Destinasi Wisata Alam Bukit Lawang Medan: Kekayaan Alam yang Mempesona

Destinasi Wisata Alam Bukit Lawang Medan: Kekayaan Alam yang Mempesona

Bukit Lawang merupakan gerbang utama untuk menjelajahi hutan Sumatera yang terkenal dengan medan yang licin, curam, dan berlumpur. Melakukan perjalanan melalui hutan ini akan memberikan pengalaman petualangan yang mengesankan, mengangkat Anda ke dunia yang baru.

Menjelajahi hutan Sumatera dan memperoleh pengalaman petualangan outdoor dengan orangutan sebagai teman di desa hutan Bukit Lawang. Secara harfiah, Bukit Lawang berarti “pintu ke bukit”. Desa ini terletak di bagian selatan Taman Nasional Gunung Leuser. Bukit Lawang berjarak sekitar 90 kilometer barat laut dari Medan, ibukota Sumatera Utara.

Daya Tarik Wisata Alam Bukit Lawang

Bukit Lawang adalah tempat di mana orangutan, raksasa hutan yang lembut, menjadi daya tarik utama. Tempat ini dianggap sebagai salah satu lokasi terbaik di dunia untuk melihat primata yang langka dan terancam punah ini. Anda dapat melihat makhluk-makhluk anggun ini berayun melalui kanopi hutan saat mereka mencari makanan. Bukit Lawang juga menjadi rumah bagi salah satu komunitas orangutan terbesar dengan populasi lebih dari 5000 individu.

Di Bukit Lawang, terdapat Pusat Rehabilitasi Orangutan di mana orangutan muda yang tidak memiliki induk dilatih untuk bertahan hidup di alam liar. Pusat ini telah beroperasi sejak tahun 1973 dan menarik kunjungan wisatawan dari berbagai penjuru dunia untuk melihat makhluk menakjubkan ini.

Jumlah orangutan di hutan ini mengalami penurunan drastis akibat perburuan, perdagangan hewan, dan kerusakan lingkungan. Pusat rehabilitasi bekerja untuk membantu orangutan kembali ke habitat alami mereka dengan memberikan pelatihan intensif sebelum dilepaskan kembali ke alam liar. Setelah pemimpin primata tersebut kembali ke hutan, pusat rehabilitasi tetap memberikan suplemen makanan dan pemeriksaan rutin untuk menjaga kesehatan mereka.

Bukit Lawang adalah tujuan wisata populer di Sumatera Utara yang terkenal dengan keindahan alamnya yang memukau dan atraksi uniknya. Berikut ini adalah daya tarik utama yang membuat Bukit Lawang menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi:

  1. Trekking di Hutan: Salah satu daya tarik utama Bukit Lawang adalah kesempatan untuk melakukan trekking yang seru dan menantang melalui hutan hujan lebat. Trekking ini memberikan pengunjung kesempatan untuk menjelajahi keindahan alam yang mempesona, melihat berbagai spesies satwa liar seperti orangutan, gajah, dan beragam jenis burung.
  2. Pusat Rehabilitasi Orangutan: Bukit Lawang juga merupakan pusat rehabilitasi orangutan yang menjadi bagian penting dari kawasan konservasi orangutan. Pengunjung memiliki kesempatan unik untuk melihat upaya rehabilitasi dan mengamati orangutan dengan dekat di habitat alaminya.
  3. Sungai Bohorok: Sungai Bohorok yang jernih merupakan daya tarik menawan lainnya di Bukit Lawang. Sungai ini memberikan suasana tenang dan pemandangan yang indah, di mana pengunjung dapat berpartisipasi dalam kegiatan tubing sungai atau sekadar bersantai di tepi sungai.
  4. Gua Kelalawar: Gua Kelalawar, juga dikenal sebagai Gua Kelelawar, adalah atraksi eksotis di Bukit Lawang. Gua ini terkenal dengan populasi kelelawar yang tinggi, dan pengunjung dapat melihat ribuan kelelawar beterbangan di dalam gua tersebut.

Bukit Lawang menawarkan pengalaman unik untuk menjelajahi kekayaan keajaiban alam dan keanekaragaman hayati Indonesia, menjadikannya destinasi wisata yang wajib dikunjungi bagi pecinta alam dan petualang.

| Baca : Gunung Sinabung Gunung Api Yang Dahsyat Dengan Pemandangan Yang Indah

Petualangan dan Eksplorasi Keindahan Alam Bukit Lawang

Jelajahi Aktivitas dan Petualangan Luar Ruangan adalah salah satu kegiatan yang sangat cocok untuk para petualang yang ingin mengeksplorasi keindahan alam dengan cara yang berbeda. Dalam paket ini, Anda akan diajak untuk melakukan berbagai aktivitas dan petualangan di luar ruangan, termasuk di antaranya adalah Tur Hutan Leuser dan petualangan di Goa Kampret.

Tur Hutan Leuser adalah salah satu aktivitas yang paling populer di Sumatera Utara. Sebagai hutan terbesar di Asia Tenggara, Hutan Leuser menawarkan pemandangan alam yang indah dan sangat mendalam. Anda akan memasuki hutan dan bebas berjalan kaki di sepanjang jalur yang penuh dengan flora dan fauna yang eksotis. Selain itu, Anda juga akan diajak untuk melintasi jembatan gantung dan menikmati pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian.

Petualangan di Goa Kampret juga akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Goa Kampret adalah gua alam di Sumatera Utara yang terkenal dengan stalaktit dan stalagmitnya yang besar dan indah. Di dalam gua, Anda akan merasakan sensasi ketegangan dan keberanian saat melewati jalan sempit dan berbatu. Namun, pengalaman dilengkapi dengan pemandangan yang spektakuler dan penuh kejenakaan.

Kedua pengalaman menggabungkan petualangan dan keindahan alam yang memukau. Para petualang akan merasa terkagum-kagum dengan pemandangan yang tak terlupakan dan memompa adrenalin yang akan terus teringat dalam diri mereka. Jika Anda adalah seseorang yang mencari petualangan dan keindahan alam, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi Aktivitas dan Petualangan Luar Ruangan ini.

Bukit Lawang di Medan adalah tujuan wisata yang sangat populer, terutama bagi pecinta alam dan penggemar petualangan. Berikut ini adalah beberapa aktivitas seru yang dapat dilakukan di Bukit Lawang:

Trekking

Aktivitas trekking adalah kegiatan utama di Bukit Lawang. Pengunjung dapat mengikuti petualangan trekking di Taman Nasional Gunung Leuser, sebuah cagar alam yang terkenal dan menjadi salah satu habitat terakhir orangutan di dunia. Trekking di sini memungkinkan Anda untuk menjelajahi alam yang indah, mendaki bukit, melintasi sungai, dan melihat keanekaragaman flora dan fauna.

Melihat Orangutan

Bukit Lawang dikenal sebagai lokasi yang signifikan untuk melihat orangutan. Selama perjalanan trekking, kesempatan bertemu dengan orangutan yang hidup di alam liar dapat terjadi. Mengamati orangutan dalam kegiatan bermain, mencari makanan, atau bersantai di atas pohon adalah pengalaman yang luar biasa dan tak terlupakan.

Melakukan pengamatan langsung dan memberi makan kepada orangutan juga memungkinkan. Dua kali sehari, pada pukul 08.30 pagi dan 15:00, para pengunjung dapat memberi mereka susu, pisang, dan suplemen makanan lainnya yang disediakan oleh pusat rehabilitasi. Namun, penting untuk diingat bahwa semua kegiatan di Taman Nasional Gunung Leuser harus dilakukan dengan izin dan bimbingan dari staf pusat rehabilitasi.

Jungle Camping

Untuk pengalaman yang lebih mendalam di hutan, Anda dapat memilih aktivitas jungle camping. Menginap di tengah hutan Gunung Leuser memungkinkan Anda merasakan kedamaian dan keindahan alam yang lebih intens. Bersama dengan pemandu lokal yang berpengalaman, Anda bisa merasakan petualangan memasak di atas api unggun, mendengarkan suara alam malam, dan menyaksikan kehidupan liar di dekat perkemahan.

Tubing dan Arung Jeram Sungai Bahorok

Aktivitas tubing adalah pilihan yang populer di Bukit Lawang. Anda dapat menyewa ban dalam dan terus terbawa arus sungai Bohorok yang indah. Menyusuri sungai ini memberikan sensasi petualangan menyenangkan sembari menikmati pemandangan sekitar.

Luangkan perjalanan liar menuruni arung  jeram Sungai Bahorok menggunakan perahu karet. Hal ini harus dilakukan hanya di bawah pengawasan pemandu profesional karena jeram di sini bisa sangat kuat.

Mendaki Gunung Sibayak

Jika Anda menyukai tantangan lebih berat, Anda dapat mempertimbangkan untuk mendaki Gunung Sibayak. Terletak sekitar 3 jam perjalanan dari Bukit Lawang, gunung ini menawarkan pemandangan indah dan pengalaman mendaki yang menantang. Pendakian ke puncak gunung akan memakan waktu sekitar 4 jam dan pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang memukau di sepanjang perjalanan.

Menyeberangi Sungai Batu

Selain kegiatan petualangan, Anda juga dapat menikmati aktivitas santai seperti menyeberangi Sungai Batu. Sungai ini terkenal karena bentuk batu-batu besar yang menghiasi dasarnya. Pengunjung dapat berjalan melalui sungai dan mengambil foto-foto menakjubkan dengan latar belakang batu-batu yang unik.

Selain itu, terdapat juga beberapa akomodasi, restoran, dan warung di sekitar Bukit Lawang yang menawarkan makanan lezat dan kenyamanan bagi para pengunjung.

Hiking ke puncak Gunung Leuseur

Jika Anda merasa siap untuk tantangan, rasakan keseruan mendaki ke puncak Gunung Leuser yang memiliki ketinggian 3404 meter. Perjalanan epik ini biasanya memakan waktu sekitar 10-14 hari. Desa kecil Angasan merupakan titik awal yang ideal untuk memulai petualangan ini. Selama lima hari pertama, Anda akan melewati hutan hujan yang masih alami, di mana sering terlihat primata langka. Penting untuk menjaga kesehatan fisik dan disertai oleh pemandu yang berpengalaman untuk menjalani perjalanan ini.

| Baca : Taman Nasional Batang Gadis: Perlindungan Harimau Sumatera hingga Kucing Emas

Tips

  • Pastikan Anda dalam keadaan sehat, bugar, dan siap untuk menghadapi tantangan menjelajahi hutan Sumatera yang tidak selalu mudah.
  • Hutan Sumatera telah terancam oleh aktivitas manusia seperti perburuan dan penebangan selama beberapa dekade, yang mengancam keberadaan orangutan. Oleh karena itu, terdapat aturan ketat yang mengatur interaksi pengunjung dengan flora dan fauna di tempat ini.
  • Pastikan untuk membawa obat nyamuk dan tindakan pencegahan terhadap pacat.
  • Selalu bawa tabir surya dan air saat bepergian.
  • Gunakan sepatu dengan grip yang baik karena tanahnya seringkali licin.
  • Kenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang.
  • Karena hujan sering terjadi di sore hari, selalu bawa jaket hujan dan tas tahan air untuk melindungi barang-barang Anda.
  • Jangan membuang sampah sembarangan.
  • Tidak diperbolehkan memberi makan binatang.

Cinderamata dan Oleh-Oleh Khas Medan

Jangan Lupa untuk membawa suvenir dan oleh-oleh khas Medan, Berikut adalah beberapa oleh-oleh khas Medan yang bisa Anda pertimbangkan untuk dibawa pulang:

  1. Bika Ambon: Bika Ambon adalah oleh-oleh yang terkenal dari Medan. Ini adalah kue tradisional dengan tekstur lembut dan manis yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, dan air kelapa. Bika Ambon tersedia dalam berbagai ukuran dan rasa seperti pandan, keju, cokelat, dan durian.
  2. Bolu Meranti: Bolu Meranti adalah oleh-oleh khas Medan yang terkenal. Ini adalah kue tradisional Medan yang terbuat dari campuran tepung, mentega, gula, dan telur. Bolu Meranti memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat. Selain rasa original, ada juga varian rasa lain seperti keju, stroberi, nanas, dan kacang.
  3. Amplang: Amplang adalah oleh-oleh khas Kota Medan yang terbuat dari ikan tenggiri yang digoreng kering. Biasanya hadir dalam bentuk keripik yang gurih dan renyah. Amplang adalah makanan ringan yang populer di Medan dan dapat ditemukan di pasar dan toko oleh-oleh.
  4. Biji Salak Medan: Biji Salak Medan adalah makanan manis yang terbuat dari tepung ketan yang dibentuk seperti biji salak. Makanan ini biasanya disajikan dengan saus gula merah atau kuah santan yang lezat. Biji Salak Medan adalah oleh-oleh yang populer dari Medan yang bisa Anda coba.

Pastikan untuk mencari toko oleh-oleh terpercaya untuk membeli produk-produk ini agar mendapatkan kualitas dan rasa terbaik. Selamat berbelanja dan selamat menikmati oleh-oleh khas Medan

Berikut adalah beberapa cinderamata khas Medan yang bisa Anda pertimbangkan:

  1. Kain Ulos: Kain Ulos adalah kain tradisional suku Batak yang berasal dari Sumatera Utara, termasuk Medan. Kain ini dihiasi dengan corak dan motif yang kaya akan makna dan melambangkan kekayaan budaya Batak. Kain Ulos bisa digunakan sebagai kain tenun, selendang, ataupun hiasan dinding. Ini adalah cinderamata yang indah dan bernilai tinggi dalam budaya Batak.
  2. Gantungan Kunci Ornamen Batak: Gantungan kunci dengan ornamen Batak adalah cinderamata khas Medan yang menggambarkan kekayaan budaya Batak. Ornamen ini bisa berupa miniatur rumah adat Batak, tugu silindung, hingga simbol-simbol suku Batak lainnya. Gantungan kunci ini merupakan cinderamata yang kecil dan mudah dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.
  3. Souvenir Durian Medan: Durian adalah salah satu buah yang terkenal dari Medan. Anda dapat membeli berbagai jenis oleh-oleh yang terkait dengan durian, seperti selai durian, dodol durian, atau permen durian. Dengan membeli oleh-oleh atau makanan ringan beraroma durian, Anda bisa membawa pulang cita rasa khas Medan.
  4. Kerajinan Tangan Kayu: Medan juga terkenal dengan kerajinan tangan kayunya. Anda bisa mencari kerajinan tangan unik, seperti ukiran kayu atau patung-patung tradisional yang dihiasi dengan hiasan Batak.

Pastikan untuk menjelajahi beberapa toko souvenir atau pasar tradisional di Medan untuk menemukan berbagai pilihan cinderamata khas Medan yang diinginkan. Selamat berbelanja!

Lingkungan Sekitar

Saat menjelajah jauh ke dalam hutan Sumatera, Anda dapat mengeksplorasi dengan berjalan kaki. Perjalanan melintasi hutan belantara yang berlumpur akan memberi kesempatan untuk melihat dari jauh keberadaan satwa liar asli. Taman ini menjadi habitat bagi berbagai spesies hewan langka di Sumatera, termasuk gajah, harimau, beruang madu, siamang, macan tutul, dan orangutan terkenal. Menanjak ke puncak bukit akan memberikan pemandangan lanskap spektakuler. Selain itu, Anda juga dapat merasakan petualangan seru arung jeram di Sungai.

Bukit Lawang -Kabupaten Langkat – Sumatera Utara | Instagram ???? @naitsirhc_d

| BacaPantai Pandan Sibolga : Pantai Pasir Putih Yang Sejuk Dan Menawan

Penginapan di Sekitar Bukit Lawang

Berikut beberapa rekomendasi hotel di Bukit Lawang, Medan beserta review, alamat, dan nomor telepon:

  1. Sam’s Bungalow: Hotel budget yang menawarkan kamar-kamar sederhana dengan restoran dan area taman. Alamat: Jalan Wahidin, Bukit Lawang. Nomor telepon: +62 852-6311-2592.
  2. Jungle Inn Bukit Lawang: Hotel yang berada di tepi sungai dengan restoran, area taman, dan teras dengan pemandangan yang indah. Interior hotel ini terbuat dari kayu, sedangkan kamar-kamar dilengkapi dengan balkon atau teras pribadi dan area duduk. Alamat: Jalan Bukit Lawang, Bukit Lawang. Nomor telepon: +62 853-7649-1222.
  3. Rindu Alam Hotel: Hotel yang menengah dengan kamar-kamar ber-AC dengan balkon atau teras dan kolam renang outdoor. Fasilitas hotel ini mencakup restoran, area taman, dan meja tur. Alamat: Jalan Bukit Lawang, Bukit Lawang. Nomor telepon: +62 812-6135-1293.
  4. Bukit Lawang Cottage: Hotel yang sederhana dan tenang dengan restoran dan area taman. Sebagian besar kamar memiliki balkon atau teras dan area duduk. Alamat: Jalan Bukit Lawang, Bukit Lawang. Nomor telepon: +62 813-7544-4884.

Selain hotel diatas masih ada pilihan hotel yang lain seperti di bawah ini

  • Bukit Lawang Eco Lodge  , sebuah akomodasi yang mendukung kelestarian lingkungan dan terletak di tengah hutan,
  • Noras Homestay & Restaurant , terletak di samping sawah dan merupakan pondok-pondok bambu yang nyaman.
  • Wisma Leuser Sibayak
  • Wisma Bukit Lawang Indah
  • Indrah Lembah
  • Garden Inn

Rute dan Transportasi ke Bukit Lawang

Dari Medan menggunakan mobil atau bus untuk sampai ke Bukit Lawang. Bus sering berangkat dari terminal bus Pinang Baris (terletak di Jalan Gatot Subroto). Perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam.

Untuk mencapai Bukit Lawang dari Medan, terdapat beberapa opsi transportasi yang dapat dipilih. Berikut adalah beberapa opsi yang bisa Anda pertimbangkan

  1. Kereta api: Anda dapat menggunakan kereta api dari Medan ke Binjai Sri Lelawangsa, dan dari sana melanjutkan perjalanan dengan taxi ke Bukit Lawang. Perjalanan dengan kereta api dan taxi membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit
  2. Taksi: Anda dapat menggunakan layanan taksi dari Medan langsung ke Bukit Lawang. Waktu tempuh dengan taksi sekitar 1 jam 20 menit.
  3. Bus umum: Anda dapat naik bus umum dari Medan ke Bukit Lawang. Perjalanan dengan bus umum membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam tergantung pada kondisi jalan dan lalu lintas.

Selain itu, bandara terdekat dengan Bukit Lawang adalah Bandara Internasional Kualanamu yang terletak sekitar 82 km dari Bukit Lawang. Anda dapat menggunakan layanan taksi atau bus umum dari bandara ini untuk mencapai Bukit Lawang.

Jika Anda bepergian dalam kelompok atau ingin sesuatu yang lebih nyaman daripada bus umum, Anda dapat menyewa mobil dengan perjalanan yang dapat diatur melalui sebagian besar tujuan wisata utama. National Rent Car (+624157744) yang terletak di Jl. Balai Kota 2 adalah alternatif yang baik.

| Baca : Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung Cagar Alam Bagi Populasi Kupu Kupu

Pusing dengan kehidupan perkotaan yang sibuk dan ingin mendapatkan pengalaman yang benar-benar memukau? Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Bukit Lawang, tempat di mana Anda dapat terhubung dengan alam dalam keadaan paling asli. Dapatkan kesempatan langka untuk melihat orangutan dengan mata kepala sendiri saat mereka berayun di kanopi hutan yang indah. Selain itu, jelajahi keindahan alam Sumatera dengan mendaki bukit yang menawarkan pemandangan luar biasa dan penuh keajaiban. Jangan lewatkan petualangan arung jeram yang menantang di Sungai, atau rasakan kedamaian yang datang dari menjelajahi hutan liar dan mendengarkan suara alam yang menenangkan. Bukit Lawang memiliki segala yang Anda butuhkan untuk melarikan diri dari kehidupan sehari-hari, jadi jangan ragu lagi dan jadilah bagian dari petualangan tak terlupakan di sana!

Leave A Comment