Selat Pantar Di Kepulauan Alor Sebanding Laut Karibia Di Amerika Tengah

Selat Pantar Di Kepulauan Alor Sebanding Laut Karibia Di Amerika Tengah

Selat Pantar, yang terletak di Kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur, telah lama menjadi magnet bagi para penyelam dan penggemar kegiatan laut berkat perairannya yang jernih dan beragam kehidupan bawah lautnya yang sebanding dengan Laut Karibia di dekat Amerika Tengah. Wilayah ini yang belum banyak tersentuh oleh wisatawan massal, menjanjikan pengalaman petualangan yang eksklusif bagi siapa saja yang datang

Selat ini berada di antara Pulau Alor dan Pantar di kepulauan Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Selat sempit ini memiliki banyak pulau kecil yang indah, seperti Pulau Kepa, Pura, Ternate, Buaya, dan Tereweng. Air terjun memiliki suara dan arus yang kuat. Arus dingin datang dengan cepat, membunuh ikan kecil dan menengah di dekat pantai.

Setidaknya ada 26 situs menyelam sekitar pulau-pulau Kepa, Pura, Ternate, dan Tanjung Matap, dan pantai Papa Jahe (Alor) – termasuk ikan hiu terkenal. Di situs ini, penyelam bisa bermain dengan kelompok hiu yang ramah. Di perairan sekitar Papa Jahe, Anda juga bisa pergi menyelam di malam hari.

Selat Pantar Timur Nusa Tenggara Timur

Selat Pantar Timur Nusa Tenggara Timur | Facebook ???? @Swinli Sukarto Amung

| Baca :Harga Tiket Masuk Lopo Pantai Oesapa Kupang

Keunikan Selat Pantar di Kepulauan Alor

Selat Pantar menawarkan daya tarik spektakuler yang tak tertandingi oleh kebanyakan destinasi lain di Indonesia. Berikut ini beberapa alasan mengapa Selat Pantar di Kepulauan Alor begitu istimewa:

Kekayaan Biota Laut

Perairan di sekitar Selat Pantar dikenal dengan biodiversitasnya yang tinggi. Ini adalah surga bagi yang hobi snorkeling atau diving karena dihuni oleh berbagai spesies terumbu karang, ikan, dan makhluk laut lainnya.

Arus yang Menantang

Selat Pantar memiliki arus yang cukup kuat yang dapat menghadirkan tantangan tersendiri bagi para penyelam yang berpengalaman.

Perairan yang Jernih

Visibilitas yang tinggi membuat seluruh keindahan bawah air Selat Pantar dapat dinikmati dengan maksimal.

Pertemuan Dua Lautan

Selat Pantar adalah tempat bertemunya Lautan Pasifik dengan Lautan Hindia, sehingga menciptakan habitat yang kaya untuk berbagai spesies laut.

Budaya Lokal yang Otentik dan Suvenir

Kepulauan Alor tidak hanya kaya akan keindahan alam bawah laut, tetapi juga budaya lokal yang masih sangat kental dan autentik.

Dengan kain tenun Alor yang terkenal, Anda dapat menambah koleksi pribadi Anda. Anda dapat membeli kain berkualitas tinggi di Desa Alor Kecil, yang berjarak sekitar 12 kilometer dari Kalabahi. Anda juga dapat mendapatkan kain tersebut dari petugas di Museum Alor di Jalan Dipenegoro atau di pasar Kalabahi.

| Baca :Pantai Mawi Lombok Tengah

Aktivitas Populer di Selat Pantar

Bagi Anda yang tergoda untuk merasakan pengalaman di Selat Pantar, berikut beberapa kegiatan yang dapat dilakukan:

Penyelaman dan Snorkeling

Eksplore kehidupan bawah laut dengan penyelaman atau snorkeling. Ada banyak titik selam yang terkenal di sini, seperti Kal’s Dream dan Shark Close. Untuk penyelam, Selat Pantar adalah surga di bumi. Lembaga pelayanan diving berpengalaman seperti Dive Alor (www.divealor.com) dan Alor Dive (www.alordive.com).

Pengamatan Paus dan Lumba-lumba

Pada musim-musim tertentu, Anda berkesempatan untuk melihat paus dan lumba-lumba yang bermigrasi melalui selat.

Berkenalan Dengan Budaya Lokal

Kunjungi desa-desa di sekitar Kepulauan Alor untuk mempelajari lebih lanjut tentang kebudayaan dan tradisi setempat.

Memancing

Coba keahlian Anda dalam memancing di salah satu lokasi memancing terbaik Indonesia.

Selain menyelam, snorkeling juga menyenangkan. Anda dapat berjalan-jalan dan menikmati pantai yang tenang dan bersih di Pulau Kepadan Alor Kecil sambil menunggu kelompok lumba-lumba lewat, atau menikmati arus bawah air untuk mendengar suara air terjun.

| Baca : Harga Tiket Masuk Bumi Perkemahan Senggani Tulungagung

Tips Mengunjungi Selat Pantar

  • Waktu Terbaik untuk Berkunjung

Terbaik untuk berkunjung adalah pada musim kering antara bulan April dan Oktober.

  • Perlengkapan Selam

Pastikan Anda membawa atau menyewa peralatan selam yang bagus dan telah diverifikasi keamanannya.

  • Persiapan Fisik

Karena arus yang kuat, persiapan fisik yang baik sangat disarankan, terutama untuk penyelaman.

  • Penghormatan Terhadap Budaya Lokal

Selalu tunjukkan rasa hormat terhadap adat dan kebiasaan masyarakat setempat.

Kepulauan Alor, termasuk daerah dekat Selat Pantar, adalah daerah endemik nyamuk malaria. Pastikan Anda membawa anti-nyamuk, anti-serangga, atau obat-obatan anti-malaria.

Di Kalabahi di malam hari, banyak remaja mabuk duduk sisi jalan dan kadang-kadang menciptakan masalah jadi harap berhati-hati ketika berjalan di malam hari.

Makanan

Pada malam hari, banyak warung makan menjual ikan bakar, soto, dan sate ayam di dekat pelabuhan.

Penginapan

La Petite Kepa Homestay di Pulau Kepa milik warga negara Perancis dan merupakan tempat favorit bagi wisatawan mancanegara. Bungalow tersedia di sini. Di Kalabahi Kota, hotel yang nyaman tersedia seperti Hotel Adi Dharma,  Hotel Pelangi Indah, dan Hotel Nusa Kenari Indah.

| Baca : Harga Tiket Masuk Candi Gedung Songo Semarang

Bagaimana Cara Menuju Selat Pantar?

Untuk mencapai Selat Pantar, Anda biasanya harus terbang ke Kupang, ibu kota Nusa Tenggara Timur, dan kemudian mengambil penerbangan domestik ke Alor. Selanjutnya, Anda dapat menyewa kapal untuk membawa Anda ke beberapa titik menarik di Selat Pantar.

Setiap hari ada penerbangan dari Kupang ke Alor dengan TransNusa (TransNusa Alor: 0386-21039)). Dari Kupang, jadwal penerbangan resmi di pagi hari dari 06.00-07.00. Ketika cuaca buruk, penerbangan biasanya ditunda sampai sore hari atau bahkan dibatalkan.

Anda dapat menyewa mobil atau motor yang tersedia di bandara Mali di Alor ke Kalabahi. Dari sini, Anda dapat mengambil motorboat atau speed boat ke Selat Pantar atau pulau-pulau terdekat. Untuk transportasi darat di Alor, Anda dapat mengambil bemo (angkutan kota hanya dalam Kalabahi), ojek, mobil sewaan, atau jip yang dimodifikasi (penduduk setempat mengenalnya “panser”). Untuk rental mobil, silahkan hubungi 0386-21030 ( Pak Kris Dami)

Dua kali seminggu, ada perahu motor dari dan ke Kupang dan sekali seminggu dari dan ke Atapupu di Pulau Timor. Selain itu, dua kali sebulan, kapal Pelni (Pelni Alor: 0386-21195) berasal dari Makasar, Kupang, Lombok, Ende dan Bali tujuan akhir di Pelabuhan Kalabahi di Alor.

Selat Pantar di Kepulauan Alor menawarkan perpaduan sempurna antara petualangan alam dan kekayaan budaya lokal yang tidak banyak ditemukan di tempat lain. Ini adalah destinasi yang sempurna bagi para petualang yang ingin mencari pengalaman baru dan unik, jauh dari jalan yang ramai dilalui wisatawan. Bukalah mata Anda untuk menyaksikan keindahan yang ditawarkan oleh perairan dan daratan di Selat Pantar.

 

Leave A Comment