Laguna Kehe Daing Di Pulau Kakaban Keindahan Perawan Derawan

Laguna Kehe Daing Di Pulau Kakaban Keindahan Perawan Derawan

Wisatawan pasti sudah mendengar tentang Kepulauan Derawan. Ini adalah tempat wisata yang direkomendasikan bagi mereka yang berkunjung ke Kalimantan Timur. Menampilkan pulau-pulau dan beting yang indah, wisatawan dapat menikmati liburan yang indah di sana. Berikut ini referensinya. Namanya Laguna Kehe Daing dan terletak di Pulau Kakaban. Penduduk setempat menyebutnya Lobang Ikan. Situs ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan nuansa yang tenang. Bahkan letaknya di dekat Danau Kakaban, sehingga wisatawan bisa mengunjungi dua tempat wisata berharga sekaligus. Tidak hanya cocok untuk relaksasi, laguna juga cocok untuk fotografi dan berenang!

Laguna Kehe Daing atau Lubang Ikan menawarkan banyak fitur indah, termasuk pantai berpasir putih. Namun, dibutuhkan waktu dan tenaga untuk mencapai lokasi tersebut. Selain pantai, ada semak-semak dan pepohonan yang rimbun. Bahkan ada terowongan kecil yang muncul saat air surut. Itu juga menjadi pintu masuk alternatif untuk mencapai teluk. Apa berikutnya? Seperti disebutkan sebelumnya, itu terletak di dekat Danau Kakaban yang terkenal. Wisatawan hanya perlu berjalan kaki beberapa menit untuk bisa sampai di lokasi. Keduanya sebenarnya menawarkan suasana yang nyaman.

Daya Tarik dan keunikan Laguna Kehe Daing

Berikut adalah daya tarik dan keunikan dari Laguna Kehe Daing di Pulau Kakaban:

  1. Lokasi yang Unik: Laguna Kehe Daing berada di belakang Danau Kakaban, yang memberikan pengalaman eksplorasi alam yang berbeda dibandingkan dengan tempat lainnya.
  2. Keindahan Alam: Pengunjung dapat menikmati pemandangan laut yang indah dan alam yang masih asli di laguna ini.
  3. Aktivitas Menarik: Berada di kawasan pantai dan perairan, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas seperti snorkeling, berenang, atau sekadar berjalan-jalan menikmati pemandangan.
  4. Perlengkapan yang Diperlukan: Karena berada di kawasan dengan sinar matahari yang terik, pengunjung disarankan untuk membawa perlengkapan seperti kacamata hitam untuk kenyamanan selama melakukan aktivitas di Laguna Kehe Daing.
Laguna Kehe Daing Aldipolar

Laguna Kehe Daing di Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur | Instagram @Aldipolar

| Baca :Pulau Maratua Pusat Penyu Di Indonesia

Aksi dan Atraksi Wisata

Ada dua cara untuk mencapai lobang ikan. Pertama, wisatawan bisa mengambil jalur paling umum, yaitu tangga. Sebagai alternatif, mereka dapat memanfaatkan terowongan atau gua kecil yang muncul saat air surut. Begitu mereka mencapai laguna, pemandangan air yang sempurna tidak pernah gagal membuat mereka takjub. Warna airnya hijau tosca dan warnanya kebiruan juga. Pasalnya, laguna tersebut masih terhubung dengan laut. Dengan pemandangan yang begitu menakjubkan, wisatawan dapat menikmati fotografi sepuasnya!

Trekking juga populer di Laguna Kehe Daing. Mau tidak mau, pengunjung harus trekking untuk bisa sampai di laguna. Begitu mereka mencapai tempat itu, mereka mungkin melihat air tanpa cacat dengan kemurniannya. Di dekatnya, mereka dapat menemukan hutan lebat, tempat mereka dapat menjelajah. Tidak ada manusia yang terlihat di lokasi, sehingga merepresentasikan nuansa damai. Hanya beberapa nelayan yang datang ke daerah tersebut untuk memancing, tetapi ini cukup jarang. Dengan suasana yang begitu tenteram, pengunjung berkesempatan untuk menghilangkan stres dan mendekatkan diri dengan alam. Bahkan udaranya terasa menyegarkan!

Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat dilakukan di Laguna Kehe Daing di Pulau Kakaban:

  1. Mengunjungi Danau Kakaban: Keberadaan Laguna Kehe Daing yang berlokasi di belakang Danau Kakaban memberikan peluang bagi wisatawan untuk melakukan kunjungan dua tempat wisata sekaligus.
  2. Menikmati Pemandangan: Laguna menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dan suasana yang tenang. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam dan berfoto.
  3. Relaksasi: Tak hanya cocok untuk eksplorasi, laguna ini juga sempurna untuk kegiatan relaksasi dan menenangkan pikiran.
  4. Bermain di Pantai: Wisatawan juga bisa menikmati waktu mereka di pantai dan membayar kunjungan ke Kehe Daeng, laguna indah yang tersembunyi di balik goa.

Rute dan Transportasi ke Laguna Kehe Daing

Untuk mencapai Laguna Kehe Daing di Pulau Kakaban, diperlukan beberapa tahapan perjalanan karena lokasinya yang cukup terpencil di Kalimantan Timur. Berikut adalah rute dan transportasi yang bisa Anda gunakan:

  1. Mulai dari Jakarta ke Kalimarau (Berau): Perjalanan anda bisa dimulai dari Jakarta menuju Bandara Kalimarau di Berau, Kalimantan Timur, dengan estimasi waktu sekitar 5 jam termasuk transit.
  2. Dari Berau ke Tanjung Batu: Setelah tiba di Berau, langkah selanjutnya adalah menuju ke Tanjung Batu. Biasanya, ini bisa dilakukan menggunakan transportasi darat seperti mobil sewaan atau kendaraan umum.
  3. Dari Tanjung Batu ke Pulau Kakaban: Untuk sampai ke Pulau Kakaban dari Tanjung Batu, Anda akan melakukan perjalanan laut menggunakan speedboat atau kapal sewaan. Waktu tempuhnya bisa bervariasi, tergantung pada kondisi cuaca dan jenis kapal yang digunakan.

Lokasi Pulau Kakaban sendiri berada di Kampung Payung-Patung, Kecamatan Maratua. Meskipun perjalanannya cukup panjang dan membutuhkan beberapa kali perpindahan transportasi, keindahan alam yang ditawarkan oleh Laguna Kehe Daing dan Pulau Kakaban pada umumnya, membuat perjalanan ini sangat layak untuk dijalani.

Jangan lupa untuk merencanakan perjalanan Anda dengan baik, terutama jika anda berencana untuk mengunjungi pada musim-musim liburan atau peak season, di mana kebutuhan akan transportasi bisa sangat tinggi. Selalu ada baiknya untuk memastikan reservasi dan konfirmasi jadwal perjalanan Anda jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Tips

Untuk memaksimalkan kunjungan Anda ke Laguna Kehe Daing di Pulau Kakaban, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut:

  1. Rencanakan Perjalanan dengan Matang:
    Sebelum berangkat, pastikan Anda memiliki rencana perjalanan yang detil. Tangani semua reservasi transportasi dan akomodasi sebelumnya, termasuk speedboat ke Pulau Kakaban.
  2. Pergi pada Waktu yang Tepat:
    Cek prakiraan cuaca sebelum Anda pergi untuk memastikan kondisi ideal untuk kunjungan. Umumnya, bulan April hingga Agustus adalah waktu terbaik untuk mengunjungi karena cuaca yang lebih cerah dan laut yang tenang.
  3. Bawa Perlengkapan yang Sesuai:
    Pastikan membawa kacamata hitam, tabir surya, topi, dan peralatan snorkeling jika Anda berencana untuk melihat kekayaan bawah air di sekitar laguna. Selain itu, membawa kamera tahan air juga akan membantu mengabadikan momen dalam kegiatan snorkeling atau saat berada di laguna.
  4. Jangan Lewatkan Berbagai Spot Wisata:
    Pulau Kakaban juga dikenal dengan Danau Kakaban yang memiliki ubur-ubur tak menyengat. Manfaatkan kesempatan untuk menjelajahi kedua destinasi, yaitu laguna dan danau, dalam satu kunjungan.
  5. Menjaga Lingkungan:
    Pulau Kakaban adalah area konservasi. Membawa sampah kembali dan tidak mengambil apapun kecuali foto dan kenangan adalah penting untuk menjaga kelestarian alam di sana.
  6. Gunakan Panduan Lokal:
    Panduan lokal tidak hanya membantu menavigasi area tersebut tetapi juga dapat memberikan pengetahuan mendalam tentang ekosistem lokal dan titik-titik menarik yang mungkin belum banyak diketahui oleh wisatawan.

Memang, Laguna Kehe Daing di Pulau Kakaban adalah permata tersembunyi yang menawarkan pesona alam luar biasa di Kalimantan Timur. Dengan airnya yang jernih, kehidupan bawah air yang mempesona, dan suasana yang tenang, laguna ini menjadi destinasi sempurna bagi mereka yang mencari keindahan alam dan ketenangan. Dengan persiapan yang tepat, kunjungan ke laguna ini tidak hanya akan membuka mata Anda pada keajaiban alam Indonesia tetapi juga memberi Anda kenangan yang tak terlupakan. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan Laguna Kehe Daing ke dalam daftar destinasi wisata impian Anda, dan siap-siaplah untuk menjelajahi keindahan alam yang belum banyak tersentuh ini.

 

Leave A Comment