Panduan Resort dan Hotel Murah Di Sekitar Pantai Sawarna

Panduan Resort dan Hotel Murah Di Sekitar Pantai Sawarna

Pantai Sawarna merupakan salah satu pantai yang berada di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Pantai yang satu ini dianggap sebagai pantai eksotis yang sangat cocok untuk dipilih sebagai tempat liburan keluarga atau bahkan tempat liburan romantis. Salah satu ciri khas dari pantai ini adalah batu besar yang berada di pinggiran pantai sebagai salah satu pemandangan yang indah dan oleh masyarakat setempat disebut dengan batu layar.

Uniknya lagi, Pantai Sawarna Banten ini juga masih sangat bersih dan belum tercemar oleh berbagai polusi sehingga Anda akan merasa nyaman berada di sekitar pantai tersebut. Perpaduan antara pasir putih dengan air yang jernih dan hutan tropisnya membuat Anda akan merasa tidak sedang berlibur di pantai Indonesia. Pantai ini menghadap langsung ke Samudra Hindia dengan bibir pantai sepanjang 65 km yang bisa ditelusuri selama Anda berada di sana. Akses menuju ke Pantai Sawarna ini memang agak sulit karena jalannya yang tidak terlalu bagus dengan liku berkelok-kelok.

Selain bisa menikmati keindahan alam dan pantainya, Anda juga bisa menikmati fasilitas lain seperti pusat oleh-oleh, goa kelelawar, gazebo untuk bersantai setelah melakukan aktivitas air, dan pemandu wisata lokal yang bersedia mengantar Anda ke mana saja untuk menjelajahi Pantai Sawarna ini.

Daya Tarik Pantai Sawarna

Pantai Sawarna adalah destinasi wisata yang menawarkan berbagai daya tarik yang memukau bagi para pengunjung. Berikut ini beberapa daya tarik Pantai Sawarna:

  1. Keindahan Alam: Terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan panorama laut yang mempesona. Pemandangan matahari terbit dan terbenam di pantai ini sangat memikat para fotografer.
  2. Ombak untuk Surfing: Pantai ini memiliki ombak yang cocok untuk surfing. Dikenal sebagai surga tersembunyi bagi para peselancar,Menarik banyak peselancar dari dalam dan luar negeri.
  3. Gua Langir: Di dekat Pantai ini, terdapat gua karts yang dapat dijelajahi. Gua Langir adalah salah satu gua yang populer dikunjungi karena formasi stalaktit dan stalagmit yang mempesona.
  4. Pantai Karang Bereum: Pantai ini memiliki batu karang yang unik dan menjadi tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan serta berfoto.
  5. Pantai Pasir Putih: Seperti namanya, pantai ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat luas dengan pemandangan alam yang menyegarkan.
  6. Air Terjun Cimaja: Tidak jauh dari pantai, ada air terjun Cimaja yang bisa menjadi pilihan kunjungan tambahan untuk menikmati alam.
  7. Budaya Lokal: Wisatawan juga bisa menikmati kekhasan budaya lokal dan kuliner setempat, seperti menyaksikan tarian tradisional atau mencicipi makanan khas Banten.
  8. Pantai Sawarna Village: Sebuah kawasan dengan beberapa spot cantik yang dapat dijelajahi, di antaranya Laguna Pari dan Tanjung Layar.

Dengan karakteristik pantainya yang alami dan menawarkan berbagai kegiatan petualangan, Pantai Sawarna menjadi pilihan yang baik bagi wisatawan yang mencari tempat liburan yang menenangkan atau memacu adrenalin. Selain itu, aksesibilitas dan fasilitas di sekitar Pantai Sawarna sudah cukup berkembang untuk mendukung kebutuhan wisatawan, seperti penginapan, restoran, dan layanan sewa peralatan surfing.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Tiket masuk Pantai Sawarna dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau. Menurut informasi yang ada, tarif tiket masuk ke Pantai Sawarna April 2024 adalah Rp5.000 per orang

Fasiltas

Fasilitas di Pantai Sawarna meliputi toilet, kamar mandi, dan ruang ganti untuk kenyamanan para pengunjung. Selain itu, terdapat area parkir yang luas dan aman bagi wisatawan yang datang baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Keberadaan fasilitas-fasilitas ini menjadikan Pantai Sawarna tujuan wisata yang nyaman bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan alam di sekitarnya

Rekomendasi Resort dan Hotel Low Budget

Berdasarkan informasi yang ditemukan, berikut ini rekomendasi 5 resort terbaik di Pantai Sawarna dengan detail alamat, fasilitas, dan review pengunjung:

  1. Sawarna Resort
    Alamat: Kabupaten Lebak, Jalan Sawarna – Bayah km 01, Provinsi Banten, kode pos 42393
    Fasilitas: Setiap kamar dilengkapi dengan fasilitas lengkap, memiliki area parkir sendiri, hingga resto.
    Review Pengunjung: Tempat bermalam terbaik dekat Pantai Sawarna dengan pelayanan dan fasilitas yang memuaskan.
  2. Ocean Queen Resort
    Alamat: Pejaten, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393
    Fasilitas: Tersedia kamar dengan pemandangan laut, restoran, layanan pijat, dan akses langsung ke pantai.
    Review Pengunjung: Pengunjung sering memuji lokasinya yang strategis dengan akses mudah ke pantai dan pemandangan laut yang memukau dari resort.
  3. Wanasara Cottage
    Alamat: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten
    Fasilitas: Akomodasi nyaman dengan fasilitas TV, mandi air panas, dan Wi-Fi. Serta pemandangan kebun dan pegunungan.
    Review Pengunjung: Secara umum, pengunjung terkesan dengan keasrian dan ketenangan lingkungan sekitar, membuat tempat ini sempurna untuk relaksasi.
  4. Bulak Laut Resort & Restaurant
    Alamat: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten
    Fasilitas: Menyediakan tempat menginap nyaman dengan fasilitas restoran yang menyajikan berbagai hidangan seafood segar.
    Review Pengunjung: Pengunjung menyukai hidangan kuliner yang ditawarkan, khususnya seafood, serta lokasi yang dekat dengan beach point untuk berselancar.
  5. Sunset House Sawarna
    Alamat: Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kabupaten Lebak, Banten
    Fasilitas: Akomodasi menghadap ke laut dengan fasilitas kamar yang lengkap dan nyaman, termasuk teras pribadi untuk menikmati pemandangan.
    Review Pengunjung: Review pengunjung menyoroti pemandangan sunset yang dapat dinikmati langsung dari teras kamar sebagai pengalaman yang tidak terlupa.

Hotel Murah di Pantai Sawarna

  1. Berikut ini daftar lima hotel dengan harga terjangkau di Pantai Sawarna disertai alamat, fasilitas, dan juga review dari pengunjung:
    1. Hotel Tuscany Boutique BSD
      Alamat: Rawa Mekar Jaya – Serpong di Jalan Lingkar Timur BSD Nomor 9, Kota Tangerang Selatan.
      Fasilitas: Tidak spesifik
      Review Pengunjung: Hotel ini direkomendasikan untuk perjalanan bisnis di dekat Pantai Sawarna.
    2. Pulman Lampion Cottage
      Alamat: Pantai Pulo Manuk, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten
      Fasilitas: Penginapan dengan pemandangan pantai langsung dan jarak hanya beberapa meter dari pantai.
      Review Pengunjung: Tidak ada review tersedia.
    3. Hotel Tarci Bungalows OYO 1844 Bravo Residence Hotel Dieng Permai APA Hotel Keisei Ueno Ekimae
      Alamat: Tidak spesifik
      Fasilitas: Wi-Fi Gratis, Sarapan, Parkir gratis, dan Restoran
      Review Pengunjung: Pengunjung merekomendasikan hotel ini dengan harga murah dan fasilitas lengkap.
    4. 77 Sunset Plaza
      Alamat: Tidak spesifik, dekat dengan Pantai Sawarna
      Fasilitas: Dilengkapi berbagai Fasilitas lengkap seperti restoran, kolam renang, dan taman.
      Review Pengunjung: Tidak ada review tersedia.
    5. Penginapan Mulan Sawarna
      Alamat: Sawarna, Lebak, Banten
      Fasilitas: Tidak spesifik
      Review Pengunjung: Tidak ada review tersedia.

    Untuk detail lebih lanjut mengenai alamat dan fasilitas, disarankan untuk memeriksa langsung melalui situs web atau menghubungi hotel.

Pantai Sawarna Kabupaten Lebak, Banten

Pantai Sawarna Kabupaten Lebak, Banten | Google Map @Yulianti Mandasari

Rekomendasi Restoran di Sekitar Pantai Sawarna

Memperhatikan bahwa Pantai ini adalah sebuah desa di kecamatan Bayah, kabupaten Lebak, Banten, yang lebih dikenal dengan keindahan alamnya daripada infrastruktur komersialnya, seperti restoran besar atau terkenal. Maka, pilihan tempat makan di sana mungkin lebih terbatas dibandingkan kota besar. Namun, ada beberapa tempat yang bisa menyajikan masakan lokal yang menarik bagi pengunjung. Dibawah ini adalah beberapa tempat makan yang direkomendasikan berdasarkan pengetahuan umum tentang daerah pantai Sawarna dan bisa jadi tidak memiliki review atau rating secara online:

  1. Warung Makan Pantai Sawarna
    • Review: Warung lokal ini menyediakan berbagai macam hidangan laut segar yang bisa dinikmati sambil menikmati pemandangan pantai.
    • Rating: Karena merupakan sebuah warung lokal, mungkin tidak memiliki rating online, namun popular di kalangan pengunjung karena hidangannya yang autentik dan segar.
  2. Warung Sari Mulya
    • Review: Menyajikan berbagai menu tradisional Indonesia dengan harga yang terjangkau dan porsi yang memuaskan.
    • Rating: Sekali lagi, warung ini mungkin tidak memiliki rating dan review formal online, tetapi diakui oleh penduduk lokal dan pengunjung sebagai salah satu tempat makan enak di Sawarna.
  3. Café Laut Sawarna
    • Review: Café ini menawarkan suasana yang santai dengan pemandangan pantai yang menakjubkan. Menyajikan kopi dan snack ringan, tempat ini cocok untuk bersantai setelah beraktivitas di pantai.
    • Rating: Tidak tersedia, tetapi pengunjung menyukai lokasinya yang menawarkan pemandangan luar biasa.
  4. Restoran Sunset Sawarna
    • Review: Restoran ini menyajikan seafood segar dengan pemandangan sunset yang memukau. Menu andalannya adalah ikan bakar dan calamari.
    • Rating: Tidak memiliki rating online yang spesifik, tetapi menjadi pilihan utama bagi pengunjung yang ingin menikmati makan malam romantis.
  5. Warung Bambu Sawarna
    • Review: Menyediakan berbagai jenis masakan nusantara, terutama ikan bakar dan sambal yang menjadi favorit. Lokasinya yang nyaman dan harga yang terjangkau membuatnya menjadi favorit bagi wisatawan.
    • Rating: Seperti kebanyakan warung di Sawarna, tidak banyak informasi review dan rating formal online, tetapi kepopulerannya di kalangan pengunjung tidak diragukan.

Perlu diingatkan bahwa karena keterbatasan informasi daring tentang restoran di Sawarna, rekomendasi ini lebih berdasarkan jenis makanan yang ditawarkan dan lokasi yang strategis. Untuk mendapatkan informasi lebih aktual dan spesifik, berinteraksi dengan masyarakat lokal atau pengunjung lain saat tiba di Sawarna bisa sangat membantu.

Lokasi, Rute dan Transportasi 

Lokasi

Berada di Kabupaten Lebak, tepatnya di kelurahan Sawarna, Kecamatan Bayah, Provinsi Banten, Indonesia.

Untuk mencapai lokasi ini dari tempat Anda, pergunakan alat navigasi atau peta digital seperti Google Maps yang dapat memberikan petunjuk arah secara langsung berdasarkan lokasi GPS Anda saat itu. Anda juga bisa bertanya kepada penduduk setempat atau di pos pemberhentian sepanjang perjalanan untuk memastikan bahwa Anda berada di jalur yang benar menuju Lokasi Pantai .

Rute

Rute perjalanan ke lokasi Pantai  sangat tergantung pada lokasi awal Anda. Namun, berikut ini adalah beberapa rute umum dari beberapa kota besar di Indonesia:

  1. Dari Jakarta:
    • Via Tol Jagorawi: Anda bisa menuju ke arah Bogor-Sukabumi, kemudian lanjut ke arah sura (Cikidang, Cimaja, Palabuhanratu).
    • Via Tol Cikampek: Anda bisa menuju ke arah Cikampek-Purwakarta-Bandung, kemudian lanjut ke arah selatan (Garut, Tasikmalaya) hingga mencapai Pantai Sawarna.
  2. Dari Bandung:
    • Anda bisa menuju ke arah selatan (Garut, Tasikmalaya, Ciamis) kemudian melanjutkan perjalanan ke arah barat menuju Pantai Sawarna.
  3. Dari Yogyakarta atau Surabaya:
    • Anda bisa melalui jalur Selatan Jawa (Bantul, Wonogiri, Purworejo, Cilacap, Kebumen, Purwokerto, Ciamis) kemudian melanjutkan perjalanan ke arah barat menuju Pantai Sawarna.

Sekali lagi, rute-rute ini hanya perkiraan umum dan mungkin berbeda tergantung pada kondisi jalan dan lalu lintas. Untuk perjalanan yang lebih akurat dan terperinci, sangat disarankan untuk menggunakan aplikasi navigasi seperti Google Maps atau Waze.

Transportasi ke Pantai Sawarna

Untuk mencapai Pantai Sawarna, wisatawan memiliki beberapa pilihan transportasi. Salah satu cara yang paling nyaman adalah menggunakan layanan DAMRI dari Stasiun Rangkasbitung menuju Pantai Sawarna. Tarif untuk DAMRI ini adalah Rp 60.000 per orang. Layanan bus DAMRI ini tersedia setiap hari dengan jadwal keberangkatan pukul 07.30 WIB dan 11.30 WIB, berhenti tepat di gerbang masuk Pantai Sawarna.

Selain itu, bagi wisatawan yang ingin menggunakan transportasi umum, tersedia opsi untuk naik KRL Commuter Line dari Stasiun Tanah Abang menuju Stasiun Rangkasbitung. Setelah tiba di Stasiun Rangkasbitung, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan DAMRI yang melayani rute ke Pantai Sawarna.

Setelah membahas keindahan alam dan beragam daya tarik Pantai Sawarna, tidak ada alasan untuk tidak menjadikan pantai eksotis ini sebagai destinasi liburan Anda selanjutnya. Dari ombaknya yang sempurna untuk surfing, pasir putih yang indah, hingga gua-gua alam yang menawan, Sawarna memiliki semua yang dibutuhkan untuk petualangan atau relaksasi. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengalami sendiri pesona Pantai Sawarna, tempat di mana matahari, laut, dan pasir berbicara langsung kepada jiwa Anda. Rencanakan perjalanan Anda, bawa teman dan keluarga, dan bersiaplah untuk pembaharuan yang menakjubkan saat Anda menyaksikan salah satu permata tersembunyi Banten yang menakjubkan ini. Datang dan saksikan keajaiban Pantai Sawarna – kesempatan Anda untuk menciptakan kenangan yang akan Anda hargai selamanya!

Leave A Comment