Taman Laut Tumbak Tempat Diving Terbaik Di Sulawesi Utara Setelah Bunaken

Taman Laut Tumbak Tempat Diving Terbaik Di Sulawesi Utara Setelah Bunaken

Taman Laut Tumbak merupakan salah satu potensi wisata paling menakjubkan di Sulawesi Utara setelah Bunaken. Saat ini, publikasi dan informasi tentang Tumbak di Desa tumbak minahasa tenggara sulawesi utara tidak banyak. Tapi, tahukah Anda bahwa Tumbak memiliki taman laut yang menakjubkan? Keindahannya mirip dengan apa yang mungkin Anda ketahui di Taman Laut Bunaken.

Salah satu hal yang menjadi ciri Tumbak dan menjadi berbeda dengan Bunaken adalah pulau-pulau kecil dengan pasir putih. Pemandangannya adalah panorama laut yang mengagumkan yang hanya bisa Anda temui di tempat ini. Air laut jernih dengan air Tumbak biru sangat bagus dan indah. Karena air yang jernih, keindahan karang yang tersebar dapat dengan jelas terlihat dari permukaan.

Pulau baling-baling - Tumbak minahasa tenggara sulawesi utara | Instagram ???? @anginbiruhijau

Pulau baling-baling – Tumbak Minahasa Tenggara Sulawesi Utara | Instagram ???? @anginbiruhijau

| Baca : Pulau Siladen Di Taman Nasional Bunaken Manado

Lokasi

Taman Laut Tumbak terletak di Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara. Tumbak berasal dari singkatan tumbuhan mangrove yang hidup di sekitar Desa Tumbak. Anda harus melakukan perjalanan selama tiga jam dari kota Manado untuk mencapai desa Tumbak. Desa Tumbak dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan. Di sini, Anda akan menemukan beberapa pulau kecil berpasir putih seperti Pulau Baling-Baling, Pulau Ponteng, dan lainnya. Keindahan bawah lautnya sama menakjubkannya dengan taman laut terkenal di Bunaken.

Desa Tumbak menawarkan atmosfer yang damai dan tenang, jauh dari keramaian, memungkinkan Anda untuk terhubung dengan alam secara mendalam. Air yang jernih dan tenang menghampar di tepian pulau-pulau ini. Pohon-pohon kelapa yang bergoyang dan bukit-bukit hijau menghiasi pemandangan. Penduduk setempat menjalani kehidupan sederhana yang selaras dengan lingkungan sekitar. Mengunjungi Desa Tumbak mungkin membutuhkan sedikit usaha, tetapi Anda akan mendapatkan hadiah berupa surga tropis yang tidak ternoda.

Aktivitas

Taman Laut Tumbak menawarkan berbagai aktivitas seru bagi pengunjung untuk dinikmati. Anda dapat menghabiskan hari yang santai sambil menikmati matahari di pantai berpasir putih yang indah dan berenang di air biru yang jernih. Pantai-pantai ini sempurna untuk berjemur, bermain permainan pantai, membangun istana pasir, atau hanya bersantai di kursi pantai menikmati pemandangan pulau yang indah.

Ketika matahari mulai terbenam, menuju ke sisi barat pulau untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Menyaksikan matahari terbenam di atas laut adalah pengalaman yang magis ketika langit menyala dalam warna oranye cerah dan merah muda. Gemuruh lembut ombak menjadi latar belakang yang tenang.

Setelah matahari terbenam, pergi untuk snorkeling dan temukan kehidupan laut yang kaya di bawah laut. Gerombolan ikan tropis dan karang berwarna-warni menciptakan petualangan bawah laut yang tak terlupakan. Tempat-tempat snorkeling di sekitar Taman Laut Tumbak memiliki ekosistem yang beragam yang siap untuk dieksplorasi. Berenang bersama penyu laut dan lihat karang dengan warna-warna yang penuh kehidupan seperti ungu, biru, dan hijau.

Dengan pantai yang indah, matahari terbenam yang dramatis, dan snorkeling yang luar biasa, Taman Laut Tumbak memiliki banyak aktivitas seru bagi pengunjung yang ingin memanfaatkan liburan di pulau ini dengan sepenuhnya.

| Baca : Wisata Khas Pulau Pahawang Surga Bagi Pecinta Snorkeling

Snorkeling & Diving

Taman Laut Tumbak menawarkan lebih dari 20 lokasi snorkeling utama yang dapat dieksplorasi oleh pengunjung. Air biru yang jernih memungkinkan Anda untuk melihat kehidupan laut yang beragam dan berwarna di bawah permukaan. Beberapa lokasi snorkeling terbaik meliputi:

Napo Kipas – Dinamai dari pohon kipas laut yang ditemukan di sini, lokasi ini memiliki terumbu karang cantik dan gerombolan ikan. Pohon kipas laut ini bergoyang dengan lembut mengikuti arus laut, sebuah pemandangan yang mempesona.

Bohaga Mangrove – Snorkeling melalui ekosistem mangrove yang unik dan amati makhluk laut yang berteduh di sini. Perhatikan ikan bohaga, udang, dan kepiting yang bersembunyi di antara akar-akar.

Small Bohaga – Situs yang dangkal sempurna untuk snorkeler pemula. Temui ikan bohaga kecil dan pipa laut berenang di dekat permukaan air. Lereng berpasir ini memberikan akses yang mudah masuk dan keluar.

MFT 1 & MFT 2 – Singkatan dari Minahasa Tenggara Forest 1 dan 2, lokasi ini memiliki terumbu karang keras dan lunak yang sehat. Cari ikan badut bersarang di dalam sea anemone.

Taman Karang – lokasi ini dengan tepat namanya berisi terumbu karang berwarna-warni, sponges, dan penghuni terumbu lainnya. Amati triggers, angels, dan wrasses bermanuver melalui terumbu karang.

Pintu Samudra –  turun melalui saluran ke dunia bawah laut yang penuh dengan aktivitas laut. Lihat gerombolan ikan barracuda dan ikan tenggiri berlari cepat melewati Anda.

Menyelam di Tumbak akan membawa Anda ke hamparan panorama karang yang luas, karang keras atau karang lunak. Di sana, Anda bahkan bisa melihat sea fan coral di area seluas 300 m pada kedalaman 3-6 m.

Hutan Bakau

Hutan bakau di Taman Laut Tumbak menyediakan area alam yang indah untuk dieksplorasi. Saat Anda berjalan di atas jembatan kayu yang dibangun di seluruh hutan bakau, Anda akan dikelilingi oleh lingkungan yang tergenang air setiap kali pasang surut. Hutan bakau merupakan ekosistem pesisir yang penting, menyediakan area penangkaran yang dilindungi untuk ikan muda dan kehidupan laut lainnya.

Hutan bakau memiliki struktur akar aerial yang unik yang membantu mereka bertahan di habitat yang penuh tantangan seperti terendam air laut dan lumpur dengan oksigen rendah. Terdapat sekitar tujuh spesies bakau yang ditemukan di Tumbak, menawarkan keragaman struktur akar yang dapat diamati. Saat Anda menjelajahi kusut akar bakau, perhatikanlah makhluk-makhluk yang bergantung pada habitat ini seperti kepiting, ular, dan burung. Hutan bakau di Taman Laut Tumbak adalah tempat yang sempurna untuk menghargai air laut pasang surut.

| Baca :Kepulauan Kei Pulau Paling Asli Dan Pulau Paling Tenggara Di Indonesia

Akomodasi

Salah satu daya tarik utama Taman Laut Tumbak adalah Water cottage  yang terletak di Pulau Tumbak. Cottage di atas air ini memberikan pengalaman keindahan alam yang unik.

Water cottage dibangun di atas tiang di atas laut, dengan panel lantai kaca yang memungkinkan Anda memandang langsung ke dalam air biru jernih di bawahnya. Setiap cottage memiliki area sundeck pribadi dengan kursi santai yang sempurna untuk berjemur, melihat bintang, atau sekadar bersantai sambil menikmati pemandangan laut yang megah.

Dengan harga sekitar 350.000 IDR (sekitar $25 USD) per malam, Water cottage  menawarkan pengalaman mewah yang terjangkau. Para tamu dapat menyaksikan matahari terbenam yang menakjubkan di atas laut dengan latar belakang Gunung Soputan, sebuah gunung api di Minahasa Selatan.

Water cottage menyediakan tempat peristirahatan yang tenang dikelilingi oleh alam. Tidurlah dengan suara lembut ombak yang mengalun di bawah Anda. Di pagi hari, bangunlah dengan langit cerah dan pemandangan panoramik yang memperlihatkan keindahan Taman Laut Tumbak yang tenang.

Pulau Baling-Baling

Pulau Baling-Baling adalah salah satu pulau kecil yang mengelilingi Taman Laut Tumbak. Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih yang indah dan air jernih yang sempurna untuk berenang dan snorkeling.

Saat Anda tiba di Pulau Baling-Baling, Anda akan disambut oleh pasir putih lembut dan pepohonan kelapa yang berkibar. Berjalanlah di sepanjang pantai dan rasakan pasir di antara jari kaki Anda atau temukan tempat teduh di bawah pohon kelapa untuk bersantai. Pulau ini cukup kecil untuk dijelajahi sepenuhnya dengan berjalan kaki.

Daya tarik sebenarnya adalah air yang masih asri yang mengelilingi Pulau Baling-Baling. Masuklah ke dalam air dari pantai dan Anda akan disambut dengan air hangat yang menyenangkan dalam warna-warna biru dan hijau yang indah. Keterlihatan di bawah air sangat baik, memungkinkan Anda melihat sekolah ikan berwarna-warni dan formasi karang kecil tanpa perlu menyelam.

Pastikan untuk membawa peralatan snorkeling, karena Pulau Baling-Baling memiliki snorkeling terbaik di sekitar Taman Laut Tumbak. Berenang di dekat pantai dan Anda akan menemukan diri Anda mengapung di atas rumput laut yang meliuk-liuk dan terumbu karang yang menakjubkan. Spesies ikan yang umum ditemukan di daerah ini termasuk ikan angelfish, ikan parrotfish, ikan kupu-kupu, dan lain-lain. Pada saat surut, formasi karang yang menarik muncul dari laut.

Dengan pantai yang sempurna seperti kartu pos dan lanskap bawah lautnya, Pulau Baling-Baling adalah tempat yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang menjelajahi keindahan alam Taman Laut Tumbak. Habiskan satu hari berjemur di pasir, snorkeling di terumbu karang, dan biarkan segala kekhawatiran menghilang di air yang tenang.

| Baca : Pesona dan Legenda Danau Biru Kolaka

Pulau Ponteng – Pulau Kecil dengan Pemandangan yang Menakjubkan

Pulau Ponteng adalah pulau kecil lainnya di dekat Taman Laut Tumbak yang menawarkan pemandangan alam yang mengagumkan. Pulau ini tidak berpenghuni dan penuh dengan alam yang asli. Anda dapat berjalan-jalan mengelilingi pulau untuk sepenuhnya menikmati keindahan sekitarnya. Pantainya memiliki pasir putih lembut dan air di sekitar Pulau Ponteng sangat jernih.

Meskipun pulau ini kecil, namun pemandangannya sangat memukau. Fotografer akan menyukai mengabadikan momen di Pulau Ponteng dari berbagai sudut pandang. Pemandangan laut biru yang bertemu dengan pantai berpasir putih sangat menakjubkan. Dari beberapa sudut, Anda dapat memotret seluruh pulau dalam satu bingkai.

Berenang dan snorkeling di sekitar Pulau Ponteng adalah pengalaman yang luar biasa. Pemandangan bawah air di sini memiliki ikan berwarna-warni dan terumbu karang. Airnya dangkal dan tenang, sehingga cocok untuk semua usia. Diamlah mengapung di punggung dan tataplah langit biru cerah, atau masuk ke bawah air untuk melihat lebih dekat kehidupan laut.

Anda dapat menyewa perahu untuk mencapai Pulau Ponteng dan menghabiskan setengah hari menikmati keindahan alamnya. Bawa bekal makan siang dan jadikan ini sebagai perjalanan pulau yang santai. Pulau Ponteng mungkin kecil, tetapi tidak kekurangan keindahan visual dan ketenangan.

| Baca : Bukit Merese Tempat Menyaksikan Sunrise Terbaik Di Lombok

Informasi Perjalanan

Untuk mencapai Taman Laut Tumbak, berikut adalah alamat dan informasi rute perjalanan:

Alamat: Taman Laut Tumbak terletak di Desa Tumbak, Kecamatan Pusomaen, Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara.

Rute: Dari Manado, Anda dapat mencapai Tumbak dalam sekitar 3 jam atau sekitar 90 km. Rute yang bisa Anda ambil adalah jalan utama Manado – Tomohon.

Pilihan Transportasi:

Mobil – Anda dapat menyewa mobil di Manado dan mengemudi ke Tumbak. Rute yang cukup sederhana mengikuti jalan utama. Mengemudi sendiri memungkinkan fleksibilitas untuk berhenti di mana pun Anda inginkan di sepanjang jalan.

Bus – Terdapat bus umum yang pergi dari Manado ke Kabupaten Minahasa Tenggara di mana Anda dapat turun di pemberhentian Tumbak. Perjalanan dengan bus membutuhkan waktu sekitar 3 jam.

Motor – Motor dapat disewa di Manado. Rutenya sebagian besar mengikuti jalan utama sehingga mudah untuk dinavigasi. Mengendarai motor memungkinkan Anda untuk pergi dengan kecepatan Anda sendiri.

Tumbak Adventure Trip – Bergabung dengan paket wisata ke Tumbak dapat mengurus semua pengaturan transportasi untuk Anda. Tur umumnya menyediakan penjemputan dan pengantaran di hotel di Manado.

Jika Anda ingin menikmati keindahan pantai Tumbak, maka pilihan yang paling disukai adalah dengan mengambil akomodasi sewa dan tinggal di sana setidaknya selama 2 hari. Ada sebuah pondok yang bisa Anda sewa, dan itu terletak tepat di atas lautan Tumbak. Anda bisa sampai di pondok dengan menggunakan speedboat dan dibutuhkan sekitar 15 menit dari Desa Tumbak.

Leave A Comment