Wisata Khas Pulau Pahawang Surga Bagi Pecinta Snorkeling

Wisata Khas Pulau Pahawang Surga Bagi Pecinta Snorkeling

Jika Anda menyukai kekayaan bawah laut, Wisata Khas Pulau Pahawang akan menjadi langkah yang tepat untuk Anda. Pulau ini sering dikatakan sebagai surga bagi pecinta snorkeling atau diving karena keindahan biota bawah lautnya yang luar biasa. Terletak di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung di pulau Sumatra, Pulau Pahawang ini dibagi menjadi dua wilayah, Pahawang Besar dan Pahawang Kecil.

Salah satu Wisata Khas Pulau Pahawang untuk dilakukan di pulau Pahawang ini adalah snorkling. Semua snorkeler akan terpesona akan karang dan kehidupan laut yang berwarna-warni dengan air yang jernih. Ada juga satu tempat snorkeling yang juga merupakan situs perkembangbiakan clownfish, dipopulerkan oleh kartun Finding Nemo. Ada juga tempat di mana Anda dapat menemukan karang yang ditransplantasikan oleh penduduk setempat.

Selain dua Kepulauan Pahawang, ada banyak pulau-pulau lain di daerah sekitarnya. Sebagian besar Wisata Khas Pulau Pahawang berada di Pahawang Besar sementara Pahawang Kecil terdiri dari cottage kecil dan pantai yang menawan. Beberapa pihak mengatakan bahwa Pahawang Kecil disewa oleh pasangan Perancis, pengunjung disediakan dengan Cottage kecil yang lucu untuk ditempati. Ada banyak agen perjalanan yang menawarkan satu hari perjalanan ke Pulau Pahawang dengan biaya sekitar Rp 130,000-250,000. Jika Anda berencana untuk bermalam, perjalanan akan membutuhkan biaya sekitar Rp 450.000.

Lingkungan Sekitar

Di Pahawang Besar, Anda bisa melakukan perjalanan di sekitar pulau dengan berjalan kaki atau sepeda motor. Menurut penduduk setempat, dibutuhkan sekitar 30 menit dengan sepeda motor untuk bepergian di seluruh pulau Pahawang Besar. Sementara itu di Pahawang Kecil, Anda cukup berjalan kaki untuk menjelajahi sekitar pulau.

| Baca : Wisata Lembah Hijau Di Lampung Pusat Pendidikan Dan Hiburan Terpadu

Pulau Tegal Mas

Dikenal sebagai Tegalmas Island, adalah pulau kecil yang terletak di Indonesia. Pulau ini terletak di Kepulauan Seribu, di lepas pantai Jakarta. Pulau Tegalmas menawarkan keindahan alam yang menarik dan menjadi tujuan wisata populer di wilayah tersebut. Di sana, pengunjung dapat menikmati pasir putih yang indah, air laut yang jernih, dan kehidupan bawah laut yang kaya.

Pulau Tegalmas adalah tempat yang sempurna untuk berjemur, bersantai, dan berenang di laut. Wisatawan juga dapat melakukan penyelaman atau snorkeling  untuk menelusuri keindahan terumbu karang yang ada di sekitar pulau. Terdapat juga fasilitas penginapan dan restoran di pulau ini, sehingga pengunjung dapat menginap semalam atau menikmati hidangan laut segar.

Untuk mencapai Pulau Tegalmas, Anda dapat menggunakan kapal dari Marina Ancol di Jakarta. Perjalanan memakan waktu sekitar satu hingga dua jam tergantung pada kondisi cuaca dan lalu lintas laut. Pastikan untuk memeriksa jadwal kapal sebelum pergi ke sana.

Apabila Anda berencana mengunjungi Pulau Tegalmas, disarankan untuk membawa peralatan snorkeling sendiri atau menyewanya di tempat penyewaan yang tersedia. Juga, jangan lupa untuk membawa perlengkapan pribadi seperti pakaian renang, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari.

| Baca : Cagar Alam Kepulauan Krakatau Warisan Alam Erupsi Gunung Berapi Terdahsyat

Aktifitas dan Wisata Khas Pulau Pahawang

Wisata Khas Pulau Pahawang yang paling utama adalah snorkeling. Terdapat banyak titik snorkeling di sekitar Pulau Pahawang. Diantaranya terdapat kapal nelayan yang karam. Kapal ini menjadi tempat berkumpulnya banyak ikan dan hewan-hewan laut lainnya.

Selain snorkeling, Anda dapat menjelajahi sekitar pulau dengan menggunakan perahu sambil menyaksikan keindahan di atas permukaan laut. Di antara sisi pulau, terdapat deretan pohon nyiur yang banyak. Di bagian yang lain, terdapat rimba dengan beberapa pohon besar di sekitarnya.

| Baca : Gili Sudak Serangkaian Keindahan Pulau Kecil Di Lombok

      Pulau Rubiah Di Sabang Salah Satu Tempat Menyelam Terbaik Di Dunia

Penginapan dan Homestay di Pulau Pahawang

Bagi Anda yang ingin bermalam di Pulau Pahawang, terdapat beberapa penginapan yang dapat Anda pilih yaitu:

  1. Bumi Pahawang
  2. Homestay Arifin
  3. Villa Terapung Pondok Bagoes

Mencapai Lokasi Pulau Pahawang

Dari Jakarta, Anda bisa sampai ke Pulau Pahawang via Merak pelabuhan. Dari sana, Anda dapat mengambil feri ke pelabuhan Bakauheni di Provinsi Lampung. Anda dapat melakukan perjalanan ke pelabuhan yang mengarah ke Pulau Pahawang menggunakan mobil sewaan atau angkutan umum.

Cara lain untuk mendapatkan Pulau Pahawang dari Jakarta adalah dengan mengambil penerbangan ke kota Lampung. Dari Bandar Lampung, Anda dapat menuju ke pantai di Kecamatan Klara terletak di Kabupaten Pesawaran. Pantai ini adalah tempat di mana wisatawan yang berniat untuk pergi ke Pulau Pahawang. Perjalanan dari pantai ke Pulau Pahawang memakan waktu sekitar 90 menit dengan menggunakan feri reguler.

Leave A Comment