Pantai Benete Sumbawa Barat “Tempat Menyaksikan Panorama Yang Indah”

Pantai Benete Sumbawa Barat “Tempat Menyaksikan Panorama Yang Indah”

Wisatawan dapat menemukan beberapa pantai yang menakjubkan untuk dijelajahi di Pulau Sumbawa, Adapun referensinya  adalah Pantai Benete Di Kabupaten Sumbawa Barat! Pantai mendapatkan nama karena lokasinya, yang berada di dekat Pelabuhan Benete yang terkenal. Itu berarti wisatawan dapat menyaksikan pemandangan laut yang memukau dan beberapa kapal yang sering mampir di pelabuhan. Selain panorama, pantai ini juga terkenal dengan kuliner. Itu karena wisatawan dapat menemukan beberapa penjual makanan lokal yang beroperasi di dekat garis pantai. Makan makanan laut sambil menonton pemandangan laut yang indah terdengar memuaskan, bukan?

Setelah tiba di Pantai Benete, wisatawan dapat langsung melihat panorama yang indah. Garis pantai juga menampilkan perbukitan yang menakjubkan di kedua sisi. Sedangkan untuk nuansa, itu terasa damai karena jumlah pengunjung yang rendah. Suara ombak menenangkan pikiran wisatawan juga. Apa selanjutnya? Seperti disebutkan sebelumnya, pantai ini memiliki beberapa restoran lokal yang menyediakan makanan laut dan makanan lezat lainnya. Pengaturan rapi restoran-restoran itu terlihat memuaskan juga. Selanjutnya, wisatawan juga dapat menemukan beberapa gazebo di mana mereka dapat melakukan relaksasi dan duduk dengan nyaman sambil menonton pemandangan!

Fakta Bukit Pantai Benete:

  • Lokasi:
    • Bukit Pantai Benete terletak di Dusun Pantai Benete, Desa Benete, Kecamatan Maluk, Sumbawa Barat.
    • Dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan dari Pelabuhan Poto Tano, dengan menyusuri pinggir pantai Teluk Benete.
  • Akses:
    • Dapat dicapai dengan berbagai moda transportasi umum ataupun pribadi.
    • Jika menggunakan transportasi umum, bisa menggunakan Damri atau Sekongkang Trans, atau kapal cepat Tenggara satu dari Pelabuhan Kayangan menuju Poto Tano, kemudian dilanjutkan dengan travel.
  • Waktu Berkunjung:
    • Pada dasarnya bukit ini bisa dikunjungi setiap saat.
    • Musim penghujan sebaiknya dihindari karena kondisi bisa menjadi licin.
    • Januari-April, bukit dipenuhi dengan rumput dan pohonan hijau yang subur.
    • Di musim kering, masih menyimpan keindahan dengan pemandangan tanah kecoklatan.
  • Aktivitas:
    • Mendaki: Terdapat jalur pendakian yang tergolong cukup mudah.
    • Menyaksikan Gemerlap Lampu: Dapat menikmati pemandangan lampu dari power plant milik PT. Amman Mineral dan rumah sekitarnya.
    • Fotografi: Banyak spot foto instagramable dengan pemandangan laut yang mengagumkan sebagai background.
    • Camping: Suasana bukit yang menyenangkan, cocok untuk camping, baik malam maupun pagi hari.
    • Menikmati Matahari Terbit dan Terbenam: Menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang indah, dengan rerumputan yang basah oleh embun dan aroma tanah yang khas.
  • Keunikan:
    • Memungkinkan pengunjung untuk menikmati sunset dan sunrise dari lokasi yang sama.
    • Keindahan alami yang dikombinasikan dengan keindahan buatan seperti gemerlap lampu pada malam hari.

Poin-poin ini memberikan gambaran tentang keunikan dan keindahan yang ditawarkan Bukit Pantai Benete sebagai destinasi wisata yang menarik.

| Baca : Danau Laputi Di Sumba Timur Danau Yang Jernih Dan Mitos Belut Apu

Aktivitas

Pantai Benete dikenal karena ketenangannya. Itu faktanya. Itu tidak berarti pantai terlihat membosankan atau menjemukan! Di sisi lain, terlihat menarik karena kehadiran banyak kapal yang sering lewat dan mampir di pelabuhan terdekat. Karena itu, wisatawan harus memanfaatkan nuansa fotografi dan jalan-jalan. Mereka tidak harus memperhatikan waktu, pada kenyataannya. Itu karena pantai menawarkan suasana yang baik terlepas dari waktu. Misalnya, terasa menyegarkan di pagi hari dan tenang di sore hari. Sedangkan untuk nuansa yang lebih meriah, wisatawan harus datang pada siang hari.

Selain jalan-jalan dan fotografi, Pantai Benete juga cocok untuk relaksasi. Mengapa demikian? Suasana damai adalah satu hal. Tapi pantai juga dilengkapi dengan fasilitas yang bagus terutama gazebo. Wisatawan dapat menggunakan ini dengan bebas dan bersantai di dalamnya sesuka hati mereka. Fasilitas unggulan berikutnya adalah keberadaan restoran lokal yang berada di dekat garis pantai. Dengan demikian, wisatawan dapat makan makanan laut atau hidangan lokal lainnya sambil menonton pemandangan laut! Sedangkan untuk minumannya, pilihan terbaik adalah minuman kelapa muda.

Kemungkinan Pantai Benete menjadi lebih ramai ketika senja datang. Pada saat itu, pengunjung mencari angin semilir dan pemandangan matahari terbenam yang romantis! Mereka bahkan belum pulang sebelum malam tiba. Tujuannya adalah untuk menyaksikan lampu-lampu berkilauan kapal yang berkumpul di pelabuhan terdekat. Satu hal, cuaca menjadi lebih dingin di malam hari sehingga wisatawan harus mengenakan jaket yang nyaman dan hangat saat berkunjung nanti.

| Baca : Eksplorasi Bawah Laut Memukau di Gili Keramat, Permata Tersembunyi Sumbawa

Rute Menuju Pantai Benete

Dari Kota Jakarta, wisatawan hanya perlu mendapatkan pesawat terbang di Bandara Internasional Soekarno – Hatta dan menuju ke Kabupaten Sumbawa (Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III). Penerbangan ini mungkin memakan waktu sekitar 4 jam dan 5 menit. Begitu wisatawan tiba di Kota Sumbawa Besar, tujuan mereka berikutnya tidak lain adalah Pantai Benete. Jaraknya 141 km, sehingga perjalanan bisa memakan waktu sekitar 3 jam dan 3 menit. Akan lebih cepat jika wisatawan mengambil Jalan Lintas Sumbawa.

Leave A Comment