Pantai Penggajawa Pantai Hamparan Batu Hijau Biru Yang Indah Di Flores

Pantai Penggajawa Pantai Hamparan Batu Hijau Biru Yang Indah Di Flores

Pantai Penggajawa Flores merupakan Permata Biru di Ujung Timur Indonesia. Flores adalah sebuah pulau yang memiliki banyak objek wisata yang menakjubkan. Mulai dari keajaiban dunia seperti Danau Tiga Warna (Danau Kelimutu) yang terus berubah warna dan pantainya yang indah dengan pemandangan bawah laut sangat eksotis. Untuk pantai, Anda pasti pernah mendengar atau bahkan mengunjungi daerah pantai berpasir hitam. Juga pantai berpasir putih sudah tahu atau pernah berkunjung. Pantai Penggajawa terletak di tengah Flores, di Kecamatan Nangapanda, Kabupaten Ende. Orang sering menyebutnya “batu hijau Penggajawa”.

Keistimewaan Pantai Penggajawa

Pantai Penggajawa mendapatkan julukannya, Pantai Biru, dari ribuan batu berwarna biru yang menyebar sepanjang pantainya. Batu biru ini merupakan hasil dari aktivitas vulkanik setempat yang telah membentuk mineral-mineral unik. Warnanya bervariasi antara biru muda hingga biru tua, tergantung pada pencahayaan dan sudut pandang1.

Namun, pantai ini tak hanya menawarkan batu biru yang indah. Pantainya yang luas dengan pasir putih dan ombak biru jernih menjadi tempat bermain yang sempurna bagi semua usia. Selain itu, pemandangan matahari terbenam di sini juga sangat mempesona.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Pantai Penggajawa

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda nikmati selama berada di Pantai Penggajawa:

Berjalan-jalan di Pantai: Jelajahi hamparan batu biru di Pantai Penggajawa dan rasakan ombak yang bermain di kaki Anda.
Fotografi: Pantai ini adalah lokasi luar biasa untuk fotografi, baik itu foto pemandangan alam atau potret diri Anda.
Berenang dan Bersantai: Air laut yang bersih membuat Pantai Penggajawa sangat cocok untuk berenang atau sekadar bermain air.
Menikmati Matahari Terbenam: Datanglah di waktu sore untuk merasakan suasana romantis saat matahari terbenam.

| Baca : Selat Pantar Di Kepulauan Alor Sebanding Laut Karibia Di Amerika Tengah

Bagaimana ke Pantai Penggajawa?

Untuk mengunjungi Pantai Penggajawa, Anda harus terlebih dahulu naik angkutan umum ke stasiun Ndao. Kemudian, Anda bisa menggunakan transportasi umum ke Nanga Penda. Sesampainya disana, Anda akan disambut biru pirus batu berwarna yang mendominasi pantai. Jelajahi keunikan warna alami bebatuan pesisirnya. Tidak hanya biru atau biru kehijauan, batu-batu lainnya bahkan berwarna ungu, merah, putih, kuning, dan bahkan berlapis-lapis. Batu-batu ini tidak hanya memiliki satu bentuk. Ada berbagai bentuk batu yang memiliki warna natural. Ada persegi, segitiga, bulat sampai oval dengan ukuran beragam. Mulai dari ukuran mungil sampai yang terbesar.

Dari Kota Ende, Anda bisa menuju Pantai Penggajawa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Perjalanan ke Pantai Penggajawa memakan waktu sekitar 2 sampai 3 jam dengan melewati beberapa jalan berkelok dan menanjak2.

 

Pantai Penggajawa Flores Nusa Tenggara Timur

Pantai Penggajawa Flores Nusa Tenggara Timur | instagram @nm_bondan

| Baca : Gunung Inerie Bajawa Piramida Alam Yang Menakjubkan Di Flores

Pantai Penggajawa memiliki pemandangan yang mempesona dengan air laut yang jernih, yang mencerminkan warna batu yang indah di dalamnya.Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat bukit Ende dan pulau di seberang laut. Tebing kapur hijau di sepanjang pantai menambah keindahan pemandangan.

Pemerintah daerah belum mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata Pantai Penggajawa.. Jangan heran jika Anda menemukan pantai yang indah ini masih sangat sepi. Namun tidak ada cinderamata khas kerajinan batu penggajawa. Tidak ada restoran ikan bakar, karena di sepanjang garis pantai yang indah ini hanya ada hamparan tanaman hijau dan perbukitan. Mayoritas orang di sekitar Pantai Penggajawa bekerja sebagai penambang batu. Mereka mengumpulkan batu dari pantai atau dasar laut, lalu disortir menurut warna, bentuk, dan ukurannya. Setiap minggu akan ada kolektor dari kota, sekantong batu berharga Rp 25.000. Harganya bisa dua kali lipat saat masuk di toko bahan bangunan.Tips Mengunjungi Pantai Penggajawa

Tips Mengunjungi Pantai Penggajawa

  • Perlindungan dari Matahari
  • Jangan lupa membawa pelindung matahari, seperti krim pelembab, topi, dan kacamata hitam.
  • Menjaga Kebersihan Lingkungan
  • Jangan meninggalkan sampah dan selalu berusaha menjaga kebersihan pantai.

| Baca : Kota Maumere Tempat Yang Sempurna Menjelajahi Keindahan Flores

Penginapan

Rekomendasi yang baik bagi mereka yang ingin tinggal semalam adalah mencari penginapan di kota terdekat, Ende.
Jika biasanya Anda mengumpulkan kerang saat berada di pantai, di sini Anda bisa mengumpulkan batu-batu berwarna yang sepertinya tak berujung yang dibawa oleh ombak. Menurut penduduk setempat, batu-batu itu selalu ‘terdampar’ di pagi hari, meski sudah dikumpulkan  setiap hari oleh penduduk untuk diperdagangkan, batu-batu ini selau ada tersedia.

Pantai Penggajawa, pantai indah dengan batu biru uniknya, adalah tempat yang wajib dikunjungi saat berlibur di Flores. Dengan pesona alamnya yang indah, pantai ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan sekaligus menjadi pelengkap sempurna untuk liburan Anda di Nusa Tenggara Timur.

Leave A Comment