Ledok Sambi Kaliurang: Wisata Outbound Ramah Kantong di Lereng Merapi

Ledok Sambi Kaliurang: Wisata Outbound Ramah Kantong di Lereng Merapi

Ledok Sambi, yang terletak di kaki Gunung Merapi, adalah salah satu destinasi wisata alam tersembunyi di Yogyakarta yang menawarkan pesona keindahan alam yang memukau di tengah kesegaran udara pegunungan. Area ini dikenal dengan pemandangan hijau yang luas serta suasana pedesaan yang masih alami dan asri. Tidak hanya itu, Ledok Sambi juga menawarkan berbagai aktivitas menarik seperti berkuda, camping, hingga bersepeda di sekitar area yang teduh dan penuh ketenangan. Bagi Traveler yang ingin melepaskan diri dari Keramaian kehidupan kota, Ledok Sambi menjadi oasis yang sempurna untuk bersantai dan meresapi keindahan alam Yogyakarta yang autentik.

Daya Tarik Ledok Sambi

Berikut adalah poin-poin daya tarik dari Ledok Sambi, Yogyakarta:

  1. Keasrian Alam: Ledok Sambi menawarkan pemandangan alam yang hijau dan asri, menjadikan tempat ini destinasi sempurna untuk menikmati ketenangan dan keindahan alam Yogyakarta.
  2. Kegiatan Berkemah: Menginap di tengah alam dengan fasilitas berkemah, memungkinkan pengunjung untuk merasakan pengalaman tidur di bawah bintang dengan suasana yang tenang dan damai.
  3. Aktivitas Outbound: Terdapat berbagai aktivitas outbound yang menantang seperti flying fox dan paintball, ideal bagi mereka yang mencari kegiatan penuh adrenalin.
  4. Spot Ngopi Santai: Tersedia beberapa spot untuk bersantai sambil ngopi, menawarkan pemandangan alam yang menenangkan bagi pengunjung.
  5. Kegiatan Berkuda: Memberikan kesempatan untuk berkuda dan menjelajahi keindahan alam sekitar yang menyegarkan.
  6. Bersepeda: Jalur bersepeda yang disediakan memungkinkan pengunjung untuk menikmati keindahan alam sekitar dengan cara yang lebih dekat dan pribadi.
  7. Suasana Pedesaan Asri: Memanfaatkan suasana pedesaan yang masih asli untuk memberikan pengalaman mengunjungi pedesaan Yogyakarta yang autentik.
  8. Wisata Edukasi: Terdapat kesempatan untuk belajar tentang flora dan fauna lokal, serta memahami kehidupan pedesaan melalui berbagai kegiatan edukasi yang ditawarkan.
  9. Lokasi Strategis: Lokasi Ledok Sambi yang dekat dengan Gunung Merapi menambah nilai lebih bagi pengunjung yang tertarik dengan kegiatan pendakian atau sekadar ingin menikmati pemandangan gunung.

Aktivitas dan Atraksi di Ledok Sambi

Berikut ini adalah rangkuman aktivitas dan atraksi yang dapat dilakukan di Ledok Sambi, Yogyakarta:

  1. Piknik di Pinggir Sungai: Nikmati waktu santai dengan piknik di tepi sungai, diiringi suara gemericik air yang menenangkan.
  2. Berkemah: Ada area khusus untuk berkemah, memungkinkan pengunjung untuk bermalam menikmati suasana alam yang tenang dan bintang di langit yang cerah.
  3. Flying Fox: Bagi pencari adrenalin, tersedia aktivitas flying fox yang menantang, meluncur di atas pemandangan alam yang indah.
  4. Paintball: Olahraga kelompok ini tidak hanya seru tapi juga bisa membangun kekompakan tim, sembari menikmati suasana alam.
  5. Outbound: Berbagai permainan outbound yang dirancang untuk semua usia, mengasah kerjasama dan kreativitas di alam terbuka.
  6. Bersepeda: Jalur sepeda yang menantang menawarkan keseruan menjelajah alam sekitar dengan cara yang sehat.
  7. Ngopi Santai: Bersantai sambil menikmati kopi di beberapa titik yang menawarkan pemandangan alam Ledok Sambi yang indah.
  8. Photography: Lokasi ini menyuguhkan berbagai spot fotografi yang menawan, sempurna untuk mereka yang hobi berburu foto.
  9. Jejak Petualangan: Bagi pengunjung yang menyukai tantangan, bisa mengikuti jejak petualangan yang dirancang khusus untuk menjelajahi berbagai sudut alam Ledok Sambi.
  10. Belajar tentang Flora dan Fauna: Pengunjung juga bisa mendapatkan pengetahuan mengenai berbagai spesies flora dan fauna lokal yang ada di sekitar area ini.

Ledok Sambi menawarkan berbagai atraksi dan aktivitas yang menarik bagi semua kalangan, mulai dari keluarga yang mencari kegiatan rekreasi santai hingga para pengunjung yang mencari petualangan dan adrenalin di alam terbuka.

Tiket Masuk, Jam Operasional dan Fasilitas

Jam Operasional : Senin- Minggu, jam 08.00-17.000

Harga Tiket Masuk Ledok Sambi Mei 2024

  • Harga tiket masuk: Gratis
  • Parkir motor: Rp. 3.000
  • Parkir mobil: Rp. 5.000
  • Sewa ban: Rp. 10.000
  • Sewa tikar: Gratis
  • Fasilitas tempat bilas/mandi: Tersedia bagi pengunjung yang ingin membersihkan diri setelah bermain air di sungai.

Biaya lainnya

Kegiatan dan biaya yang terkait dengan berkemah serta kegiatan lainnya di Ledok Sambi:

Berkemah

Jika Anda ingin menghabiskan malam di Ledok Sambi, tersedia opsi untuk berkemah dengan fasilitas yang telah disediakan:

  • Tenda sedang (untuk 3 orang): Rp 200.000 per tenda
  • Tenda besar (untuk 5 orang): Rp 250.000 per tenda
  • Bawa tenda sendiri: Rp 35.000 per malam
  • Group camping (minimal 20 orang): Rp 150.000 per orang (termasuk makan 2 kali)
  • Paket camping ceria (untuk 2 orang): Rp 450.000 (termasuk sewa tempat BBQ dan kupon tiket bermain)
  • Paket camping ceria plus (untuk 4 orang): Rp 800.000 (termasuk sewa tempat BBQ dan kupon tiket bermain)

Bermain Outbound

Aktivitas outbound juga tersedia, sangat cocok untuk rombongan sekolah atau outing perusahaan:

  • Outbound half day: Rp 200.000 per orang (termasuk paket makan 1 kali)
  • Outbound dan camping (2H1M): Rp 325.000 per orang (termasuk paket makan 3 kali)
  • Outbound anak (TK/SD): Rp 150.000 per orang (termasuk paket makan 1 kali)
  • Outbound remaja (SMP/SMA): Rp 175.000 per orang (termasuk paket makan 1 kali)

Bermain Flying Fox hingga Paintball

Terdapat beragam kegiatan seru yang bisa dilakukan di Ledok Sambi:

  • Flying fox: Rp 25.000 per orang
  • Archery: Rp 10.000 untuk 10 kali memanah
  • Scooter listrik: Rp 25.000 per 30 menit
  • Paintball: Rp 25.000 untuk jumlah 25 peluru
  • Aktivatas terapi ikan: Rp 5.000
  • Water Gel Gun: Rp 25.000 untuk 400 peluru
  • Mobil-mobilan RC: Rp 25.000 per permainan

Ngopi Santai di Warung Kopi Ledok

Untuk pengalaman ngopi santai di udara sejuk, tersedia menu dengan harga terjangkau:

  • Kopi Merapi: Rp 8.000
  • Robusta Kopi Susu Ledok: Rp 9.000
  • Nasi Special Ledok (Ayam Suwir, Plecing, Kerupuk): Rp 17.000
  • Tempe mendoan (5 buah): Rp 9.000

Selalu pastikan untuk memperoleh informasi terbaru sebelum berkunjung, karena harga dan layanan bisa berubah sewaktu-waktu. Anda bisa mengunjungi website resmi Ledok Sambi atau menghubungi mereka via telepon atau media sosial untuk konfirmasi dan reservasi.

Fasilitas

Berikut adalah fasilitas yang tersedia di Ledok Sambi:

  1. Lahan Kemping – Ledok Sambi menawarkan area kemping yang luas, ideal untuk pengalaman berkemah di alam. Tersedia pilihan sewa tenda atau membawa tenda pribadi.
  2. Outbound dan Paintball – Ada fasilitas outbound yang cocok untuk segala usia, termasuk paintball, yang menawarkan keseruan bagi pengunjung.
  3. Warung Kopi Ledok – Tempat ini memiliki kafe atau warung kopi yang menyajikan berbagai pilihan kopi lokal dan snack, memungkinkan pengunjung untuk bersantai sambil menikmati udara sejuk.
  4. Area Piknik Pinggir Sungai – Fasilitas ini memberikan tempat yang menarik untuk piknik keluarga di tepi sungai, menambah keasyikan berada di alam.
  5. Permainan Seru – Tersedia berbagai permainan seperti flying fox, archery, dan lain-lain untuk menambah pengalaman seru selama di Ledok Sambi.
  6. Fasilitas Makan – Selain warung kopi, Ledok Sambi menawarkan beberapa pilihan kuliner yang lezat dengan harga terjangkau.

Fasilitas-fasilitas tersebut menjadikannya sebagau destinasi yang cocok tidak hanya bagi individu atau keluarga yang mencari ketenangan alam, tapi juga bagi grup atau perusahaan yang ingin melakukan kegiatan outbound atau team building.

Alamat, Rute dan Transportasi

Alamat : Kabupaten Sleman Jalan Kaliurang KM 19 No.2, Area Sawah, Pakembinangun, Kecamatan. Pakem. Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Rute

Untuk menuju Ledok Sambi dari Kota Yogyakarta, Anda dapat mengikuti beberapa rute yang tersedia. Berikut ini adalah rute umum yang bisa Anda gunakan:

Opsi 1: Melalui Jalan Kaliurang

  1. Mulai dari Kota Yogyakarta, ambil arah ke utara menuju Jalan Kaliurang.
  2. Ikuti Jalan Kaliurang hingga kilometer (km) 21 atau 22. Anda akan melewati Universitas Gadjah Mada (UGM), rumah sakit, dan sejumlah perguruan tinggi lainnya di sepanjang jalan ini.
  3. Sesampainya di daerah Kaliurang, perhatikan petunjuk arah menuju Ledok Sambi. Lokasinya dekat dengan area wisata Kaliurang yang populer.
  4. Belok ke jalan yang mengarah ke Ledok Sambi setelah menemukan petunjuknya. Biasanya, jalur ini lebih kecil dan menyusuri daerah perbukitan.

Opsi 2: Melalui Jalan Palagan (Alternatif)

  1. Dari Kota Yogyakarta, ambil arah ke utara melalui Jalan Palagan Tentara Pelajar.
  2. Terus mengikuti Jalan Palagan sampai menemukan persimpangan yang menuju ke arah Kaliurang di sepanjang Jalan Palagan.
  3. Saat tiba di simpang Kaliurang, ambil arah ke jalan Kaliurang dan ikuti petunjuk yang sama seperti rute Jalan Kaliurang di atas.

Tips Mengunjungi Ledok Sambi:

  • Periksa kondisi kendaraan Anda sebelum berangkat. Jalan menuju Ledok Sambi dapat sedikit menantang karena berada di daerah pegunungan.
  • Gunakan GPS atau aplikasi peta di smartphone Anda. Memasukkan “Ledok Sambi” sebagai destinasi di Google Maps atau aplikasi serupa akan memudahkan perjalanan Anda.
  • Bertanyalah pada penduduk lokal jika Anda merasa tersesat atau membutuhkan arah yang lebih jelas.

Seiring bertambahnya popularitasnya di media sosial, Ledok Sambi kini bukan hanya sekadar tempat wisata biasa. Kecantikan alamnya yang melimpah telah menjadikannya destinasi yang viral di TikTok 2024 dan sangat “Instagrammable”, menarik perhatian para pecinta alam dan penggiat media sosial dari berbagai daerah. Dengan keindahan yang dapat dinikmati tanpa harus menguras kantong, Ledok Sambi menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan dan terjangkau, menjadikannya salah satu pilihan wisata populer 2024 di kawasan Kaliurang, Yogyakarta. Tempat ini bukan hanya tentang mengeksplor keindahan alam, tetapi juga menikmati serunya aktivitas outbound yang memperkuat kebersamaan. Ledok Sambi berhasil membuktikan bahwa keindahan alam bisa menjadi latar belakang terbaik untuk setiap cerita perjalanan yang berharga, dan menjadi bukti kekayaan wisata alam Indonesia di mata dunia.

Leave A Comment