Keindahan Tersembunyi Pule Payung: Spot Foto Estetik dan Viral

Keindahan Tersembunyi Pule Payung: Spot Foto Estetik dan Viral

Pule Payung merupakan destinasi wisata yang tersembunyi di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dikenal dengan pesona alamnya yang mempesona, Pule Payung menyuguhkan pemandangan perbukitan Menoreh yang hijau dan udara yang sejuk khas pegunungan. Tempat ini telah berkembang menjadi salah satu spot favorit bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam dari ketinggian melalui berbagai spot foto unik dan menarik, seperti ayunan langit dan gardu pandang yang ikonik. Keaslian alam dan kemudahan akses menjadi alasan mengapa Pule Payung berhasil menarik minat pengunjung, baik lokal maupun turis asing, untuk menghabiskan waktu, mengejar matahari terbit, atau sekedar menikmati momen ketenangan bersama alam.

Daya Tarik Pule Payung

Berikut adalah beberapa daya tarik utama yang menjadikannya destinasi wisata populer 2024:

  1. Pule Payung menyajikan pesona alam pegunungan yang memukau, dengan ketinggian sekitar 500 mdpl yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk, membuatnya menjadi tempat yang ideal untuk melepaskan penat sehari-hari.
  2. Destinasi ini juga menawarkan berbagai spot foto Instagramable yang menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung, terutama bagi mereka yang mengikuti trend wisata kekinian yang mengutamakan estetika visual.
  3. Keindahan perbukitan Menoreh dan pemandangan Waduk Sermo yang terlihat dari ketinggian memberikan pesona tersendiri, memungkinkan pengunjung untuk menikmati panorama alam yang luas dan menakjubkan dari sudut pandang yang unik.
  4. Selain alamnya, Pule Payung juga menyajikan berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati. Dari spot-spot foto yang menantang adrenalin hingga kegiatan outdoor lainnya, menawarkan keseruan bagi semua pengunjung dari berbagai usia.

Tiket Masuk, Jam Operasional dan Fasilitas

Berikut perincian harga tiket dan fasilitas di Pule Payung berdasarkan informasi terbaru:

  • Tiket Masuk Pule Payung Mei 2024 :
    • Sekitar Rp 5.000 per orang
  • Biaya Tambahan untuk Spot Foto dan Fasilitas Rekreasi:
    • Mulai dari Rp 15.000 untuk penggunaan spot foto atau fasilitas rekreasi tertentu.

Jam Operasional

Buka tiap hari dari jam 9.00 WIB hingga jam 20.000 WIB

Fasilitas

Berikut adalah fasilitas yang tersedia:

  • Spot Foto Instagramable: Berbagai spot foto dengan latar belakang alam yang indah dan unik untuk pengambilan gambar.
  • Aktivitas Outdoor:
    • Jeep Wisata: Untuk menikmati keindahan sekitar dengan jeep.
    • Flying Fox: Aktivitas untuk merasakan sensasi terbang di atas ketinggian.
    • Area Camping: Fasilitas untuk berkemah bagi Anda yang ingin menikmati pengalaman bermalam di alam.
  • Fasilitas Umum:
    • Toilet Umum: Tersebar di beberapa lokasi untuk kemudahan pengunjung.
    • Tempat Ibadah: Tersedia untuk pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah.
    • Lahan Parkir yang Luas: Untuk kemudahan pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi.
  • Gazebo atau Pendopo: Tersedia untuk Traveler yang ingin bersantai sejenak, menikmati keindahan alam Kulon Progo.
  • Penginapan: Untuk Traveler yang tertarik untuk bermalam di Pule Payung, tersedia opsi penginapan dengan harga yang berkisar antara Rp100 ribu sampai Rp120 ribu per malam.

Spot Foto dan Video Estetik Pule Payung

Terikenal dengan spot foto yang sangat estetik dengan pemandangan alam yang indah. Berikut beberapa spot foto estetik yang bisa Anda kunjungi :

  1. Spot Gardu Pandang – Menyajikan panorama lembah dan perbukitan yang luas, sangat cocok untuk foto siluet saat senja.
  2. Jembatan Kayu – Jembatan yang dibuat dari kayu dengan latar belakang hutan dan bukit, memberikan nuansa alami pada setiap foto.
  3. Ayunan Langit – Spot ini sangat populer, dimana Anda seperti berayun di atas awan dengan latar belakang pegunungan yang memukau.
  4. Spot Burung Phoenix – Salah satu spot ikonik berbentuk seperti burung Phoenix, sangat unik dan Instagramable.
  5. Spot Sarang Burung – Mengambil konsep sarang burung raksasa yang memungkinkan pengunjung duduk di dalamnya, memberikan pespektif foto yang menarik dengan latar alam yang hijau.
  6. Spot Bintang – Platform berbentuk bintang dengan railing yang artistik, menawarkan pemandangan yang luar biasa terutama saat matahari terbit atau terbenam.
  7. Spot Love – Terdapat instalasi besar berbentuk kata ‘LOVE’ yang sangat cocok untuk foto romantis atau menyenangkan.

Spot-spot ini akan memberikan keunikan tersendiri pada album foto Anda, mengabadikan momen indah dengan latar pemandangan alam Kulon Progo yang memukau. Pastikan kamera Anda siap untuk mengambil banyak foto saat berkunjung ke Pule Payung!

Alamat, Rute dan Transportasi

Alamat : Soropati RT.007/RW.003, Clapar 2, Hargotirto, Kec. Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55653

Rute

Untuk menuju Pule Payung yang terletak di daerah Kulon Progo, Yogyakarta, Anda bisa mengikuti beberapa rute berikut, tergantung dari titik awal Anda. Saya akan menjelaskan secara umum dari kota Yogyakarta, mengingat ini adalah titik awal yang umum untuk wisatawan:

  1. Dari Kota Yogyakarta (via Jalan Godean):
    • Ambil arah barat menuju Jalan Godean.
    • Setelah sampai di perempatan Godean, lanjutkan perjalanan ke arah barat menuju Nanggulan/Sentolo/Kulon Progo.
    • Di pertigaan Nanggulan, ambil arah kiri menuju Jalan Nanggulan-Purworejo.
    • Ikuti petunjuk arah menuju Pule Payung atau objek wisata lain yang ada di sekitarnya seperti Kalibiru.
  2. Dari Kota Yogyakarta (via Jalan Wates):
    • Ambil Jalan Wates dari pusat kota Yogyakarta menuju arah barat.
    • Setelah mencapai Wates, ikuti petunjuk ke arah Kulon Progo.
    • Sambil melalui Wates, cari petunjuk yang mengarahkan Anda ke Kalibiru/Pule Payung.
  3. Dari Kota Yogyakarta (via Jalan Srandakan):
    • Ambil Jalan Srandakan menuju barat daya dari pusat Kota Yogyakarta.
    • Lanjutkan perjalanan sampai pertigaan Trihanggo kemudian belok kanan menuju Jalan Wates.
    • Setelah itu, ikuti petunjuk ke Kalibiru/Pule Payung.

Sangat disarankan menggunakan aplikasi pengarah rute seperti Google Maps untuk membantu navigasi Anda, karena kondisi lalu lintas dan rute juga mungkin berubah sewaktu-waktu. Jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk lokal jika Anda merasa kurang yakin dengan rute yang Anda tempuh. Selalu perhatikan rambu lalu lintas dan navigasi untuk keamanan dan kenyamanan perjalanan Anda menuju Pule Payung.

Pule Payung dengan pesonanya yang begitu memikat telah menjadi magnet bagi para pencinta alam dan penggemar fotografi dari berbagai penjuru. Spot-spot foto yang estetik dan pemandangan alam yang menawan menjadikannya destinasi wajib bagi mereka yang mencari keindahan alam dan momen tak terlupakan di Yogyakarta. Kehadirannya di media sosial, seperti TikTok dan Instagram, semakin mengukuhkan Pule Payung sebagai salah satu wisata Jogja yang viral 2024 dan menginspirasi banyak orang untuk menjelajahi lebih jauh keindahan Indonesia. Tidak heran, jika Pule Payung kini tidak hanya menjadi objek wisata yang menarik, tetapi juga simbol dari keindahan alam Indonesia yang mempesona dan mampu menghipnotis mata siapa saja yang menyaksikannya. Jadi, apakah Traveler siap untuk menciptakan kenangan Foto yang estatik dan tak terlupakan di Pule Payung dan berbagi cerita Anda di TikTok atau Instagram?

Leave A Comment