Tiket Masuk Wisata Alam Kali Biru Yogyakarta

Tiket Masuk Wisata Alam Kali Biru Yogyakarta

Terpencil dari hiruk-pikuk kota Yogyakarta, terdapat surga tersembunyi yang bernama Kali Biru, oase yang mempesona bagi para penikmat keindahan alam. Kali ini menawarkan suasana yang menenangkan dengan airnya yang jernih berwarna biru toska, diapit tebing-tebing batu kapur yang menjulang tinggi, menciptakan pemandangan yang begitu istimewa. Sempat menjadi sensasi di media sosial berkat keunikannya, Kali Biru sekarang menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi mereka yang berpetualang ke Yogyakarta, menjanjikan pengalaman tak terlupakan dengan setiap jejak langkah yang menghiasi aliran sungainya yang menawan.

Daya Tarik Kali Biru

  1. Pemandangan Alam yang Menakjubkan:
    • Ketinggian 450 meter di atas permukaan laut.
    • Panorama hutan yang hijau dan perbukitan Menoreh.
  2. Suasana yang Tenang dan Damai:
    • Ideal untuk relaksasi dan penyegaran jiwa.
    • Jauh dari keramaian kota, menyajikan ketenangan alami.
  3. Spot Foto yang Instagrammable:
    • Berbagai spot foto yang telah disetting untuk memaksimalkan keindahan alam sekitar.
    • Gardu pandang yang menawarkan pemandangan luar biasa untuk diabadikan.
  4. Fasilitas Menarik:
    • Tersedia fasilitas seperti gazebo, area piknik, dan jalur trekking.
    • Fasilitas pendukung untuk kenyamanan pengunjung, termasuk kafe dan ruang ganti.
  5. Keunikannya di Media Sosial:
    • Telah menjadi sensasi di media sosial yang menambah daya tarik bagi pengunjung muda.
  6. Aksesibilitas:
    • Mudah diakses dari Kota Yogyakarta.
    • Jalur yang jelas dan terpandu menuju lokasi wisata.

Kali Biru menawarkan kombinasi antara petualangan alam, fotografi, dan relaksasi, menjadikannya destinasi wisata yang cocok untuk berbagai jenis pengunjung.

Harga Tiket, Jam Buka dan Fasilitas

Harga tiket masuk Wisata Alam Kali Biru untuk menikmati keindahan alam dipatok dengan tarif Rp 10.000 per orang. Selain itu, tarif parkir kendaraan adalah sebesar Rp 5.000.

Jam Operasional

Wisata Alam Kali Biru di Yogyakarta buka setiap hari Senin hingga Minggu dari pukul 08.00 sampai dengan 16.00 WIB.

Fasilitas

Wisata Alam Kali Biru di Yogyakarta menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Berikut adalah beberapa fasilitas yang ditawarkan:

  1. Area Parkir:
    • Luas dan dapat menampung kendaraan pribadi maupun bus wisata.
  2. Toilet:
    • Kebersihannya terjaga, membuat pengunjung nyaman.
  3. Gazebo:
    • Tersebar di beberapa titik untuk pengunjung yang ingin bersantai menikmati keindahan alam.
  4. Warung Makan:
    • Menyediakan berbagai pilihan makanan dan minuman untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.
  5. Spot Foto:
    • Beberapa spot foto yang instagrammable dengan background pemandangan alam yang indah, termasuk gardu pandang.
  6. Jalur Trekking:
    • Menyediakan jalur untuk pengunjung yang ingin menikmati petualangan sambil berjalan kaki menyusuri area.
  7. Persewaan Alat:
    • Beberapa fasilitas menyewakan alat untuk keperluan foto, seperti tripod dan kostum tradisional untuk sesi foto.
  8. Area Piknik:
    • Tersedia spot-spot hijau yang bisa dijadikan tempat bersantai bersama keluarga atau teman.
  9. Pusat Informasi Wisata:
    • Menyediakan informasi lengkap mengenai area wisata dan kegiatan yang dapat dilakukan.
  10. Keamanan:
    • Dilengkapi dengan petugas keamanan yang siap membantu pengunjung jika diperlukan.

Wisata Alam Kali Biru memadukan fasilitas modern dengan keindahan alam, memberikan pengalaman yang menyenangkan sekaligus nyaman bagi pengunjung.

Alamat, Rute dan Transportasi

Alamat Wisata Alam Kali Biru berada Kabupaten Kulon Progo di Jalan Hargowilis No.1, Kelurahan Hargowilis, kecamatan Kokap, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

Lokasi ini berada di area perbukitan Menoreh, sekitar 40 km dari pusat kota Yogyakarta dan menyajikan pemandangan alam yang luar biasa dengan latar belakang Pegunungan Seribu. Akses ke Wisata Alam Kali Biru dapat ditempuh melalui beberapa rute, tergantung dari arah keberangkatan Anda. Selalu periksa peta atau gunakan aplikasi navigasi untuk membantu perjalanan Anda ke sana agar lebih mudah dan efisien.

Rute

Untuk menuju Wisata Alam Kali Biru di Jogja, dengan jarak sekitar 45 km dari kota Jogja, perjalanan biasanya akan memakan waktu sekitar 1 jam  hingga 1,5 jam. Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai Kalibiru di Kulon Progo. Letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota membuat objek wisata ini mudah diakses oleh wisatawan baik menggunakan kendaraan pribadi maupun sewaan.

Berikut ini adalah rute umum yang bisa Anda pertimbangkan:

  • Rute dari Kota Yogyakarta: Anda dapat mengikuti jalan menuju arah barat ke Kulon Progo. Ketika tiba di Wates, Anda harus berbelok dan mengikuti petunjuk jalan menuju Waduk Sermo. Wisata Alam Kali Biru terletak tidak jauh dari lokasi Waduk Sermo tersebut.
  • Rute Alternatif: Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengambil rute melalui jalan alternatif via Godean atau Sentolo untuk mengurangi risiko terjebak dalam kemacetan, khususnya saat musim liburan atau akhir pekan ketika banyak wisatawan berkunjung ke area tersebut.

Pastikan untuk selalu memperhatikan kondisi jalan dan cuaca sebelum melakukan perjalanan. Menggunakan aplikasi peta digital seperti Google Maps juga sangat disarankan untuk membantu menavigasi rute dengan lebih akurat

Transportasi

Untuk mengunjungi Wisata Alam Kali Biru di Yogyakarta, ada beberapa opsi transportasi yang dapat Anda pertimbangkan. Lokasi Wisata Alam Kali Biru berada di kawasan Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Berikut adalah opsi transportasi yang bisa Anda gunakan:

  1. Kendaraan Pribadi: Ini adalah pilihan yang paling fleksibel dan nyaman, baik itu mobil atau motor, terutama jika Anda ingin bebas menjelajah area wisata lain di sekitar Kulon Progo. Pastikan Anda menggunakan aplikasi navigasi untuk membantu menemukan rute terbaik.
  2. Sewa Kendaraan: Jika Anda datang dari luar kota dan tidak membawa kendaraan pribadi, ada opsi untuk menyewa mobil atau motor di Yogyakarta. Ini memberikan keleluasaan serupa dengan membawa kendaraan sendiri.
  3. Transportasi Umum: Meskipun opsi ini mungkin lebih menantang karena letak Wisata Alam Kali Biru yang cukup jauh dari pusat kota, Anda bisa menggunakan kombinasi angkutan umum dan ojek untuk mencapainya. Rute umumnya adalah menuju Kota Wates menggunakan bus atau kereta api, kemudian melanjutkan perjalanan ke Kalibiru menggunakan bus kecil atau ojek.
  4. Paket Wisata: Beberapa agen perjalanan di Yogyakarta menawarkan paket wisata ke Kalibiru, yang biasanya sudah termasuk transportasi. Ini bisa menjadi opsi yang nyaman, terutama jika Anda berencana untuk mengunjungi beberapa tempat wisata lainnya.

Wisata Alam Kali Biru di Jogja menyajikan pengalaman tak terlupakan dengan pemandangan alam yang memukau, udara yang sejuk, dan berbagai aktivitas menarik yang ditawarkan. Baik Anda pecinta alam, fotografi, atau sekadar ingin mencari ketenangan jauh dari hiruk-pikuk kota, Wisata Alam Kali Biru adalah destinasi yang sempurna. Dari berjalan-jalan di jembatan kayu, mencoba flying fox, hingga bersantai di rumah pohon sambil menikmati panorama alam yang indah, setiap momen di sini menjanjikan kenangan yang berharga. Dengan persiapan yang matang dan pemilihan transportasi yang tepat, perjalanan Anda ke Wisata Alam Kali Biru di Kulon Progo, Yogyakarta, akan menjadi salah satu petualangan yang tak terlupakan dalam hidup Anda.

Leave A Comment