Menelusuri Pesona Alam dan Budaya Desa Wisata Tinalah di Bukit Menoreh

Menelusuri Pesona Alam dan Budaya Desa Wisata Tinalah di Bukit Menoreh

Desa Wisata Tinalah terletak di Jalan Persandian Kilometer 5, berada di wilayah Desa Purwoharjo, pada Kecamatan Samigaluh, di dalam wilayah Kabupaten Kulon Progo,Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, merupakan destinasi wisata unik yang merangkai keindahan alam dengan budaya lokal. Berada di kawasan Sungai Tinalah dan Pegunungan Menoreh, desa ini mengusung tagline “Pesona Alam dan Budaya”, menggambarkan harmoni antara alam yang memesona dan warisan budaya yang hidup di masyarakat setempat.

Nama Desa Wisata Tinalah, atau lebih dikenal dengan sebutan Dewi Tinalah, dipilih sebagai merk dari desa wisata ini sejak tahun 2013. Dewi Tinalah diartikan sebagai sahabat yang selalu menyediakan kedamaian dan kenyamanan. Moto ini tercermin dari konsep pengembangan desa wisata yang mempersatukan alam dan nilai-nilai budaya setempat.

Terletak di Bukit Menoreh pada ketinggian 117 mdpl dengan suhu harian berkisar 25-32 derajat Celsius, Desa Wisata Tinalah menyajikan udara segar dan pemandangan alam yang menyejukkan mata, memberikan penawar terhadap penat dan lelah setelah rutinitas kerja sehari-hari.

Pengunjung Desa Wisata Tinalah dapat menikmati pilihan paket wisata dan kegiatan yang beragam dan menarik. Beberapa di antaranya meliputi menginap di akomodasi tradisional seperti Joglo Wiguna dan Omahku, outbond dengan beragam permainan seru, trekking di Tinalah, camping dengan pemandangan alam Bukit Menoreh, serta menyusuri Sungai Tinalah. Selain itu, terdapat pula Joglo Meeting Room untuk kegiatan formal dan Live In program yang memberikan pengalaman autentik tinggal di desa. Terlebih, berada di Puncak Kleco, pengunjung bisa menikmati wisata alam dengan pemandangan yang tidak terlupakan.

Tentang Desa Wisata Tinalah

Desa Wisata Tinalah memiliki keunikan serta daya tarik yang membedakannya dari destinasi wisata lainnya. Berikut ini adalah beberapa keunikan dan daya tariknya:

Keunikan Desa Wisata Tinalah:

  1. Lokasi Alami dan Asri: Terletak di kawasan Pegunungan Menoreh, Tinalah menawarkan keindahan alam khas pegunungan yang asri dan udara yang sejuk.
  2. Integrasi Budaya dan Tradisi Lokal: Pengunjung dapat merasakan kekayaan tradisi lokal melalui interaksi dengan masyarakat desa serta melalui kegiatan budaya seperti Merti Bumi dan Wiwit Tandur.
  3. Pengalaman Homestay Autentik: Kemungkinan untuk tinggal bersama keluarga lokal memberikan pengalaman imersif dalam kehidupan sehari-hari masyarakat desa.
  4. Kegiatan Outbound dan Petualangan Alam: Desa ini menyediakan fasilitas untuk kegiatan outbound dan petualangan alam seperti river tubing dan jungle trekking.
  5. Pengalaman Kuliner Lokal: Wisatawan bisa mencicipi berbagai makanan tradisional setempat, termasuk ikoniknya nasi tumpeng ingkun rempah.

Daya Tarik Desa Wisata Tinalah:

  1. Pemandangan Alam Yang Mempesona: Dengan lokasinya yang strategis di lereng pegunungan, Tinalah menawarkan pemandangan alam yang mempesona termasuk matahari terbenam dan terbit yang indah.
  2. Wisata Adventure: Para wisatawan yang mencari sensasi bisa menikmati berbagai kegiatan seperti river tubing, trekking melalui jalur alam, dan camping di puncak Kleco.
  3. Paket Wisata Edukasi: Peluang edukatif melalui paket-paket wisata yang menggabungkan belajar dan bermain, misalnya dengan pelajaran rock painting dan pengetahuan tentang tumbuh-tumbuhan setempat.
  4. Kegiatan Budaya: Pengunjung dapat mengikuti serta dalam ritual-ritual pertanian tradisional yang menunjukkan keunikan budaya agraris daerah tersebut.
  5. Suvenir Khas Lokal: Desa ini juga menawarkan kesempatan untuk membawa pulang berbagai suvenir khas, seperti kripik daun pegagan dan kripik tempe sagu, yang tidak hanya unik tetapi juga enak.

Oleh karena itu, bukan hanya tujuan wisata tetapi juga destinasi pembelajaran dan pengalaman hidup yang menghubungkan wisatawan dengan kehidupan sederhana namun kaya budaya di pedesaan Yogyakarta.

Kegiatan dan Atraksi

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan yang menarik dan edukatif, yang dirancang untuk semua kalangan, dari keluarga hingga grup korporat. Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan di Desa Wisata Tinalah:

  1. Outbound dan Team Building: menawarkan berbagai paket outbound dan team building yang cocok untuk meningkatkan kerjasama tim dan membangun kekompakan, baik itu untuk keluarga, teman, maupun rekan kerja.
  2. Camping: Menginap di alam terbuka dengan fasilitas camping yang disediakan oleh Desa Wisata Tinalah, memberikan pengalaman bersatu dengan alam. Ini merupakan cara yang baik untuk menyegarkan pikiran dan menikmati keindahan alam.
  3. Wisata Edukasi: Paket wisata edukasi menyediakan peluang untuk belajar tentang berbagai aspek kehidupan pedesaan, budaya lokal, dan praktik pertanian yang berkelanjutan. Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat bagi siswa sekolah maupun pengunjung yang tertarik untuk memahami lebih dalam tentang cara hidup di desa.
  4. Live-In Experience: Kegiatan live-in memberikan kesempatan untuk tinggal bersama keluarga di desa dan menjalani kehidupan sehari-hari mereka. Ini adalah cara yang baik untuk mempelajari adat istiadat dan tradisi lokal dari dekat.
  5. River Tubing dan Jungle Trekking: Buat para pencinta petualangan, menawarkan kegiatan river tubing di sungai setempat dan jungle trekking untuk menjelajahi keindahan alam sekitar desa. Kegiatan ini tentunya akan menambah keseruan dan pengalaman tak terlupakan selama berada di desa wisata

Fasilitas

Menawarkan beragam fasilitas untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengunjung selama berada di sana. Berikut merupakan fasilitas yang tersedia di Desa Wisata Tinalah:

  1. Akomodasi: Desa Wisata Tinalah menyediakan berbagai pilihan akomodasi, dari homestay yang dikelola oleh warga lokal hingga area camping bagi pengunjung yang ingin menikmati pengalaman tinggal di alam bebas.
  2. Tempat Makan: Terdapat beberapa warung dan restoran lokal yang menyajikan berbagai jenis makanan tradisional khas Yogyakarta dan Kulon Progo. Pengunjung bisa menikmati kekayaan kuliner lokal dengan pemandangan alam yang indah.
  3. Area Parkir: Fasilitas parkir yang cukup luas tersedia untuk menampung kendaraan pribadi pengunjung, baik motor maupun mobil.
  4. Toilet Umum: Fasilitas toilet umum yang bersih dan terawat tersedia untuk kenyamanan pengunjung yang berkunjung ke desa wisata ini.
  5. Pusat Informasi dan Penerimaan Tamu: Terdapat pusat informasi dimana pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang kegiatan, fasilitas, dan layanan lainnya yang tersedia di desa wisata.
  6. Area Outbound dan Petualangan: Fasilitas untuk kegiatan outbound seperti flying fox, bridge crossing, dan berbagai kegiatan outdoor lainnya tersedia untuk memperkaya pengalaman pengunjung.
  7. Spot Foto: Desa Wisata Tinalah menawarkan berbagai spot foto yang instagrammable bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momen selama kunjungan mereka dengan latar pemandangan alam yang menawan.
  8. Sarana Pendidikan dan Workshop: Terdapat juga fasilitas untuk pelaksanaan workshop atau pembelajaran tentang budaya, tradisi, dan kehidupan masyarakat desa bagi pengunjung yang tertarik untuk mendalami.
  9. Sarana Ibadah: Fasilitas tempat ibadah juga tersedia untuk memenuhi kebutuhan rohani pengunjung yang beragama.

Desa Wisata ini memadukan fasilitas modern dengan pengalaman tradisional, memungkinkan pengunjung untuk menikmati kenyamanan sambil tenggelam dalam keindahan alam serta keunikan budaya lokal Kulon Progo, Yogyakarta.

Secara keseluruhan, Desa Wisata Tinalah membawa liburan Anda ke level yang baru, menjanjikan penggabungan sempurna antara keindahan alam dengan kemewahan yang tak terlupakan. Salah satunya adalah melalui fasilitas Camping Ground Dewi Tinalah yang menjadi salah satu destinasi bumi perkemahan terbaik di Jogja. Tempat ini bukan sekedar tempat untuk mendirikan tenda dan menikmati malam di bawah langit bintang, tetapi juga ruang yang ideal untuk instansi pendidikan, baik tingkat dasar hingga menengah, untuk menyelenggarakan acara camping atau kemah tahunan. Memanfaatkan kesempatan ini tidak hanya membantu murid-murid memupuk keterampilan bertahan hidup, tapi juga memberi mereka kesempatan untuk merasakan, memahami, dan menghargai alam dan budaya Yogyakarta di Desa Wisata Tinalah. Jadikan pengalaman ini sebagai bagian dari petualangan Anda di Jogjakarta yang tidak terlupakan!

Leave A Comment