Pulau Poya Lisa Pulau Yang Sangat Indah Di Kepulauan Togean

Pulau Poya Lisa Pulau Yang Sangat Indah Di Kepulauan Togean

Pulau kecil Poya Lisa berada di Taman Nasional Togean di Sulawesi Tengah. Poya Lisa, yang unik dan benar-benar tidak terlihat di peta, adalah liburan yang sempurna untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk dan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari kota. Keindahannya yang luar biasa dan keramahan orang-orang yang tinggal di pulau kecil ini pasti akan menarik perhatian Anda dan meninggalkan kenangan yang tak terlupakan.

Pulau yang mempesona ini terdiri dari hanya lima hektar pasir putih yang berkilau di bawah sinar matahari dan dikelilingi oleh laut pirus yang kaya akan terumbu karang yang indah. Pulau kecil ini cantik, dengan dua pantai yang berjajar dengan bangku kecil untuk menonton matahari terbenam. Poya Lisa selalu sangat ramai, bahkan di “musim puncak”. Jadi, jika Anda suka privasi dan ketenangan, ini adalah pilihan yang tepat.

Jejak Keluarga dan Warisan Kultural

Pulau Bomba, pulau yang paling dekat dengan Poya Lisa, dimiliki oleh Bapak Ismael, seorang perawat terdaftar. 15 tahun yang lalu, Bapak Ismael membangun resor di pulau itu dan mengelolanya secara pribadi bersama keluarganya. Orang-orang percaya bahwa Poya Lisa diambil namanya dari orang pertama yang menanam pohon kelapa di pulau.

Selain lingkungan yang tentu saja indah dan praktis, Poya Lisa terkenal karena keramahan yang luar biasa, yang membuatnya jauh terpisah dari yang lainnya. Bapak Ismael dan keluarganya membuat Anda merasa diterima dan di rumah, dan pesona ini ditambahkan dan keramahan melengkapi suasana yang mempesona, menciptakan suasana yang sempurna untuk membuat perjalanan Anda menghangatkan hati dan tak terlupakan.

Kecil Tapi Mempesona

Meski hanya menghiasi lautan dengan luas 5 hektar, Poya Lisa menyajikan pesona alam yang tidak tertandingi. Pasirnya yang putih bersih berpadu apik dengan lautnya yang biru toska, membentuk sebuah lukisan alam yang sempurna. Kehadiran terumbu karang yang menakjubkan menambah nilai plus bagi pulau ini, menjadikannya bukan hanya surga bagi penggila pantai tetapi juga bagi para penyelam yang mencari keindahan bawah laut.

Pulau ini dihiasi oleh dua pantai yang masing-masing menawarkan keistimewaannya sendiri, lengkap dengan bangku-bangku antik yang menjadi saksi bisu keindahan matahari terbenam yang memukau. Meskipun popularitasnya kian meningkat, Poya Lisa berhasil menyimpan rahasia kedamaian dan ketenangan, serasa menjadi pulau pribadi bagi setiap pengunjung yang beruntung menginjakkan kaki di sana.

| Baca : Pulau Kadidiri Togean Surga Menyelam Yang Terpencil Di Segitiga Terumbu Karang

Aktivitas seru di  Poya Lisa

Daya tarik utama dari Poya Lisa adalah suasana terpencil dengan sempurna, jauh dari asap dan polusi dari kota-kota besar, dan bahkan jauh dari peradaban lain. Selain wisata yang kebetulan pada surga tersembunyi dan orang-orang yang bekerja di sana, pulau ini tidak berpenghuni. Menikmati keindahan alam yang masih alami dan pemandangan laut Poya Lisa yang murni, dan biarkan tubuh Anda rileks, menenangkan mata dan menyegarkan pikiran dan jiwa Anda.

Berenang ke laut biru, dan menikmati sensasi campuran panas matahari dan air dingin. Snorkeling untuk mengintip di bawah permukaan kaca di karang berwarna cerah, beramai-ramai dengan segala macam makhluk yang menarik dan luar biasa. Resor ini juga menyediakan perahu dayung (dalam jarak cukup dekat,) benar-benar gratis! Ini petualangan perahu kayu dapat digunakan untuk menemukan titik snorkeling, atau tinggal di atas kapal  dan mencoba tangan Anda untuk memancing.

Poya Lisa sendiri tidak memiliki banyak tempat menyelam, dan karena itu tidak memiliki peralatan sewa diving yang memadai, tapi perahu yang tersedia untuk membawa Anda ke tempat menyelam di pulau-pulau sekitarnya.

Beberapa pulau lainnya juga terletak dekat, masing-masing dengan daya tarik tersendiri dan daya tarik khusus untuk membuatnya layak dikunjungi. Naik perahu dapat diberikan atas permintaan untuk ini tujuan yang lebih jauh dengan harga yang sangat murah, terutama bila dibandingkan dengan resor lain di sekitarnya. Perjalanan panjang selalu datang dengan tambahan makan siang dikemas oleh Poya Lisa Resort.

| Baca :Pantai Nihiwatu Pantai Terbaik Yang Belum Populer Di Kalangan Wisatawan

Pulau Bomba ditempuh hanya 10 menit, dan merupakan pulau terdekat dengan Poya Lisa. Menyewa perahu kecil untuk menelusuri rawa-rawa bakau yang lebat dalam perjalanan ke Bomba. Di desa Bomba, Anda dapat mengamati cara hidup tradisional mereka dan saksi tangan pertama bagaimana gula dibuat dari pohon-pohon palem. Menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari desa untuk menjelajahi gua-gua kelelawar raksasa.

Pulau Kadidiri adalah tempat menyelam terkenal di dunia, dan tujuan pasca populer di Kepulauan Togean. Ini adalah sekitar 2 jam perjalanan waktu dalam sebuah perahu kecil dari Poya Lisa. Kadidiri ditutupi hujan hutan lebat dan berbatasan dengan formasi karang kuno. Terumbu karang penghalang dan atol indah mendukung lebih dari seribu spesies makhluk laut, banyak yang terancam punah dan dilindungi. Terumbu karang dapat dieksplorasi melalui snorkeling atau menyelam, tetapi juga sangat terlihat dari dalam perahu Anda, melalui perairan yang sangat jelas.

Una-Una adalah sebuah pulau vulkanik, yang terbentuk sebagai akibat langsung dari letusan Gunung Colo. Satu yang menarik dengan produk alam vulkanik pulau adalah bahwa pantai tidak seperti pasir putih di pulau-pulau lain di sekitarnya, pantai Una-Una adalah hitam mencolok. Una-Una menawarkan berbagai tempat menyelam yang spektakuler, tidak kurang menakjubkan daripada yang di Kadidiri, namun karena perairan yang lebih dalam dan arus yang keras, maka spot hanya cocok untuk penyelam tingkat lanjut.

Kepedulian Lingkungan dan Ketenangan
Pulau ini membawa pesan tentang pelestarian alam melalui pengelolaannya yang hati-hati dan kearifan lokal yang kental. Pulau Poya Lisa tidak hanya menawarkan keindahan dan ketenangan tetapi juga pelajaran tentang bagaimana pariwisata dan alam dapat beriringan dengan harmonis.

| Baca : Pantai Siuri Pantai Yang Sangat Unik Dengan Pasir Emas Berkilauan Di Poso

Tips

Tidak ada sinyal ponsel di Pulau Poya Lisa. Apakah itu menjadi suatu berkat atau kutuk, Anda memutuskan, tapi itu adalah sesuatu yang perlu diingat jika Anda harus tetap berkomunikasi untuk beberapa alasan atau yang lain.

Bepergian dengan teman-teman bisa lebih menyenangkan dan juga dapat meringankan biaya pengeluaran seperti menyewa perahu.

Tidak tersedia sumber air tawar di pulau. Resor ini membuat perjalanan setiap hari ke Bomba untuk untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Sementara itu lebih dari cukup, tamu harus berusaha untuk menggunakan air secara bijaksana.

Jangan lupa sunblock Anda, topi, kacamata hitam dan penangkal nyamuk.

Menjaga kebersihandan ambil bagian untuk melestarikan lingkungan yang indah ini.

Mencapai Poya Lisa

Mencapai apa pun di Togeans adalah aktifitas yang menantang, dan tidak harus dicoba kecuali jika Anda memiliki waktu luang. Ada beberapa cara untuk sampai ke sana, masing-masing mengambil setidaknya beberapa hari. Anda dapat terbang ke Bandar Udara Internasional Manado di Sulawesi Utara. Ada juga penerbangan domestik dari Jakarta dan Bali dengan Garuda Indonesia dan Lion Air. Sriwijaya Air juga mengoperasikan penerbangan dari Jakarta ke Luwuk, kota terdekat ke Kepulauan Togean.

Dari Manado, Jakarta atau Makassar, mengejar salah satu penerbangan yang ada dua kali seminggu ke Luwuk, dilanjutkan dengan bus selama 8 jam ke Ampana, Sulawesi Tengah. Ampana merupakan pelabuhan biasa untuk Kepulauan Togean. Dari Ampana, kapal berangkat ke Poya Lisa setiap Selasa, Rabu, Jumat dan Minggu pada jam 9 pagi dan Perjalanan memakan waktu 2 ½ jam.

Atau dapat pergi melalui Kota Gorontalo, yang dapat dicapai dari Manado dengan bus, mobil carteran, atau pesawat. Dari Gorontalo, feri berangkat seminggu sekali selama12 jam yang melelahkan perjalanan ke Wakai. Feri Gorontalo-Wakai berangkat setiap hari Selasa, Rabu dan Jumat pukul 20.00. Setelah itu, menyewa perahu kecil selama 2 jam menuju Poya Lisa.

| Baca : Kepulauan Banda Tempat Menyelam Terbaik Di Indonesia Setelah Raja Ampat

Penginapan di Poya Lisa

Poya Lisa Resort adalah sebuah resor yang indah dengan nilai yang sangat baik, dan merupakan satu-satunya di pulau. Ini terdiri dari 9 bungalow yang nyaman ditempatkan rapi berturut-turut di pantai berpasir putih yang menghadap Pulau Bomba.Cottage cukup mendasar, namun bersih, luas dan baik. Masing-masing dilengkapi dengan tempat tidur, meja, kursi, cermin, lampu, kelambu, air, dan teras pribadi yang menyenangkan. Beberapa bungalow memiliki kamar mandi pribadi, sementara yang lain memiliki satu untuk bersama.

Ruang makan umum menghadap laut, dan merupakan tempat yang sangat baik untuk bertemu dan ngobrol dengan wisatawan lain dan keluarga lokal. Resor ini menyajikan makanan 4 kali sehari, masing-masing dengan menu yang lezat, segar, dan berlimpah! Sarapan biasanya bermacam-macam kue-kue, sementara makan siang dan makan malam yang sebagian besar makanan laut, nasi, mie dan sayuran, selalu dimasak dengan cara yang berbeda. Sebuah makanan ringan buatan sendiri kecil disajikan antara makan siang dan makan malam, dan air, teh dan kopi yang tersedia setiap saat sepanjang hari. Bir dan Arak yang merupakan anggur beras lokal, juga tersedia berdasarkan permintaan.

Poya Lisa Resort
Kantor Perwakilan:
Jl. Tanjung Api No. 5, Kompleks SMKN I, Ampana
Phone: 62 464 22304
62 852 4100 3685
Email: [email protected]
Website: http://poyalisa.blogspot.com/

| Baca : Pantai Talise : Simfoni Alam dan Kebangkitan di Hati Kota Palu

Sebuah Perjalanan yang Tak Terlupakan

Dengan menyediakan momen-momen kedamaian, ketenangan, dan kontemplasi, ditambah dengan pemandangan yang menakjubkan, sajian kuliner yang lezat, dan warisan budaya yang kaya, Pulau Poya Lisa menjelma menjadi destinasi yang harus dikunjungi bagi mereka yang mencari keaslian pengalaman. Pulau ini bukan semata tempat berlibur; ia adalah pintu gerbang menuju pengalaman yang berakar dalam kesederhanaan, keindahan, dan keramahan yang tak terlupakan.

10 Comments

  1. addaazis 13/03/2023 at 17:07 - Reply

    Pernah kah kamu datang ke sebuah tempat yang tidak ada di Peta?

    Di Peta Pulau kecil ini tidak terlihat. Namun jangan tertipu oleh hal itu. Pulau kecil yang eksotis ini terletak dalam gugusan taman nasional kepulauan Togean Sulawesi Tengah.

    Sebagian pulau ini tertutup karang. Sebagian lagi pasir putih dengan vegetasi yang beragam. Kami beberapa kali bertemu dengan burung laut.

    Pemandangan bawah lautnya cantik. Sebagian tertutup karang dan rumput laut. Begitu juga ikan dan hewan air lainnya.

    Pulau ini di kelola dan dimiliki seorang ibu pensiunan kepala sekolah SD di desa Bomba.

    Ketika kami beberapa waktu tinggal di sana. Kondisinya bukan musim liburan. Hanya ada saya, seorang teman dan pengelola pulau. Berasa jadi Leonardo de Caprio di film the beach atau Tom Hanks di Cast Away.

    Pulau Poya tempat untuk mencari ketenangan dan menikmati alam yang nyaris belum terjamah.

  2. bowosusilo94 13/03/2023 at 17:10 - Reply

    Huwaaaaaaa pengen kesini kak. Beberapa bulan lalu sempet main ke Sulawesi, tapi blm sempet kesini. Wajib agendakan lagi nih ????

  3. lala_mynotetrip 13/03/2023 at 17:12 - Reply

    Dari namanya unik, pulau Poya dan view nya keren banget cakep..asri ???????? the real tempat Healing sih ini

  4. arengaindonesia 13/03/2023 at 17:14 - Reply

    Ya ampun cantik sekali ya pulau pria ini. Saya belum pernah rasanya mendatangi tempat-tempat yang saking terpencilnya tidak ada dalam peta..????

  5. maukasitau 13/03/2023 at 17:15 - Reply

    MaasyaaAllaah such a privilege ye Kak???? Itu bayarnya berapa ya ke pengelola?

  6. dodon_jerry 13/03/2023 at 17:17 - Reply

    wowww apakah ini yang dinamakan hidden gems? beneran seru dan menyenangkan bisa sampai kesini dan menikmati keindahannya

  7. travelerien 13/03/2023 at 17:20 - Reply

    Captionnya jadi ngingetin The Beach, film aktor fav ku ???? tapi di situ ga ada tanaman ganja kayak di film kan? ???? Jadi penasaran gimana cara ibu pensiunan mengelola pulaunya

  8. ida_tahmidah 13/03/2023 at 17:22 - Reply

    Wah pulau cantik banget ini…terlalu pelosok kah sehingga ga ada di peta…????

  9. naqiyyahsyam 13/03/2023 at 17:23 - Reply

    Menarik sekali, pantesan orang kaya mau beli pulau ya bikin ketenangan jiwa ya, keren nih Pulau Poya

  10. fanny_dcatqueen 13/03/2023 at 17:24 - Reply

    Dikelola dan dimiliki Ama ibu pensiunan?????. Ini mksdnya seluruh pulau itu punya private atau orang pribadi mas? Aku jadi penasaran berapa income si ibu sebelum pensiun ????

Leave A Comment