Taman Herbal Insani Depok : Harga Tiket, Atraksi dan Aktivitas Seru Berakhir Pekan

Taman Herbal Insani Depok : Harga Tiket, Atraksi dan Aktivitas Seru Berakhir Pekan

Taman Herbal Insani adalah taman herbal populer yang terletak di Depok, Jawa Barat, Indonesia. Dikenal sebagai salah satu taman herbal terbesar di Indonesia, Taman Herbal Insani menawarkan pengunjung kesempatan untuk menjelajahi berbagai tanaman herbal dan merasakan atraksi bertema herbal.

Taman ini terletak di area seluas 300 hektar di kawasan Sawangan, Depok, sekitar 30 km selatan Jakarta. Dengan lokasinya yang strategis di luar ibu kota Indonesia, Taman Herbal Insani menjadi tujuan wisata sehari yang ideal bagi mereka yang ingin keluar dari kota.

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Juni 2024

buka setiap hari mulai jam 7 pagi hingga jam 5 sore. Taman tutup pada hari libur tertentu.

Harga tiketnya adalah sebagai berikut:

– Dewasa (usia 13+): Rp 25.000

– Anak (usia 3-12 tahun): Rp 15.000

– Balita (usia 0-2): Gratis

Tiket dapat dibeli di gerbang masuk utama pada saat kedatangan. Uang tunai dan kartu kredit diterima.

Tiket diskon tersedia untuk:

– Warga lanjut usia (usia 60+): Rp 20.000

– Pengunjung penyandang disabilitas: Rp 20.000

– Pelajar dengan ID pelajar yang masih berlaku: Rp 20.000

Tiket masuk tahunan juga tersedia yang menawarkan tiket masuk tanpa batas selama satu tahun. Tiket masuk tahunan berharga Rp 250.000 untuk dewasa dan Rp 150.000 untuk anak-anak/pelajar.

Berikut adalah ringkasan dari harga tiket wahana di Taman Herbal Insani Depok:

  • Memanah (per 6 anak panah), Becak, Memberi Makan Kelinci, Terapi Ikan (per 30 menit) memiliki harga masing-masing Rp 10.000.
  • Sepeda Air, Balon Air, Hand Boat memiliki harga masing-masing Rp 15.000.
  • Wahana Bebek atau Berkuda memiliki harga Rp 20.000.
  • Sewa Saung dimulai dari Rp 150.000 hingga Rp 1.000.000.

Berikut ketentuan tiket masuk ke Taman Herbal Insani Depok:

  • Harga tiket masuk mencakup akses ke Spot Foto, Playground dan Kolam Renang .
  • Tiket masuk dapat dibeli langsung di loket.
  • Semua usia diperbolehkan masuk ke area Taman Herbal Insani.
  • Anak-anak yang berusia 3 tahun ke atas harus memiliki tiket masuk anak.
  • Pembelian tiket masuk hanya tersedia pada hari kunjungan dan tidak dapat melakukan reservasi sebelumnya.
Foto Taman Herbal Insani Depok Jawa Barat

Foto Taman Herbal Insani Depok Jawa Barat | Facebook ???? : @Eka Purwanti

|Baca : [Terbaru] Taman Mini Indonesia Indah Menjelajahi Indonesia Dalam Satu Hari

Atraksi dan Aktivitas

Memiliki banyak atraksi dan aktivitas yang dapat dinikmati pengunjung. Sorotan utamanya adalah menjelajahi kebun herbal besar, yang memiliki lebih dari 300 jenis tanaman obat. Tersedia tur berpemandu di mana Anda dapat mempelajari tentang kegunaan dan manfaat berbagai tumbuhan. Ada juga trotoar melewati taman yang bisa Anda ikuti secara mandiri.

Menyejukkan diri di kolam renang adalah aktivitas populer lainnya. Terdapat beberapa kolam dengan kedalaman berbeda-beda, antara lain kolam renang utama, kolam anak, dan kolam jacuzzi. Kolam renang dikelilingi oleh tanaman hijau tropis, menciptakan suasana santai.

Sangat disarankan untuk mengikuti tur berpemandu ke pabrik herbal. Anda akan melihat bagaimana berbagai pengobatan tradisional dan produk herbal diproduksi. Proses ekstraksi dan pembotolan minyak atsiri sangat menarik untuk dicermati.

Di spa hotel, Anda dapat memanjakan diri dengan berbagai perawatan seperti pijat herbal, aromaterapi, dan refleksiologi. Tonik jamu tradisional yang terbuat dari rempah segar juga disajikan di spa. Mendapatkan pijatan menggunakan minyak obat adalah cara sempurna untuk bersantai selama kunjungan Anda.

Foto Penginapan Taman Herbal Insani Depok Jawa Barat

Foto Penginapan Taman Herbal Insani Depok Jawa Barat | Facebook ???? : @ Tuti Adawiyah

|Baca : Puncak Cibodas Cipanas Resor Pegunungan Yang Paling Populer Di Dekat Jakarta

Akomodasi

Taman Herbal Insani menawarkan beberapa pilihan akomodasi bagi pengunjung yang ingin bermalam.

Hotel

Hotel Kencana di lokasi menawarkan kamar-kamar ber-AC dengan WiFi gratis. Tipe kamar meliputi kamar standar, deluxe, dan keluarga yang dapat menampung hingga 4 orang. Tarifnya mulai sekitar Rp 550.000 per malam. Hotel ini memiliki restoran, kolam renang luar ruangan, dan pusat kebugaran.

Pondok

Untuk pengalaman menginap yang lebih berorientasi pada alam, pengunjung dapat memesan salah satu pondok taman atau vila yang terletak di seluruh kawasan. Akomodasi pedesaan ini memiliki atap jerami dan area teras yang menghadap ke taman. Harga cottage mulai sekitar Rp 350.000 per malam.

Perkemahan Taman Herbal Insani

memiliki area perkemahan dimana pengunjung dapat mendirikan tenda. Fasilitas dasar seperti toilet dan kamar mandi disediakan. Tarif berkemah sekitar Rp 200.000 per malam. Pengunjung harus membawa tenda dan perbekalan sendiri.

menawarkan beragam akomodasi mulai dari kamar hotel mewah hingga perkemahan dengan harga terjangkau, sehingga pengunjung dapat memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka. Pemesanan lebih awal disarankan, terutama selama musim puncak.

Makan

Memiliki beberapa pilihan tempat makan di lokasi untuk mengisi tenaga selama kunjungan Anda.

Restoran

Terdapat 3 restoran utama di Taman Herbal Insani:

– **Garden Cafe** – Kafe terbuka yang dikelilingi kebun herbal ini menyajikan masakan Indonesia dan Barat. Hidangan populernya antara lain Nasi Goreng, Ayam Bakar, Cap Cay, dan Sandwich Ayam Panggang.

– **Restoran Herbal** – Mengkhususkan diri pada masakan Indonesia menggunakan tanaman herbal yang ditanam di lokasi. Hidangan khasnya meliputi Soto Ayam, Pepes Ikan, Tumis Kangkung, dan makanan penutup seperti Lepet Pandan.

– **Food Court** – Untuk santapan cepat, food court memiliki kedai yang menyajikan segalanya mulai dari Bakso, Mie Ayam, Sate, Gado-Gado hingga es krim.

Contoh Menu dan Harga

Sebagian besar hidangan utama di Garden Cafe dan Herbal Restaurant dengan layanan lengkap berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 50.000 . Beberapa contoh item menu dan harga:

– Nasi Goreng – Rp 25.000

– Ayam Bakar dengan Sambal – Rp 40.000

– Gado-Gado – Rp 30.000

– Soto Ayam – Rp 25.000

– Pepes Ikan – Rp 45.000

Makanan ringan dan makanan kecil di food court berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 20000.. Misalnya semangkuk Bakso atau Mie Abengkuang harganya sekitar Rp 15.000. Sepiring Nasi Campur atau Gado-Gado berharga Rp 20.000. Minuman dan makanan penutup seharga Rp 5.000-Rp 10.000.

Restoran menerima pembayaran tunai dalam Rupiah Indonesia. Beberapa lokasi mungkin menerima kartu kredit. Dengan pilihan tempat makan yang beragam dan harga yang ramah di kantong, pengunjung dapat dengan mudah mencicipi masakan di Taman Herbal Insani.

Kolam Renang Taman Herbal Insani Depok Jawa Barat

Foto Kolam Renang Taman Herbal Insani Depok Jawa Barat | Facebook ???? : @Dewi Zulianti

|Baca : Harga Tiket Masuk Kebun Raya Bogor

Lokasi Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani terletak di Depok, Jawa Barat, yang merupakan tetangga dari wilayah metropolitan Jakarta. Berikut beberapa tip untuk pergi ke taman:

Dengan Mobil atau Taksi

Jika Anda mengemudi sendiri atau naik taksi ke Taman Herbal Insani, letaknya di Jl. KH. Abdul Halim, Kukusan, Beji, Depok. Taman ini berjarak sekitar 20 km dari Jakarta Pusat. Pastikan untuk merencanakan kemacetan lalu lintas Jakarta jika berkendara pada jam sibuk. Perjalanan taksi dari Jakarta ke taman biasanya memakan waktu 30-60 menit tergantung lalu lintas.

Dengan Transportasi Umum

Untuk mencapai Lokasi dengan angkutan umum, naik kereta komuter jalur KRL ke Stasiun Depok. Dari sana, Anda bisa naik ojek atau minibus lokal yang disebut angkot ke Jl. KH. Abdul Halim. Pintu masuk taman berjarak sekitar 1 km dari stasiun kereta. Keseluruhan perjalanan dari Stasiun Gambir Jakarta menuju Taman Herbal Insani akan memakan waktu sekitar 1,5 jam dengan kereta api dan taksi.

Alternatifnya, bus TransJakarta rute 6 dari Jakarta berangkat ke Depok, berhenti di dekat Taman Herbal Insani. Naik busway koridor 6 menuju Depok Town Square, lalu pindah ke minibus atau ojek untuk perjalanan singkat menuju pintu masuk taman. Pilihan bus dan taksi ini akan memakan waktu total sekitar 1-2 jam.

Periksa jadwal kereta, busway, dan bus saat ini sebelum menuju ke Taman Herbal Insani untuk memastikan Anda mengambil rute yang benar. Waktu di luar jam sibuk adalah waktu terbaik jika Anda ingin menghindari lalu lintas padat.

Fasilitas Taman Herbal Insani

Taman Herbal Insani memiliki fasilitas yang lengkap untuk membuat kunjungan Anda nyaman dan menyenangkan.

Parkir

Terdapat tempat parkir luas yang dapat menampung mobil, sepeda motor, dan bus. Parkir gratis bagi pengunjung. Area parkir terletak di dekat pintu masuk utama, memberikan akses mudah ke dalam taman.

 Wifi

WiFi gratis tersedia di seluruh area taman. Anda dapat terhubung ke jaringan WiFi “Taman Herbal Insani” untuk akses internet berkecepatan tinggi di perangkat Anda. Konektivitas WiFi dapat diandalkan dan kuat, memungkinkan Anda menggunakan internet dengan mudah, memeriksa email, memposting foto, dan banyak lagi selama kunjungan Anda.

Aksesibilitas

bertujuan untuk menjadi aksesibel dan inklusif bagi semua pengunjung. Taman ini memiliki jalur dan atraksi yang dapat diakses kursi roda. Kursi roda dapat dipinjam secara gratis di konter informasi. Toilet dilengkapi dengan bilik yang dapat diakses. Staf siap memberikan bantuan bila diperlukan. Mereka yang berkebutuhan khusus dapat menghubungi pihak taman terlebih dahulu untuk mengatur akomodasi.

Taman Herbal Insani di Depok, Jawa Barat adalah kebun raya unik dan pusat pendidikan herbal yang memberikan pengalaman mendalam tentang kekayaan warisan tanaman obat Indonesia.

Taman ini menampilkan lebih dari 300 spesies tanaman herbal dan obat-obatan dari Indonesia dan seluruh dunia, yang ditata dengan indah di lahan yang luas. Pengunjung dapat mempelajari tentang penggunaan tradisional tanaman ini di pabrik herbal dan pusat pengolahannya.

Keistimewaan Taman Herbal Insani meliputi labirin tanaman obat yang besar, taman langit gantung, dan area taman air dengan pemandian herbal dan perawatan spa. Kompleks ini juga menawarkan akomodasi wisma yang nyaman dan pilihan bersantap yang menyajikan masakan herbal sehat.

Dengan kombinasi keindahan alam, pameran interaktif, dan penekanan pada kesehatan holistik, Taman Herbal Insani menjadikan liburan yang mendidik dan menyegarkan dari Jakarta.

Leave A Comment