Keunikan Tumpeng Menoreh: Saat Kuliner Bertemu Panorama Alam Senja Jogja

Keunikan Tumpeng Menoreh: Saat Kuliner Bertemu Panorama Alam Senja Jogja

Memasuki kawasan Kulon Progo Jl. Kebun Teh Nglinggo terletak di Sumbersari, Ngargoretno, Kecamatan Samigaluh, Jogja.
, pengunjung akan disambut dengan panorama alam yang memikat di Tumpeng Menoreh. Tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang tidak hanya menyegarkan mata tapi juga jiwa. Wisata Jogja kekinian yang satu ini memang memiliki bangunan berbentuk heksagonal yang menyerupai tumpeng. Menghadirkan restoran dengan pemandangan Gunung Merbabu, Merapi, dan Sindoro-Sumbing sekaligus, Tumpeng Menoreh akan mengajakmu menikmati pemandangan indah. Berada di ketinggian, Tumpeng Menoreh adalah tempat sempurna untuk menikmati keindahan alam Menoreh, mulai dari fajar yang menawan hingga senja yang menyejukkan. Bersiaplah untuk pengalaman yang menggabungkan keindahan alam, kekayaan budaya, dan keramahtamahan lokal yang akan membuat kunjungan Anda tidak terlupakan.

Daya Tarik Tumpeng Menoreh

Daya tariknya meliputi:

  • Keindahan Alam: Tumpeng Menoreh menawarkan hamparan perbukitan hijau yang memanjakan mata, berada pada ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan laut, dan menyajikan suasana yang segar.
  • Pemandangan Matahari Terbit dan Terbenam: Lokasinya yang ideal memungkinkan pengunjung menikmati panorama matahari terbit dan terbenam yang spektakuler.
  • Pemandangan Malam Hari: Saat malam, tempat ini menawarkan pemandangan bintang yang jernih dan hamparan lampu rumah yang menawan.
  • Desain Unik: Memiliki desain gardu pandang unik, memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan alam 360 derajat.
  • Spot Foto Menarik: Terdapat berbagai spot foto yang menarik untuk para penggemar selfie.
  • Fasilitas Lengkap: Fasilitas yang tersedia termasuk area parkir, toilet, mushola, spot foto, gazebo, restoran, dan fasilitas protokol kesehatan.
  • Kuliner dan Pemandangan: Pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner sambil menikmati pemandangan tiga gunung besar di Jawa yaitu Merapi, Merbabu, dan Sindoro-Sumbing.
  • Wahana Lift Panoramik: Tempat ini juga dilengkapi dengan wahana lift yang memiliki ketinggian 100 meter. Lift ini menawarkan pemandangan dan sensasi yang berbeda saat naik dan turun bukit.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas Tumpeng Menoreh

Untuk bulan Mei tahun 2024, biaya masuk ke Tumpeng Menoreh ditetapkan menjadi Rp 50.000 untuk setiap pengunjung, yang telah mencakup voucher makan senilai Rp 25.000 yang bisa dipakai di restoran yang tersedia di lokasi.

Tarif Parkir

  • Parkir Motor : Rp2.000,-
  • Parkir Mobil : Rp5.000,-

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Tumpeng Menoreh, berdasarkan informasi dari sumber yang Anda berikan, antara lain:

  1. Area Parkir: Tersedia area parkir yang luas untuk menampung kendaraan pengunjung.
  2. Toilet: Fasilitas umum seperti toilet tersedia untuk kenyamanan pengunjung.
  3. Mushola: Untuk pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah.
  4. Restoran: Menyediakan berbagai pilihan kuliner untuk pengunjung.
  5. Gazebo: Tempat yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati pemandangan.
  6. Spot Foto: Berbagai spot foto unik dan menarik untuk para penggemar fotografi atau mereka yang ingin mengambil gambar sebagai kenang-kenangan.
  7. Lift Panoramik: Sebuah wahana unik berupa lift panoramik yang menawarkan pemandangan spektakuler selama naik dan turun dari ketinggian.

Jam Operasional Tumpeng Menoreh

Dibuka setiap hari mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 18.00 WIB. Ini memungkinkan pengunjung untuk menikmati berbagai waktu di lokasi ini, mulai dari menyaksikan matahari terbit hingga menikmati suasana sore yang tenang dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Waktu Terbaik Berkunjung

Periode paling ideal untuk berkunjung ke Tumpeng Menoreh jogja adalah antara bulan Juli hingga Oktober, saat intensitas hujan sudah menurun. Pada periode ini, perjalanan Anda tidak hanya akan lebih nyaman tetapi pemandangannya juga akan lebih memukau.

Rute dan Transportasi Ke Tumpang Menoreh

Untuk menuju Tumpeng Menoreh dari kota Yogyakarta, Anda bisa mengikuti rute berikut. Perlu diperhatikan bahwa kondisi jalan dan lalu lintas bisa berubah, jadi selalu baik untuk memeriksa kondisi terkini melalui aplikasi navigasi Anda.

Rute dari Yogyakarta:

  1. Lewat Jalan Wates:
    • Mulai dari pusat Kota Yogyakarta, ambil arah ke barat menuju Jalan Wates.
    • Ikuti Jalan Wates (Jalan Kyai Mojo) hingga Anda mencapai Kabupaten Kulon Progo.
    • Saat mencapai perempatan Nanggulan, belok kiri mengikuti arah menuju Kokap.
    • Dari Kokap, Tumpeng Menoreh tidak jauh dan akan ada petunjuk arah menuju lokasi.
  2. Lewat Jalan Godean:
    • Alternatif lain, Anda bisa mengambil rute melalui Jalan Godean dari Yogyakarta.
    • Ikuti Jalan Godean sampai ke pertigaan Sentolo dan kemudian belok kanan ke arah Wates.
    • Dari Wates, ikuti petunjuk jalan yang sama menuju Kokap dan seterusnya ke Tumpeng Menoreh.

Tips:

  • Menggunakan sistem navigasi GPS pada smartphone Anda akan sangat membantu untuk navigasi yang lebih akurat.
  • Pastikan untuk memeriksa kondisi jalan sebelum berangkat, terutama saat musim hujan karena beberapa jalan mungkin lebih rawan terhadap genangan air atau kerusakan.
  • Pertimbangkan untuk memulai perjalanan lebih awal untuk menghindari kemacetan lalu lintas, terutama pada akhir pekan atau hari libur.

Tumpeng Menoreh telah menjelma menjadi ikon pariwisata Jogja yang viral di media sosial, khususnya TikTok dan Instagram, berkat pesona alamnya yang memukau dan sudut-sudut fotogenik yang tak ada habisnya. Ketika kunjungan ke tempat ini, pengunjung tidak hanya dibawa menjelajah keelokan alam, namun juga diberikan kesempatan untuk menciptakan kenangan yang layak dibagikan ke seluruh dunia melalui unggahan mereka. Tumpeng Menoreh mewakili keindahan Jogja yang modern dan kekinian, menjadikannya lokasi tujuan yang tak boleh dilewatkan bagi siapa saja yang berburu keajaiban alam dan tren terbaru di media sosial. Jadi, pastikan Anda membawa kamera terbaik dan siap untuk menangkap setiap momen tak terlupakan di wisata Jogja viral ini.

Leave A Comment