The Lost World Castle: Keajaiban Fantasi di Kaki Gunung Merapi

The Lost World Castle: Keajaiban Fantasi di Kaki Gunung Merapi

Terletak di daerah lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, The Lost World Castle muncul sebagai destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang mencari pengalaman unik dan menantang. Tempat ini, yang terinspirasi dari cerita dan keindahan klasik, menghadirkan suatu dunia fantasi yang seolah-olah terlepas dari realitas, menyediakan pemandangan spektakuler Gunung Merapi yang gagah dan alam sekitar yang masih asli. Sebagai sebuah kawasan wisata yang masih terbilang baru, The Lost World Castle berhasil menarik perhatian berkat konsep yang unik dan fotogenik, menjadikannya salah satu spot foto paling populer di Yogyakarta. Setiap sudutnya dirancang untuk menghadirkan sensasi seolah-olah pengunjung telah memasuki sebuah dunia yang hilang, penuh dengan petualangan dan misteri yang menunggu untuk dijelajahi.

Daya Tarik The Lost World Castle

Memiliki sejumlah daya tarik yang membuat destinasi ini menjadi populer di kalangan wisatawan, baik lokal maupun internasional. Berikut beberapa daya tarik utama dari The Lost World Castle:

  1. Pemandangan Gunung Merapi: Berlokasi di lereng Gunung Merapi,Menawarkan pemandangan yang spektakuler dari gunung berapi aktif ini. Keindahan alam sekitarnya menciptakan latar belakang yang sempurna untuk foto-foto yang memukau.
  2. Dek Observasi: Terdapat beberapa dek observasi yang memungkinkan pengunjung untuk menikmati pemandangan sekitar dari ketinggian, termasuk panorama Gunung Merapi dan lanskap pedesaan yang mempesona.
  3. Bangunan dengan Tema Kastil: Arsitektur The Lost World Castle terinspirasi dari kastil-kastil eropa kuno, memberikan suasana magis dan seolah memasuki dunia lain. Kastil ini menjadi latar yang sempurna untuk berfoto, baik bagi mereka yang menyukai fotografi pemandangan maupun potret diri.
  4. Aktivitas Petualangan: Tidak hanya menawarkan keindahan visual, tetapi juga berbagai aktivitas petualangan. Salah satunya adalah flying fox dimana pengunjung bisa merasakan sensasi terbang melintasi area dengan pemandangan alam yang menakjubkan di bawahnya.
  5. Spot Foto Unik: Disetiap sudutnya, pengunjung akan menemukan spot foto yang unik dan menarik. Mulai dari jembatan gantung, patung dinosaurus yang realistis, hingga replika bangunan kuno, semuanya dirancang untuk memberikan pengalaman fotografi yang tak terlupakan.
  6. Lokasi yang Mudah Diakses: Meskipun berada di lereng gunung, The Lost World Castle cukup mudah diakses dari pusat kota Yogyakarta. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk wisata setengah hari atau sebagai bagian dari perjalanan yang lebih panjang di area Yogyakarta.

Dengan daya tarik yang beragam ini, Berhasil menarik minat berbagai jenis pengunjung, dari keluarga yang mencari kegiatan bersama, pasangan yang menginginkan latar foto romantis, hingga para pencinta petualangan yang mencari keseruan baru.

Spot Foto Ikonik

Memiliki beberapa spot foto unik yang menarik para pengunjung untuk mengabadikan momen selama kunjungan mereka. Beberapa spot foto yang paling populer di antaranya adalah:

  1. Gerbang Kastil: Gerbang masuk utama  telah dirancang dengan detail yang megah dan klasik, serupa dengan gerbang kastil-kastil di Eropa, menjadikannya spot yang sempurna untuk mendapatkan foto dengan nuansa abad pertengahan.
  2. Pemandangan Merapi: Salah satu lokasi foto terbaik adalah dari titik-titik tertentu tempat Gunung Merapi terlihat jelas. Dari sini, pengunjung dapat mengambil foto dengan latar belakang gunung berapi ini yang merupakan ikon Jogja.
  3. Patung Dinosaurus: Area ini dilengkapi dengan berbagai patung dinosaurus yang seolah-olah membawa pengunjung ke zaman prasejarah. Spot ini sangat populer di kalangan anak-anak serta penggemar tema dinosaurus.
  4. Jembatan Gantung: Terdapat jembatan gantung yang menjadi spot menarik untuk berfoto karena pengunjung dapat menangkap pemandangan alam dari ketinggian serta sensasi berada ‘di atas udara’.
  5. Spot Rumah Hobbit: Terinspirasi dari rumah Hobbit di film “The Lord of the Rings”, ada bangunan-bangunan kecil berpintu bundar yang sangat fotogenik dan memberikan kesan unik pada foto-foto pengunjung.
  6. Pola Lantai Catur Raksasa: Di area tertentu ada pola lantai yang menyerupai papan catur raksasa, dimana pengunjung bisa mengambil gambar kreatif seolah sedang bermain catur dengan buah-buah catur yang sangat besar.
  7. Menara Pandang: Menara ini menyediakan pemandangan area sekitar yang lebih luas dan mendetail, ideal untuk mereka yang ingin mendapatkan foto panoramik dari ketinggian.
  8. Wall Art dan Mural: Beberapa dinding dihiasi dengan lukisan dinding atau mural yang menampilkan gambar-gambar fantasi dan mistis yang dapat menjadi latar menarik untuk foto.
  9. Throne of King: Ada tahta raja yang terbuat dari batu dan tampak kokoh, menawarkan suasana seakan pengunjung adalah bagian dari kerajaan kuno.
  10. Area Kastil Reruntuhan: Desain bangunan yang menyerupai kastil-kastil reruntuhan memberikan suasana dramatis dan misterius bagi mereka yang ingin foto dengan kesan ‘lost world’ yang autentik.

Spot-spot foto ini tidak hanya menyediakan peluang untuk mengambil gambar yang menarik namun juga memberikan kesan imersif yang memungkinkan pengunjung untuk benar-benar merasakan suasana petualangan dan fantasi selama berada di The Lost World Castle.

TIket masuk, Jam Operasional dan Fasilitas

Harga tiket masuk The Lost World Castle Mei 2024 : RP 30.000

Jam operasional : Senin – Minggu. jam 07.00-20.00 WIB

Fasilitas

Menyediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pengunjung. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp 30.000, pengunjung dapat menikmati akses ke beragam fasilitas dalam tempat wisata yang ramah keluarga ini, yang meliputi:

  • Spot Foto: Berbagai area yang didesain khusus untuk pengambilan foto, termasuk spot-spot dengan tema alam, kastil, dan dinosaurus.
  • Mushola: Fasilitas tempat ibadah yang bersih dan nyaman untuk pengunjung yang ingin melaksanakan shalat.
  • Toilet: Toilet umum yang terawat dan bersih untuk kebutuhan dasar pengunjung.
  • Area Parkir: Tempat parkir yang luas dan aman untuk kendaraan pribadi pengunjung.
  • Kantin atau Warung Makan: Tempat makan yang menyediakan aneka jajanan dan makanan untuk pengunjung yang ingin beristirahat dan makan.
  • Toko Souvenir: Tempat untuk membeli cenderamata atau oleh-oleh khas The Lost World Castle dan Yogyakarta.
  • Area Bermain Anak: Fasilitas bermain untuk anak-anak sehingga mereka pun bisa menikmati waktu kunjungan dengan aktivitas yang menyenangkan.
  • Flying Fox dan Beberapa Wisata Petualangan Lainnya: Bagi yang menyukai kegiatan lebih menantang dapat mencoba flying fox atau aktivitas petualangan lain yang tersedia dengan biaya tambahan.
  • Panduan Wisata: Tersedia panduan wisata yang dapat membantu menjelaskan berbagai aspek  dan menjawab pertanyaan dari pengunjung.

Fasilitas ini menunjukkan bahwa tempat wisata ini dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengunjung, baik untuk rekreasi maupun kebutuhan praktis

Waktu Terbaik Kunjungan

Waktu terbaik untuk mengunjunginya adalah pagi hari sekitar jam 07.00 WIB atau sore hari mulai jam 16.00 WIB

Alamat, Rute dan Transportasi

Alamat : Jl. Petung Merapi, Petung, Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55583

Rute

Terletak di lereng Gunung Merapi, Yogyakarta, dan dapat diakses melalui rute tertentu dari pusat kota Yogyakarta ataupun dari berbagai titik lain di wilayah tersebut. Berikut adalah cara untuk menuju ke Lokasinya:

  1. Dari pusat Kota Yogyakarta:
    • Anda bisa mengambil jalan menuju ke arah Cangkringan atau Kaliurang. Biasanya rute ini melalui Jalan Magelang atau Jalan Kaliurang yang kemudian terus ke utara.
    • Ikuti petunjuk arah menuju Kaliurang hingga sampai di pertigaan Pasar Pakem, lalu belok kanan ke arah Cangkringan.
    • Anda akan menemukan The Lost World Castle di Dusun Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.
  2. Dari Bandara Adisucipto:
    • Keluar dari bandara dan ambil arah ke timur menuju Jalan Solo.
    • Ikuti Jalan Solo hingga Anda bertemu dengan Ringroad Utara, lalu belok kiri ke Jalan Kaliurang.
    • Terus mengikuti Jalan Kaliurang menuju arah utara hingga sampai di pertigaan Pasar Pakem dan ambil arah kanan menuju Cangkringan.
    • The Lost World Castle akan berada di sebelah kanan jalan di Dusun Petung, Kepuharjo.
  3. Dari Terminal Bus:
    • Jika Anda datang dari terminal bus seperti Giwangan atau Jombor, Anda bisa mengambil bus atau angkutan umum menuju ke Kaliurang.
    • Turun di Pasar Pakem atau di pertigaan yang menuju ke Cangkringan.
    • Dari situ, pengunjung bisa menggunakan ojek atau transportasi online untuk sampai ke The Lost World Castle

Penting untuk mengetahui bahwa kondisi jalan menuju The Lost World Castle mungkin bisa berubah-ubah tergantung pada aktivitas Gunung Merapi dan cuaca, jadi selalu baik untuk memeriksa kondisi jalan dan cuaca sebelum berangkat. Selain itu, mengingat lokasinya yang cukup jauh dari pusat kota, penggunaan kendaraan pribadi atau sewaan mungkin lebih praktis.

The Lost World Castle tidak hanya menjadi sebuah destinasi wisata yang menawarkan pesona alam di kaki Gunung Merapi yang memesona, tetapi juga telah menjelma menjadi salah satu spot wisata viral 2024 di Yogyakarta yang sangat populer di kalangan pengguna TikTok dan Instagram. Lokasi ini menawarkan beragam titik foto yang sangat instagrammable, dari bangunan kastil tua yang unik hingga panorama alam yang luar biasa, cocok untuk mereka yang mencari konten menarik untuk media sosial mereka. Dengan pemandangan yang begitu istimewa dan kesempatan untuk mengambil foto yang sempurna di setiap sudut, The Lost World Castle pasti akan memukau setiap pengunjung dan membuat kunjungan ke Yogyakarta tak terlupakan. Jangan lewatkan kesempatan untuk memasukkan tempat ini dalam itinerari perjalanan Anda dan saksikan langsung mengapa tempat ini menjadi sensasi viral.

Leave A Comment