bawah laut sambil mempelajari pesan lingkungan yang disampaikan oleh patung-patung ini. Patung bawah laut Gili Meno merupakan bukti nyata tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan laut dan memberikan kesadaran kepada orang-orang tentang dampak negatif kegiatan manusia terhadap ekosistem laut.

Transportasi Sekitar

Pulau Gili secara ketat melarang kendaraan bermotor. Oleh karena itu, transportasi dengan sepeda atau “cidomo”, sebuah kereta kuda lokal. Tapi untuk benar-benar menyerap keindahan dan ketenangan alam Anda bisa berjalan kaki sambil membawa cukup air minum.

Penginapan

Akomodasi di Gili Meno berkisar dari wisma ramah anggaran hingga resor tepi pantai yang mewah, melayani preferensi dan anggaran yang berbeda. Ini adalah tujuan populer bagi berbulan madu, pasangan, dan traveler yang ingin  tenang, melepaskan diri dari rutinitas kehidupan dan berbulan madu di pulau terpencil nan indah. Di sepanjang pantai terdapat banyak pilihan bungalow.

| Baca : 16 Obyek Wisata Terfavorit Di Lombok

Mencapai Gili Meno

Pelabuhan kecil di Gili Meno disebut Pelabuhan Bangsal, dan Anda harus menunggu sampai ada 20 penumpang sebelum kapal berangkat. Jika Anda sedang terburu-buru Anda bisa menyewa speedboat. Saat tiba dengan pesawat di Bandara Internasional Lombok, Anda bisa naik taksi ke Senggigi. Anda juga bisa naik bus DAMRI ke Mataram, ibu kota Lombok dan dilanjutkan dengan taksi. Ada feri langsung yang membentang antara Bali dan Gili Terawangan. Di Gili Terawangan, Anda dapat menemukan kapal untuk mengantar Anda ke Gili Meno.

Secara keseluruhan, Gili Meno menawarkan liburan yang tenang dan indah, di mana pengunjung dapat menyelami alam, menikmati ketenangan pulau, dan menciptakan kenangan abadi.

Leave A Comment