Pantai Lovina Bali : Melihat Kehidupan Lumba-Lumba Lebih Dekat

Pantai Lovina Bali : Melihat Kehidupan Lumba-Lumba Lebih Dekat

Jika Anda sedang mencari liburan yang sama sekali berbeda, berbeda dari Kuta-Seminyak atau suasana hidup Bali Selatan, maka Anda harus menuju utara Bali,Pantai Lovina. Terletak sekitar 9 Km dari Singaraja, ibu kota Kabupaten Buleleng, Pantai Lovina menghadap Laut Bali adalah definisi sempurna dari ketenangan, di mana dapat menikmati arti hidup santai sebenarnya.

Lovina membentang lebih 8 km garis pantai yang terdiri dari serangkaian desa pesisir, yaitu: Kaliasem, Kalibukbuk, Anturan, dan Tukad Mungga – secara kolektif dikenal sebagai Lovina. Jantung Lovina adalah desa Kalibukbuk terletak Kabupaten Buleleng.

Tidak seperti pantai pasir putih lainnya di Bali, Pantai Lovina adalah pasir vulkanik abu-abu dan hitam. Sama seperti di dekatnya Pantai Pemuteran, Lovina juga dilengkapi kehidupan bawah laut yang luar biasa bagi mereka yang menikmati diving dan snorkeling. Namun, daya tarik utama di sini adalah lumba-lumba berhidung botol (Tursiops truncates) yang menjadikan pantai ini tempat bermain mereka.

Lumba-lumba biasanya muncul di awal pagi hanya ketika sinar pertama matahari terbit di cakrawala. Makhluk yang sangat cerdas akan datang dan berenang di dekat perahu dan melompat-lompat di sekitar menciptakan tontonan yang benar-benar menarik. Atraksi ini luar biasa yang dapat dilihat dari perahu tradisional yang disebut “Jukung” yang ditawarkan oleh banyak operator atau individu di pantai.

Nama Lovina itu sendiri dikatakan berasal dari kata “Love” dan “Ina” yang merupakan orang Bali untuk “ibu”. Oleh karena itu, Lovina berarti Cinta untuk Tanah Air atau negara. Nama Lovina pernah dilarang untuk digunakan di sini karena dianggap asing, sehingga usaha wisata di daerah menggunakan nama alternatif seperti Manggala, Krisna, Angsoka, atau Nirwana. Namun, ketika pariwisata diBali utara bertumbuh secara signifikan, nama Lovina digunakan lagi karena lebih mudah bagi wisatawan untuk mengingat dan oleh karena itu disukai oleh operator tur.

Sejarah Lovina tidak dapat dipisahkan dari Anak Agung Panji Tisna yang telah melakukan perjalanan di seluruh Asia dan Eropa. Ia menjadi tertarik pada cara hidup orang-orang di Bombay, India, yang membawa dia untuk meniru ini di Buleleng. Setibanya dari luar negeri di tahun 1953, Anak Agung Panji Tisna mulai menerapkan ide dan mendirikan sebuah penginapan bernama Lovina di lahannya. Fasilitas ini menampilkan sebuah pondok 3 kamar dengan restoran tepi laut. Seiring waktu, Lovina tumbuh dari sebuah pondok sederhana menjadi sebuah tujuan wisata yang luas.

Daya Tarik Utama

Pantai Lovina Bali terkenal dengan beberapa daya tarik utama yang membuat wisatawan terpikat untuk berkunjung, di antaranya:

  1. Pertunjukan Lumba-lumba Alami: Salah satu daya tarik utama Pantai Lovina adalah kesempatan untuk melihat lumba-lumba di habitat aslinya. Lumba-lumba biasanya muncul pada pagi hari sekitar pukul 06.00 hingga 08.00 WIB. Wisatawan dapat menyewa perahu untuk melihat pertunjukan alami dari lumba-lumba yang berenang dan melompat di sekitar perairan ini.
  2. Pantai Berpasir Hitam: Berbeda dengan sebagian besar pantai di Bali yang memiliki pasir putih, Pantai Lovina memiliki keunikan dengan pasir hitamnya yang alami. Keunikan ini sendiri merupakan hasil dari aktivitas vulkanik di Pulau Bali.
  3. Suasana yang Lebih Tenang: Berbeda dengan pantai-pantai populer di Bali selatan yang seringkali ramai, Pantai Lovina menawarkan suasana yang lebih tenang dan damai, menjadikannya tempat yang ideal bagi mereka yang ingin menghindari keramaian.

| Baca : Harga Tiket Masuk Bali Zoo Park Terbaru

Tips

Ingat bahwa lumba-lumba muncul hanya pada saat cuaca yang tepat, sehingga tidak ada jaminan mutlak bahwa lumba-lumba secara otomatis akan muncul setiap saat. Lumba-lumba biasanya akan tertarik untuk naik ke permukaan laut ketika cuaca cerah dan terang.

Waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah selama musim kemarau, yaitu antara April-Oktober.

Makanan

Ada berbagai restoran asing dan lokal yang menawarkan makanan lokal dan internasional dengan harga yang bervariasi.

Aktivitas

Pantai Lovina sangat cocok bagi mereka yang ingin keluar diri dari keramaian dan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari yang sibuk dan hanya ingin masuk dalam ketenangan alam murni. Pagi atau sore berjalan-jalan di sepanjang pantai hanya ditemani angin lembut, atau hanya bersantai di pantai dengan minuman dingin, akan benar-benar memanjakan indra Anda.

Sementara mereka yang ingin mendapatkan hak dekat dengan lumba-lumba di laut dapat menghubungi banyak operator di hotel atau di sepanjang pantai. Ingat, meskipun, bahwa Anda harus bangun pagi-pagi untuk melihat tontonan megah ini.

Pantai Lovina tidak dikenakan tiket masuk Namun, jika ingin menyewa perahu untuk melihat lumba-lumba di tengah laut, tarifnya sekitar Rp 150.000 per orang

| Baca : Harga Tiket Masuk Pantai Pandawa Bali

Penginapan

Ada sejumlah pilihan akomodasi yang tersedia di sepanjang Pantai Lovina, di antaranya adalah:

Lovina Beach Hotel Bali
Phone: +62 362 41005

Aneka Lovina Villas & Spa Bali
Jalan Raya Kalibukbuk Lovina Beach
Phone: +62 362 41827

Rini Hotel
Phone: +62 362 41386

Suma Beach Hotel Lovina
Phone: +62 362 41566

| Baca : Harga Menginap Siesta Legian Hotel By Avilla Hospitality Bali

Mencapai Lokasi

Dari Denpasar, ibu kota Bali, anda dapat sampai Lovina melalui Bedugul atas bagian tengah pegunungan pulau, yang memakan waktu sekitar 2 jam. Atau, Anda dapat mengikuti Gilimanuk rute Bali Barat yang memakan waktu sekitar 4jam.

Leave A Comment