10 Tempat Wisata Terfavorit Di Yogyakarta

10 Tempat Wisata Terfavorit Di Yogyakarta

Selain dijuluki Kota Pelajar, ternyata Yogyakarta juga dijuluki Sebagai Kota Pariwisata. Maka jangan heran, jika musim liburan telah tiba baik itu short weekend atau pun long weekend Yogyakarta tetap ramai dengan wisatawannya.

Daftar Lokasi Wisata Terfavorit di Yogyakarta

Jika Anda berkunjung ke Kota Yogyakarta maka Anda harus mengunjungi setiap destinasi wisatanya. Setidaknya anda harus mengunjungi 10 lokasi wisata terfavorit di Yogyakarta berikut ini. Nah, kira-kira mana sajakah obyek wisata yang dimaksud?

  1. Malioboro

Pasti Anda sangat kenal dengan destinasi wisata ini bukan? Yup, tak salah memangi, Malioboro adalah surganya bagi wisatawan-wisatawan yang ingin berbelanja oleh-oleh. Namun tidak hanya oleh Malioboro juga terdapat kafe, mall, toko makanan, toko baju, supermarket, hingga pasar.

Malioboro adalah salah satu tempat wisata yang paling terkenal di Yogyakarta, Indonesia. Jalan ini menjadi pusat perbelanjaan dan kegiatan budaya yang ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan suasana yang khas, Malioboro menawarkan berbagai macam toko, pedagang kaki lima, hotel, restoran, dan tempat hiburan malam yang menarik. Salah satu daya tarik utama dari Malioboro adalah keberadaan Taman Pintar yang merupakan tempat edukasi interaktif yang menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu, wisatawan juga bisa menikmati berbagai kuliner khas Yogyakarta seperti gudeg, bakpia, dan wedang ronde. Selain belanja dan kuliner, Malioboro juga menjadi tempat yang ideal untuk mempelajari seni dan budaya Jawa. Di sini, pengunjung dapat menemukan galeri seni, pertunjukan musik tradisional, dan pertunjukan wayang yang menarik. Tidak hanya itu, Malioboro juga terkenal dengan keramahan penduduk setempat yang siap memberikan informasi dan bantuan kepada wisatawan. Dengan segala keindahannya, Malioboro menjadi tempat yang wajib dikunjungi bagi siapapun yang datang ke Yogyakarta.

Malioboro terletak di sekitar 0 KM, berdekatan langsung dengan Stasiun Tugu Yogyakarta. Jadi jika anda datang ke Yogyakarta menggunakan kereta, maka Anda bisa langsung berjalan kaki ke Malioboro untuk berbelanja

  1. Benteng Vredenburg

Benteng Vredenburg adalah salah satu benteng peninggalan kolonial Belanda yang terletak di kota Yogyakarta, Indonesia. Benteng ini didirikan pada tahun 1760 oleh Gubernur Jenderal Gustaaf Willem van Imhoff untuk melindungi kota dari serangan musuh. Benteng ini terletak di jantung kota Yogyakarta dan menjadi salah satu ikon penting dalam sejarah kota ini. Benteng Vredenburg memiliki arsitektur yang megah dengan dinding yang kokoh dan bentuk bangunan yang simetris. Di dalam benteng terdapat berbagai ruangan dan terowongan yang digunakan sebagai tempat penyimpanan senjata dan amunisi. Saat ini, Benteng Vredenburg telah diubah menjadi museum yang menampilkan berbagai artefak dan sejarah mengenai perjuangan melawan penjajah Belanda. Benteng ini menjadi tempat wisata yang populer bagi para pengunjung yang ingin mengetahui lebih banyak tentang sejarah kota Yogyakarta dan keberanian para pahlawan dalam mempertahankan kemerdekaan.

Selain pusat perbelanjaan, di Yogyakarta juga terdapat sebuah benteng bekas penjajahan Belanda. Gaya bangunannya sangat mirip dengan bangunan Belanda pada zaman kuno. Jika Anda sedang berjalan di Jalan Malioboro, maka Anda tinggal berjalan terus ke selatan kira-kira 750 meter. Di samping kiri jalan akan terlihat sebuah gerbang putir besar yang masuk ke dalam.

  1. Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta adalah istana yang terletak di Yogyakarta, Indonesia. Istana ini menjadi simbol kekuasaan dan budaya kerajaan di Yogyakarta. Dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I, Keraton Yogyakarta menjadi tempat tinggal bagi keluarga kerajaan Yogyakarta. Istana ini memiliki arsitektur yang khas dengan gaya Jawa yang elegan. Di dalam kompleks Keraton Yogyakarta terdapat berbagai bangunan penting seperti Pagelaran, Siti Hinggil, dan Kencana Hall. Selain itu, istana ini juga memiliki museum yang menyimpan berbagai koleksi kerajaan seperti pakaian adat, perhiasan, serta lukisan dan foto-foto keluarga kerajaan. Keraton Yogyakarta juga menjadi tujuan wisata yang populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin mengenal lebih dalam tentang budaya Jawa dan sejarah kerajaan Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta adalah salah satu destinasi wisata yang sangat populer di Indonesia. Keraton ini merupakan istana resmi dari Sultan Yogyakarta dan merupakan tempat tinggal bagi keluarga kerajaan. Terletak di pusat kota Yogyakarta, Keraton Yogyakarta menawarkan pengalaman unik bagi para pengunjung yang ingin menjelajahi sejarah dan budaya Jawa. Dengan arsitektur yang megah dan indah, pengunjung dapat melihat berbagai bangunan tradisional seperti pendapa, soko guru, dan bangsal kencono. Selain itu, Keraton Yogyakarta juga menyimpan berbagai koleksi seni dan artefak bersejarah yang menarik. Pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan seni seperti tari tradisional dan gamelan Jawa. Tidak hanya itu, Keraton Yogyakarta juga menjadi pusat kegiatan budaya seperti upacara adat dan perayaan Hari Raya. Dengan segala keindahannya, Keraton Yogyakarta telah menjadi salah satu daya tarik wisata yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Masih di sekitaran Malioboro. Jika Anda masih di daerah ini, Anda hanya tinggal berjalan berjalan lurus terus ke arah selatan maka anda akan menemukan Alun-Alun Utara Keraton beserta Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

Objek wisata yang bisa Anda kunjungi jika berada di keraton adalah pendopo kraton. Anda akan bisa melihat berbagai peninggalan sultan-sultan pada zaman dahulu. Namun jika Anda belum tahu apa-apa, di sini telah di sediakan guide lokal.

  1. Tugu Jogja

Lokasi ini menjadi lokasi utama jika anda berkunjung di Yogyakarta. Selain menjadi icon dari Yogyakarta, tugu jogja sebenarnya berada di jantung Kota Yogyakarta dan masih satu garis lurus dengan Keraton dan Malioboro.

Tugu Jogja adalah salah satu landmark yang paling terkenal di Yogyakarta, Indonesia. Tugu ini merupakan monumen yang dibangun pada tahun 1755 oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai simbol kekuasaan dan keberanian Kerajaan Mataram. Tugu Jogja memiliki tinggi sekitar 14,75 meter dan terletak di persimpangan jalan utama di kawasan pusat Kota Yogyakarta. Monumen ini memiliki desain yang megah dengan arsitektur gaya Eropa yang menggabungkan elemen-elemen tradisional Jawa. Tugu Jogja tidak hanya menjadi ikon kota, tetapi juga menjadi tempat berkumpulnya masyarakat setempat dan para wisatawan yang ingin menikmati keindahan dan sejarah yang terkait dengan monumen ini. Pada malam hari, Tugu Jogja juga menjadi sorotan dengan lampu-lampu warna-warni yang menerangi monumen, menciptakan suasana yang romantis dan memikat. Tugu Jogja adalah salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi bagi siapa saja yang ingin merasakan atmosfir budaya dan sejarah yang kental di Yogyakarta.

Di sini, Anda bisa melihat keramaian penduduk Kota Yogyakarta. Saat sore hingga malam tiba, lokasi ini sangt penuh oleh anak muda yang ingin sekedar nongkrog atau berfoto-foto ria.

  1. Wisata Air Taman Sari

Taman Sari Jogjakarta

Taman Sari Jogjakarta | Instagram @yuniph

Wisata Air Taman Sari adalah salah satu destinasi wisata populer di kota Yogyakarta, Indonesia. Terletak di kompleks Keraton Yogyakarta, Taman Sari menawarkan pengalaman wisata yang menyenangkan dan menarik bagi pengunjung dari berbagai kalangan. Wisatawan dapat menikmati keindahan bangunan bersejarah seperti Sumur Gumuling, yang merupakan tempat mandi raja, dan Sumur Pulo Kenongo, yang merupakan tempat pemandian pribadi Sultan. Selain itu, pengunjung juga dapat menjelajahi terowongan bawah tanah yang rahasia dan menikmati keindahan kolam renang alami yang dikelilingi oleh bangunan-bangunan bersejarah. Wisata Air Taman Sari juga menawarkan kegiatan lain seperti menyewa perahu untuk berkeliling kolam renang atau mengikuti tur panduan yang mengungkap sejarah dan keunikan tempat ini. Dengan suasana yang tenang dan pemandangan yang indah, Taman Sari adalah tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan budaya Yogyakarta.

Sebenarnya, lokasi ini juga masih berada di satu garis dengan keraton. Lokasinya yang berada di tepat sebelah selatan Keraton Yogyakarta. Untuk masuk ke dalam lokasi ini Anda akan di kenai biaya htm sebesar 8000/ orang.

Di sini, Anda bisa melihat pemandian Raja-Raja Jawa pada zaman dahulu. Di Taman Sari juga ada bangunan air di bawah tanah, namun Anda harus membayar lagi untuk memasukinya.

  1. Candi Prambanan

Jika Anda berkunjung ke Jogja, jangan lupakan candi yang satu ini. Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Provinsi DIY. Lokasi ini sangat dekat dengan Kabupaten Klaten Jawa Tengah. Seperti yang kita tahu.

Candi Prambanan adalah salah satu candi Hindu terbesar di Indonesia. Terletak sekitar 17 kilometer timur laut dari Kota Yogyakarta, candi ini merupakan salah satu warisan budaya dunia UNESCO. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh kerajaan Mataram Kuno yang saat itu menguasai Jawa Tengah. Candi Prambanan terdiri dari tiga candi utama yaitu Candi Shiva, Candi Brahma, dan Candi Vishnu yang masing-masing mewakili dewa-dewa Hindu. Selain itu, terdapat juga beberapa candi kecil dan candi perwara di sekitarnya. Candi Prambanan merupakan contoh arsitektur yang sangat indah dan detail. Di dalamnya terdapat relief-relief yang menggambarkan cerita Ramayana

Candi Prambanan adalah salah satu situs warisan dunia yang terkenal di Indonesia. Terletak di Yogyakarta, candi ini merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Selain itu, kompleks candi ini juga memiliki candi-candi kecil, perwara, dan beberapa candi yang belum selesai dibangun. Candi Prambanan menjadi daya tarik wisatawan karena keindahan arsitektur dan ukiran yang menakjubkan. Setiap tahun, ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri datang untuk mengagumi keindahan candi-candi yang megah ini. Selain itu, Candi Prambanan juga sering digunakan sebagai lokasi berbagai acara budaya dan pertunjukan seni. Dengan keindahan dan sejarahnya yang kaya, Candi Prambanan merupakan destinasi wisata yang sangat menarik dan wajib dikunjungi ketika berada di Yogyakarta.

  1. Pantai Parangtritis

Pantai parangtritis ini terletak di Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Di sini anda bisa menikmati putihnya pasir dan menikmati sunset yang begitu indah dengan sang kekasih sambil menaiki delman di pinggir pantai.

Terletak sekitar 27 kilometer sebelah selatan kota Yogyakarta, pantai ini menawarkan keindahan alam yang spektakuler. Pantai Parangtritis memiliki pasir  yang lembut dan luas dengan ombak yang besar dan kuat,. Selain itu, pantai ini juga dikelilingi oleh tebing-tebing yang menjulang tinggi, menambah keindahan dan keunikan panorama pantai. Selain pantai yang indah, Pantai Parangtritis juga memiliki nilai sejarah yang tinggi. Di kawasan ini terdapat keraton (istana) yang merupakan tempat tinggal tradisional Sultan Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai yang tenang sambil menikmati keindahan alam, atau mengunjungi keraton dan mengetahui lebih banyak tentang sejarah dan budaya Jawa. Pantai Parangtritis adalah destinasi wisata yang populer dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

  1. Pantai di Gunungkidul

Jika Anda ingin ke pantai yang masih sepi dan alami di Yogyakarta, maka Kabupaten Gunungkidul adalah jawabannya. Gunungkidul atau hidden paradise of jogja memiliki lebih dari 200 pantai baru yang masih sangat alami.

  1. Kawasan Wisata Merapi

Siapa yang tidak kenal dengan Gunung Merapi ? Gunung vuklkanik aktif ini memang menjadi destinasi wisata tersendiri. Kawasan wisata Gunung Merapi sangat dekat dengan Wisata Kaliurang serta Museum Gunung Merapi. Suasanannya yang sepi dan sejuk semakin menambah keheningan alami di lokasi ini.

Gunung Merapi, terletak di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah salah satu kawasan wisata yang populer di Indonesia. Dengan ketinggian mencapai 2.930 meter di atas permukaan laut, Gunung Merapi menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dan panorama yang menakjubkan. Selain itu, keindahan alam Gunung Merapi juga terletak pada keberagaman flora dan fauna yang ada di sekitar gunung. Wisatawan dapat menikmati trekking melalui jalur-jalur pendakian yang telah disediakan, yang akan membawa mereka melintasi hutan-hutan yang rimbun dan medan yang menantang. Selain itu, kawasan wisata Gunung Merapi juga terkenal dengan adanya beberapa gua yang menarik untuk dijelajahi. Meskipun gunung ini terkenal dengan aktivitas vulkaniknya, namun pemerintah setempat sangat menjaga keamanan para wisatawan dengan memberikan pengawasan yang ketat serta instruksi yang jelas bagi wisatawan yang ingin mendaki gunung ini. Dengan keindahan alam yang luar biasa dan adanya fasilitas yang memadai, tidak heran jika Gunung Merapi menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Yogyakarta

  1. Desa Wisata Kalibiru

Wisata Kalibiru Kulonprogo Yogyakarta

Wisata Kalibiru Kulonprogo Yogyaka | Instagram @trianifarinap

Lokasi ini berada di Desa Kalibiru yang berada di ketinggiam sekitar 450mdpl Kabupaten Kulonprogo. Di Kalibiru ini, Anda bisa melihat pemandangan yang begitu eksotis. Anda bisa melihat birunya Waduk Sermo dari ketinggian. Di Kalibiru ini, Anda juga bisa mengabadikan momen bersama keluarga atau pacar dengan background yang sangat cantik.

Desa wisata Kalibiru adalah destinasi wisata yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Desa ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan dengan paduan indahnya hutan pinus, danau, dan bukit. Para pengunjung dapat menikmati keindahan alam tersebut dengan berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan di jembatan gantung yang terbuat dari kayu, atau melakukan hiking di sekitar bukit. Selain itu, desa ini juga memiliki spot-spot foto yang instagramable dengan latar belakang keindahan alam yang spektakuler. Desa wisata Kalibiru tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga budaya lokal yang kental. Pengunjung dapat mencoba berbagai makanan tradisional khas daerah ini dan berinteraksi dengan penduduk setempat yang ramah. Jika Anda mencari tempat yang menawarkan ketenangan dan keindahan alam yang memukau, maka desa wisata Kalibiru adalah pilihan yang tepat.

Nah, itulah diatas 10 lokasi wisata terfavorit di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi, khususnya bagi anda yang bingung menentukan tujuan berlibur selama di Jogja.

Leave A Comment