Kebun Raya Eka Karya Bali : Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk

Kebun Raya Eka Karya Bali : Daya Tarik dan Harga Tiket Masuk

Kebun Raya Eka Karya Bali, yang kerap juga dikenal sebagai Kebun Raya Bedugul, merupakan mahakarya botani yang terletak di tengah kesejukan Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Hanya berjarak sekitar 60 km dari kota Denpasar, kebun ini menyita perhatian sebagai salah satu kebun raya terbesar di Indonesia yang pengelolaannya dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dirikan pada 15 Juli 1959, kebun ini bersejarah sebagaimana ia merupakan kebun botani pertama yang didirikan oleh anak bangsa Indonesia. Berada di bawah bimbingan organisasional dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Eka Karya telah mengalami perubahan signifikan sejak awal pendiriannya.

Pada mulanya, kebun yang berada pada ketinggian antara 1250 sampai dengan 1450 meter di atas permukaan laut ini didedikasikan untuk konservasi tanaman runjung. Namun, seiring berjalannya waktu, kebun ini berhasil mengembangkan diri menjadi konservasi ex-situ untuk tumbuhan pegunungan tropis kawasan timur Indonesia. Dengan luas awal hanya 50 hektar, Kebun Raya Eka Karya kini telah berkembang dan bertransformasi menjadi pusat pelestarian, pendidikan, dan wisata alam yang memukau, menghadirkan berbagai jenis tanaman pegunungan tropis yang unik dan jarang ditemui. Sebagai simbol dari keberhasilan pelestarian alam dan kebijakan hijau, Kebun Raya Eka Karya Bali terus berkembang dan memberi inspirasi bagi konservasi alam di seluruh Indonesia dan dunia.

Daya tarik Kebun Raya Eka Karya Bali

Terletak pada beberapa aspek yang membuatnya menjadi destinasi wisata yang menarik untuk semua kalangan:

  • Area Konservasi: Sebagai kawasan konservasi, Kebun Raya Bedugul melestarikan berbagai spesies tumbuhan dan memiliki peran penting dalam penelitian dan pendidikan tentang flora.
  • Keindahan Alam: Taman ini menawarkan keindahan alam tropis yang menawan, dengan tanaman yang ditata dengan estetika tinggi dan berbagai koleksi botani langka.
  • Fasilitas: Fasilitas yang tersedia meliputi berbagai kegiatan edukatif, area piknik, rumah kaca, dan taman tematik yang bisa dinikmati oleh pengunjung dari segala usia.

Spot Istimewa di Kebun Raya Eka Karya

  1. Rumah Kaca Begonia: Rumah kaca ini menyimpan 94 jenis tanaman begonia dengan 920 spesimen, menawarkan keindahan bentuk daun yang asimetris dan warna-warni yang beragam.
  2. Taman Rhododendron: Memiliki koleksi 20 jenis tanaman rhododendron dan azalea dengan total 155 spesimen dari berbagai wilayah Indonesia dan hasil pertukaran benih internasional.
  3. Taman & Museum Panca Yadnya: Menyajikan koleksi tanaman yang digunakan dalam upacara adat Hindu Bali, menyimpan sekitar 580 tanaman dari 42 suku.
  4. Taman Mawar: Sebuah taman yang memanjakan pengunjung dengan koleksi mawar berwarna-warni, termasuk varietas mawar hijau yang unik.
  5. Taman Cyathea: Dengan luas 2 hektar, Taman Cyathea diramaikan oleh lebih dari 80 jenis tumbuhan paku-pakuan, beberapa di antaranya termasuk dalam kategori tanaman yang dilindungi.
  6. Taman Bambu: Menyajikan koleksi 58 jenis bambu, enam di antaranya adalah bambu endemik Bali, mencerminkan keanekaragaman bambu di daerah tersebut.
  7. Taman Anggrek: Terbagi menjadi dua area yang menampilkan koleksi anggrek silangan dan anggrek liar, termasuk beberapa spesies anggrek langka dan endemik Bali.

Fasilitas dan Akses

Kebun Raya Eka Karya juga dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas seperti Taman Aquatik, Rumah Kaca Kaktus, Taman Usada, dan lain-lain yang menunjang pengalaman pengunjung. Untuk memudahkan eksplorasi, tersedia layanan sewa shuttle bus, sepeda, skuter, dan mobil golf, dengan opsi membawa kendaraan langsung ke area taman. Harga tiket masuk Mei 2024 berkisar antara Rp20.000 hingga Rp30.000 dengan biaya sewa dan parkir terjangkau.

Untuk membeli tiket masuk ke Kebun Raya  Bali, Anda bisa melakukannya secara online melalui website https://tiketkebunraya.id. Website ini memudahkan pengguna ponsel pintar untuk melakukan pemesanan tiket dari mana saja dan kapan saja. Proses pembelian tiket online melibatkan beberapa langkah sederhana:

  1. Registrasi: Sebelum melakukan pembelian, pengunjung harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik opsi “register” yang tersedia pada laman. Proses ini memastikan informasi Anda tersimpan untuk transaksi masa depan dan memudahkan proses pembelian.
  2. Harga Tiket: Tiket masuk disesuaikan berdasarkan kategori pengunjung, dengan harga Rp 9.000 untuk wisatawan domestik, dan Rp 17.000 untuk wisatawan asing. Jika Anda berencana berkunjung menggunakan mobil, tiket masuk untuk mobil juga tersedia dengan harga Rp 11.000. Namun, penting untuk dicatat bahwa kendaraan roda empat hanya diizinkan masuk pada hari Sabtu dan Minggu.
  3. Kapasitas Pengunjung: Saat melakukan pembelian tiket secara online, website juga menampilkan kapasitas total pengunjung untuk hari tersebut. Informasi ini membantu mengatur jumlah pengunjung sehingga tidak melebihi batas kapasitas yang ditetapkan, menjaga kenyamanan dan memastikan keamanan semua orang di dalam kebun raya.
  4. Ketentuan Umum: Penting untuk diingat bahwa tiket berlaku untuk satu kali masuk, dan tidak termasuk biaya kendaraan masuk ke dalam Kebun Raya. Selain itu, tiket yang telah dibeli tidak dapat dikembalikan (non-refundable). Pengunjung juga diwajibkan untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, membawa hand sanitizer, dan mematuhi aturan physical distancing.

Jam Operasional

Kebun raya buka dari pukul 08.00-16.00 WITA pada hari Senin-Jumat dan 08.00-17.00 WITA pada Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional, menyajikan kesempatan untuk menikmati keindahan alam Bali dalam suasana yang berbeda.

Selain menawarkan wawasan mendalam tentang flora Indonesia dan internasional, Kebun Raya Eka Karya Bali juga memberikan pengalaman rekreatif yang unik di tengah alam Bali yang menakjubkan, membuatnya sebagai destinasi yang tidak hanya menyenangkan untuk dikunjungi, tapi juga penting dalam upaya konservasi dan edukasi.

Review Pengujung

Berikut beberapa review pengujung yang didapat beberapa sumber online

  1. Tinna Caramella – [Dalung, Indonesia, 2 kontribusi] – 🌟 Nilai: 5/5
    “Kebun Raya Bedugul. Tempat rekreasi yang sejuk dengan pemandangan yang indah, asri. My fav place untuk healing.” – Ditulis pada 29 Maret 2024.
  2. Alisya Putri – [55 kontribusi] – 🌟 Nilai: 5/5
    “Suasana yang menyejukkan. Salah satu tempat yang sangat cocok untuk berlibur di akhir pekan bersama orang-orang tercinta. Pasti tidak akan pernah bosen mengunjungi tempat ini.” – Ditulis pada 28 Maret 2022.
  3. Backpacker Ngirit – [Denpasar, Indonesia, 82 kontribusi] – 🌟 Nilai: 5/5
    “Piknik yuk. Tempat bagus untuk piknik, healing, cari suasana adem, dan sejuk. Foto-foto dengan keluarga, teman, pacar. Luas banget di sini.” – Ditulis pada 6 Desember 2021.

Lokasi, Rute dan Transportasi

Untuk mencapai Kebun Raya Eka Karya Bali yang terletak di alamat Jl. Kebun Raya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali 82191, berikut beberapa rute yang bisa Anda ikuti tergantung dari lokasi keberangkatan Anda:

Dari Bandara Internasional Ngurah Rai (Denpasar):

  • Mobil atau Taksi:
    1. Ambil arah utara menuju Jalan Sunset Road.
    2. Lanjutkan ke Jalan Sunset Road hingga bertemu persimpangan dengan jalan utama ke arah Tabanan (Jalan Raya Kapal).
    3. Di persimpangan, ambil jalan ke arah barat menuju Tabanan.
    4. Setelah sampai di kota Tabanan, ikuti petunjuk arah menuju Bedugul atau ke Kebun Raya.
    5. Setelah melewati kota Bedugul, Anda akan menemukan Kebun Raya Eka Karya Bali di sebelah kanan jalan.

Dari Ubud:

  • Mobil atau Taksi:
    1. Ambil arah utara menuju Tegalalang dan kemudian lanjutkan ke Kintamani.
    2. Setelah menikmati pemandangan di Kintamani, turun melalui desa Pancasari menuju Bedugul.
    3. Kebun Raya Eka Karya akan berada di sebelah kiri jalan sebelum mencapai area pasar Bedugul.

Dari Lovina atau Singaraja (Utara Bali):

  • Mobil atau Taksi:
    1. Ambil arah selatan melalui Jalan Raya Seririt-Singaraja.
    2. Lanjutkan ke Bedugul melalui Jalan Raya Pancasari.
    3. Kebun Raya Eka Karya akan berada di sebelah kanan jalan setelah melewati Danau Beratan.

Dengan Transportasi Umum:

Transportasi umum ke Bedugul tidak sebanyak rute-rute utama lainnya di Bali. Anda mungkin bisa mendapatkan bus lokal atau bemo dari kota-kota besar seperti Denpasar atau Ubud, tetapi ini bisa memakan waktu yang cukup lama dan mungkin tidak nyaman. Disarankan untuk menggunakan transportasi sewa seperti mobil atau sepeda motor untuk kemudahan dan kenyamanan.

Catatan: Jika Anda menggunakan transportasi umum atau sewaan seperti Gojek atau Grab, pastikan untuk memeriksa ketersediaan layanan tersebut di area Bedugul karena mungkin terdapat keterbatasan operasi di lokasi-lokasi agak terpencil di Bali. Selalu pastikan Anda memiliki peta atau sistem GPS terbaru saat berkendara di Bali karena kondisi lalu lintas dan pembangunan jalan terus berubah. Selamat berwisata ke Kebun Raya Eka Karya Bali!

Kebun Raya Eka Karya Bali, dengan segala keindahan dan keragaman floranya, merupakah oasis yang menawarkan ketenangan dan edukasi tentang tumbuhan tropis bagi setiap pengunjungnya. Berada di dataran tinggi yang sejuk, kebun raya ini tidak hanya menyajikan panorama alam yang memukau tetapi juga memberikan wawasan mendalam tentang pelestarian alam. Oleh karena itu, Kebun Raya Eka Karya Bali tidak hanya menjadi surga bagi para pecinta alam, tetapi juga menyediakan ruang belajar yang luas bagi para peneliti dan mahasiswa. Dengan berbagai fasilitas dan kegiatan yang dapat dinikmati oleh pengunjung dari segala usia, seperti berjalan melalui rumah kaca, taman tematik, hingga area piknik yang menenangkan, Kebun Raya Eka Karya Bali secara tegas menempatkan dirinya sebagai tempat wisata yang wajib dikunjungi 2024 Anda berada di Pulau Bali. Kesempatan untuk menyatu dengan alam, menikmati udara segar, dan mengagumi keindahan botani adalah beberapa dari sekian banyak alasan mengapa kebun raya ini harus ada dalam daftar perjalanan Anda.

Leave A Comment