Pantai Trikora Pantai Populer Di Bintan Perikanan Besar Dan Menyelam

Pantai Trikora Pantai Populer Di Bintan Perikanan Besar Dan Menyelam

Terletak di sebelah timur pulau Bintan di kepulauan Riau, adalah hamparan panjang pantai putih, tersebar dengan batu-batu besar yang indah, yang disebut Pantai Trikora. Ini adalah taman bermain tepi laut yang populer bukan saja bagi penduduk setempat tetapi juga bagi mereka yang datang dari Singapura dan Malaysia.

Dari sini, tidak jauh ke laut Anda akan melihat deretan “kelongs” atau perangkap ikan, rumah kapal, di mana nelayan menggantung jaring mereka untuk menangkap teri, atau ikan bilis yang begitu terkenal di Bintan. Tapi dari pantai sekarang juga dibangun trotoar dengan kelongs menempel di kedua sisi, yang disewakan kepada wisatawan. Ini biasanya diisi dengan pemancing setia dari Singapura dan Malaysia untuk berangkat ke laut pada malam hari atau sebelum fajar untuk menangkap ikan yang lebih besar.

Daya Tarik

Pantai Trikora di Bintan menawarkan berbagai daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi populer bagi para pengunjung. Beberapa daya tarik utama Pantai Trikora mencakup:

  1. Pemandangan Pantai Berpasir Putih: Pantai Trikora memanjakan mata dengan hamparan pasir putihnya yang luas, menjadi tempat ideal untuk bersantai atau berjalan-jalan di tepi pantai.
  2. Batu-batu Karang Alias Koral: Pantai ini juga kaya akan batu-batu karang atau koral, menambah keindahan alam sekitar yang bisa dijelajahi oleh pengunjung.
  3. Pesona Batuan Granit: Selain pasir putih dan karang, Pantai Trikora terkenal dengan batuan granitnya yang menambah keunikan dan pesona alami lokasi ini.
  4. Populer di Kalangan Pengunjung: Karena keindahan dan daya tariknya, Pantai Trikora biasanya menjadi sangat ramai pada musim liburan atau saat akhir pekan tiba. Tempat ini juga menjadi tujuan populer saat Lebaran.

Makanan

Bintan paling dikenal dengan “otak-otak” yang, secara harfiah diterjemahkan berarti “otak”, tetapi sebenarnya adalah hidangan ikan. Jika di tempat lain “otak-otak” berupaikan kecil dan lebih dari bahan lain, di Bintan “otak-otak”kental dengan ikan yang lebih besar.

Digoreng kecil dicampur dalam bumbu, dan dibungkus dengan daun, kemudian dipanggang di atas arang api terbuka. Hasilnya lezat  seukuran gigitan yang bisa dimakan sebagai camilan atau dengan nasi panas yang dikukus.

| Baca : Pulau Kadidiri Surga Menyelam Yang Terpencil Di Segitiga Terumbu Karang

Aktifitas Liburan di Pantai Trikora

Pantai Trikora biasanya ramai pada akhir pekan atau liburan panjang. Tempat perlindungan sedikit diperbesar di tepi pantai di mana kelompok-kelompok dan keluarga bisa duduk dan piknik, terlindung dari terik matahari sambil menikmati pemandangan dan angin laut yang segar. Ada juga klaster pohon kelapa, lebat dengan buah siap dipotong untuk wisatawan yang haus dan sabar menunggu untuk memuaskan dahaga mereka dengan air kelapa segar.

Mengejutkan, sepanjang ini di seberang jalan Anda akan menemukan gua Perawan Maria – dikenal sebagai Grotto Santa Maria yang dibangun awalnya oleh pengungsi Vietnam. Jalur sepanjang Jalan Salib mengarah ke gua, di mana patung Maria ditempatkan. Gua indah dilindungi dari belakang oleh sebuah pohon besar dengan cabang menggantung di mana warna-warni bugenvil memanjat dan mekar.

Seiring panasnya pantai, gua ini menawarkan lingkungan yang dingin dan hormat bagi mereka yang ingin berdoa atau bermeditasi dengan damai. Di dekatnya adalah sebuah gereja putih kecil yang indah, dindingnya dihiasi dengan batu bata merah, di mana jemaat hadir setiap hari Minggu.

Sedikit lebih ke selatan terdapat sebuah pulau yang disebut Nikoi, di mana resor butik terpencil untuk kelas atas telah dikembangkan untuk mereka yang suka tinggal di antara alam murni seperti Robinson Crusoe  dengan sedikit kenyamanan dan kemewahan. Resor ini dibangun untuk melestarikan keindahan alam dan disimpan murni “sebagaimana adanya”, namun terletak dekat dengan Singapura yang sibuk dan modern.

Pulau seluas 15 hektar di Laut Cina Selatan, dikelilingi oleh kehidupan bawah laut yang indah, bagus untuk menyelam dan snorkeling.

| Baca : 6 Tanjung Eksotik Di Lombok

Penginapan Dekat Pantai Trikora

Sepanjang pantai Trikora sejumlah homestay kecil dan kelongs tersedia untuk disewakan. Ada juga hotel berbintang. Tapi karena Trikora berada dalam jangkauan Tanjung Pinang, ibu kota Provinsi Kepulauan Riau atau dari Bintan Resorts yang mewah, di sini adalah daftar singkat dari hotel-hotel di Pantai Trikora, di Tanjung Pinang dan di Bintan Resorts.

Hotel Dekat dengan Pantai Trikora:

Hotel Sahid Bintan Beach terletak di Jalan Pantai Trikora km 30 Teluk Bakau, di Pantai Trikora Bintan, Kepulauan Riau.

Resort Pantai Bintan Cabana berada di Jalan Pantai Trikora Km 36, Teluk Bakau Bintan, Kepulauan Riau.

Hotel Bintan Spa Villa Beach Resort terletak di Teluk Bakau, Bintan, Kepulauan Riau, di Jalan Pantai Trikora Km 38.

Trikora Beach Club, Pantai Trikora Km. 40 Desa Teluk Bakau Bintan, Kepulauan Riau
Website: www.trikorabeachclub.com

Aston Tanjung Pinang Hotel and Conference Center Jalan Adi sucipto 11 Tanjung Pinang, Bintan 29.125 Kepulauan Riau
Website: www.aston-international.com

Pelangi Hotel. Jalan D.I. Panjaitan Km. 6 Tanjung Pinang Telepon: +62 771 41234Website: www.pelangihotel.com.

Bintan Resorts Hotel Nirwana Gardens Resort, Jl. Panglima Pantar Riau Bintan Island, Lagoi, 29155. Website: www.nirwanagardens.com

Bintan Lagoon Resort Kepulauan Riau – Bintan, Teluk Sebong Sebong Lagoi Jl. Indera Segara Site A12, 29155 Website: www.mozaichotels.com

Akses Pantai Trikora

Dibutuhkan sekitar 45 menit untuk mencapai Pantai Trikora dengan mobil dari kota Tanjung Pinang, dan sekitar setengah jam dari hotel Anda di Bintan Resorts.

Leave A Comment