Bukit Lawang Tempat Perlindungan Orangutan Sumatera

Bukit Lawang Tempat Perlindungan Orangutan Sumatera

Menjelajahi hutan Sumatera dan memiliki petualangan outdoor dengan orangutan yang menemani Anda di desa hutan Bukit Lawang. Secara harfiah berarti “pintu ke bukit”, Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak di selatan Taman Nasional Gunung Leuseur. Bukit Lawang terletak sekitar 90 kilometer barat laut Medan, ibukota Sumatera Utara.

Bukit Lawang adalah pintu gerbang ke hutan Sumatera yang legendaris dengan medan licin,curam dan lereng berlumpur, menjelajahi hutan di sini merupakan petualangan yang tepat. Perjalanan melalui hutan yang mendebarkan dan dibawa ke dunia baru.

Di Bukit Lawang terdapat raksasa hutan yang lembut, orangutan, yang merupakan daya tarik utama di sini. Bukit Lawang adalah salah satu tempat terbaik di dunia bagi primata langka dan terancam punah ini. Melihat makhluk-makhluk anggun berayun melalui kanopi hutan karena mereka mencari makanan. Di sini merupakan salah satu komunitas kubu terbesar orangutan, dengan lebih dari 5000 dari mereka tinggal di sini.

Di Bukit Lawang juga terdapat Pusat rehabilitasi orangutan adalah di mana orangutan muda tanpa induk dilatih untuk hidup di alam liar. Pusat ini telah beroperasi sejak tahun 1973 dan saat ini menarik pengunjung dari seluruh dunia datang ke sini untuk melihat sekilas dari makhluk yang menakjubkan ini.

Jumlah orangutan di hutan mengalami penurunan sebagai akibat dari perburuan, perdagangan hewan dan kerusakan lingkungan. Pusat rehabilitasi membantu orangutan kembali ke habitat alami mereka dengan menempatkan mereka melalui pelatihan intensif sebelum dibebaskan kembali ke alam liar. Setelah pemimpin primata dikembalikan ke hutan, pusat rehabilitasi terus menyediakan suplemen makanan dan pemeriksaan rutin.

Tips

• Pastikan Anda sehat, fit dan siap karena mengarungi hutan Sumatera tidak selalu mudah.

• Karena dampak dari manusia, melalui perburuan dan penebangan yang telah mengancam orangutan selama beberapa dekade. Untuk alasan ini, ada aturan ketat di tempat untuk mengatur bagaimana pengunjung berinteraksi dengan flora dan fauna di sini.

• Membawa obat nyamuk & pacat.

• Setiap kali Anda perjalanan, pastikan untuk membawa tabir surya dan air.

• Pakai sepatu dengan grip yang baik karena tanah selalu licin.

• Pakai baju lengan panjang dan celana panjang.

• Di sini sering hujan lebat di sore hari; jadi bawalah jaket hujan dan tas tahan air untuk menutupi item Anda.

• Jangan membuang sampah sembarangan.

• Jangan memberi makan binatang.

Sovenir

Anda dapat membeli souvenir di toko dekat Sungai Bahorok.

Lingkungan Sekitar

Ketika Anda menjelajah jauh ke dalam hutan Sumatera, Anda dapat berkeliling menggunakan kaki Anda dan berjalan. Perjalanan melalui hutan liar dan berlumpur,cobalah melihat sekilas satwa liar asli. Taman ini adalah rumah bagi hewan Sumatera yang paling eksotis di dunia termasuk gajah, harimau, beruang madu, siamang,macan tutul,serta orangutan yang terkenal. Mendaki bukit untuk beberapa pemandangan yang luar biasa dari lanskap spektakuler. Selain itu, Anda dapat melanjutkan petualangan arung jeram di Sungai.

Bukit Lawang -Kabupaten Langkat – Sumatera Utara | Instagram 📸 @naitsirhc_d

Aktifitas

Trekking bermalam adalah favorit di antara pengunjung. Kebanyakan orang memilih perjalanan dua hari untuk meningkatkan kesempatan untuk melihat orangutan dan satwa liar lainnya di habitat alami mereka. Hal ini berbahaya bagi wisatawan sendirian di hutan sehingga setiap perjalanan harus dibimbing oleh seorang profesional. Pastikan Anda menginformasikan pemandu jika Anda terutama tertarik melihat tanaman atau hewan tertentu. Tarif pemandu termasuk makanan dasar, biaya buku, izin dan peralatan berkemah. Pastikan Anda juga meminta pemandu Anda untuk mengunjungi gua kelelawar. Ingat untuk berangkat lebih pagi karena Anda tidak akan mau ketinggalan momen pengalaman hutan Anda.

Jika menginap terlalu lama, Anda dapat mengatur pemandu untuk membawa Anda pada perjalanan selama beberapa jam. Ada juga sejumlah jalan-jalan singkat di sekitar Bukit Lawang yang tidak memerlukan pemandu atau izin.

Luangkan perjalanan liar menuruni jeram Sungai Bahorok menggunakan perahu karet. Hal ini harus dilakukan hanya di bawah pengawasan pemandu profesional karena jeram di sini bisa sangat kuat.

Mendapatkan dari dekat dan memberi makan orangutan. Ada dua kali makan: pukul 08.30 pagi dan 15:00; pada saat-saat ini, Anda dapat memberi mereka susu, pisang dan suplemen makanan lainnya yang disediakan oleh pusat rehabilitasi. Semua kegiatan dalam Taman Nasional Gunung Leuser harus dilakukan di bawah izin dan bimbingan oleh staf dari pusat rehabilitasi.

Jika Anda sudah siap tantangan, cobalah hiking ke puncak Gunung Leuseur (3404 meter). perjalanan epik ini memakan waktu sekitar 10-14 hari. Desa kecil Angasan adalah titik awal yang cocok. Lima hari pertama akan dihabiskan berjalan melalui hutan hujan yang masih perawan di mana primata langka sering terlihat. Anda harus sehat secara fisik dan disertai dengan pemandu.

Penginapan

Sebagian besar hotel di Bukit Lawang dijalankan oleh warga setempat. Berikut adalah alternatif untuk tinggal selama kunjungan Anda ke Bukit Lawang:

• Bukit Lawang Eco Lodge (+628126079983), sebuah penginapan ramah lingkungan yang terletak di hutan
• Noras Homestay & Restaurant (+62813620706561), terletak di sisi sawah dan material didominasi oleh pondok bambu.
• Wisma Leuser Sibayak
• Wisma Bukit Lawang Indah
• Indrah Lembah
• Garden Inn
• Jungle Inn

Makanan

Sebagian besar penginapan memiliki restoran, sehingga Anda dapat meminta pemilik untuk menyediakan makanan Anda. Sepanjang sungai, ada beberapa kafe kecil; di sini Anda dapat memiliki salad buah, nasi goreng dan makanan ringan.

Mencapai Lokasi

Dari Medan menggunakan mobil atau bus untuk sampai ke Bukit Lawang. Bus sering berangkat dari terminal bus Pinang Baris (terletak di Jalan Gatot Subroto). Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam.

Jika Anda bepergian dalam kelompok atau ingin sesuatu yang lebih nyaman daripada bus umum, Anda dapat menyewa mobil dengan perjalanan yang dapat diatur melalui sebagian besar tujuan wisata utama. National Rent Car (+624157744) yang terletak di Jl. Balai Kota 2 adalah alternatif yang baik.

Leave A Comment