Taman Nasional Batang Gadis: Perlindungan Harimau Sumatera hingga Kucing Emas

Taman Nasional Batang Gadis: Perlindungan Harimau Sumatera hingga Kucing Emas

Taman Nasional Batang Gadis meliputi 1.080 km2 dengan ketinggian antara 300 hingga 2145 meter di Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Nama Taman Nasional Batang Gadis diambil dari sungai Batang Gadis yang mengalir melalui taman. Tanda-tanda harimau Sumatera yang terancam punah hingga kucing emas Asia, kucing macan tutul dan macan tutul terlihat di taman. Perlindungan Batang Gadis sebagai taman nasional merupakan bagian dari rencana untuk membuat koridor konservasi keanekaragaman hayati Sumatera Utara yang akan dihubungkan melalui serangkaian kawasan dan hutan lindung hingga Taman Nasional Gunung Leuser di utara pulau sumatera.

Bagi Anda yang suka berpetualang dan trekking, Taman Nasional Batang Gadis merupakan pilihan yang patut dicoba. Keadaan sekitar Taman Nasional Batang Gadis masih alami sehingga memberi kesan yang tepat untuk menyatu dengan alam. Udara yang segar, panorama yang indah, gemercik air hingga suara satwa liar silih berganti akan menyapa Anda di pagi hari dan sore hari yang akan semakin menambah nuansa yang semakin alami. Kondisi alam yang tenang dan alami ini merupakan lokasi yang tepat untuk relaksasi dan menyegarkan pikiran.

Terdapat 47 spesies mamalia, 247 burung,  240 tumbuhan vaskular dan 1.500 mikroorganisme di Taman Nasional Batang Gadis. Fauna yang dapat ditemukan adalah harimau Sumatera, Tapir Asia, landak Malayan, kucing emas Asia, kucing macan tutul, Muntiacus muntjak, Naemorhedus sumatrae, Jawa pelanduk, binturong, beruang madu, rusa Sambar, Ichtyopis glutinosa, dll. Ada 13 spesies endemik burung yang tercatat di taman, termasuk burung Salvadori. Dengan sampling daerah 200 meter persegi, peneliti menemukan 242 tanaman vaskular atau sekitar 1 persen dari semua tumbuhan di Indonesia.

Taman Nasional Batang Gadis menyimpan sejumlah potensi wisata yang menawarkan pengalaman alam yang menakjubkan. Berikut ini beberapa di antaranya:

  1. Danau Saba Begu: Untuk mencapai Danau Saba Begu, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda 4 selama 45 menit dari kota, diikuti dengan berjalan kaki sejauh 300 meter melewati jalan setapak. Di Danau Saba Begu, pengunjung dapat menikmati panorama alam yang mempesona dengan puncak Gunung Sorik Merapi sebagai latar belakang. Selain itu, burung-burung endemik Taman Nasional Batang Gadis juga dapat diamati di sini. Jika tertarik, pengunjung dapat memancing di danau ini.
  2. Aek Sampuran (Air Terjun) Namenek Nagodang: Air Terjun Aek Sampuran (Namenek Nagodang) terletak di Desa Pastap Julu. Untuk mencapainya, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda 4 selama 1 jam dari Kota Panyabungan ke arah Bukittinggi.
  3. Sibanggor Julu: Sibanggor Julu dapat dicapai dengan menggunakan kendaraan roda 4 selama 45 menit dari kota Panyabungan. Di Sibanggor Julu, pengunjung dapat mendaki Gunung Sorik Merapi dan menemukan Danau Aek Cunik di puncaknya, serta Air Terjun 7 Rasa. Di sekitar desa Sibanggor, terdapat juga rumah adat desa yang unik dan aliran air panas di Sungai Sibanggor.
  4. Air Terjun Aek Nabontar: Air Terjun Aek Nabontar terletak di Desa Longat. Untuk mencapainya, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda 4 selama 30 menit, diikuti dengan berjalan kaki melalui jalan setapak selama 2 jam.
  5. Sungai Ngai Sihayo dan Air Terjun Langit Saotik: Sungai Ngai Sihayo dan Air Terjun Langit Saotik berada di Desa Hutagodangmuda. Untuk mencapainya, pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda 4 selama 45 menit, diikuti dengan perjalanan berjalan kaki selama 5 jam. Selama perjalanan, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan menelusuri sungai dan melakukan pendakian.

Dengan potensi wisata yang beragam ini, Taman Nasional Batang Gadis menawarkan pengalaman alam yang memukau bagi para pengunjungnya.

| Baca : Pulau Mursala Sibolga Air Terjun Yang Langsung Jatuh Ke Laut

Penginapan

  1. Hotel Rindang: Terletak di Panyabungan, Sumatera Utara, hotel ini merupakan pilihan populer bagi para pengunjung. Hotel ini menawarkan kamar-kamar yang nyaman dan fasilitas modern seperti AC, TV, kamar mandi pribadi, dan Wi-Fi gratis. Alamatnya berada di Jalan Pahlawan No. 17, Panyabungan, Sumatera Utara.
  2. D’SAN Hotel Panyabungan: Hotel ini adalah pilihan yang baik di Panyabungan. Hotel ini menyediakan layanan resepsionis 24 jam dan dikenal dengan stafnya yang ramah. Alamat dan nomor kontak tidak disediakan dalam hasil pencarian, sehingga Anda mungkin perlu melakukan penelusuran lebih lanjut untuk mendapatkan informasi tersebut.

Di Kota Panyabungan terdapat beberapa hotel melati yang cukup bagus dengan harga berkisar antara Rp. 200.000 – Rp. 300.000. Hotel-hotel yang tersedia adalah  Payaloting Hotel, Abara Hotel dan Hotel Madina Sejahtera.

Mohon maaf atas penggunaan bahasa Inggris sebelumnya. Ingatkan saya jika ada hal lain yang bisa saya bantu atau jika Anda memiliki permintaan berbahasa Indonesia lainnya. Terima kasih atas pengertian Anda.

| Baca : Pantai Pandan Sibolga : Pantai Pasir Putih Yang Sejuk Dan Menawan

Mencapai Lokasi

Taman Nasional Batang Gadis terletak di Kota Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Dari Kota medan tersedia minibus tujuan kota panyabungan dengan waktu tempuh sekitar 10 jam. Sementara dari Kota Padang dapat juga ditempuh selama 7 jam dengan menggunakan jalur darat.

Leave A Comment