Pulau Kumala Di Tenggarong Taman Rekreasi Favorit Di Kutai Kalimantan Timur

Pulau Kumala Di Tenggarong Taman Rekreasi Favorit Di Kutai Kalimantan Timur

Pulau Fantasi Kumala adalah pulau kecil di tengah sungai yang digunakan sebagai taman rekreasi. Sebenarnya, itu hanya delta yang terletak di tengah Sungai Mahakam, Kota Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Delta tersebut terbentuk karena sedimentasi lumpur. Dengan luas 85 hektar, seluruh delta dimanfaatkan sebagai taman rekreasi. Pulau Kumala memiliki bentuk yang unik. Panjangnya sejajar dengan Sungai Mahakam, membuatnya tampak seperti kapal.

Mencapai Tenggarong

Kota Tenggarong paling mudah diakses dari Samarinda atau Balikpapan, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Berikut beberapa pilihan transportasi untuk menuju kota:

Dari Samarinda menggunakan kendaraan pribadi, Anda perlu berkendara melalui Jembatan Mahakam dan belok ke Samarinda Seberang. Lanjutkan ke Loajanan dan Loakulu sebelum Anda mencapai Tenggarong.

Dari Samarinda menggunakan transportasi umum, Anda dapat naik mobil umum dengan kode “G” dan turun di Loajanan. Dari sana, terus menggunakan transportasi umum lain dengan rute Loajanan – Tenggarong. Berangkat di Dermaga Penyeberangan Pulau Kumala.

Dari Balikpapan menggunakan kendaraan pribadi, Anda harus berkendara melalui Jalan Soekarno Hatta dan berbelok ke Bukit Soeharto. Lanjutkan ke Loajanan dan Loakulu sebelum Anda mencapai Tenggarong.

Dari Balikpapan menggunakan transportasi umum, Anda bisa naik bus umum dengan rute Balikpapan – Samarinda dan turun di Loajanan. Dari sana, terus menggunakan transportasi umum lain dengan rute Loajanan – Tenggarong. Berangkat di Dermaga Penyeberangan Pulau Kumala.

Pulau Kumala, Tenggarong, Kalimantan Timur

Pulau Kumala, Tenggarong, Kalimantan Timur | Instagram @Kerensantosaa

| Baca :Teluk Alulu Permata Yang Belum Ditemukan Di Kalimantan Timur

Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk Pulau Kumala

Berikut adalah detail harga tiket masuk Maret 2024 ke Pulau Kumala:

  • Harga tiket masuk untuk anak-anak: Rp5.000
  • Harga tiket masuk untuk dewasa: Rp10.000
  • Harga tiket untuk wahana: Variatif

Jembatan Kumala

Jembatan menuju Pulau Kumala, sering disebut Jembatan Kumala, adalah struktur arsitektural yang memukau yang terletak di Kota Tenggarong, Kalimantan Timur. Jembatan ini menghubungkan daratan dengan Pulau Kumala dan menjadi salah satu ikon kota.

Jembatan Kumala memiliki panjang sekitar 182 meter dan lebar 9 meter. Dibangun pada tahun 2001, jembatan ini dilengkapi dengan trotoar di kedua sisinya, yang memungkinkan pengunjung untuk berjalan kaki atau bersepeda menuju pulau dengan aman sambil menikmati pemandangan Sungai Mahakam yang mempesona.

Seiring malam hari, jembatan ini diterangi oleh lampu hias yang menciptakan suasana magis dan menambah daya tariknya. Disebut juga sebagai “Jembatan Pelangi”, pencahayaan warna-warninya menjadikan jembatan ini bersinar dalam berbagai warna, sering digunakan sebagai latar belakang foto yang indah.

Melalui jembatan ini, pengunjung dapat dengan mudah mengakses semua wahana dan atraksi yang ditawarkan oleh Pulau Kumala.

Taman Rekreasi pasti memiliki banyak atraksi untuk menghibur pengunjung mereka. Ini berlaku untuk Pulau Fantasi Kumala juga di mana ada banyak pilihan objek wisata untuk dicoba. Inilah beberapa di antaranya:

1. Patung Lembuswana

Di pintu masuk Pulau Kumala, Anda akan melihat sebuah patung besar dengan ukiran detail dan relief di sekitarnya. Patung itu adalah Lembuswana, Penguasa dan Wali Sungai Mahakam. Lembuswana memiliki kepala singa, sayap Garuda, belalai gajah, dan empat cakar ayam. Lembuswana adalah ikon Kesultanan Kutai Kartanegara.

2. Pura Pasak

Di belakang patung Lembusawana ada Pura Pasak. Pura adalah bangunan keagamaan untuk orang-orang Hindu. Menurut sejarah, Kutai Kartanegara dulunya adalah kerajaan Hindu. Melewati Pura, Anda akan melihat tahta yang mirip dengan milik Raja Kutai.

3. Pesut Mahakam

Pesut adalah spesies langka lumba-lumba air tawar. Ada cukup banyak dari mereka di Kutai Kartanegara. Salah satu habitat alami mereka adalah di Sungai Mahakam. Dari Pulau Kumala, Anda bisa melihat mereka berenang dan melompat-lompat di sungai. Jika Anda ingin lebih dekat dengan mereka, Anda bisa naik ketinting ke sungai. Akuarium raksasa Pesut Mahakam dibangun di Pulau Kumala untuk memudahkan Anda melihatnya.

4. Rumah Lamin

Rumah Lamin adalah rumah tradisional suku Dayak, suku asli di Kalimantan Timur. Bangunan itu sebagian besar dibangun menggunakan Kayu Ulin yang juga dikenal sebagai Kayu Besi. Kayu ulin sangat kuat dan tahan lama. Sementara kayu normal akan melemah jika terkena air, kayu Ulin akan menjadi lebih keras. Rumah Lamin memiliki gaya arsitektur yang unik dan penuh ornamen yang bermakna.

5. Wahana yang Menyenangkan

Sama seperti taman rekreasi lainnya, Pulau Kumala Fantasy juga memiliki banyak pilihan wahana yang menyenangkan untuk dicoba. Di area ini, ada kereta mini untuk anak-anak, trampolin, boom boom, merry go round, perahu bebek, dan banyak lagi. Tiket diperlukan untuk setiap perjalanan, tetapi semuanya dengan harga terjangkau. Tiket untuk perjalanan berkisar antara Rp 8.000 hingga Rp 15.000 masing-masing.

6. Menara Langit

Sebuah menara dengan ketinggian 78 meter telah dibangun di Pulau Kumala sehingga memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan dari atas. Dari puncak menara, Anda dapat melihat seluruh Pulau Kumala, Sungai Mahakam, dan bahkan kota Tenggarong. Lantai tingkat tertinggi menara dapat berputar 360 derajat. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati seluruh tampilan tanpa harus berkeliling. Tempat ini cukup murah untuk dinikmati. Tiketnya hanya Rp. 10.000 per orang.

Pulau yang terletak di jantung Kota Tenggarong, Kalimantan Timur, menawarkan keseimbangan sempurna antara kegembiraan wisata petualangan dan ketenangan alam yang memikat. Dengan beragam wahana yang menarik, keindahan alam yang menawan, serta jembatan ikonik yang menghubungkannya dengan daratan, pulau ini menjadi destinasi yang tak hanya memanjakan mata tapi juga menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya. Baik Anda berwisata bersama keluarga, teman, atau melakukan perjalanan solo, Pulau Kumala di Kota Tenggarong ini siap menyambut dengan segala pesonanya, menjadikannya tempat yang sempurna untuk menambahkan ke dalam daftar kunjungan wisata Anda.

 

Leave A Comment