Gunung & Danau Batur- Kintamani, Bali: Kaldera Vulkanik dengan Danau Kawah yang Dalam

Gunung & Danau Batur- Kintamani, Bali: Kaldera Vulkanik dengan Danau Kawah yang Dalam

Wilayah pegunungan sekitar Kintamani, berpusat di kaldera gunung berapi Gunung Batur yang spektakuler dengan danau kawah yang dalam dan menggelegak air panas, kasar dengan keindahan yang tinggi dan liar.

Udara pegunungan dan pemandangan yang indah segala arah, serta beberapa candi penting membuat Kintamani menjadi salah satu tujuan paling berkesan di rencana perjalanan wisata Bali.

Gunung Batur sebenarnya hanya sebuah gunung berapi kecil, namun terbenamnya berada di jantung kawah besar dengan diameter 14 km. Berdekatan dengan gunung berapi adalah Danau Batur besar berbentuk bulan sabit, semua dikelilingi oleh tembok tinggi dari bibir kawah. Ukuran tipis dari kawah menciptakan bayangan letusan dahsyat dari Gunung Batur yang asli yang terjadi sepuluh ribu tahun yang lalu.

Aktifitas

Pura Ulun Danu Batur dekat desa Batur. Ini adalah candi terpenting setelah Besakih, tempat lebih dari 90 kuil. Dikunjungi pada setiap saat sepanjang tahun, khususnya selama festival Odalan, biasanya dalam bulan Maret tergantung pada bulan purnama yang didedikasikan untuk dewi danau kawah, dikatakan untuk mengontrol sistem irigasi untuk seluruh pulau.

Desa Trunyan- tradisi kamar mayat. Dari Toya Bungkah, banyak perahu akan menyeberangi danau ke sebuah desa Bali Aga disebut Trunyan. Tempat ini terkenal karena tradisi kamar mayat tersebut. Bukan mengkremasi orang mati, seperti orang Bali melakukan hampir di seluruh pulau, masyarakat Trunyan meninggalkan tubuh membusuk secara alami di sebuah kuburan khusus.

Trekking Sekitar Gunung Batur. Yang paling populer adalah perjalanan dari Toya Bungkah ke puncak Gunung Batur untuk menyaksikan matahari terbit. Anda dapat meminta ini kepada sekelompok pemandu lokal atau pelayanan wisatawan di sana.

Tips

–          Ada pemandangan yang brilian dari Penelokan. Tapi siap untuk kondisi basah, dingin dan berawan dan penjualan souvenir yang agresif.

–          Ingat untuk membawa kamera, karena keindahan danau batur adalah salah satu yang harus dihargai dan berbagi ketika kembali.

–          Ada banyak pedagang kaki lima yang menjual beberapa souvenir. Jika Anda tidak ingin membeli dari mereka, jangan membuat kontak dengan mereka jika tidak Anda akan diikuti sampai Anda menyerah dan membeli dari mereka.

–          Yang lebih baik untuk mengunjungi Gunung dan Danau Batur di musim kemarau. Ini akan membuat kegiatan danau yang tersedia dan menyenangkan. Musim hujan adalah terlalu berkabut dan basah untuk dinikmati secara penuh.

Sovenir

Jalan ke utara adalah pasar, ramai setiap tiga hari pada Hari Paseh dalam kalender orang Bali. Hal ini menarik untuk dikunjungi untuk melihat berbagai produk dari peternakan sekitar gunung  mulai jeruk, jagung, sayuran, buah dan serangkaian bunga, ikan kering, ternak, pot dan keranjang, ditambah pasar pakaian yang besar. Anda juga dapat melihat pria memeluk anak anjing Kintamani yang besar dan berbulu seerta bernilai tinggi di seluruh Bali.

Lingkungan Sekitar

Untuk bergerak di sekitar wilayah Batur, Anda hanya perlu berjalan-jalan atau Anda dapat menyewa sepeda juga.

Mencapai Lokasi

Anda dapat pergi ke sana dengan taksi atau hanya menyewa mobil. Anda juga dapat bergabung dengan tur untuk mengunjungi Gunung Batur dan Danau Batur. Shuttle bus pariwisata antara Bali Selatan dan Lovina berhenti di Kintamani.

Makanan

Pada Penelokan (diterjemahkan sebagai ‘tempat memandang’) ada beberapa restoran dari mana untuk beristirahat.

Penginapan

Ada beberapa kamar berkisar dari hotel bintang hingga Homestay di Kintamani. Anda dapat memilih salah satunya untuk tinggal.

One Comment

  1. felixianoputra_ 25/03/2023 at 04:58 - Reply

    Indah banget om❤️????

Leave A Comment