Jejak Keindahan dan Misteri di Pantai Tapak Hantu

Jejak Keindahan dan Misteri di Pantai Tapak Hantu

Liburan ke Pulau Bangka, Anda akan memiliki banyak pengalaman yang menyenangkan dan tidak akan merasa bosan . Mengapa demikian? Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata di sini. Untuk liburan yang berbeda, ada Pantai Tapak Hantu. Penduduk setempat juga menyebutnya Pantai Tapak Dewa. Lokasinya ada di Desa Batu Belabung. Pantai ini dekat dengan Bandara Depati Amir. Pantai ini disebut Pantai Tapak Hantu atau Tapak Dewa karena pantainya memiliki karakteristik yang unik. Salah satu granit memiliki lubang yang unik. Bentuknya mirip dengan tapak.

Tidak seperti pantai lain di Provinsi Bangka Belitung, Pantai Tapak Hantu memiliki granit yang lebih kecil. Beberapa bagian pantai ditutupi dengan hutan mangrove. Anda juga bisa menemukan dermaga kayu di antara bakau tersebut. Pengunjung sering menggunakannya untuk menyeberang saat air pasang. Dari segi tampilan, pantai sepadan dengan pemandangannya. Ada banyak granit yang tersebar di seluruh garis pantai. Selain itu, ada banyak fasilitas seperti gazebos, area parkir, dan toilet. Pengunjung pasti akan bersenang-senang di sini.

Pantai Tapak Hantu memegang legenda yang menari dan juga memiliki susunan granit raksasa. Yang unik adalah bentuk tapak. Jika Anda melihat ukurannya, itu di atas normal. Ada juga jejak lain. Ukurannya mirip dengan ukuran anak-anak. Karena fitur unik ini, pantai ini menarik banyak pengunjung setiap hari. Pantai tersebut juga memancarkan karakteristik unik kawasan pesisir Pulau Bangka.

Pantai Tapak Hantu Pulau Bangka

Pantai Tapak Hantu Pulau Bangka | Instagram ???? @Haniambar

| Baca :Pantai Trikora Pantai Populer Di Bintan Perikanan Besar Dan Menyelam

Daya Tarik Utama Pantai Tapak Hantu

  1. Nama yang Unik: Nama “Tapak Hantu” sendiri menarik perhatian dan membuat orang penasaran. Legenda setempat memberikan nuansa misterius yang menyelimuti pantai ini.
  2. Keindahan Alam: Pantai ini menawarkan pemandangan yang indah dengan pasir yang bersih dan air laut yang jernih. Pemandangan bawah air dapat dijadikan tempat yang menarik untuk snorkeling.
  3. Batu Karang Berbentuk Unik: Salah satu daya tarik adalah formasi batu karang yang memiliki bentuk menyerupai tapak kaki raksasa, yang konon menjadi asal usul nama pantai ini.
  4. Suasana Tenang dan Damai: Pantai Tapak Hantu relatif lebih sepi dibandingkan dengan pantai lain di Batam, sehingga menawarkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam tanpa keramaian yang berlebih.
  5. Fasad Batu Granit: Pantai ini juga terkenal dengan bebatuan granit yang menjadi backdrop yang cantik untuk berfoto atau sekadar menikmati pemandangan.
  6. Keberadaan Fauna Laut: Wisatawan dapat menemukan berbagai jenis fauna laut di perairan sekitar Pantai Tapak Hantu yang menambah kekayaan alam lokasi ini.
  7. Spot Fotografi: Keunikan bentang alam di Pantai Tapak Hantu menjadikannya spot yang populer bagi fotografer atau mereka yang ingin menambah koleksi foto wisata mereka.

Pantai Tapak Hantu  saat ini memiliki beberapa bangunan permanen yang terbuat dari beton. Sebagian besar bangunan ini menjadi restoran baru-baru ini. Pengunjung dapat menikmati beberapa makanan ringan sambil menghabiskan waktu di pantai. Ada juga beberapa aula terbuka. Anda bisa menggunakannya untuk bersantai. Untuk pengalaman terbaik, Anda harus datang ke pantai di sore hari. Pandangan pasti menakjubkan, terutama saat matahari terbenam. Ini memancarkan suasana romantis. Belum lagi kombinasi mangrove dan granit akan memukau Anda!

Beberapa pengunjung pasti akan merasa risau dengan nama pantainya. Meski namanya melibatkan “hantu”, pantai  ini kenyataannya tidak memancarkan suasana yang menakutkan. Di sisi lain, pantai ini justru  mencerminkan suasana yang indah. Pantai ini menjadi tujuan liburan yang sempurna baik untuk keluarga maupun pasangan. Selain itu, penduduk setempat menggunakan pantai untuk tempat relaksasi. Berkat pemandangannya yang indah ditambah  berisi sebuah cerita atau rumor didalamnya, jejak di pantai itu milik makhluk mistis.

Penginapan

  • Novotel Bangka Hotel
  • Bangka City Hotel
  • Soll Marina Hotel

Menuju Lokasi

Dari Tanjung Pandan, Anda harus naik feri ke Pelabuhan Belinyu, Pulau Bangka. Dari sini, Anda harus menuju ke Pangkal Pinang. Pantai Tapak Hantu terletak di bagian tenggara Pulau Bangka, sekitar 11 km dari kota utama. Untuk perjalanan lebih cepat, Anda harus naik pesawat ke Bandara Depati Amir. Dari bandara, Anda harus menuju ke Desa Batu Belubang. Perjalanan memakan waktu sekitar 15 menit. Pantai mudah dijangkau, sehingga Anda bisa menikmati tur dengan baik.

Pantai Tapak Hantu menawarkan pengalaman unik yang menggabungkan keindahan alam, legenda setempat, dan ketenangan yang sulit ditemukan di tempat lain, menjadikannya tujuan yang wajib dikunjungi bagi mereka yang berkunjung ke Batam.

Leave A Comment